POLA ASUH GROW HAPPY DUKUNG ANAK SEHAT DAN BAHAGIA - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

POLA ASUH GROW HAPPY DUKUNG ANAK SEHAT DAN BAHAGIA


Orang tua seringkali menuntut anaknya untuk pandai ,pandai, dan pandai.
Hoohohoo...tidak semudah itu Esmeralda!?
Sudahkah kita sebagai orang tua mendidik dengan benar?
Mendidik dan membesarkan dengan penuh tanggung jawab dan kasih sayang tidaklah mudah, butuh kedewasaan dan pengertian orang tua dalam mengasuh anak-anak penuh kesabaran .

Dan ternyata, Puji Tuhan , Rabu kemarin tanggal 14 Agustus 2019, pikiranku jadi tercerahkan demi mendengarkan para ahli dibidangnya mengemukakan betapa pentingnya Pola asuh yang bahagia sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak kita lebih sehat dan bahagia.


Nestle Lactogrow, susu yang mendukung pertumbuhan anak usia satu tahun keatas kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung tumbuh kembang optimal  anak Indonesia dengan  menggelar workshop dan media gathering yang bertempat di Valle Resto, Jl.Diponegoro, Semarang.
Workshop tersebut mengusung materi bertema "Dukung Kesehatan dan Kebahagiaan Anak dengan Pola Asuh Grow Happy ".
Para pakar yang terdiri dari ahli gizi, dokter anak dan psikolog ini berbagi ilmu untuk membantu orangtua dalam memenuhi kebutuhan gizi dan mengembangkan kematangan emosi anak, mulai dari pendekatan psikologis hingga cara menjaga kesehatan saluran cerna , agar orangtua dapat mendukung anak tumbuh bahagia.

Acara dimulai pukul 10 pagi, dengan sapaan MC cantik menyambut peserta workshop , kemudian mempersilakan Ibu Pramudita Sarastri selaku Brand Executive Nestle Lactogrow.
Ibu Pramudita menjabarkan misi Nestle Lactogrow dalam mengajak orangtua untuk mendukung anak tumbuh bahagia : " Happy from the Inside Out ", didelapan kota di Indonesia. Tema itu dipilih karena Nestle percaya, agar anak dapat tumbuhdan berkembang secara optimal,orangtua perlu memenuhi kebutuhan gizi dan membantu mengembangkan emosi anak.

MC membuka acara workshop bersama Nestle Lactogrow
MC membuka acara workshop bersama Nestle Lactogrow

Ibu Pramudita Sarastri selaku Brand Executive Nestle Lactogrow.
Ibu Pramudita Sarastri selaku Brand Executive Nestle Lactogrow menjelaskan tentang Happy from the Inside Out.

Beliau menjelaskan pula bahwa untuk mewujudkan "Grow Happy" membutuhkan keterlibatan orangtua secara maksimal. 
Hal ini bisa dimulai dari pemilihan nutrisi yang tepat  untuk buah hatinya.
Karena pada dasarnya, semua penyakit dimulai dari dalam usus kita.
Jika pada tubuh sapi terdapat selulosa yang bisa mencerna , sedangkan pada manusia dibutuhkan Probiotik agak makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat diserap  melalui usus secara baik.
 STIMULASI, NUTRISI dan KETERLIBATAN ORANG TUA merupakan hal penting dalam mewujudkan masa kecil anak yang bahagia untuk menunjang kebahagiaannya dimasa depan.



MANFAAT PROBIOTIK UNTUK PENCERNAAN


Kehadiran Dokter Spesialis Anak , Dr.dr. Ariani Dewi Widodo, Sp.A (K).semakin melengkapi rasa penasaranku tentang apa itu Probiotik dan manfaatnya.
Untuk memenuhi kebutuhan gizi anak, salah satu langkah yang dapat dilakukan adalah dengan memastikan pencernaannya dalam kondisi sehat. Oleh karena itu penting bagi orang tua untuk memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang dan mengandung probiotik agar membantu nutrisi dapat terserap dengan lebih baik. Diantara sekian banyak probiotik, Lactobacillus reuteri merupakan salah satu jenis yang telah teruji secara klinis aman dan bermanfaat bagi tubuh, terlebih dalam pertumbuhan 1000 hari pertama kehidupan anak. 





