September 2019 - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

BERBAGAI KULINER ENAK DI ACEH

Friday, September 06, 2019
BERBAGAI KULINER ENAK DI ACEH
Add caption

Bagi kalian para pemburu kuliner, tak ada salahnya untuk mampir ke kota yang di kenal dengan lagunya yang berjudul Bungong Jeumpa yaitu, kota Aceh, yang merupakan provinsi yang terdapat di Indonesia .
Aceh terletak di ujung utara di pulau Sumatera, yang memiliki nama Banda Aceh sebagai ibu kota provinsi Aceh.

Lokasi Aceh dilihat dari Atlas Dunia. (Source: Maphill.com)

Ini dia lagu Bungong Jeumpa buat yang belum tahu..nyanyi yuuukkk!



Aceh menjadi tempat wisata favorit di Sumatera karena memiliki beberapa objek wisata yang dapat dikunjungi seperti, wisata alamnya, wisata kota hingga mengenal budaya serta sejarah Aceh. 

Aceh juga dikenal sebagai menjadi ibu kota yang tak pernah sepi pengunjung dikarenakan Aceh menjadi pusat ekonomi, sosial dan juga politik provinsi Aceh. 

Agar perjalanan liburan kalian tidak sia-sia maka segeralah untuk membaca artikel ini mengenai berbagai kuliner enak di Aceh yang wajib kalian cicipi, berikut ulasannya. 

Mie Aceh

Mie Aceh yang lezat. (Source: qraved.com)

 Makanan favorit pertama yang tentunya sangat terkenal dan tidak asing di telinga yaitu mie aceh. Walaupun di berbagai daerah kita sering menemukan makanan favorit ini, untuk di Aceh sendiri kita akan menemukan cita rasa terjamin enak yang berasal dari rempah-rempah bumbu khas Aceh. 
Mie Aceh ini di sajikan dengan irisan-irisan daging serta beraneka seafood yang di goreng bersama dengan mie dengan porsi yang lumayan besar dengan cita rasa yang di sajikan sangat enak sekali, makanan ini bisa anda temui di rumah makan Mie Razali di peunayong, Aceh. 

Mie Aceh Razali yang menjadi langganan para pejabat. (Source:ksmtour.com)


 Rujak aceh, di Samalanga 


Rujak Aceh Samalanga yang menggiurkan. (Source:carimasakankhas.blogspot.com)

Yang kita ketahui bahwa rujak sama biasa pada umumnya yang hanya memiliki cita rasa yang asam manis juga pedas, namun kali ini di Aceh, memiliki rujak yang sangat unik, karna rujak ini di buat dalam ulekan yang sangat besar serta dapat menampung sebanyak 50 porsi rujak, dan disajikan di atas daun pisang yang djadikan wadah untuk rujak tersebut, tetapi bisa juga memakai wadah piring, hal ini tergantung bagaimana selera makan anda. 

Ayam Tangkap

Ayam tangkap Ujong Bate. (Source: Aceh Tourism Agency)

 Bagi penyuka makanan ayam, anda bisa mencoba kuliner khas aceh ini yang di namakan ayam tangkap. Cita rasa ayam tangkap ini dominan gurih beserta sedikit manis di lidah. Tentu ayam tangkap ini tidak asing lagi bagi warga Aceh, karena untuk menemukan makanan ini bukanlah hal yang sulit di cari.
Di berbagai hotel juga restoran pasti akan selalu menyediakan makanan ayam tangkap ini, seperti halnya terdapat di rumah makan Ujong Bate tepatnya di Jambo Tape, rumah makan aceh spesifik di lambaro ataupun rumah makan rayeuk di lueng bata, namun yang paling di kenal memiliki cita rasa yang tinggi serta sangat dapat mengoyang lidah anda adalah ayam tangkap Cut Dek yang terletak di jalan Lambaro, banda aceh.
 Rumah makan ini di buka mulai pada pukul jam 9 pagi sampai jam 10 malam. 


