Hobi Seni Yang Bisa Menambah Penghasilanku

 


Setiap orang kurasa memang butuh untuk menyalurkan hobi karena itu tanda bahwa dia bahagia.Bayangin aja kalau kamu ga punya hobi sama sekali, kayanya hidupmu bakal sepi, unhappy , seringnya menyendiri. Fix! Kayanya kamu mudah dilanda stres. Hobi makan pun bikin bahagia loh, walaupun hasilnya lemak nimbun dimana-mana, atau dapat bullyan dari orang-orang golongan juliders yang nyapa dengan kalimat, "Ya ampun, kamu sekarang bobotnya berapa?". Asal tau aja ya, sapaan kaya gini ini bikin pingin lapor polisi loh, karena melanggar pasal 335 ayat 1 KUHAP loh!




Seseorang dapat dikenai tindak pidana perbuatan tidak menyenangkan seperti yang tercantum dalam Pasal 335 ayat (1) KUHAP sesuai dengan pertimbangan subjektif penyidik.

 

Apa saja yang termasuk perbuatan tidak menyenangkan?
  • Memaki.
  • Menghina.
  • Mempermalukan Di Depan Umum.
  • Memaksa Seseorang Untuk Berbuat Sesuatu.
  • Mengancam Seseorang Baik Secara Fisik Maupun Verbal.
Halaahh, kok malah serius banget yak!haha...
Kembali ke soal hobi, kayanya hobiku yang paling dominan lebih kearah seni deh, seperti seni lukis, seni musik, seni dekorasi, seni turun ke dapur daripada yang itung-itungan matematis.

Pokoknya kalau kamu nanya kembalian beli belanjaan dipasar, sudah pasti asal kumasukin dompet ,karena aku males ngitung. Ngitungnya luamaaa gezz , daripada puyeng,udah terima aja dah!hihi...

HOBIKU BERBAU SENI 

Kebalikan dengan persoalan hitung-hitungan (I hate mathematics), kalau yang urusannya seni, aku paling hobi nih.
Dari hobi nyeni inilah, ada beberapa yang kujadikan profesi atau sekedar menyalurkan hobi tapi bisa ikut menuhin pundi-pundiku. Lumayan kan ya? Daripada lu manyun...yekannn?
Buat pengingat, aku mau ngumpulin kenangan ahhh, apa aja hobiku yang menghasilkan dan bisa menambah pundi-pundiku.

1. Hobi Menggambar

Aku hobi banget menggambar.Kayanya kalau lagi suntuk, pelarian pertamaku yang paling mudah adalah menyeketsa, entah lewat media kertas, kertas tisu, atau lewat handphone. That's why aku selalu membeli hp yang ada stylusnya alias pen digital supaya aku bisa langsung coret-coret lewat aplikasi yang tersedia. Oh ya, hpku dari dulu selalu Samsung Note , karena udah paling pas buat aku.
Dari hobi menggambar inilah , sketsa aku sempat masuk di berita liputan 6 gara-gara iseng ngegambar Mas Didi Kempot dan Glen Fredly yang reunian disurga, saat mereka meninggal dalam waktu yang berdekatan. Aku patah hati karena penyanyi-penyanyi terbaik Indonesia pergi begitu cepat. 
Dari kesedihanku itu, kusalurkan lewat menggambar sketsa di hpku . Dan malah masuk berita.
Kalau mau baca INI LINKNYA .

Sketsaku yang diliput oleh portal berita

Dari hobi menggambar yang bermula dari iseng itulah , aku posting diwall akun fesbuk aku. Eh, malah teman-temanku pada minta dibikinkan karikatur wajah/karakter mereka. Awalnya aku layani karena hobi, tapi karena makin banyak yang minta, aku kenakan biaya nyeketsa juga, karena harus ngeluangin waktuku untuk fokus ke karakter yang mereka mau. 
Kebanyakan sih untuk logo blog temen-temen blogger, atau untuk cover buku, atau kaos custom, dll. Semua itu kukerjakan semua dengan freehand alias bukan dengan bantuan grafis semacam corel, photoshop, canva, dll...karena aku gaptek. 
Lagipula itu terjadi sudah sangat lama, mungkin 10-15 tahun yang lalu dimana aplikasi grafis belum secanggih sekarang. Jadi memang pure of my sense of art.


Sketsa pensilku saat masih duduk dibangku SMA, bersama temanku yang bikin aku ga pernah fokus sama pelajaran.haha...


