7 TRIK JITU AGAR ANAK SUKA MEMBACA BUKU

7 TRIK JITU AGAR ANAK SUKA MEMBACA BUKU


Sebagai orang tua yang hobinya membaca, jujur aku agak kesel juga lihat anak keduaku, laki-laki berumur hampir 12 tahun ini susah sekali disuruh membaca.
Jika disuruh membaca novel atau buku yang agak tebal semacam Serial Lima Sekawan, susahnya minta ampun.
Dia lebih memilih nonton film atau mainan gawai atau game ditabletnya.
Minat baca Enrico , anakku kok mentok dibuku komik, itupun pilih-pilih. Grrmmh!
Apa boleh buat, demi membuat dia mau membaca, aku belikan serial WHY, WHAT yang edisi komik supaya ada bahan bacaan.
Padahal kedua orangtuanya hobi banget membaca. Apalagi suamiku yang dari sejak remaja langganan majalah Intisari yang menurut kami adalah salah satu majalah berkualitas di Indonesia.
Kakak perempuannya pun bisa dibilang kutu buku kelas berat. Dari umur 2 tahun dia sudah bisa membaca, dan di lemari bukuku tersimpan puluhan buku dari ensiklopedi , kamus, majalah, hingga jurnal hasil dari hobi kita ke toko buku. Pasti selalu saja ada yang dibeli, entah buku masakan atau obralan 5-ribuan, hahaha.

Prinsipnya sih buat aku dan suamiku, sebagai orang tua, kita harus bisa berkolaborasi menjalankan pendidikan parenting yang baik untuk anak-anak supaya menjadi generasi yang berkualitas salah satu caranya dengan gemar membaca apapun, sebab buku itu adalah jendela dunia, betul kan!

Tidak bisa diingkari , dunia saat ini sudah berkembang pesat , dan anak-anak kita hidup dijaman yang 
serba elektronik sekarang ini, jadi tidak mengherankan jika banyak sekali anak-anak yang tidak suka membaca buku. Mereka lebih tertarik pada gadget dan elektronik.

Aku ingat-ingat, kenapa anak pertamaku, Aurel suka sekali membaca sampai sekarang, ternyata dari sejak dalam kandungan hingga baru bisa membuka mata saja sudah sudah aku biasakan untuk membaca buku .
Umur 1,5  tahun Aurel sudah hafal huruf-huruf yang tertera pada kartu huruf.
Tidak heran jika umur 2 tahun, dia sudah bisa membaca kata yang terdiri dari 2 suku kata dengan lancar karena visualnya yang detail dan selalu fokus.



Untuk anak-anak yang masih balita, menurut pengalamanku mengasuh Aurel, tips agar anak-anak tertarik terhadap buku sejak dini adalah:


1. Aurel selalu tertarik dengan benda-benda berwarna mencolok. So, aku kalau ke toko buku diusahakan membeli buku dengan cover maupun isi yang bergambar warna-warni dan cerah.
Topiknya bisa tentang binatang, tanaman, atau benda-benda dengan bentuk geometri.

 2. Setiap kali bermain-main, entah boneka atau kubus, bola dan semacamnya, selalu aku sisipkan untuk membaca buku .Lama kelamaan anak jadi terbiasa dengan buku dan isinya. Tak heran Aurel hafal apa saja bentuk-bentuk dan cerita yang ada dibuku miliknya.

. 3. Ketika anak sudah bosan, berikan jeda untuk bermain lagi. Jangan memaksa untuk membaca buku  , selingi dengan bermain yang lain , sehingga kegiatan membaca buku adalah kegiatan yang fun .

 4. Keluarkan buku secara bertahap sehingga anak tidak mudah bosan. Apabila kita punya 5 buku, jangan langsung mengeluarkan semua di 1 hari, rolling 2 buku per hari akan membuat anak tidak bosan dan merasa punya buku baru setiap hari. 

5. Sejak masih digendong hingga bisa jalan sendiri, Aurel sudah kita biasakan betah nongkrong ditoko buku.Pada saat-saat khusus, aku bebasin dia memilih buku kesukaannya, apalagi sejak Aurel sudah bisa lancar membaca buku. Tentu saja anak senang karena buku pilihannya berhasil dia miliki, juga menumbuhkan kepercayaan diri anak untuk memilih sesuai kesenangannya sendiri. Tentu saja orang tua membantu mengarahkan agar sesuai dengan nilai yang akan ditanamkan seiring dengan usianya.

  6. Usahakan jauhkan gadget dan TV selama di rumah.  Saat bersama Aurel, aku berusaha tidak memegang hp dan lebih memfokuskan diri untuk  bermain.

Saat anak sudah beranjak besar dan minat akan bukunya semakin tinggi, sebagai orangtua kita juga jangan terus lepas tangan.
Harus tetap memantaunya agar anak merasa diperhatikan bahwa aktivitasnya itu  bernilai positif.

