5 Alasan DP Mall Sebagai Mall Terlengkap di Semarang Yang Ramah Difabel

 5 Alasan DP Mall Sebagai Mall Terlengkap di Semarang Yang Ramah Difabel



“Uhuk…uhuk….huk..huk!” , aku terbatuk-batuk didepan tivi sembari nonton film action di saluran tv kabel.
“Minum obat, dik…kalau batuk, jangan dipiara…”, respon suamiku yang sama-sama nonton tivi di sofa sebelah.
“Rrrrrr,…ini batuk kurang dolan kok mas, kurang,,ngemol...”, sahutku kalem tanpa dosa. :D
“Halaaaah, modus pingin ngemol aja pakai dibatuk-batukin segala…dasarrrr cewe”, balas suamiku sambil monyong-monyongin mulutnya yang sudah monyong bikin aku ngekek.

Lha memang hobiku salah satunya ya jalan-jalan ke mall, atau biasa disingkat dengan istilah “ngemol” untuk mengobati kejenuhan yang melanda akibat rutinitas yang monoton. 'Ndilalah', anak-anakku juga hobi ke mall apalagi kalau Mallnya lengkap, sekali singgah, bisa jalan-jalan,nonton, makan ,cuci mata sekaligus.
Buat masyarakat urban seperti aku yang kebetulan berdomisili di Semarang, mengunjungi mall terlengkap di Semarang sudah menjadi tujuan untuk rekreasi yang paling mudah dijangkau karena lokasinya yang biasanya terletak dipusat kota. Apalagi saat suntuk melanda dan jenuh dengan rutinitas kerja, mau healing tipis-tipis tapi ga mau jauh-jauh ke luar kota ,ya ke mall aja,solusi paling praktis. Karena didalam mall ,aku dan keluarga biasanya window shopping alias cuci mata, nyegerin mata liat barang-barang yang lucu-lucu, makan atau nonton bioskop yang filmnya lagi ngehits. Pulang-pulang dari mall, cukup banget buat ngerefresh pikiran.
Nah, salah satu mall yang paling sering aku kunjungi untuk healing sekaligus refreshing bersama keluargaku ya di DP Mall Semarang .Kenapa?
Karena selain sebagai Mall terlengkap di Semarang , DP Mall juga ramah buat penyandang difabel loh,guys!

Eits, tunggu dulu, difabel tidak hanya untuk yang cacat kaki atau tidak bisa jalan aja loh! Mertuaku itu kan juga suka jalan-jalan ke mall, namun berhubung beliau sudah sepuh jadi harus ngandalin diatas kursi roda supaya ga kecapaian, nah buat aku, jalan-jalan ke DP Mall adalah solusi yang terbaik!

Pihak Pengembang dari DP Mall ternyata sejalan untuk menyukseskan program Pemerintah Kota Semarang yang berupaya memenuhi hak-hak dasar para penyandang disabilitas. Fyi, jumlah difabel di ibu kota Jawa Tengah untuk tahun 2022 sebanyak 6.340 orang dan khusus tuna rungu terdapat 689 orang berdasarkan data di website semarangkota.go.id. Selain itu juga berdasarkan web resmi Sistem Informasi Management Penyandang Disabilitas (SIMPD) 2021, penyandang difabel di Jawa Tengah memiliki tingkat tertinggi nomor tiga dalam urutan dengan jumlah difabel yaitu 17.695 orang dengan presentase 8.35%. Adanya keterbatasan fasilitas membuat para difabel lebih memilih untuk tidak berekreasi ke Mall.
Bukankah semua fasilitas umum dan tempat-tempat hiburan yang disediakan oleh pemerintah kota sebaiknya bisa dinikmati oleh seluruh warganya tanpa terkecuali , termasuk juga para difabel. Mereka juga berhak dong untuk mendapatkan hiburan dan bersenang-senang.

APA SIH DIFABEL ITU?

