CONTOH MENGHITUNG BBI DENGAN KALKULATOR BERAT BADAN IBU HAMIL

 



Kehamilan bagi seorang wanita merupakan fase yang harus dilewati saat kedua pasangan mengharapkan datangnya sang buah hati.

Sudah sewajarnya, tahapan ini disambut dengan sukacita dan selalu berpikiran positif agar mempengaruhi kesehatan mental dan fisik ibu serta janin didalam kandungan.

Tentu saja sang ibu biasanya mengalami pertambahan berat badan selama masa kehamilan. Hal ini diperlukan untuk menunjang perkembangan janin dalam kandungan. Tapi, berapakah kenaikan berat badan yang ideal selama hamil?

Setiap ibu hamil perlu mengetahui rumus dan manfaat dari penggunaan kalkulator berat badan ibu hamil. Untuk lebih jelasnya tentang cara penggunaan rumus kalkulator kenaikan berat badan ibu hamil ini, Anda bisa mencoba menghitung cara untuk memperoleh BBIH seperti dibawah ini 

 Contoh 1:

Misalnya Bu Indah memiliki tinggi badan 155 cm. Bu Indah ingin mengetahui berapa berat badan idealnya selama hamil di minggu ke 33. Maka cara menghitungnya adalah sebagai berikut :

·         Mencari Nilai BBI Terlebih Dahulu

Karena Bu Indah memiliki tinggi badan kurang dari 160 cm, maka BBI yang dimiliki Bu Indah adalah 155 – 105 = 50.

·         Setelah Itu Bu Indah Baru Bisa Menghitung BBI Untuk Minggu ke-33

BBIH = BBI + (UH x 0,35)

BBIH = 50 + (33 x 0,35)

BBIH = 50 + 11,55

BBIH = 61,55

Jadi, berat badan ideal Bu Indah untuk minggu ke 33 adalah 61,55. Sehingga jika Bu Indah mendapati berat badan tubuhnya saat hamil lebih dari nilai tersebut, maka Bu Indah harus sesegera mungkin bertemu dengan dokter kandungannya.

Tidak hanya untuk pengecekan lebih lanjut tentang kesehatan saja tetapi juga untuk program penurunan berat badan. Seperti untuk mengetahui makanan apa saja yang harus dihindari supaya Bu Indah bisa mencapai berat badan ideal tersebut selama masa kehamilan.

  Contoh 2

Contoh kedua, jika Bu Rindu memiliki tinggi tubuh 140 cm, maka ia memiliki BBI sebesar 40. Kemudian Bu Rindu ingin tahu berapa berat badan idealnya saat memasuki usia kehamilan yang ke 25 minggu. Cara menghitungnya adalah sebagai berikut :

·         BBIH = BBI (UH x 0,35)

·         BBIH = 40 (25 x 0,35)

·         BBIH = 40 + 8,75

·         BBIH = 48,75

 Sehingga, berat badan ideal yang dimiliki Bu Rindu di minggu ke 25 adalah 48,75 kg.

 

Hal tersebut juga berlaku bagi ibu hamil yang memiliki berat badan yang kurang dari hasil perhitungan kalkulator berat badan ideal ibu hamil yang dilakukan sebelumnya. Sehingga mereka bisa menambah porsi makannya supaya bisa mencapai berat badan ideal selama berlangsungnya masa kehamilan.

Meski saat ini telah ada banyak platform yang menyediakan kalkulator BBIH, tetapi tidak sedikit ibu hamil yang malas untuk mengaksesnya. Penghitungan BBIH ini akan jauh lebih mudah jika ibu hamil memiliki berat badan tubuh yang ideal sebelum hamil. Tetapi sayang tidak semuanya memiliki berat badan ideal tersebut.

Jikapun ibu pada dasarnya memiliki tubuh kurus ataupun gemuk, tetapi ibu malas untuk menghitungnya dengan menggunakan kalkulator BBIH tersebut, maka ibu bisa menggunakan panduan dibawah ini sebagai catatan pribadi :


Panduan berat badan untuk ibu hamil



Ibu hamil memang membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak, tapi bukan berarti harus mengonsumsi makanan untuk dua orang sekaligus.




Bagi ibu hamil yang termasuk dalam kategori berat badan dibawah normal (underweight) sebelum kehamilan, bisa melakukan cara-cara berikut untuk membantu menaikkan berat badan selama hamil.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi secara teratur.
  • Makan dalam porsi kecil namun lebih sering (sekitar 5-6 kali sehari).
  • Berikan kalori tambahan pada makanan yang dikonsumsi, misalnya menambahkan keju pada makanan, selai kacang pada roti, atau susu pada sereal.
  • Selalu sediakan makanan ringan, seperti biskuit, buah kering, kacang-kacangan, biji- bijian, dan yoghurt.
Namun bagi ibu hamil dengan berat badan berlebih (overweight) sebelum kehamilan, sebaiknya memerhatikan asupan makanan agar tidak mengalami kenaikan berat badan yang terlalu banyak. Hindari makanan dan minuman tinggi gula dan lemak, serta garam. Selain itu, lakukan olahraga ringan, seperti berjalan santai, berenang, atau yoga, agar berat badan tetap stabil.
Lebih baik berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan yang terpercaya agar bisa dipandu bagaimana menjaga kesehatan kandungan  dan mengatur pola makan dengan baik.

Btw, kira-kira berat badan anda sudah ideal atau belum nih, bunda?


No comments for "CONTOH MENGHITUNG BBI DENGAN KALKULATOR BERAT BADAN IBU HAMIL"