TIPS MEMILIH MINYAK TELON YANG AMAN UNTUK BAYI

TIPS MEMILIH MINYAK TELON  YANG AMAN UNTUK BAYI


Kemarin aku tuh habis nengokin bayi yang baru beberapa hari lahir.
Iya,sepupuku yang cantik ini memang baru saja ngelahirin bayi perempuannya yang lucu  dan mancung tepat ditanggal cantik 2 Februari 2020 atau bisa disingkat 202020.
Dia beri nama bayinya,  Embun Pagi Maheswari yang katanya bermakna Bidadari cantik yang datang bersamaan dengan embun dipagi hari. Cantik yaaa...
Dan aku tuh suka banget kalau nengokin bayi , bau-bauan yang menguar disekeliling kamar adalah bau seger minyak telon. Apalagi pas nengokin, Embun baru saja selesai dimandiin. Hmmm..bau minyak telonnya tercium sampai ke ruang tamu.
Baunya itu nenangin banget dan bikin pingin nyiumin si baby.
Apa daya, harus tetep jaga jarak dan menahan diri , takutnya kita membawa virus yang rentan bikin bayi sakit. Bisa panjang ceritanya kalau gara-gara ditengokin malah bikin bayi yang masih peka banget dengan segala hal yang berhubungan dengan indrawi ini malah rewel dan  jatuh sakit. Aaakkk...ga  tega.

Bicara tentang minyak telon nih, ... ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kalian dapatkan dalam menggunakan minyak telon untuk bayi. Makanya aku sedikit heran, temanku yang menikah dengan bule, dan tinggal di negaranya si Paman Sam itu ga pernah ngolesin bayinya minyak telon karena bagi mertuanya, baunya aneh.Waaah...!

Minyak telon untuk bayi bisa membuat hubungan ibu dengan bayinya semakin terjalin erat. Keeratan ibu dengan bayi terjalin karena ibu bisa  menggunakan minyak telon untuk memijat bayinya. 
Manfaat ketika ibu memijat bayi , selain bayi merasa tenang dan nyenyak tidurnya ,juga akan membuat ibu bisa bercengkrama dengan bayinya. 
Tak heran jika disaat mengoleskan minyak telon , bisa diselipkan juga  menggoda bayi sambil melakukan aktivitas memijat. 



Nah, minyak telon kekinian juga akan membuat bayi kalian  selalu merasa hangat. 
Kehangatan akan melingkupi tubuh dan dirasakan oleh bayi setelah mandi dan juga saat dingin. Minyak telon juga bisa mencegah bayi digigit nyamuk.
Di pasaran  kini dijumpai beberapa merk minyak telon sudah ada yang ditambahkan bahan anti nyamuk lainnya. 
Untuk itu jangan ragu untuk membeli minyak telon.
 Jika kalian bingung dalam memilih minyak telon, berikut sebagian tips dalam memilih minyak telon yang aman untuk bayi. 

 1. Pilih Minyak Telon Dengan Kandungan Minyak Kayu Putih Yang Tidak Banyak 

Minyak telon adalah minyak yang berasal dari beberapa minyak yang mungkin kalian sudah tahu. 
Jadi minyak telon berasal dari minyak seperti minyak adas, minyak kelapa dan minyak kayu putih. Nah, lebih baik kalian pilih minyak telon yang terdapat kandungan-kandungan di atas. 
Tetapi  yang sebaiknya  kalian ingat adalah kandungan minyak kayu putihnya tidak terlalu banyak. Hal ini karena kandungan minyak kayu putih yang terlalu banyak bisa membuat bayi merasakan  panas pada kulitnya. 


Jika kulit bayi panas, tentu saja akan membuat kulit bayi menjadi merah. 
Kulit yang merah akan membuat iritasi dan juga gatal. 
Sehingga lebih baik gunakan minyak telon yang tidak terdapat minyak kayu putih terlalu banyak. 
Nah, lihat pada kemasan minyak telon apakah kandungan minyak kayu putihnya banyak atau tidak. Untuk itu  pilih saja minyak telon wangi green tea yang akan memberikan rasa hangat yang seimbang. Minyak telon yang wanginya beda ini akan memberikan rasa nyaman pada bayi. 


Wangi greentea itu menyegarkan dan menenangkan. (Source:IDN Times)


 2. Coba Dulu Di Tangan Anda Sebelum Oleskan Minyak Telon Pada Bayi 

Hal yang harus kalian perhatikan selajutnya dalam memilih minyak telon yang aman untuk bayi adalah minyak telon yang pas komposisi minyak adas, minyak kelapa dan kayu putihnya. 
Namun meskipun begitu kadang kita tidak tahu apakah minyak telon tersebut sudah benar komposisinya karena hanya ada keterangan kandungan di dalamnya. 
Tetapi tidak ada keterangan berapa persennya. 
Maka cara yang bisa kalian lakukan untuk mengecek seberapa panas minyak telon tersebut adalah  kalian bisa cek dulu di tangan . Caranya  dengan diteteskan ke tangan lalu anda diamkan sesaat. 
Jika terasa panas. Sebaiknya kalian beralih untuk membeli merek lainnya saja   yang lebih aman untuk kulit bayi. 



3. Jika Terjadi Hal Yang Aneh Pada Kulit Bayi, Hentikan Pemakaian 

 Dalam memilih minyak telon hits sebaiknya banyak hal yang harus kalian pertimbangkan. Salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah apakah minyak telon tersebut aman atau tidak ketika dipakai dalam jangka waktu relatif lama. 
Mungkin jika pemakaian sebentar belum terlalu terlihat efeknya. 
Namun jika pemakaian sudah agak lama , akan terlihat apakah minyak telon tersebut aman atau tidak. Hal ini dipengaruhi juga kondisi kulit bayi yang berbeda-beda. Jika sudah begitu kalian lebih baik pergi ke dokter anak. 



Tanyakan saja ,  apakah anak kalian bisa atau tidak dalam menggunakan minyak telon. Kalian juga bisa tanyakan apakah ada alergi lainnya seperti alergi susu atau telur.
Dokter pasti akan memberikan penjelasan yang mendetail kalau kita aktif berkonsultasi tentang perkembangan dan perubahan bayi kita bukan?

Ini dia tips memilih minyak telon yang aman untuk bayi. 
Kalau kalian suka ngolesin minyak telon ga pada buah hatinya sehabis mandi?

Baca juga: ANUGERAH SPESIAL!


1 comment for "TIPS MEMILIH MINYAK TELON YANG AMAN UNTUK BAYI"

  1. Aku juga suka mengoleskan minyak telon untuk keponakanku setelah keponakanku selesai mandi. Aku suka aroma minyak telon karena wanginya pas dan menenangkan.

    ReplyDelete

Post a comment

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...