Ayam Tangkap Cut Dek yang banyak dikunjungi penikmat kuliner . (Source: Aceh Tourism) 


 Dan yang terakhir jangan lupa untuk mencicipi jajanan khas Aceh ataupun bisa di jadikan oleh-oleh untuk keluarga, sahabat serta pasangan tercinta di rumah, yaitu dinamakan dengan kue bhoi, kue tradisional Aceh yang mempunyai bentuk-bentuk lucu di setiap gigitannya, ada yang berbentuk bunga, ikan, binatan dan bentuk lainnya yang menggemaskan. 
Kue bhoi ini memiliki cita rasa yang enak, karna kuenya sangat lembut cocok untuk dijadikan teman ngopi atau ngeteh sesuai selera anda. 

Kue Bhoi , kue khas Aceh teman minum kopi yang serasi.

Selain kue ini, yang dapat di jadikan oleh-oleh juga diantaranya, manisan pala, pisang sale dan juga meuseukat, jangan khawatir untuk harga masih terjangkau dengan isi dompet anda.

Manisan pala.
Sale Pisang khas Aceh. (source: Fokus Aceh)


Meusekat, kue khas Aceh. (Souce:wasatha.com)

Pernahkah kalian mencoba kuliner khas Aceh?
Mana favorit kalian, ceritain dong rasanya ?

BEBERAPA TEMPAT WISATA UNIK DI BALI YANG WAJIB DIKUNJUNGI

Friday, September 06, 2019
BEBERAPA TEMPAT WISATA UNIK DI BALI YANG WAJIB DIKUNJUNGI


Siapa sih yang ga tau Pulau Bali?
Dimata wisatawan mancanegara, seringkali Bali lebih dikenal daripada Indonesia ,negara tempat Bali berada loh!  tul ngga?
Biasanya nih, kalau wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang baru pertama kali menginjakkan kaki ke Pulau Dewata ini,  lokasi wisata yang dituju adalah lokasi-lokasi yang popuker, seperti Pantai Kuta, GWK, Pantai Sanur, dan sebagainya.

Tetapi , buat aku yang sudah beberapa kali berkunjung ke Bali, selalu saja ingin mengeksplorasi tempat-tempat yang belum pernah kukunjungi dong pastinya, yang unik dan syukur-syukur belum banyak yang tahu.

Tempat wisata unik di Bali adalah destinasi yang tidak begitu populer seperti tempat wisata yang lainnya. Tetapi destinasi unik ini juga tidak kalah menarik dengan destinasi wisata lainnya yang memang sudah dikenal banyak orang. 

Kian hari, ternyata tempat wisata unik di Bali tersebut semakin ramai dikunjungi. Seperti yang telah diketahui banyak orang jika Bali memang sepertinya tidak akan pernah habis menyuguhkan spot menarik untuk dikunjungi para wisatawan. 
Seolah semakin bertambahnya Sumber daya Bali dibidang pariwisata. Begitu juga dengan pengunjungnya karena memang tempat wisata unik di Bali ini semakin banyak saja. 

Buat kalian yang sudah beberapa kali  mengunjungi Bali maka tidak ada salahnya kalian wajib mengunjungi tempat wisata uniknya, karena kalian bisa saja tidak  akan menemukan berbagai keindahan alam ini di tempat wisata lainnya. 
Ditunjang oleh berbagai potensi alamnya yang sangat indah, jangan heran jika Bali selalu menjadi destinasi yang paling dicari wisatawan domestik hingga wisatawan luar negeri. 