Pemberian probiotik dapat dilakukan melalui  makanan yang difermentasi seperti tempe dan yoghurt.
Selain itu baik mengkonsumsi probiotik yang  terdapat didalam kombucha, kefir, kimchi, susu dan tahu.


Dr.Ariani menjelaskan tentang pentingnya Probiotik dalam usus kita. 

 Coba simak fakta-fakta dan ilustrasi dibawah ini tentang apa manfaat Probiotik:







Dalam survai yang dilakukan oleh mentimeter kepada seluruh peserta melalui hp masing-masing , ternyata menghasilkan kesimpulan seperti diatas.
Lalu sebenarnya  ,mengapa sih kita butuh Probiotik ,terutama untuk si kecil?
Seperti sudah dijelaskan, bahwa Probiotik merupakan bakteri baik yang bermanfaat untuk:

Bakteri baik (probiotik) dapat mempersingkat diare akut. Wah, jadi ga berlama-lama harus ijin sekolah karena sakit dong ya...

Bakteri baik ini mencegah terjadinya sembelit yang membuat tidak nyaman pencernaan.


Bayi biasanya ada yang suka terserang kolik , dimana dia menangis ga berhenti-henti dari sore sampai malam. Biasanya ibu yang tidak mengerti sering berpikir si anak terkena sawan, berpikir bahwa salah memberi makan, dll, ditenangin pun tidak diam-diam sehingga menyebabkan orangtua stress.Nhah , si Lactobacillus reuteri ini ternyata bersahabat untuk kolik bayi loh!



Vitamin B12 tidak bisa dihasilkan oleh tubuh, tetapi oleh Probiotik Lactobacillus reuteri.
Manfaat vitamin B12 adalah untuk pembentukan sel darah merah . Jika sel darah merah kurang , maka  mudah terserang anemia.
Kekurangan vitamin B12 juga mempengaruhi perkembangan otak.




Probiotik :bisa mengubah suasana hati dan perilaku,komposisi yang tepat pada usus.
Dengan adanya probiotik, maka konsentrasi belajar lebih meningkat, dan bagi penderita diabetes baik untuk meingkatkan ingatan. Percobaan yang dilakukan oleh mencit/anak tikus membuktikan bahwa peran probiotik dapat mengurangi kecemasan.

KETERLIBATAN ORANG TUA UNTUK MEMBENTUK ANAK BAHAGIA

Nah sesi ketiga adalah sesi yang asyik, karena dilakukan sambil bermain Play doh, itutuhhh, clay yang jadi favorit anak-anak termasuk aku buat bikin bentuk-bentuk lucu.
HAh bermain play doh!!!???

Disana aku dan peserta yang lain dibagi beberapa kelompok untuk membentuk playdoh menjadi menu makanan sehari-hari.
Walaupun belum menang, tetapi cukup bangga juga karena sudah lama tidak bermain clay, haha. Membentuk spaghetty, nasi, onigiri, udang, tempe ,tahu, dsb. (Terbukti masa kecil kurang asupan probiotik jadi kurang bahagia...haha).



Playdoh hasil karya kelompokku berwujud menu pagi siang dan malam.Ada hamburger, paha ayam, sosis, onigiri, telur ceplok, hahaha...kenyang!

Seorang Psikolog cantik ,Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC. sebagai pembicara ketiga turut diundang juga. Sebelumnya aku pernah bertemu dengannya dalam event Lactogrow tahun lalu di The Palis.Cara menjelaskan dan berbicara beliau dalam presentasi sangat berkesan buatku karena jelas, gamblang dan makjleb!
Elizabeth  melontarkan pertanyaan "Pilih anak yang bahagia atau anak pintar?"
Dalam hati tentu saja aku menjawab pingin keduanya dong..hahaha.

Psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, menjabarkan tentang peran serta orang tua terhadap masa depan anak yang gemilang. Fun!
 Mengapa sih , membesarkan anak yang bahagia itu penting sekali?
Coba kita baca penjelasan para ahli berikut ini:




Nih ya ..para orang tua, aku bagi tips dari beliau, bagaimana membesarkan Anak agar tumbuh bahagia, camkan baik-baik!



