HOBI YANG MENGHASILKAN UNTUK MENGISI KEGIATAN SELAMA STAY AT HOME

HOBI YANG MENGHASILKAN UNTUK MENGISI KEGIATAN SELAMA STAY AT HOME


Siapa yang gara-gara anjuran pemerintah untuk bekerja dirumah alias Work From Home jadi dilanda kejenuhan? Ngakuuu...

Zuzur, aku pun mulai dilanda kebosanan yang teramat sangat.
Kangen jalan-jalan.
Kangen kongkow sama teman-teman.
Kangen Ngemal atau belanja ke Pasar Gang Baru yang komplit.
Kangen ke gereja buat misa, apalagi ini pas PASKAH...
Aaaak...sepertinya itu harus diredam dulu sementara waktu menunggu situasi agak kondusif jika tidak mau tertular COVID-19 yang lagi menyatroni udara dimana-mana.

Calm down beibeh,...
Kamu tidak sendiri...semua orang dengan segala pekerjaan maupun yang tidak bekerja, dari yang halah maupun haram, semua kena imbasnya.
Tuhan sepertinya memang menghendaki umatnya berdiam diri dirumah, merenungi segala perbuatannya,introspeksi diri dan mengevaluasi apa saja yang mesti diperbaiki dan yang harus ditinggalkan setelah semuanya ini membaik.
Semoga kita semua peka ya...bukan malah ngeyel berkeliaran dijalan, bikin virusnya makin merata menjelajah setiap pelosok kota dan desa.

BTW, alih-alih dilanda kebosanan, sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan dirumah loh, apalagi yang menyangkut hobi.
Eehhh,... syukur-syukur dari hobi itu bisa berkembang menjadi Hobi yang menghasilkan  tidak sekedar Hobi yang menyenangkan saja.

Coba deh , gali potensi masing-masing, apa saja sih hobi yang kamu sukai?
Kalau aku sih hobinya rebahan... (#eh...dikeplak).
Hah! Ga punya hobi?
Ahhh...masa?
Bahkan siul-siul itu termasuk hobi loh! Jangan salah!
Siulan lagu loh yaaa, atau nyiulin burung.Kan lumayan, burung-burung yang bisu gara-gara kamu siulin jadi melek, terus sahut-sahutan, daripada sepi...yekan?
Tapi jangan nyiulin lawan jenis, kecuali pingin disemprot atau digampar bonus semburan.
Itu namanya bikin masalah. hihi...

But wait!
Aku sih paham betul, apalagi juga mengalaminya, pasti susah juga ya, situasi lagi kendor gini, mau membangkitkan niat untuk ngembangin hobi pasti butuh "cambukan" dulu. Gimana mau menghasilkan, kalau motivasi dalam diri sendiri aja masih ikutan "lockdown" , tul ga?
Lumayan loh, daripada sibuk menggerutu karena tidak ada yang bisa dilakukan saat terpaksa bekerja dirumah atau malah menurun pendapatannya karena mesti swa karantina, ternyata dari berkegiatan dirumah saja, bisa melahirkan hobi yang ternyata menghasilkan kalau diseriusin.

So, ...yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah menciptakan mood supaya siap menangkap ide-ide yang bertebaran dari hobimu.

Ini langkah-langkahnya untuk membantu menaikkan mood kamu!

1.PILIH RUANG KESUKAAN
 Hal pertama saat mati gaya dirumah, cari ruangan yang asyik dulu buat mancing inspirasi hobimu. Bisa di teras, di ruang keluarga atau di kamar.
Pokoknya tempat yang senyaman mungkin, kalau di WC cukup cari inspirasi aja yaaa,...buat kerja kayanya mambu...eh.




2.KONDISIKAN RUANG TEMPATMU MENYALURKAN HOBI
Pasti bakalan terpengaruh kalau suasana tempat kerja dirumah berantakan. Bukan hobi yang menghasilkan dan menyenangkan yang bisa didapat, malah justru makin ruwet dan mumet gak dapat-dapat ide.
Jadi menata ruangan untuk bekerja itu penting supaya hasrat berkreasi menyalurkan hobi bisa mengalir dengan deras.