Untuk lebih jelasnya, kita pahami dulu apa sih Difabel (atau kadang juga disebut disabilitas) itu?
Difabel adalah istilah yang meliputi gangguan, keterbatasan aktivitas, dan pembatasan partisipasi.

Gangguan adalah sebuah masalah pada fungsi tubuh atau strukturnya; suatu pembatasan kegiatan adalah kesulitan yang dihadapi oleh individu dalam melaksanakan tugas atau tindakan, sedangkan pembatasan partisipasi merupakan masalah yang dialami oleh individu dalam keterlibatan dalam situasi kehidupan.

 

Apa definisi Difabel?
Apa definisi dari difabel?

Berdasarkan klasifikasinya, Difabilitas dibedakan oleh beberapa tipe yaitu:

Tipe A : tunanetra (disabilitas fisik) ---> tidak dapat melihat; buta
Tipe B : tunarungu (disabilitas fisik) ---> tidak dapat mendengar dan/ kurang dalam mendengar; tuli
Tipe C : tunawicara (disabilitas fisik) ---> tidak dapat berbicara; bisu
Tipe D : tunadaksa (disabilitas fisik) ---> cacat tubuh
Tipe E1 : tunalaras (disabilitas fisik) ---> cacat suara dan nada
Tipe E2 : tunalaras (disabilitas mental) ---> sukar mengendalikan emosi dan sosial.
Tipe F : tunagrahita (disabilitas mental) ---> cacat pikiran; lemah daya tangkap;
Tipe G : tunaganda (disabilitas ganda) ---> penderita cacat lebih dari satu kecacatan

Nah, ternyata ada beberapa alasan loh, mengapa DP Mall Semarang ramah dan nyaman dikunjungi oleh para difabel (khususnya tuna daksa) dan para lansia dibandingkan mall-mall lainnya di kota Semarang.Penasaran? Simak terus ya....

KETERKAITAN DP MALL DAN SINAR MAS LAND

Sebelum membahas lebih jauh tentang mall terlengkap di Semarang ini, ada baiknya buat yang belum tahu DP Mall Semarang, adalah kependekan dari Duta Pertiwi Mall, dimana merupakan mall pertama di Semarang yang mengaplikasikan travelator, yang memudahkan pengunjung untuk membawa trolley belanja ke mana saja.

Proyek yang ditangani oleh Sinarmas Land termasuk DP Mall Semarang dan Rooms Inc Hotel
Proyek-proyek yang ditangani oleh Sinarmas Land termasuk DP Mall Semarang dan Rooms Inc Hotel


Mall yang beroperasi sejak 31 Agustus 2007 ini dikelola oleh PT Wijaya Pratama Raya, yang tergabung dalam Sinarmas Group dengan pengalaman 25 tahun lebih dalam mendirikan dan mengelola berbagai proyek property di Indonesia seperti ITC Mangga Dua, ITC Roxy Mas, ITC Cempaka Mas Mega Grosir, ITC Kuningan, ITC Fatmawati, ITC BSD, ITC Permata Hijau, ITC Depok dan ITC Surabaya Mega Grosir. Selain pusat perbelanjaan, Sinarmas Group juga mendirikan perhotelan, gedung perkantoran, lapangan golf, resort, perumahan, dan lain-lain.

Sinar Mas Land merupakan pengembang properti terbesar dengan diversifikasi proyek paling beragam di Indonesia. Perusahaan ini terkenal kaya akan pengalaman di bidang pengembangan properti yang telah dipupuk selama lebih dari 40 tahun.Sinar Mas Land ada di 5 negara dengan 26 kota , termasuk 21 Pusat Retail dan perdagangan yang dikelola oleh Sinar Mas Land, loh guys! Wow, beneran raksasa ini mah!