Sketsa-sketsaku lewat media handphone dan stylus pesanan teman


Dan dari hobi menggambar sesuai feelingku inilah, aku diminta teman untuk ngelesin anaknya gambar, karena anaknya pingin jadi desainer. Padahal saat itu lagi heboh-hebohnya pandemi, dan ga bisa ngelesin dengan tatap muka. Tapi temenku itu memaksa agar anaknya yang masih duduk dikelas 5 SD itu belajar nyeketsa model lewat Google Zoom. Baiklah, aku menyanggupinya. Lumayan banget , saat lagi paceklik, aku dapat tambahan pendapatan dari fee ngelesin gambar. Beruntung pula anak yang kulesin cepat menangkap dan antusias. Itulah yang bikin orangtuanya juga seneng. Aaakkk..jadi terharu kalau bisa bermanfaat bagi orang lain, bukan?

Berkat hobi melukis atau menggambar inilah, aku yang berlatar pendidikan Teknik Arsitektur dan lanjut mengambil Master jurusan Urban Design malah kecemplung menjadi dosen arsitektur yang didapuk untuk mengajar mata kuliah Gambar Arsitektur dan Estetika Bentuk, padahal sih seharusnya dibidang Tata Kota..haha. Tapi ga masalah sih buat aku, karena hobiku kan ngegambar. Jadi ya...prinsipku adalah:


Hasil karya para mahasiswa bimbinganku

2. HOBI BERMAIN MUSIK

Pelampiasan ternyaman buatku dikala sumpek melanda dan dilanda kebosanan akibat rutinitas yang monoton lainnya adalah bermain musik.
Aku sudah memulai untuk kursus musik sejak duduk dibangku TK kecil. Waktu itu umurku 5 tahun. Aku memilih alat musik electone alias orgen elektronik. Karena sesuai dengan pribadiku yang dinamis dan suka berbagai bunyi-bunyian instrumental kecuali lato-lato ,electone adalah instrumen musik terpas buat pribadiku. Guruku sejak umur 5 tahun itu bernama bu Henny yang sudah kuanggap seperti ibuku sendiri. Bagaimana tidak, bisa dikatakan musik sudah mendarah daging bagiku sejak dini. Dan bu Henny pulalah yang mengajar musik anakku Aurel (dari umur 4 tahun) hingga akhir hayatnya. Benar-benar maestro guru musik di Indonesia karena pengabdiannnya yang tak kenal lelah. 

Dari musik ini pulalah, beliau menyemangatiku untuk mengajar musik di sekolah musik. Jadi aku ngelesin piano dan keyboard juga untuk anak-anak kecil, bahkan ada pula yang autis. Eits, jangan salah! Walaupun austism, anak yang kulatih itu lebih jago membaca not balok dan memainkan piano, daripada anak normal. Benar-benar musik itu membuat kecerdasan manusia meningkat, emosional lebih stabil dan lebih tinggi empatinya. I really believe that. 
Berkat tangan dingin bu Henny pula, anakku berhasil menjadi juara Electone tingkat nasional di Jakarta tahun 2019 lalu.
Jadi jangan anggap remeh kalau anak kalian/ kalian kursus musik atau ketrampilan apapun selagi muda. Siapa tau saat dewasa nanti kurang terampil diakademis, hobi kalian bisa banget loh jadi sandaran hidup seperti aku. Ssst, guru musik itu gajinya besar loh! Karena tidak mudah untuk bisa, butuh latihan bertahun-tahun.

Dari hobi bermusik, aku dapat duit dengan jadi guru musik dan ngamen
Dari hobi bermusik, aku dapat duit dengan jadi guru musik dan ngamen


Anakku juga mengikuti jejakku suka musik dan berhasil menjadi juara nasional

3. HOBI MENDENGARKAN MENJADI TULISAN

Aku dan salah satu buku antologiku bertema "Backpackers" karena hobiku traveling


Nah, ini hobi yang tidak pernah kusadari selagi muda (sekarang juga masih muda ding #menolaktua). Aku suka mendengarkan saat orang bercerita. Kemudian suatu saat aku tuliskan dalam sebuah blog. Atau kisah pengalamanku sendiri, daripada kupendam lebih baik kusalurkan menjadi tulisan yang bisa kukenang sampai kapan pun.
Bermula dari kegundahanku saat awal-awal memasuki dunia rumah tangga, saat itu bingung mau meluapkan kemana. Ke suami sendiri kok malah jadi aneh, karena yang bersangkutan kok dicurhati. Akhirnya iseng-iseng buka laptop dan menemukan media bernama blog. 
Ditempat inilah aku menuangkan segala kisahku mulai dari pacaran, persiapan pernikahan hingga awal berumah tangga. Tak disangka-sangka ,tulisanku tadi malah berhasil menjadi juara ke-3 lomba blog tentang " My Wedding", dan aku diganjar platinum diamond pendant.