Membaca buku selain membuat hidup lebih bahagia, membaca merupakan aktivitas yang memberikan ketenangan juga meningkatkan fungsi kognitif otak untuk berpikir memahami konteks dan menajamkan kemampuan mengingat. Maka dari itu, rajin membaca dapat menurunkan risiko  terhadap macam-macam penyakit otak yang terkait usia, seperti pikun atau dementia.
Ingat, orangtua adalah role model paling berpengaruh untuk anak yang bisa dicontoh.

Diantara timbunan limbah kertas dipercetakan buku

Oleh karena itu , ada 7 trik jitu yang bisa membuat anak selalu suka untuk membaca buku:

1. BERI CONTOH PADA ANAK
Melihat kasus Enrico yang agak beda dengan kakaknya yang hobi membaca, maka trikku sebagai orangtua, diusia SD menjelang SMP ini, aku mewajibkan dia untuk membaca buku minimal 1 bab perhari atau 1 jam perhari. Dengan melihat aku yang juga membaca disebelahnya, anak jadi tidak merasa orangtua hanya memaksa dan menyuruh saja, namun tidak memberikan contoh nyata.
So, luangkan waktu untuk membaca bersama anak.

2.BERIKAN WAWASAN BUKU SELUASNYA
Arahkan anak agar tidak membaca buku satu jenis itu saja, seperti komik KUNGFU BOY saja.
Berikan alternatif bahwa banyak sekali bacaan bagus yang bisa dia baca, seperti novel Laskar Pelangi yang menginspirasi, Harry Potter yang penuh fantasi dan menggugah imajinasi, atau cerita misteri ala Agatha Christie.
Karena aku saat SMP juga sering nonngkrong di perpustakaan sekolahku saat itu untuk membaca buku, bahkan kisah pewayangan dan kepahlawanan semacam Ramayana dan Bharatayuda.

3.SEDIAKAN BACAAN BERMUTU DIRUMAH
Aku dan suamiku berlangganan majalah Intisari yang terbit setiap bulan sekali, karena bagiku isinya sangat bermutu. Anak-anakku sejak belum sekolah sudah aku langganankan majalah Mombi, bersambung Bobo Kids dan kemudian Bobo.
Sejak SMP berganti menjadi National Geographic Kids .
Dengan begitu, mereka terbiasa membaca buku-buku yang isinya bukan mengandung hoax dan gosip-gosip murahan, tetapi keilmuan dan wawasan yang penting untuk memperkaya khazanah pengetahuan mereka.

4.MEMANFAATKAN APLIKASI PADA GADGET
Jaman sekarang, fungsi buku sudah sedikit bergeser menjadi digital. Umumnya anak akan lebih sering menggunakan gadget sebagai sarana bermainnya atau untuk menonton video anak-anak. Namun, biasakan anak menggunakan gadget untuk mengunduh aplikasi bacaan yang dapat dijadikan sarana membaca anak. Banyak sekali e-book yang bisa diunduh yang bisa menggantikan fungsi buku diera sekarang ini.

5.APRESIASI  ITU PENTING
Jangan lupa untuk selalu memberikan apresiasi kepada anak agar mereka merasa dihargai dan penting.Tunjukkan ketertarikan  pada bacaan anak.
 Tanggapan atau respon orangtua terhadap hobi membaca anak memiliki efek kuat pada seberapa keras mereka akan berusaha menjadi pembaca yang baik. Selalu ingat untuk memberi mereka pujian yang tulus atas usaha mereka. Anak-anak biasanya setelah menyelesaikan membaca majalah atau buku baru, aku tanya bagaimana dan tentang apa isi cerita dan penokohannya bagaimana. Apa nilai yang diambil. Jadi mereka akan terus mengingat pelajaran moral yang dia dapat dari buku yang telah mereka baca. Dan bisa mengambil nilai positif/negatifnya.

6. MEMBERI HADIAH DALAM BENTUK BUKU
Aku selalu memberikan hadiah ulangtahun setiap tahunnya kepada anak-anak dengan minimal sebuah buku.
Lama-lama anak-anak merasa bahwa ada keterikatan mereka dengan buku. Jadi kecintaan terhadap buku sudah mulai ditumbuhkan sedari kecil.

7. MELIBATKAN ANAK-ANAK UNTUK MERAWAT BUKU MILIKNYA
Dengan membaca buku dan menumbuhkan rasa kepemilikan, aku ajarkan pula kepada mereka agar ikut serta merawat buku-buku. Karena buku itu aset yang sangat berharga, bukti fisik buah pemikiran manusia . Caranya dengan mengajarkan untuk memberi sampul supaya rapi dan bersih. Tidak boleh melipat buku , cukup menyelipkan pembatas buku ketika sampai dihalaman terakhir yang dia baca, bertanggung jawab ketika meminjam buku teman maupun meminjamkan buku ke orang lain, sehingga tidak mudah lecek, rusak bahkan hilang.
Kebiasaan baik ini pasti akan terus terbawa hingga dewasa.

Bagaimana?
Apakah anak-anak kalian juga sulit untuk membaca buku?
Sharing dong pengalamannya...






No comments for "7 TRIK JITU AGAR ANAK SUKA MEMBACA BUKU"