5 KANDUNGAN GIZI PADA MAKANAN YANG WAJIB KITA PENUHI UNTUK KESEHATAN TUBUH




5 KANDUNGAN GIZI PADA MAKANAN YANG WAJIB KITA PENUHI UNTUK KESEHATAN TUBUH



Makanan yang sehat dan bergizi memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Beragam macam manfaatnya tidak bisa kita sepelekan, mulai dari mengurangi resiko penyakit jantung, menghindari diabetes dan obesitas, meningkatkan kualitas otak sampai membuat hidup lebih baik dan terhindar dari depresi. Rasanya tidaklah lengkap jika hanya mengetahui manfaat mengonsumsi makanan sehat saja tanpa mengetahui sebenarnya kandungan dalam makanan sehat itu apa saja. Makanan bisa dikatakan sehat jika makanan tersebut mengandung unsure-unsur atau kandungan yang dipercaya sangat dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan.

Di Negara kita Indonesia, awalnya memiliki konsep makanan sehat dan bergizi merujuk pada” makanan 4 sehat 5 sempurna". 
Tetapi konsep tersebut sudah mulai ditinggalkan dan beralih konsep “panduan gizi seimbang” yang lebih menekankan untuk menjaga asupan porsi makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kandungan gimakanan atau nutrisi pada makanan adalah sejumlah kandungan zat yang dapat berasal dari berbagai bahan pangan atau makanan yang berfungsi serta penting untuk menjaga dan memelihara serta membangun berbagai sel dan jaringan tubuh. Lalu apa saja kriteria dari makanan sehat yang harus diperhatikan? 


Panduan gizi seimbang (Source:CNNIndonesia.com)



Terdapat 5 kandungan gizi makanan dalam makanan sehat yang wajib dikonsumsi sehari-hari, diantaranya adalah :

1. Karbohidrat

macam2 makanan karbohidrat



Karbohidrat merupakan sumber energi utama manusia. Menurut penelitian ilmiah, 60% asupan kalori kita harus berasal dari karbohidrat. Asupan karbohidrat bisa didapatkan dari berbagai jenis bahan makanan, seperti beras merah, gandum, jagung, ubi maupun kentang. Selain sebagai sumber utama energi, karbohidrat juga berfungsi sebagai pembatas asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh, menjaga massa otot, menjaga kesehatan pencernaan dan memberikan kekenyangan lebih lama.

2. Protein


Sumber protein hewani dan nabati


Protein dalam tubuh akan diproses menjadi asam amino yang berfungsi membangun otot, organ tubuh, kullit dan rambut. Protein juga mengatur fungsi hormone. Tubuh memerlukan protein 10-15% dari asupan kalori harian. Sumber protein yang dapat dikonsumsi sangatlah beragam, baik nabati maupun hewani. Makanan sehat tinggi protein yang bisa dikonsumsi adalah telur, kacang almond, daging ayam, ikan, bebek, gandum dan kacang kedelai.

3. Serat

makanan kaya serat




Serat berfungsi untuk membantu proses pencernaan yang dibagi menjadi 2 jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat larut biasanya ditemukan pada sayuran berdaun, yang bisa membantu proses pencernaan dengan membantu perut beradaptasi terhadap waktu pengosongan yang lebih lama. Sedangkan serat tak larut adalah berfungsi untuk mencegah masalah pencernaan. Untuk mendapatkan makanan tinggi serat, anda bisa mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Misalnya, bayam, buncis, kangkung, jeruk, mangga, pisang dan apel.

4. Mineral




Mineral merupakan zat-zat yang ada di tanah dan diserap oleh makanan yang kita konsumsi. Mineral dapat kita peroleh dari sumber nabati maupun hewani. Kandungan mineral harus terdapat dalam tubuh seperti zat besi, zinc, kalsium, selenium, klorida, kalium, iodine, magnesium dan tembaga.

5. Air dan bergizi





Air menjadi salah satu unsur penting dalam makanan sehat. 60% tubuh manusia terdiri dari air. Kekurangan air akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan.kita dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari sebanyak 8 gelas air putih atau setara dengan 2 liter air.

Setelah mengetahui 5 kandungan gizi makanan sehat, kita harus bisa memastikan makanan sehat yang kita konsumsi harus memiliki 5 kandungan tersebut di atas. 
Konsumsilah makanan sehat supaya tubuh lebih sehat, bugar dan bahagia.





No comments for "5 KANDUNGAN GIZI PADA MAKANAN YANG WAJIB KITA PENUHI UNTUK KESEHATAN TUBUH"