Segitiga emas kota Semarang dimana DP Mall terletak dikawasan tersebut
Segitiga emas kota Semarang dimana DP Mall terletak dikawasan tersebut



 Dipilihnya Jalan Pemuda No 150 sebagai lokasi DP Mall karena Jalan Pemuda terletak pada kawasan Segitiga Emas kota Semarang. Diapit oleh Kantor Walikota Semarang dan Lawang Sewu, DP Mall berdiri diatas tanah 2,6 Ha dengan luas total bangunan ± 50.000 m² yang terdiri dari tiga lantai (mall sekitar 29.000 m² dan parkir ± 21.000 m²). Lantai dasar terdiri dari 128 unit kios/counter dan 4 unit Bigshop. Di lantai satu terdapat 55 unit kios/counter dan 4 unit Bigshop, sedangkan di lantai dua ada 63 unit kios/counter, ditambah 29 unit foodcourt dan 16 unit Franchise. Dan di lantai 3 kantor pengelola dan parkir. Berbagai varian usaha terdapat di DP Mall Semarang, mulai dari fashion, sepatu, tas, aksesoris, handphone, drugstore, jewelleries, foodcourt, dan lain-lain.


Denah Lantai DP Mall Semarang beserta beberapa tenant didalamnya
Denah Lantai DP Mall Semarang beserta beberapa tenant didalamnya


ALASAN DP MALL MERUPAKAN MALL TERLENGKAP DI SEMARANG DAN RAMAH UNTUK DIFABEL

Keluargaku yang berada diluar kota, maupun teman-temanku yang kebetulan singgah ke Semarang biasanya nagih untuk diajakin keliling kota. Biar praktis dan berdekatan dengan ikon-ikon kota Semarang, biasanya aku ajak ke DP Mall, mall terfavoritku  karena konsepnya one stop shopping sekaligus gampang dijangkau oleh angkutan umum atau kendaraan pribadi dari manapun.
Itulah kenapa aku suka banget nongkrong disana, ini dia beberapa alasannya:

1.AKSESIBILITAS BAGI PENGUNJUNG BAIK DI LUAR MAUPUN DIDALAM MALL SANGAT NYAMAN DENGAN ADANYA RAMP DAN TRAVELATOR

MENGAPA MAL SEBAGAI PUSAT PERBELANJAAN DAN HIBURAN HARUS RAMAH BAGI DIFABEL?

Jujur saja, aku nih yang belum terlalu uzur-uzur amat suka was-was kalau harus naik turun tangga pakai eskalator alias tangga berjalan. Karena ada gangguan keseimbangan disyaraf pusatku sehingga ketika turun tangga seringnya kejlungup (tersungkur) kalau tidak berpegangan kedua tangan. Ya mungkin karena kakiku ga ada matanya (halah) jadi sering rabun yang dipijak udah sampai trap yang keberapa. Jadi kalau turun dan naik tangga, biasanya aku berpegangan pundak suami yang kusuruh berdiri didepan sekaligus modus manjyah…tzaahh!
Bagaimana kalau sudah uzur beneran seperti mertuaku yang kuceritakan tadi, dimana membutuhkan bantuan alat untuk berjalan seperti tongkat atau kursi roda? Tentu saja akan sangat kerepotan jika naik turun tangga dengan model eskalator.

DP Mall Terlengkap di Semarang menyediakan Travelator yang menghubungkan lantai atas dan lantai bawah
DP Mall Semarang menyediakan Travelator yang menghubungkan lantai atas dan lantai bawah 


Dan faktanya berdasarkan pengamatanku masih banyak Mall yang kurang memperhatikan faktor kenyamanan bagi penyandang difabel seperti tersedianya ramp, travelator, lift dan lain-lain. Hal itu dapat mempengaruhi para difabel untuk sulit merasakan kesamaan kesempatan dalam penyediaan fasilitas berekreasi di Mall. Menurut pengalamanku, dari beberapa mall di Semarang, travelator yang benar-benar nyaman untuk sirkulasi dari lantai ke lantai  hanya di DP Mall saja. That’s why DP Mall Semarang bener-bener mall yang difable friendly (khususnya tuna daksa) serta pas untuk lansia rekreasi.

