MANFAAT DAN TIPS NGEBLOG ALA TRAVELER


MANFAAT DAN TIPS NGEBLOG ALA TRAVELER

Sebagai tukang klayapan alias bahasa kerennya traveler, tentu banyak sekali cerita yang bisa disampaikan selama kita melakukan perjalanan .
Baik cerita lucu, menegangkan, atau bahkan buruk dan sial sekalipun.
Akan sangat disayangkan, jika hal-hal positif maupun negatif yang bisa dijadikan peringatan atau acuan dari pembaca blog kita menguap begitu saja.

Seperti saat aku melakukan perjalanan ke Jepang beberapa tahun lalu, ternyata ada banyak hal yang bisa kubagikan, contohnya, menceritakan tentang toilet ala Jepang yang canggih dimanapun juga, atau fakta bahwa ternyata di Jepang hampir didominasi 90% mobil berwarna putih!

So, jika bisa dirangkum disini, ada beberapa manfaat  ngeblog ala Archa Bella:

Manfaat ngeblog buatku:

1.Ajang Sharing alias berbagi

Bisa berbagi kisah yang spesial atau penting untuk diketahui pembaca. Berbagi menu-menu makanan yang wajib dicoba ketika sedang berkunjung ke suatu tempat. Berbagi rute atau jalur menuju ke sebuah obyek wisata, dan sebagainya.

Tips barang bawaan yang wajib dibawa saat bepergian dengan pesawat dengan waktu yang lama.

2.Memberikan pembelajaran atau edukasi bagi para pembacanya


Ngeblog itu juga bisa dijadikan ajang untuk mengedukasi agar pembaca yang sebelumnya tidak mengetahui menjadi paham dan bisa mempersiapkan diri atau lebih berhati-hati sebelum melakukan perjalanan.
Misalnya: Banyak yang belum mengetahui bagaimana budaya setempat. Ambil contoh budaya memberikan tip atau uang ekstra saat kita berkunjung ke Amerika dan Eropa itu merupakan hal yang jamak atau bisa dikatakan sudah kebiasaan. Tetapi jangan sekali-kali memberikan tip saat diJepang, karena itu dianggap sebuah penghinaan . Nah, jadi tahu kan, gara-gara kita rajin mencari informasi lewat blog.

Etika saat berkunjung ke Jepang. (Source:culturetrip.com)
3. Menambah jejaring sekaligus bonus

Artinya saat kita ngeblog, ternyata bisa dilirik perusahaan komersial, atau produk tertentu selain relasi pertemanan tentunya ketika kita mampu menyajikan informasi yang bagus serta presentasi yang menarik.
Jadi jangan heran jika tiba-tiba ada email yang mampir ke kamu menawarkan untuk mengendorse produk kamera,atau memberikan voucher menginap dihotel mereka agar kita ulas , restoran tertentu meminta untuk direview masakannya. Cihuy banget ya! Bisa makan-makan, jalan-jalan, pergi-pergi gretonggg!

Reward saat kita ngeblog



Nah, lantas bagaimana tuh saran-saran bergizi yang bisa dijadikan rumus supaya blog yang kita pelihara (macam guguk ajeeeh) bisa dilirik perusahaan bonafide atau menjadi acuan para pembaca ?

Tips Ngeblog ala Archa Bella :


  • Jangan malas berburu informasi saat melakukan perjalanan.Be creative! Kreatif dalam menentukan eksplorasi sehingga mempengaruhi penyajian tema tulisan, sudut pandang, dsb.



  • Bergabung dalam komunitas yang spesifik


Jangan ragu masuk menjadi anggota komunitas yang positif dan mendukung blog kita. Seperti komunitas fotografi, komunitas penulis blog, komunitas food bloger, komunitas bangunan bersejarah, dsb. Pasti itu akan sangat memberi warna dalam penulisan blog kalian supaya tidak monoton.




  • Jangan malas apdet tulisan, terutama yang terkini

"Dosa" terbesar dari seorang bloger adalah inkonsistensi alias malas mengapdet tulisan di blog kita.
Padahal mungkin banyak pembaca setia blog kalian yang menunggu-nunggu cerita kalian berikutnya.
Jadwalkan secara rutin menurut kemampuan kalian menulis, bisa seminggu sekali atau sebulan 2x , yang penting rutin. Hal ini membuat blog kalian tidak gampang dilupakan . Lebih baik lagi yang teraktual jadi tidak "basi" saat dibaca.




  • Pilih konten menarik dan personal branding yang baik


Tips yang sangat okey untuk meningkatkan popularitas blog kita. Karena jejak digital itu akan mudah terlacak sampai kapan pun. Jadi pastikan menulis yang baik dan bermanfaat bagi para pembaca, dengan pemilihan konten yang menarik agar lebih mudah menjaring pembaca. Ciptakan image tertentu terhadap diri kita lewat blog sehingga lebih mudah dicari di mesin pencarian.





  • Jaga hubungan baik dengan pembaca


Banyak bloger yang mengabaikan interaksi dengan pembaca blog kita. Sering-seringlah berinteraksi dengan menjawab komen, atau membalas pertanyaan yang diajukan, membagikan ke sosial media lainnya, seperti Instagram, Twitter atau Facebook, membuat reputasi kita sebagai bloger niche tertentu tetap terjaga dan berkharisma.Jangan pernah sombong dan pelit berbagi. It's a rule!




Itu dia Manfaat dan tips Ngeblog ala Archa Bella yang suka traveling kemana-mana.
Selamat menerapkan ,semoga menghasilkan berkah-berkah yang tak terduga. Menulislah dengan sepenuh hati, niscaya rejeki akan mengikuti.

Akur?!

Source gambar: Pinterest

1 comment for "MANFAAT DAN TIPS NGEBLOG ALA TRAVELER"

  1. Manfaat ngeblog memang banyak banget ya. Kalau menurutku ngeblog itu semacam catatan pribadi sebagai media pengingat tentang kisah perjalanan yang kita alami.

    ReplyDelete

Post a comment

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...