9 OBAT TRADISIONAL AMPUH UNTUK ATASI SUSAH BUANG AIR BESAR PADA BALITA


9 Obat Tradisional Ampuh Untuk Atasi Susah Buang Air Besar Pada Balita


Bunda tentu tak nyaman kan melihat anak balita bunda di rumah mengeluh susah buang air besar alias BAB? Si kecil akan mengalami sakit perut yang menganggu dan bahkan disertai dengan feses keras yang susah dikeluarkan.
Saya pun pernah mengalaminya ketika si buah hatiku saat umur 7 bulan susah BAB hingga hampir seminggu. Perutnya tampak menggembung dan keras.

Kondisi susah BAB biasanya disebut sembelit atau konstipasi. Namun sebelum membawanya ke dokter untuk periksa, Bunda bisa coba terlebih dahulu beberapa langkah awal di rumah untuk menanganinya. Terdapat beberapa cara alami yang bisa Bunda upayakan untuk menangani susah BAB yang dialami balita.

Berikut obat tradisional yang bisa Bunda berikan untuk balita saat susah buang air besar :

1. Jus Lemon


Jus lemon


Rekomendasi obat tradisional susah buang air besar untuk balita yang pertama adalah jus lemon. Kandungan vitamin C yang tinggi didalam lemon mampu membantu menarik air ke dalam usus. Saat kandungan air di dalam usus meningkat, maka perut anak akan terangsang untuk mengeluarkan feses.

2. Campuran Madu Dan Biji Rami



Madu dan biji rami

Obat tradisional kedua untuk menangani susah BAB pada anak adalah memberikan campuran madu dan biji rami. Madu dipercaya mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus meningkatkan sistem pencernaan. Berikan ramuan ini pada anak balita saat perutnya masih kosong.

3. Campuran Pisang Dan Air Hangat


pisang dan air hangat


Bunda juga bisa berikan pisang yang dicampurkan dengan air hangat untuk mengatasi susah BAB yang dialami anak. Campuran ini dipercaya ampuh bisa mengatasi sembelit yang dialami anak.

4. Kiwi


kiwi


Salah satu penyebab paling umum sembelit adalah karena kekurangan serat. Sebab, serat memegang peranan penting bagi pencernaan balita. Bunda bisa penuhi kebutuhan serat si kecil dengan memberinya sayuran, buah – buahan, biji – bijian, dan kacang – kacangan.

Kiwi adalah salah satu buah yang baik untuk mengatasi sembelit pada balita. Sebab, buah kiwi bisa membantu melembutkan feses. Bunda cukup memberi si kecil buah kiwi sebanyak 0,5 gram saja sehari dan maksimum 35 gram sehari.

5. Pepaya

Pepaya


Selain kiwi, pepaya juga mengandung serat yang mampu meningkatkan kinerja pencernaan sehingga buang air besar bisa menjadi lebih lancar.

6. Air Putih

air putih


Penyebab lain balita mengalami sembelit adalah karena kurang minum air putih. Akibatnya si kecil mengalami dehidrasi yang kemudian membuat feses menjadi keras. Oleh karena itu, sangat penting bagi anak untuk teratur minum air putih untuk mengatasi sembelit.

7. Memijat Lembut Perut Anak



Obat tradisional susah air besar untuk balita tidak hanya dengan memberikan bahan – bahan alami diatas saja. Bunda bisa berikan pijatan lembut di perut anak. Hal itu mampu mengatasi sembelit jika dilakukan dengan benar.

Bunda bisa beri pijatan sangat lembut di perut si Kecil searah jarum jam. Mulailah mengusap secara perlahan – lahan dari arah kedua panggul ke selangkangan. Bunda juga bisa memijat perutnya dengan minyak telon agar perut si kecil terasa lebih nyaman.

8. Beraktivitas Fisik




Penyebab lain balita lebih berisiko mengalami sembelit adalah karena fisiknya kurang bergerak. Karena itu, ajaklah si kecil untuk melakukan aktivitas fisik sehari – hari misalnya berjalan kaki, main bola, menari, dan lain sebagainya.

9. Makan Dengan Teratur



Dengan menerapkan pola makan yang teratur pada anak, maka hal itu juga bermanfaat untuk membiasakan usus anak bekerja di waktu – waktu yang sudah ditentukan. Jika si kecil makan secara teratur, maka biasanya anak juga bisa buang air besar dengan teratur.

Jadi bunda tidak usah galau lagi ya kalau ananda sembelit, tinggal praktetkkan saja tips-tips diatas.
Semoga ananda makin pintar dan sehat ya,Bunda. 


No comments for "9 OBAT TRADISIONAL AMPUH UNTUK ATASI SUSAH BUANG AIR BESAR PADA BALITA"