Lebih aman dan nyaman mana bagi difabel, menggunakan eskalator atau travelator?
Lebih aman dan nyaman mana bagi difabel, menggunakan eskalator atau travelator?


Pemerintah telah mengatur tentang kesamaan fasilitas seperti kenyamanan dan kemudahan aksesibilitas bagi difabel pada UU RI No.8 Tahun 2016 tentang penyandang difabel berhak mendapatkan aksesibilitas untuk memanfaatkan fasilitas publik untuk mendapatkan kesamaan kesempatan.



DP Mall memiliki sirkulasi pengunjung yang nyaman dan aksesibel karena dilengkapi Travelator dan Ramp
DP Mall memiliki sirkulasi pengunjung yang nyaman dan aksesibel karena dilengkapi Travelator dan Ramp

Dari aspek pergerakan  didalam mall saja sudah bisa mengakomodir kenyamanan pengunjung yang tentu saja membuat betah berlama-lama disana.
Apalagi buat yang abis belanja sembako  di Transmart yang letaknya di lantai 2, bisa leluasa mendorong trolley belanjaan sampai ke pintu keluar mall baik dari sisi  pintu depan maupun pintu belakang yang sudah dilengkapi ramp.  Bagaimana? Aman kan kalau belanja dan angkat-angkat barang? ga perlulah ngorbanin 'boyok' terlalu berat.... (Boyokku sayang boyokku malang...weizz :P #curcol )

2. LOKASI DP MALL BERDEKATAN DENGAN ROOMS INC HOTEL DAN LANDMARK KOTA SEMARANG


Akses ke Rooms Inc Hotel berada didepan lobby utama DP Mall Semarang
Akses ke Rooms Inc Hotel berada didepan lobby utama DP Mall Semarang


"Mbak, aku mau ke Semarang nih 3 hari, mau jalan-jalan ke Lawang Sewu sama beli bandeng presto, ada rekomendasi hotel yang dekat-dekat situ,ga?, tanya teh Ria via telepon selular.

Beberapa waktu lalu aku memang sempat ditelepon oleh temanku dari Bandung yang  kebetulan  singgah ke Semarang sebelum melanjutkan ke Surabaya.  Kusarankan dia menginap di Rooms Inc Hotel yang letaknya dilantai atas DP Mall .Akses masuknya bisa melalui lift yang berada di  samping lobby depan DP Mall atau dari parkiran lantai 3. Besoknya aku ajak jalan-jalan kaki ke Lawang Sewu yang cuma sepelemparan bakiak lanjut ke Tugu Muda,terus menyelusuri Jalan Pandanaran buat ngeborong oleh-oleh khas Semarang, termasuk Bandeng Presto kesukaannya. Praktis kan?

Memang sih lokasinya yang strategis dan berada dipusat kota hanya berjarak beberapa langkah dari Tugu Muda dan Lawang Sewu yang merupakan landmark kota Semarang memberikan kemudahan untuk dijangkau baik kendaraan umum maupun pribadi. Dengan letak pusat perbelanjaan yang strategis tak heran DP Mall selalu ramai dikunjungi baik oleh warga Semarang maupun dari luar kota. 


Rooms Inc Hotel dan kafe Meet n' Eat & Spacebar disampingnya
Aku bersama teh Ria di venue Rooms Inc Hotel dan kafe Meet n' Eat Resto & Spacebar disampingnya

Hotel Rooms Inc yang dikelola oleh Artotel memang terlihat unik dan cozy. Bangunannya didesain mengusung gaya arsitektur industrial dengan permainan warna monokromatik seperti abu-abu,putih,hitam dan warna-warna terakota.
Untuk memasuki area hotel,cukup pakai aplikasi smartphone yang sudah terkoneksi saat kita check-in hotel. Wah, canggih ya, ga perlu bingung pake kunci kartu yang kadang-kadang menyelinap entah kemana saat dibutuhkan. Selain hotel yang bersih dan menawarkan pemandangan Lawang Sewu didepan mata, juga ada kafe Meet n'Eat Resto & Spacebar yang fancy abis! Aku aja sudah berkali-kali nongkrong disana saking nyamannya. Bisa main bilyard,buka laptop, atau narsis dibalkon dengan latar belakang  Lawang Sewu.  Apalagi kalau buat meeting atau acara kantor (event gathering), ada beberapa meeting room yang bisa digunakan.

