MANFAAT CEK RUTIN KESEHATAN KANDUNGAN SERTA KEUNTUNGAN MEMERIKSA KE BIDAN




Masa kehamilan bagi wanita bisa menjadi momen yang tak terlupakan. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kesehatan, perawatan, hingga masalah hubungan intim. Oleh karena itu, penting bagi ibu tahu semua informasi lengkap seputar kehamilan untuk menjaga kandungan tetap sehat hingga Si Kecil lahir.

Sangat penting bagi setiap ibu hamil untuk rutin memeriksakan dirinya ke dokter atau bidan selama proses kehamilan. Bahkan beberapa pasangan suami istri atau pasutri telah mengunjungi ahli kesehatan saat akan merencanakan kehamilannya. Tujuan hal ini adalah untuk membantu mendukung kehamilan yang sehat sehingga kondisi bayi yang dilahirkan nanti bisa sehat. 

Berikut dibawah ini beberapa manfaat cek kesehatan kandungan yang perlu diketahui, diantaranya yaitu : 

1. Bisa Mengetahui Kondisi Kesehatan Diri Dan Janin Dalam Kandungan 


entrechiquitines.com


Saat seorang ibu hamil melakukan cek kesehatan kandungan secara rutin, maka dirinya bisa mengetahui kondisi kesehatan diri dan janin didalam kandungannya, sehingga bisa melakukan berbagai pencegahan terkait hal hal buruk yang kemungkinanya bisa muncul nanti. 

2. Banyak Manfaat Secara Khusus 


Secara khusus, melakukan cek kesehatan kandungan secara rutin juga bisa membantu ibu dari komplikasi kehamilan,memantau kesehatan janin didalam kandungan, memberikan pengetahuan tentang kehamilan, dan membantu ibu menyiapkan proses kelahirannya. 

Beberapa wanita hamil memeriksakan kondisi kesehatan kandungannya ke dokter spesialis kandungan. Sedangkan beberapa wanita hamil lainnya mengunjungi bidan untuk mengecek kesehatan kandungannya. Sebenarnya langkah langkahnya hampir sama. Tetapi jika ibu penasaran untuk cek kesehatan kandungan di bidan, maka adanya beberapa manfaat yang akan didapatkan, seperti diantaranya : 

1. Posisinya Yang Dekat Dengan Masyarakat 



Salah satu kelebihan cek kesehatan kandungan di bidan adalah dekat dengan masyarakat. Bahkan beberapa bidan swasta ada yang membuka klinik di dekat perumahan warga dengan sistem pelayanan 24 jam. Hal ini tentunya akan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan saat tiba tiba membutuhkan bantuan mereka. 

2. Bidan Bisa Melakukan Pelayanan Ke Rumah 


Tidak hanya membuka pelayanan 24 jam saja, tetapi bidan juga tidak membatasi dirinya terhadap lokasi pelayanan. Mereka menawarkan pelayanan ke rumah rumah ibu hamil yang membutuhkan pertolongan. Ditempuhnya langkah ini saat seorang ibu hamil tidak mampu lagi berkonsultasi langsung ke klinik atau puskesmas. 

3. Konsultasi Yang Terbatas 



Selain itu juga masyarakat akan lebih terbuka saat cek kesehatan kandungan ke bidan. Pasalnya bidan seringkali memposisikan dirinya sebagai sahabat perempuan. Dengan begitu, ibu hamil bisa berkonsultasi dengan lebih santai dan bebas sehingga tidak tercipta adanya gap. 

4. Biaya Konsultasi Yang Lebih Terjangkau 

Tidak bisa dipungkiri jika permasalahan biaya yang seringkali menjadi hambatan utama bagi masyarakat untuk cek kesehatan kandungannya. Mereka enggan melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan karena biayanya yang bisa dibilang cukup mahal. Untuk mengatasinya, mereka bisa konsultasi ke klinik bidan swasta yang tentunya biaya konsultasinya itu jauh lebih terjangkau daripada ke dokter spesialis kandungan. 

5. Adanya Program Keluarga Berencana (KB) 




Dan keuntungan terakhir yang bisa didapat saat cek kesehatan kandungan ke bidan adalah akan ditawarkannya program KB atau Keluarga Berencana. Sebagian besar masyarakat melakukan program KB dengan kontrasepsi jangka panjang sesuai anjuran bidan. 

Biasanya dilakukannya program ini bersamaan dengan konsultasi kehamilan. Bidan akan menjelaskan pada pasangan suami istri tentang program KB dan apa saja jenis kontrasepsinya. Hasilnya, setelah ibu selesai melahirkan, bisa langsung memasang kontrasepsi jangka panjang. 

Itulah beberapa informasi tentang manfaat cek kesehatan kandungan secara rutin, serta keuntungan memeriksa ke bidan. Selain harus rutin memeriksakan janinnya ke ahli kesehatan, tetapi seorang ibu hamil juga wajib menjaga kesehatannya dengan baik. 

Bagaimana, sudah mempersiapkan menjadi calon ibu yang bijak bukan?




No comments for " MANFAAT CEK RUTIN KESEHATAN KANDUNGAN SERTA KEUNTUNGAN MEMERIKSA KE BIDAN"