 Menurut berita Bali terkini adanya beberapa tempat wisata unik di Bali yang wajib dikunjungi diantaranya yaitu : 

 1. Hidden Canyon Beji Guwang 

Hidden Canyon Beji Guwang
Eksotisme Hidden Canyon Beji Guwang yang sayang untuk dilewatkan .(Source: Travelingyuk)
Hidden Canyon Beji Guwang yang keren buat foto-foto sambil menyusuri sungai. (Source:Balipost)

 Hidden Canyon Beji Guwang adalah tempat wisata unik di Bali berupa ngarai yang lokasinya itu berada di wilayah desa guwang, Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. 
Yang menjadikan tempat wisata ini begitu istimewa adalah karena adanya aliran sungai yang diapit oleh dua tebing yang menjulang tinggi. 
Bisa dibilang tempat wisata alam yang satu ini cukup menantang tetapi akan terbayar dengan pemandangannya yang begitu spektakuler. 

2. Bunut Bolong 

Bunut Bolong didaerah Jembrana .(Source: Bali-Indonesia.com)

 Bunut Bolong merupakan tempat wisata unik di Bali berupa pohon Bunut atau sejenis beringin suci raksasa. 
Pohon Bunut ini berada di Bali Barat tepatnya di Desa Manggisari, Kabupaten Jembrana. 
Yang membuat pohon bunut ini unik adalah adanya lubang besar pada bagian bawah pohonnya yang dapat dilewati. 
Dan bahkan bisa dilewati oleh dua mobil secara bersamaan. 
Selain itu juga disamping pohon bunut tersebut adanya Pura yaitu Pura Pujangga sakti. 
Meski lokasinya cukup jauh tetapi tempat wisata tersebut layak dikunjungi karena memang masih alami dengan hutan dan perkebunan cengkehnya. 

Pura Pujangga Sakti yang bakalan jadi salah satu destinasi wajib buatku saat ke Bali.Keren! (Source:Bali Puspa)

 3. Munduk Asri Ubud 

Munduk Asri Ubud , akarnya unik banget ya gaez! (Source: Balisari Tour)

 Tempat wisata Munduk Asri Ubud ini cocok dikunjungi oleh mereka yang ingin menyegarkan pikirannya dengan wisata alam.
 Adanya tempat ikonik di tempat wisata ini berupa akar akar pohon Taep besar yang menjalar ke permukaan.
 Akar akar inilah yang dijadikan sebagai spot foto oleh para pengunjung yang datang ke tempat wisata tersebut. 
Tidak hanya ada akar pohon saja, karena para pengunjung juga akan disuguhi dengan pemandangan alam yang hijau khas Ubud, Bali. 

 4. Angel’s Billabong 

Siapa yang tak tergoda berenang di birunya air sambil berfoto ria. (Source:Bali Cheapest Tour)

 Di tempat wisata ini kamu bisa melihat dasar dari kolam alami dengan airnya yang sejernih Kristal. Rasanya tidak berlebihan jika kamu menganggap tempat wisata unik ini begitu indah sehingga layak untuk dikunjungi. Air kolam tersebut memancarkan semburat warna kehijauan seperti layaknya zamrud. Sepertinya warna kehijauan tersebut berasal dari dasar kolam dimana kamu dapat melangkah diatasnya tanpa perlu khawatir akan terpeleset. 
Karena memang tidak licin dan sangat nyaman seperti sedang berjalan diatas hamparan permadani yang hijau. 

Selain itu masih ada tempat wisata unik lainnya yaitu Bukit Campuhan atau yang biasa dikenal dengan Campuhan Ridge Walk. Disini, kalian akam disuguhkan panorama alam yang begitu indah dari tempat wisata ini. Kalian dapat menikmati hamparan rumput hijau dan pepohonan dengan menyusuri jalan setapak sepanjang 2 kilometer.

Asyiknya menyelusuri jalan yang terhampar alami sambil menikmari kicauan burung di Campuhan Ridge Walk. (Source:ensquiredaired.com)
Asyiknya menyelusuri jalan yang terhampar alami sambil menikmari kicauan burung di Campuhan Ridge Walk. (Source:ensquiredaired.com)

Gimana, unik-unik bukan?
Pernahkah kalian kesana?
Atau mana nih yang menjadi favorit kalian, share dong...:D

Baca juga: BACKPACKERAN KE LOMBOK DENGAN BUS
Powered by Blogger.