Kisahku tadi bisa dibaca di : DIAMOND GRATIS

Benar-benar surprise karena ternyata aku bisa menulis, karena saat itu dalam 3 bulan ada 20.000 visitors lebih yang sudah membaca tulisanku.Berarti gaya penulisanku dan pengalamanku menarik untuk dibaca.
Dan dari situlah ,aku mulai memberanikan diri untuk ikut audisi buku-buku antologi, dan sudah berhasil terbit beberapa buah bukuku dari penerbit mayor, salah satunya Gramedia Pustaka Utama. 
Nah, terbukti kan , ternyata hobi juga bisa menambah pundi-pundi penghasilan dari royalti buku.
Dan ada beberapa lomba yang kuikuti tanpa ekspektasi tinggi membuahkan hasil yang cukup menggembirakan buatku , antara lain Juara 1 lomba cerpen gado-gado Femina yang diselenggarakan oleh majalah Femina. Serta beberapa juara dari event lomba blog. Benar-benar anugerah yang tak terduga, tidak punya background kepenulisan, tapi kalau hobi, apa salahnya dicoba, cuy..:D


4. HOBI MEMASAK MALAH BANYAK PESANAN

Nah, ini salah satu lagi hobiku yang lain ,yaitu memasak. Mungkin juga pengaruh dari eyang putriku dan ibuku yang pinter memasak. Menurutku, bahan sesederhana apapun yang dibikin eyangku, selalu hasilnya masakan yang lezat. Bahkan sayur asem, atau baikut sayur asin pun, cuma dibumbui bawang jahe, kok jadinya enyakkk pwuolll! #kangeneyang

Kalau lagi pusing, aku gunakan untuk memasak, eh..ajaib, pusingku langsung ilang loh,...ciyuz!
Yang paling sering kumasak ya pastilah masakan-masakan rumahan ala Jowo, seperti lodeh, bacem, sayur bening, tongseng, dll.
Dari hobi memasak inilah, saat  perekonomian kami lagi seret ternyata cukup bisa diandalkan untuk menopang biaya hidup sehari-hari.Berawal dari coba-coba bikin nugget, elhakok pada banyak yang suka. Saat itu aku bikin bekal untuk anakku ke sekolah. Malah temen-temennya pada suka, katanya nuggetku lebih enak dari bikinan Hokben. 
Gara-garanya sih mamak-mamak "sok higienis" ini sebel kok nugget yang dijual dipasaran terbuat dari "bukan ayam asli", plus ditambah pewarna,perisa makanan, dan pengawet. 
Jadilah demi kesehatan anak-anak yang HQQ, aku coba-coba bikin nugget yang berbahan daging ayam asli, tanpa campuran apapun, kuberi susu,dan tanpa pengawet ,perasa dan pewarna buatan.
Alhasil banyak sekali yang akhirnya pada pesan, hingga saat itu dalam sehari aku bikin sampai 50 loyang dengan berat masing-masing 1,5 kg nugget, dikerjakan berdua saja dengan suamiku, dari subuh sampai subuh lagi, tanpa henti, hahahaha....lariz..larizz....anda puas,kami lemazzz :D


Nugget Oriko Snack bikinanku yang laris karena sehat dan bergizi


Lunpia @Oriko_snack dengan rebung kualitas istimewa, udang utuh, ayam dan telur serta bisa dikirim ke luarkota




Memakai teknik vakum jadi aman dikirim ke luarkota


Dan dari tasteku yang berslogan #lidahgabisaboong inilah, muncul masakan-masakan lain yang digemari oleh orang-orang ,salah satunya Lunpia Semarang yang kuberi nama Lunpia artesss karena banyak dipesan oleh artis-artis antara lain Nina Tamam, Enno Lerian, Ben Kasyafani, Ida Royani,Ika Nico dan sebagainya. Akhirnya aku membuka jastip makanan seluruh Indonesia terutama Semarang dan sekitarnya dengan nama IG: @Oriko_snack . Kalau kalian mau pesan oleh-oleh khas Semarang, apapun terutama lunpianya yang selalu best seller banget, langsung aja DM ke IGnya ya...pasti langsung aku jawab kok...gaezz.. :P

Karena sudah trustable, banyak juga teman-temanku yang request untuk kucarikan produk-produk makanan daerah lain, jadilah aku juga melayani jastip Bali, jastip Bogor,jastip Jogja,Jastip Bandung,Jastip Medan, dan merambah juga ke Jastip USA,jastip Jepang,jastip Bangkok dan jastip Turki.
Untuk produk fashion & apparel branded dengan harga miring,  seperti sepatu Nike,Adidas, dll ada di IG: @Origoods