  • WORKSHOP SEO DI RUANG FULL MOON ,ROOMS INC HOTEL BERSAMA TEMAN BLOGGER

Workshop tentang optimasi SEO bersama teman blogger di Rooms Inc Hotel bersama Sinar Mas Land
Workshop tentang optimasi SEO bersama teman blogger di Rooms Inc Hotel bersama Sinar Mas Land


Tanggal 19 November 2022 kemarin aku sempat ikutan workshop nih di ruang "Full Moon" tentang materi SEO blogging  (agak sedikit menggigil guys, ACnya dingiinn...:D #ndeso).
Acara yang dihelat oleh Sinarmas Land bekerja sama dengan Rooms Inc Hotel ini benar-benar mencerahkan isi kepalaku yang kemarin-kemarin blur gegara ga paham apa sih SEO dan manfaatnya dalam dunia perbloggingan. (ngaku blogger kok ga paham SEO ini cemana seh bukkk!)
Ternyata memang aku masih buta tentang bagaimana mengoptimasi SEO blogku ini agar lebih efektif dimata Google crawl. Berusaha memahami paparan yang dibawakan oleh Nara sumber ,Mas Harris Maulana dari Sinar Mas Land, dan gongnya materi oleh Bang Dzulfikar (Bussiness Analyst Sinar Mas Land) yang bernas ,mulai dari aturan membuat judul blog, mempelajari tentang Google Search Console, mencari keyword,cannonical,sitemap,dsb.
Aaak, pokoknya seneng banget bisa kumpul sama temen-temen blogger dari luar kota Semarang juga, ada yang jauh-jauh dari Pekalongan, Jepara,Ungaran, bahkan Cirebon loh!

Setelah workshop usai ,  Director of Sales & Marketing Rooms Inc Hotel Semarang, Verseveranda Vey atau kami panggil mbak Ve mengajak untuk berkeliling ke Rooms Inc Hotel. Buat yang mau tau kecanggihan sistem buka  pintunya, dan seperti apa sih dalamnya, langsung aja kepoin VIDEO berikut ini guys! 



Buat kamu yang suka ngegym ada Fasilitas  di Room Inc Hotel  loh!
Buat kamu yang suka ngegym ada Fasilitas  di Rooms Inc Hotel  juga loh!


Tipe-tipe kamar di Room Inc Hotel Semarang
Tipe-tipe kamar di Rooms Inc Hotel Semarang

Ada juga beberapa tipe kamar yang bisa kamu pilih,yaitu tipe terendah Standard (56 rooms), Superior (97 rooms),dan yang tertinggi Deluxe (9 rooms) . Untuk lebih detailnya kamu bisa hubungi langsung ke Rooms Inc Hotel ya, guys!

ROOMS INC HOTEL
Jalan Pemuda No.150 Sekayu
WA/Telp +62 888 0868 1200 / +62 24 8600 1200
IG @roomsinc.semarang
Website: https://artotelgroup.com/hotels/rooms-inc/semarang



