GANDJEL REL,KUE JADUL YANG DIOLAH KEKINIAN OLEH TOASTY DELI


 "Say, aku nitip kirimin kue gandjel rel ya, kangen Semarang nih..."

Chat di Whatsappku menyala, sahabatku Riska yang sekarang berdomisili di kota Yogyakarta memintaku untuk mengirimkan kue khas Semarang ini, karena sampai sebelum menikah, dia tinggal diSemarang sebelum diboyong suaminya ke kota Gudeg.

"Mau Gandjel Rel ala jadul atau yang sudah kekinian?" tanyaku.

"Dua-duanya sekalian yak, aku ingin nyicipin 2 versi Gandjel Rel"

"Siappp Ris!",sahutku.

SEKILAS SEJARAH  KUE GANDJEL REL

Kue ini merupakan salah satu resep peninggalan Belanda,jadi memang keberadaannya mengiringi perkembangan zaman di Indonesia. Sampai sekarang resep yang digunakan tidak pernah berubah, masih asli dari zaman Belanda dahulu,tak heran generasi tua sampai generasi masa kini selalu ingin mengenangnya dengan bernostalgia. Nama aslinya adalah roti gambang,karena bentuknya yang mirip dengan alat musik gambang,tetapi masyarakat Semarang lebih mengenalnya dengan nama “gandjel rel”. Disebut ganjel rel karena selain teksturnya yang bantat bentuknya juga seperti ganjel rel (bantalan rel). Rasanya manis karena menggunakan campuran gula aren. 

Konon kabarnya, kue ini untuk mengganjal perut rakyat Indonesia yang saat itu sedang mengalami saat-saat peperangan. Susahnya mencari bahan makanan yang layak , maka digunakanlah tepung singkong yang cukup liat tapi manjur untuk menghalau rasa lapar.

Saat ini,Kue Gandjel Rel  ini cocok sekali untuk teman minum teh seperti kebiasaan nonik Belanda, dan karena roti ini padat maka sangat cocok juga untuk menu sarapan.


Alat Musik Gambang



KUE GANDJEL REL MASA KINI

Fyi, yang membanggakan , kue Gandjel Rel ini masuk ke dalam daftar 50 roti terbaik dunia versi CNN tahun 2019, loh gaes! Wow banget ya!
 Memang tidak banyak orang yang familiar dengan kue Gandjel Rel karena teksturnya tidak lembut sehingga agak alot (bantat) dan sulit dikonsumsi. Namun, beberapa produsen kini telah memodifikasi teksturnya agar dapat dinikmati pada zaman modern seperti saat ini. Tekstur Kue Gandjel rel yang agak alot ini menurut para ahli roti sangat baik bagi pencernaan. Kue ini juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Semarang.

Penampakan Kue Gandjel Rel ini berbentuk kotak dan berwarna cokelat bertabur wijen.
Teksturnya ulet dan padat dipadu dengan aroma cokelat serta kayu manis yang nendang di lidah. Karena teksturnya yang agak keras, memakannya dua potong saja sudah cukup mengenyangkan perut.

KUE GANDJEL REL TOASTY DELI


Kue Soft Gandjel Rel yang aku suka banget karena ga terlalu keras,dan taburan wijennya melimpah disertai wangi kayu manis dan rempah yang menambah cita rasa. (Dok.Pri)



Kebetulan banget nih, kemarin aku nemuin Gandjel Rel kekinian yang soft banget,cocok nih sama permintaan Riska tadi, jadi ga bikin seret.
Dari penampilan luar boxnya, tertulis 
Toasted!Soft Gandjelrel Khas Semarang Cita Rasa Klasik Tempo Doeloe
dan benar saja rasanya ga jauh beda nih dengan bandrolnya.Teksturnya empuk, dan rasanya pas, ga terlalu manis.
Diantara Kue Gandjel Rel produsen lain, fix aku paling suka Kue Gandjel Rel produksi dari Toasty Deli ini.
Warnanya lebih light brown, bukan tipe yang "gelap gulita"seperti kebanyakan penampilan kue Gandjel rel, wijennya berlimpah, dan ga pelit.
Aku tuh paling suka sama kue yang ada taburan wijennya.
Ditambah lagi saat dipotong, aroma kayu manis alias cinnamonnya menguar wangi, bikin pingin buru-buru digigit.
Cara makan kue Gandjel Rel ala Toasty Deli versi aku adalah ditemenin sama kopi susu hangat atau teh anget.
Dinikmati pagi-pagi, atau temen minum teh sore sehabis kerja, cocok banget!