5. HOBI FOTOGRAFI BIKIN AKU MENANG LOMBA MEMOTRET


Salah satu fotoku yang dipamerkan disalah satu mall di Jakarta


Juara lomba memotret food di Ibis Hotel Semarang
Juara lomba memotret food di Ibis Hotel Semarang


Dimanapun ,selalu ngalungin kamera DSLR. (memotret desa wisata Shirakawago,Jepang)
Dimanapun ,selalu ngalungin kamera DSLR. (memotret desa wisata Shirakawago,Jepang)

meliput event Asian Games 2018
Meliput Asian Games 2018 bersama fotografer manca dan domestik, kayanya aku cowo sendiri yak, yang lain cewe..eaaaa


Dimanapun aku tak lupa membawa kamera. Dulu jaman hits-hitsnya kamera DSLR, setiap traveling,selalu kukalungin itu kamera berat dileherku. Setelah makin canggih dan malas membawa peralatan berat, aku beralih ke kamera hp saja. Toh, hp alias telepon pintar jaman sekarang udah makin cerdas dengan kemampuan fotografi yang melebihi kamera DSLR maupun mirrorless.
Dari hobi memotret itupulalah ,ada beberapa karyaku yang tampil disalah satu mall di Jakarta setelah sempat dikurasi terlebih dahulu oleh guruku, Pak Fendi.
Dan sebelum pandemi lalu, aku sempat memenangkan lomba memotret masakan yang disajikan oleh Ibis Hotel. Dari jepretan para pemenang lomba, akan dicetak mejadi menu Ibis Hotel baik buku maupun media yang mereka pilih. Beruntung aku memenangkan juara 2 dan mendapatkan sejumlah uang, voucher menginap di Hotel Ibis Bandung, serta merchandises unik.

Sebenarnya masih banyak hobiku yang lain , seperti traveling yang juga bisa menambah pundi-pundi tabunganku dengan dihire oleh Dinas Pariwisata, Disporapar, Kementerian Kesehatan, Kementerian Keuangan ,dsb untuk meliput baik dari segi promosi pariwisata,makanannya, event-event khusus menurut agenda tahunan, dsb. Ya itu semua karena hobiku menulis dan memotret.

Pokoknya buat kalian yang hobi sesuatu asal yang positif loh ya (jangan bilang hobi klepto alias ngutil), ditekuni aja. Cintai dengan sepenuh hati. Siapa tau dari hal-hal sepele yang semula tidak kamu pikirkan dan dianggap remeh, malah menghasilkan pendapatan yang lumayan untuk menambah pundi-pundi tabunganmu. Jaman sekarang jangan membatasi diri ,gaez.Gali terus potensimu, karena dari sanalah terbukalah peluang untuk kesejahteraanmu. Semangat!

BTW, hobi kamu apa nih gaez? cerita dong....

8 comments

  1. Amazing banget nih kak, semua hobi yang dilakukan mengandung cuan dan bermanfaat bagi orang lain. Aku sendiri sedang merasakan dampak dari hobiku yg doyan jajan, selain bertambah BB, banyak tawaran review makanan dari berbagai brand. Alhamdulilah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, harus dikembangkan tuh mbak. Kenyang dpt cuan...nikmat mana yg kau dustakan.. PRnya jgn badan jg ikutan ngembang...*ngomong ams diri sendiri juga...😁

      Delete
  2. Keren banget hobi kak Archa.
    Semua bisa menghasilkan penghasilan. MashaAllah~
    Jadi kagum.. ini hobinya memang bakat di dunia seni banget ya.. Semua melihat dari sisi-sisi keindahan dan pada akhirnya dihargai dan diakui oleh orang lain. Ini yang semakin semangat berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan bisanya cuma itu kak, abis dipelajaran aku agak2 kurang, jd yg sesuai minat aja dah...hihi

      Delete
  3. Dari hobi yang bermanfaat jadi membuat diri makin kreatif dan gak mager ya kak.
    Pas baca ada hobi main musik, waaahh jadi keinget gitar daku udah lama gak digenjreng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, jgn dianggurin dong gitarnya. Ayo digenjreng, siapa tau bisa manggung bareng Sheila on 7...mayan loh

      Delete
  4. Dari hobi yang bermanfaat jadi membuat diri makin kreatif dan gak mager ya kak.
    Pas baca ada hobi main musik, waaahh jadi keinget gitar daku udah lama gak digenjreng

    ReplyDelete
  5. Luar biasa bakat seni yang dipunyainya. Keren mb

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...