Tonton dulu deh, biar kalian tau sekece apa ROOMS INC HOTEL SEMARANG

3. TENANT DAN STORES LENGKAP, BAHKAN ADA YANG MASIH SATU-SATUNYA DI SEMARANG

Berdasarkan bauran jenis usahanya, DP Mall dikategorikan sebagai pusat perbelanjaan yang berorientasi pada keluarga . Pusat perbelanjaan ini menyediakan seluruh hal kebutuhan dalam satu atap ( all under one roof family- oriented shopping centre ). Dengan luas bersih area yang disewakan sekitar 50.000 meter persegi dan didominasi oleh hypermarket, pusat hiburan, cinema,café-café, dan wahana permainan. Saat weekend (biasanya hari Jumat) anakku  sepulang sekolah yang lokasinya ga jauh dari DP Mall seringnya minta dijemput di DP Mall, karena mau jalan-jalan sama temen-temennya, terus lanjut nonton. (Maklum anak ABG-istilah dia "aku mau sosialisasi"...halahhh).
Kalau mau 'ngemol' tentu saja kita memilih yang sekali datang ,puluhan gerai dan kebutuhan terpenuhi bukan? Jadi ga usah bolak-balik ngabisin waktu buat pindah dari stores (toko) satu ke toko lain, harus macet-macetan lagi dijalan,belum cari parkir yang sekarang ribet banget, plus bad mood karena ga dapat parkiran , terus ujung-ujungnya pulang dehhh. Maunya sih ya cukup mendaratkan kaki di situ, semua serba ada.

Seperti halnya di DP Mall Semarang ada tenant-tenant yang menjadi tujuan utamaku dan sebagian besar pengunjung, yaitu Uniqlo ,Sephora dan Sushi Tei, Steve Madden (yang cuma ada satu-satunya di Semarang),dan masih ditambah lagi yang terbaru ada KiKV yang bikin aku betah berlama-lama disana ,karena produk-produknya komplit banget mulai dari kosmetik, skincare, pernik-pernik lucu,aksesoris sampai mie ala Korea. Aaaakkk,...pingin semuaaa (sabar bu...jangan kalap).
Apalagi akan menyusul "TOUS LES JOURS" , Bakery Shop favoritku  dari Korea Selatan yang bakal hadir di DP Mall Semarang. #diet?amnesia!
Atrium di DP Mall lantai dasar juga sering digunakan untuk tempat pameran loh, seperti kemarin waktu aku kesana sedang berlangsung pameran mobil. 


Tenant-tenant yang hanya ada di DP Mall Semarang (Uniqlo,Steve Madden,Sushi Tei, KKV,Tous Les Jours)
Tenant-tenant yang hanya ada di DP Mall Semarang (Uniqlo,Steve Madden,Sushi Tei, KKV,Tous Les Jours)


KKV-gerai dari Korsel yang bikin susah move on
KKV-gerai dari Korsel yang bikin susah move on (Dok.Pri)


4. ELEMEN-ELEMEN YANG MENDUKUNG PUSAT PERBELANJAAN DI DP MALL SANGAT BERVARIASI DAN KOMPLIT

Menurut aku yang sudah "mengakrabi" DP Mall sebagai tujuan refreshing, kekuatan anchor tenant (penyewa utama) yang membuat aku dan keluarga selalu memilih ke sana adalah adanya gerai hypermarket Transmart dilantai 1, dan food court yang bak surga makanan enak-enak  dengan berbagai macam brand pilihan  serta Cinema XXI DP Mall dilantai 2  (tersedia studio biasa dan studio Premiere yang mewah). Setiap kali ke DP Mall hampir bisa dikatakan aku selalu menyinggahi 3 tempat penting itu. Sekali-sekali kalau lagi pingin nyengnyong ngelemesin pita suara yang kribo, ya masuk ke Masterpiece untuk karaokean bareng teman/keluarga. Seingatku sih, di Semarang belum ada tempat karaoke didalam Mall seperti di DP Mall. Ini juga keuntungan loh buat para difabel yang ingin menikmati hiburan tanpa berpindah lokasi, karena bagi difabel ini cukup merepotkan. Dan yang habis belanja di Transmart, trolley bisa dibawa kok sampai ke lantai berikutnya karena adanya travelator yang memudahkan pergerakan sirkulasi.