Beliau menambahkan , tak hanya memastikan asupan nutrisi, orangtua juga harus memperhatikan kematangan emosi anak. "Kematangan emosi dan kebahagiaan anak dapat dibantu dengan mempraktekkan perilaku positif, misalnya dengan mengajarkan kebiasaan bersyukur. Anak yang pintar bersyukur akan tumbuh nmenjadi sosok yang optimis,berempati tinggi, dan lebih bahagia. Orang tua juga sebaiknya rutin menghabiskan waktu dengan anak, misalnya berolahraga bersama, karena membiasakan gaya hidup aktif dapat meningkatkan kesehatan psikologis dan fisik.

Menurut bu Elizabeth , "Bahagia itu Magnet".
Magnet untuk cepat dapat jodoh, banyak teman , mudah mendapatkan rejeki, dsb.
Tul..kannn?
Gimana mau didekatin orang ,kalau wajah anak kita nanti selalu bersungut-sungut dan jarang tersenyum?

Karena apa?
Orang bahagia itu cenderung lebih pintar.
Dan anak yang lesu seringkali tidak nampak kebahagiaan diroman mukanya dan gerak gerik tubuhnya. Hal ini menyebabkan dia mudah menerima perundungan atau bullyable.




Pesan kunci yang akan dia sampaikan adalah:
Jika anak dimasa kecilnya bahagia, bisa diprediksi bahwa dimasa depan akan mendapatkan banyak kemudahan baik dikehidupan maupun pertemanan. Sebaliknya, anak yang semasa kecilnya tidak bahagia, maka saat dewasa nanti akan menjadi pribadi yang mudah terkena efek traumatik dan depresi.

Anak yang berbahagia adalah cerminan dari orangtuanya yang berbahagia.

TENTANG LACTOGROW



Selain dengan konsisten menghadirkan wokshop untuk berbagi ilmu pola asuh yang baik dengan melibatkan para pakar, Nestle Lactogrow juga turut mendukung tumbuh kembang anak dengan menghadirkan susu yang diperkaya kalsium, 12 vitamin, minyak ikan, 7 mineral dan omega 3 dan 6, serta mengandung probiotik Lactobacillus reuteri.
Lactogrow terdiri dari varian plain, vanilla dan madu yang diformulasikan secara khusus oleh para ahli di Nestle Research Centre, Switzerland, karena dapat membantu tumbuh kembang si kecil yang bahagia.Grow Happy.


KESIMPULAN:

yang kudapat dari workshop yang bergizi kali ini, menurut :

  1. Psikolog Elizabeth : Dibutuhkan effort alias usaha terus menerus dari orang tua untuk memelihara hasrat dalam membesarkan anak yang bahagia, tentunya dengan selalu berpola pikir positif dan menciptakan lingkungan yang happy dan menyenangkan dalam kesehariannya bersama anak-anak.
  2. Pramudita: Selalu terlibat dalam setiap tahap perkembangan dengan si kecil, mulai dari bertanya tentang bagaimana disekolah hari ini? Apa makananmu tadi disekolah? Bagaimana PRnya? dsb. Dan selalu perhatikan pencernaan buah hati kita karena itu mempengaruhi kecerdasannya dimasa depan.
  3. Dr.dr.Ariani: Menjaga saluran cerna agar selalu sehat dengan mengkonsumsi Probiotik, dapat mempengaruhi mood untuk tetap baik dan menunjang tercapainya kecerdasan yang tinggi.Stimulasi yang baik sedari awal memungkinkan meraih pendidikan dan kehidupan yang lebih baik nantinya.


Bagaimana?
Sudahkah tercukupi kebutuhan probiotik anak kita hari ini?

 Keseruan bersama seluruh peserta workshop Nestle Lactogrow
Keseruan bersama seluruh peserta workshop Nestle Lactogrow

Tumbuh bahagia sedari muda, memudahkan kehidupan dihari tua. (Dok.Sovialida)

No comments

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.