 

3.DENGERIN MUSIK KESUKAAN
Aku paling suka kalau lagi ngerjain sesuatu,ada iringan musik yang bikin hati nyaman, dan otak ga mampet. Pokoknya jangan dangdut aja, kalau aku sih. Entah kenapa ,kalau aku ngerjain sesuatu terus ada backsound musik dangdut, malah jadi makin kliyengan. Sama iringan musik klasik, malah buat aku stres! Menurutku, komposisi musik klasik itu berat banget, jadi kudu mikir buat dengerin. Jadinya dobel mikir.
Mendingan dengerin musik yang kalem, easy listening, atau lagu-lagunya Glenn Fredly. (#huaaa...nangiss...dia meninggal kemarin,.huwwwaaaa.. :'(   )
Ganti musik lebih ngebeat, kalau sudah berhasil nemuin hobi yang kamu sukai, bisa makin memacu adrenalin supaya lebih bersemangat ,loh!


Nah, setelah stimulus-stimulus untuk membantu melahirkan ide-ide brilian terpenuhi, saatnya memilah apa saja hobi kalian yang menurut kalian menyenangkan yang pernah kalian lakukan.

Ini dia beberapa ide yang bisa dijadikan pertimbangan selama harus stay at home atau tinggal dirumah saja.

1. HOBI MEMASAK


Buat yang hobi memasak, mumpung lagi dirumah dalam waktu relatif lama, ga ada salahnya nyobain resep-resep baru. Bisa dari buka-buka buku warisan nenek atau ibu. Atau menjelajah internet, buka-buka sosial media. Kaya yang lagi booming akhir-akhir ini adalah bikin Dalgona Coffee. Ehh, ...siapa tau setelah kondisi membaik , malah bisa buka kafe atau coffee shop dari hasil coba-coba selama karantina? Atau malah punya usaha katering? Itung-itung selama bekerja dari rumah, bisa dapat orderan masakan atau minuman ke pelanggan .Keren khan!
Who knows?

Dalgona Coffee yang lagi ngehype!
Dalgona Coffee yang lagi ngehype!




2.DAPAT INSPIRASI DARI KOLEKSI BUKU


Sudah lama lemari buku tak tersentuh sampai dihuni laba-laba 7 turunan.

Kini saatnya kalian melirik rak bukumu yang jika bisa bicara sudah merintih-rintih karena tertutup debu tebal.
Banyak banget ide yang bertebaran saat menemukan buku yang sudah lama tidak dibaca, atau bahkan dibeli masih segelan padahal sudah lama belinya. (Siapa yang mengalami?)
Bisa jadi ada kumpulan kliping masakan yang pernah kamu susun beberapa tahun lalu. Atau katalog saat dibangku sekolah dulu, ketemu teman-teman lama yang terlupakan, terus kontak-kontakan , ehh..jadi bisnis yang belum pernah terpikirkan.
Tuh kan, hobi koleksi buku ternyata bisa jadi jembatan ide-ide baru hanya gara-gara dari kegiatan menata ulang.
Hobi yang menyenangkan sekaligus menghasilkan bukan?




3.HOBI MENDEKORASI  RUMAH


Daripada bengong, mendekorasi ulang letak perabotan dirumah juga bisa memompa semangat baru dan jadi hobi yang potensial. Siapa tahu dari rasa ingin tahu yang besar bagaimana memadu padankan bahan-bahan interior rumah, melatih sense of art , mengasah rasa estetika, siapa tahu malah bisa buka konsultan jasa interior by website atau sosmed yang lain. Lumayan kan, merintis dari sekarang , jadi lebih dikenal oleh teman-teman atau relasi setelah situasi membaik nanti.
Rumah rapih, sekaligus menjadi ajang latihan .YES!

Mendekorasi dinding agar lebih cantik sekaligus fungsional
Mendekorasi dinding agar lebih cantik sekaligus fungsional. (Source:Pinterest)

4.HOBI FOTOGRAFI

Sayang sekali kalau dilemari punya aset berharga berupa kamera, entah jadul ataupun kamera hp sudah canggih-canggih, tapi tidak dimanfaatkan.