Btw, kok anak-anak melulu yak ini yang dibahas, buat kebutuhan mommy-mommy dan ciwi-ciwi mana? Eits, ...ada dong. Daripada cengok nungguin ,bisa sambil ngerawat kecantikan dan kulit di Charisma Aesthetic Skincare atau nyalon di Salon Ave loh  dilantai 1, berdekatan dengan Transmart.

Jadi biasanya sih, kalau ke DP Mall , aku keliling-keliling toko-toko dulu, terus kalau bawa keponakan-keponakan, yang agak gede bisa masuk ke wahana permainan Timezone (lantai 2), dan yang masih batita bisa mainan di Kidzilla, sembari kita yang lebih dewasa ini makan di foodcourt atau nonton bioskop. Penempatan gerai-gerai itu berada dilantai yang sama, yaitu semua berada di lantai 2, jadi ga ribet kalau mau janjian disatu tempat. Ibu mertuaku juga bisa beristirahat sambil menikmati sajian cemilan/makanan di foodcourt selama menunggu cucu-cucunya main. Poin plus juga nih  untuk penyandang disabilitas, lantainya flat/rata jadi tidak ada trap untuk memasuki masing-masing gerai. Pokoknya bener-bener memanjakan deh untuk para pengunjung dari semua kalangan.


Aktivitasku bersama keluarga saat ke DP Mall Semarang
Aktivitasku bersama keluarga saat ke DP Mall Semarang


Trolley belanjaan juga bisa dibawa sampai ke lantai 2 loh,berkat adanya travelator
Trolley belanjaan juga bisa dibawa sampai ke lantai 2 loh,berkat adanya travelator dan elevator (lift)


5.DP MALL MEMILIKI AREA DUDUK TERBANYAK DAN FASILITAS PENDUKUNG BAGI DIFABEL

Kalau ke tempat umum terutama mall, biasanya orangtuaku yang sudah lanjut usia butuh berhenti sejenak untuk beristirahat. seperti ayahku yang sudah tidak kuat lagi berjalan jauh dan lama, jadi memang harus sesekali berhenti untuk duduk. Yang bikin aku suka ke DP Mall, dari hasil "blusukanku" ke mall-mall di Semarang, ternyata sitting group atau tempat duduknya paling banyak loh!
Di lantai dasar saja disediakan tempat duduk yang mengelilingi kolom disepanjang koridor mall. 
Interiornya yang bernuansa kayu dengan dominan warna coklat bikin serasa dirumah sendiri, dengan street furniture mall alias dekorasi tanaman artifisial yang cakep buat narsis,foto-foto..hihii. (ga bisa liat spot kece yang nganggur nih guys! )

Di lantai 1, ada bangku-bangku didepan Transmart yang bisa digunakan untuk rehat sejenak, dan dilantai 2 tentu saja lebih banyak lagi karena sekaligus berfungsi untuk area duduk difood court.Ada juga charging area yang tersebar disana, jadi ga usah khawatir kalau lowbat yak hpnya.
Bagi pengunjung difabel juga sudah dilengkapi restroom khusus untuk difabel.
Orangtua yang membawa bayi/balita, disediakan pula nursery rooms dan toilet untuk pria dan wanita disetiap lantai.
Ngemeng-ngemeng toiletnya bersih banget loh guys! Petugasnya pun ramah banget, sampai aku ga enak sendiri, sudah "buang hajat" kok mereka yang terima kasih yak...ups! (woyy ..ga usah dibahasss..woyy!) :P