BAGELEN TOASTED!

Selain Kue Gandjel Rel, Toasty Deli juga memproduksi roti bagelen.
Roti kering bercita rasa manis bernama bagelen memang cocok dinikmati saat bersantai. Teksturnya yang renyah memberikan sensasi lain dalam menyantap kue kering. Kudapan ini kerap ditemukan di berbagai wilayah di Jawa Tengah, khususnya di toko oleh-oleh.Bahan utama bagelen merupakan roti manis berbentuk bundar maupun panjang yang kemudian dibeah dua dan diolesi mentega berwarna putih di tengahnya. Mentega yang disebut roemboter ini lah yang membuat cita rasa bagelen menjadi harum dan manis menggugah selera.

Tapi yang versi Toasty Deli , dengan brand Toasted! ini menurutku lebih mudah digigit karena bentuknya pipih, bukan setengah bola seperti bagelen-bagelen jadul pada umumnya.
Jadi  memudahkan aku buat nyelupin ke air teh anget ,seperti caraku dalam menikmati roti bagelen.
Uniknya nih bentuknya mirip roti tawar tapi versi mini, rasa-nya ada Original (Gula Putih & Mentega), Cheese sama rasa Cinnamon, dibuat homemade dengan resep keluarga sejak 1967 jadi rasa-nya khas jadul gitu.
Kemarin aku menikmati Toasted! Bagelen rasa keju.
Taburan kejunya yang crunchy dipermukaan bagelen menjadikan dominan rasanya gurih asin, dengan sedikit rasa manis.kalau yang cinnamon manis rempah dan wangi kayu manis.




BAGELEN TOASTED!


Bagelen Toasted rasa keju cocok banget sebagai cemilan sore ditemani secangkir teh (Dok.Pri)


ROTI ISI TOASTY DELI


Selain Kue Gandjel Rel dan Bagelen, Toasty Deli juga menyediakan aneka roti isi yang bisa dibawa untuk bekal.
Ada sekitar 20an rasa roti isi, seperti roti coklat, roti pisang, roti keju, roti sisir, roti kacang, dsb
Roti isi smoked beef dengan keju diatasnya enak banget loh gaes!
Isiannya padat, banyak, rasanya pas banget. Bisa nih untuk sangu ke tempat kerja atau bekal dijalan saat perjalanan jauh.

Aneka macam variab roti isi TOASTY DELI


Roti sisirnya ngingetin saat aku kecil, dibawain ibuku roti sisir jadul dengan olesan mentega yang berlimpah ditengahnya.Aaaak, nostalgic banget.
Yang bikin spesial buat lidahku, adonan rotinya itu lembut, menul-menul ga bikin seret, jadi santai aja kalau ngunyah ga harus buru-buru minum buat nggelontorin kue yang liat.
Overall bikinan Toasty Deli ini semuanya enak-enak tapi harganya sangat terjangkau.


Aku suka banget menikmati roti Toasty Deli ditemani kopi atau teh panas.



ROTI SISIR TOASTY DELI YANG KLASIK ngingetin masa kecil




Produk Toasty Deli yang lainnya juga banyak loh, dan enak-enak semua.
Jika kalian berada didaerah Semarang Barat, kalian bisa mampir ke tokonya yang berada dideretan ruko-ruko Perumahan Graha Padma. Buka Setiap Senin -Sabtu dari jam 07.00-19.00 WIB.