Asah kemampuan mumpung dirumah saja untuk mengeksplorasi obyek disekitar rumah buat difoto. Bisa serangga, tanaman, atau orang yang lalu lalang.
Terus dicetak sendiri dirumah, dibingkai ,pasang deh diruang tamu atau teras yang bisa dilihat orang.
Siapa tahu, ada tamu yang datang suatu hari nanti, dan tertarik dengan caramu memotret dan mengabadikan momen.Terus digandeng untuk kolaborasi bikin buku atau jadi fotografer acara nikahan saudaranya? Horeee, satu peluang terbuka nih, hanya dari hobi ngincer dan njepret.Yakan!

Memotret adalah salah satu hobi yang menyenangkan sekaligus menghasilkan. (Source:Pinterest)
Memotret adalah salah satu hobi yang menyenangkan sekaligus menghasilkan. (Source:Pinterest)
5.HOBI YANG BERHUBUNGAN DENGAN INTERNET DAN GRAFIS


Era sekarang sepertinya hampir sebagian masyarakat modern melek dengan internet dan fasilitas-fasilitas yang ditawarkan. Hampir sebagian besar waktunya dihabiskan dengan mantengin layar.
Dari kegiatan mantengin layar yang berhubungan dengan gawai dan teknologi, saatnya mengembangkan skill mendesain terutama dibidang desain grafis ,membuat website, bikin video atau menulis yang disalurkan lewat blog baik gratisan buat latihan atau yang sudah berbayar.
Mumpung dirumah lagi banyak waktu, manfaatkan dengan menimba ilmu pengetahuan tentang hal-hal yang membuat kalian penasaran.
Kaya aku gini, lagi pingin belajar photoshop atau adobe premier karena ga bisa sama sekali.
Atau baca-baca tutorial bikin video ala-ala youtuber. 
Setelah agak mahir, bolehlah colak-colek temen (lagi ngetrend sabun colek cuy,halah!) buat menawarkan untuk membuatkan websitenya, atau mendesain logo perusahaan, atau apapun yang bisa menghasilkan sesuatu .Lumayan kan, kalau mereka puas dan dipromosikan dari mulut ke mulut. 
Menyenangkan sekaligus menghasilkan, gaes!

Desain menu untuk restoran yang inovatif. (Source:Pinterest)
KESIMPULAN: 

Wah,ternyata berkegiatan hanya dirumah saja selama karantina ini bisa bermanfaat dan menghasilkan ya, dari hobi yang pada awalnya cuma keisengan mengisi waktu.

Dan dari bermacam-macam hobi ternyata bisa menghasilkan uang di era digital. Jika kalian merasa kerja dibalik meja kantor terasa membosankan, maka tidak ada salahnya untuk mulai mengasah hobi yang kalian miliki agar tidak hanya sebatas hobi, tapi juga mampu menjadi pekerjaan sehari-hari yang kalian senangi. Dengan begitu produktivitasmu bakal semakin meroket karena dalam melakukan pekerjaan  merasa tidak terbebani justru malah menambah pundi-pundi.

Mulai sekarang,jangan biarkan kekosongan pikiran memenuhi benakmu ya,gaez!
Saatnya membekali diri dengan amunisi berupa ketrampilan dan rencana-rencana yang baik untuk memotivasi diri lebih maju. Saatnya bangkit dan produktif!



source infografis: Kemkominfo,Pinterest, Internet


4 comments for "HOBI YANG MENGHASILKAN UNTUK MENGISI KEGIATAN SELAMA STAY AT HOME"

  1. Ini nih yang saya lakuin sekarang. Pindahin meja kerja ke tempat yang comfort menurut saya. Karena saya orangnya gak bisa kerja di tempat gelap, makanya meja di kostan dipindah dekat jendela jadi sekalian bisa liat ke luar jendela sambil ngerasain angin sepoi di jendela. Ngomongin kegiatan nih, karena efek WfH saya jadi ketagiahan belajar masak di rumah sama belajar fotografi pake hape.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ,kegiatan positip mas. Ternyata ada manfaatnya ya WFH itu. Keep it up!

      Delete
  2. Aku juga suka mendengarkan lagu musik dan saat di rumah. Jadi pengen mencoba hobi fotografi setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete
  3. Aku juga suka mendengarkan lagu dan musik saat di rumah. Jadi pengen mencoba hobi fotografi setelah baca postingan ini.

    ReplyDelete

Post a comment

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...