Bagi yang akan beribadah sholat,tersedia juga mushola dilantai 3.
Selain ramp dan  travelator yang memudahkan pergerakan, juga tersedia lift (elevator) yang bisa langsung mengantarkan kita ke Rooms Inc Hotel di lantai 3.
Area parkir, ada dilantai dasar (open space) dan juga menuju ke rooftop  satu level dengan hotel Rooms Inc, dan kabarnya akan diperluas lagi disebelah Lawang Sewu yang sekarang sedang dalam taraf pembangunan. DP Mall rencananya memang akan memperluas lagi zona komersialnya dengan memindahkan tempat parkir  berulir yang sudah ada, yayyyy! #senengnya 
Bagi kalian yang mau masuk/keluar DP Mall, bisa lewat jalur dari Jalan Pemuda dibelakang Ruko Pemuda dan juga bisa melalui gerbang belakang yang tembus ke Jl.Batan. Tenang aja, ada petugas yang ngarahin kok jadi ga usah takut kesasar.



Fasilitas penunjang di DP Mall Semarang benar-benar lengkap dan bikin betah
Fasilitas penunjang di DP Mall Semarang benar-benar lengkap dan bikin betah (Dok.pri)


KESIMPULAN KENAPA DP MALL TERLENGKAP DI SEMARANG DAN RAMAH UNTUK DIFABEL

Buat kalian yang kebetulan singgah ke kota Semarang atau berdomisili di Semarang, ini nih mall sejuta umat yang paling pas untuk dikunjungi karena merupakan Mall terlengkap di Semarang . Lokasinya yang berada dipusat kota dan berdekatan dengan landmark kota Semarang yaitu Tugu Muda dan Lawang Sewu yang sangat ikonik sayang untuk dilewatkan. Terlebih lagi buat lansia dan penyandang disabilitas terutama difabel tuna daksa, tidak perlu repot untuk menjelajahi mall karena sudah dilengkapi dengan lift dan travelator yang nyaman di setiap lantai. Mobilitas dengan mendorong trolley belanjaan tidak perlu dikhawatirkan karena ada fasilitas ramp hingga ke tempat parkir.
Banyak produk retail yang bisa kamu cari disini, baik brand lokal maupun mancanegara. Gerai makanan dan foodcourt-nya juga nyaman banget, banyak jajanan yang lagi hits dong di sini, cocok banget kalo kalian mau mau melakukan banyak aktifitas di satu tempat, jadi bisa dikatakan bahwa DP Mall Semarang adalah tempat one stop shopping dan one stop entertaining.

Kalian bisa nonton bioskop di cinema XXI. karaokean di Masterpiece dan rekreasi di wahana Timezone atau Kidzilla, juga bisa sekaligus belanja di Transmart. 
Beberapa anchor tenant yang belum ada di Semarang, menjadi daya tarik kuat untuk berkunjung ke DP Mall, seperti Uniqlo, Sephora, KKV, Tous Les Jours , Sushi Tei serta tenant-tenant classy lainnya seperti Giordano, The Executive, I Box,dan lain sebagainya.
Yang bikin aku salut, sebelum masuk ke mall, petugasnya di front door selalu konsisten untuk mengecek suhu dan menerapkan protokol kesehatan loh! Ingat ya, pandemi belum kelar guys, masih tetep kudu pake masker dan hand sanitizer....jangan anggap remeh ya.

Untuk yang stay di Semarang beberapa hari, kalian bisa check-in ke Rooms Inc Hotel yang berada didalam DP Mall Semarang tepatnya dilantai 3. Lawang Sewu menjadi view yang menarik sekaligus bisa menghabiskan waktu untuk menikmati suasana Semarang dibalkon Meet n'Eat Resto & Spacebar. 
Tipsnya, saat kalian ke DP Mall, sebaiknya siapin kartu e-money untuk parkir ya,guys, supaya lebih lancar keluar masuk mall.

Btw, kapan nih terakhir kalian ke DP Mall Semarang? Ajakin aku yakkk, traktir makan sama nonton gitu kek! :P *kebiasaan :D


(Sumber foto: Dokumen Pribadi, Permen PUPR no 14 tahun 2017, website semarang.go.id, wikipedia,website Rooms Inc Hotel,website DP Mall,website Sinar Mas Land)

No comments

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...