Buat kalian yang lokasinya berjarak 8 km dari Toasty Deli, minimal pembelian 50 ribu rupiah gratis pengantaran loh! Atau bisa memakai kurir sameday mulai dari 10 ribu rupiah saja.
O,ya nih, ada promo menarik dalam memperingati hari Kemerdekaan Indonesia loh, gaes!
Siapa sih yang ngga suka Pizza? Aku si suka banget!
Jadi ada PAKET MERDEKA PIZZA COMBO sampai akhir Agustus ini.
Buruan pesan sebelum promonya habis!




Jadi kesimpulanku, buatan Toasty Deli ini menurut lidahku yang selektif ini, semuanya enak, terutama kue Gandjel Relnya!
Buat oleh-oleh khas Semarang, tentu saja aku bakalan rekomendasiin ,apalagi buat selera kekinian yang sukanya soft.
Tunggu petualangan kulinerku selanjutnya ya , bakalan aku geber makanan-makanan enak-enak yang harus kalian coba.




More Info:
Toasty Deli Bakery
WA 0818-0972-1539
Ruko B1/8, Graha Padma,
Semarang Barat
IG: @toastydeli









14 comments for "GANDJEL REL,KUE JADUL YANG DIOLAH KEKINIAN OLEH TOASTY DELI"

  1. Wow kue ini kue jadul tapi rasanya begitu nganggenin Tak tergantikan. Rasanya enak dimakan sore-sore buat sambil nge tea di teras bareng keluarga ya

    ReplyDelete
  2. Ya ampun jam segini baca ini lapeerr aku. Kalau inget gandjel rel inget kue gambang di Jakarta. Dan selalu enak kalau dicelupin teh atau kopi, juga dicemilin begitu saja, kenyaang!. Tapi emmnag kejadoela teksturnya bikin anak-anak ga demen kalau soft gandjel relnya seperti bikinan Toasty Deli pasti nagih nih

    ReplyDelete
  3. Oalaah baru tau saya kalau gandjel rel itu nama kue. Taunya blogger semarang komunitasnya namanya gandjel rel hihi..

    ReplyDelete
  4. mbaa aku baru tau kalau kue ini namanya gandjel rel. aku suka juga nih kuenya.. pokoknya kalau bertabur wijen, pasti lebih menggoda buatkuu hehe makasi buat ceritanya yaa

    ReplyDelete
  5. Beneran kue jadul ya, aku belum pernah lihat sama sekali kue ini. Menggoda banget, jadi pengen mana harga terjangkau pula itu. Bisa antar ke luar kota ga ya?

    ReplyDelete
  6. Kue jadul tuh emang ngangenin. Mereka punya rasa khas sendiri, kaya begelen itu kadang aromanya enak apalagi disandingkan sama teh hangat

    ReplyDelete
  7. Yuhuuu, auto mupeng utk cobain Gandjel Rel versi Toasty Deli.
    kalo lihat poto2 dan baca review mba Archa, pastinya super yummmyyy ini
    patut jadi oleh2 kalo suat saat daku cuss ke SMG

    ReplyDelete
  8. Kue jadul tapi sehat dan higienis, tapi menarik juga kelihatannya ketika kue jadul dihias dgn kue kekinian.

    ReplyDelete
  9. Gadak dimedan nih wkwk semoga kapan2 kue gandjel rel nya ada dimedan ya😀😀

    ReplyDelete
  10. Abis liat ini jadi langsung pengen, apalagi roti isinya cuma 5rb haha. Kalau ke Semarang boleh lah saya coba nanti hehe.

    ReplyDelete
  11. Mau dong ganjel rellnya. Di daerah saya ko gak ada yak. Dan ah disayangkan sewaktu ke Semarang blm icip icip kuenya

    ReplyDelete
  12. Wah harus nyobain kalau pergi ke semarang! Padahal sama2 orang jawa tengah baru tau ada ganjel rell hehehe

    ReplyDelete
  13. Udah lama bgt ga makan kue ini. Awalnya merasa aneh sm namanya "Gandjel Rel". Eh ga taunya rasanya unik tp enak hehe

    ReplyDelete
  14. Roti sisirnya enyaak banget. Buttercream nya melimpah. Anakku juga doyan banget mbak, aku cuma kebagian dikit. Ternyata toasty deli enak2 smua ya rotinya

    ReplyDelete

Post a Comment

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...