HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI FLASHDISK

 


Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan sebuah benda yang bernama flashdisk bukan? 

Ya, flashdisk merupakan sebuah perangkat yang biasa digunakan untuk menyimpan ataupun mentransfer berbagai jenis data.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini ada banyak sekali jenis-jenis flashdisk yang tersedia dipasaran. Tentu saja masing-masing jenis flashdisk tersebut memiliki kualitas yang berbeda, sehingga kerap membuat kita bingung saat hendak menentukan pilihannya. Nah, berikut dibawah ini ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangan sebelum membeli flashdisk.

1. Pilih Flashdisk Dengan Merk Ternama



Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap produk dengan merk ternama itu sudah pasti menjamin kualitas bagus sehingga paling banyak dicari oleh konsumen. Hal itu pun berlaku untuk produk flashdisk, dimana kamu harus memilih sebuah flashdisk dengan merk ternama.

Untuk mengetahui informasi seputar merk-merk flashdisk yang berkualitas, kamu bisa mengunjungi situs resmi atau melihat review flashdisk di forum-forum online. Dalam hal ini, carilah merk flashdisk yang banyak direkomendasikan oleh anggota-anggota yang ada di forum tersebut.

2. Pertimbangkan Kapasitas Penyimpanan



Saat ini ada banyak sekali varian kapasitas flashdisk yang tersedia di pasaran. Maka dari itu, kamu harus memilih flashdisk yang kapasitas penyimpanannya sesuai dengan kebutuhan dan tujuan penggunaanmu. Sebagai contoh, apabila digunakan untuk kebutuhan transfer dokumen, maka flashdisk dengan kapasitas 1 – 2 GB pun sudah cukup.

Lain halnya untuk kebutuhan transfer foto atau mp3, dimana kapasitas penyimpanan flashdisk harus berkisar 2 – 8 GB.  Sedangkan untuk kebutuhan transfer video, maka pilihlah flashdisk yang kapasitas penyimpanan diantara 8 – 64 GB.

3. Kecepatan Transfer Data



Kecepatan transfer data pada sebuah flashdisk itu meliputi beberapa hal, yakni kemampuan membaca file, menyimpan, hingga transfer data. Tentu saja kecepatan transfer data merupakan poin penting, karena akan menjadi penentu dalam proses copy-paste atau pemindahan data.

Pada proses transfer data, umumnya media yang sangat berpengaruh terhadap tingkat kecepatan maupun keterlambatan transfer data di flashdisk itu adalah USB (Universal Serial Hub). Adapun mengenai beberapa jenis USB dan perbedaannya seperti berikut :

  • ·        USB 2.0 :  Jenis USB 2.0 ini memiliki kecepatan transfer data yang mencapai 480 Mbps.
  • ·   USB 3.0 : Jenis USB 3.0 merupakan model terbaru pada flashdisk saat ini yang memiliki kecepatan cukup tinggi, yakni mencapai 4.800 Mbps.

4. Memilih Casing Flashdisk yang Kuat



Jangan terlalu fokus terhadap kapasitas penyimpanan dan jenis USB, sehingga kamu tidak memperhatikan bagian casing flashdisk. Mengapa harus memilih casing flashdisk yang bagus? Pasalnya, fungsi dari casing itu sendiri untuk melindungi bagian dalam flashdisk.

Apabila casingnya tidak kuat, maka jangan harap flashdisk milikmu itu akan berumur panjang. Tak hanya itu, perhatikan juga bagian tutup flashdisk. Dengan kata lain, pilihlah tutup yang menyambung ke badan flashdisk-nya agar tidak mudah hilang. Sebab jika tutupnya hilang, maka flashdisk akan rentan mengalami kerusakan lho!

5. Jangan Mudah Tergiur Harga Murah



Pembeli mana sih yang tidak akan tergoda saat ditawari produk dengan harga miring? Perlu kamu ketahui, bahwa harga murah pada sebuah produk itu belum tentu menjamin kualitasnya yang bagus. Oleh karenanya, pilihlah flashdisk yang harganya sesuai dengan spesifikasi, seperti kapasitas penyimpanan, kecepatan transfer data, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum membeli flashdisk.

Btw, ada berapa flashdisk yang sudah kamu miliki?

No comments for "HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SEBELUM MEMBELI FLASHDISK"