TETAP AKTIF BEBAS ANYANG-ANYANGAN DENGAN URI-CRAN - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

TETAP AKTIF BEBAS ANYANG-ANYANGAN DENGAN URI-CRAN



 Beberapa waktu lalu ,perut bagian bawah rasanya ngilu, pokoknya ga enak banget.
Sering banget aku kepingin pipis, tapi keluarnya cuma sedikit-sedikit.Kaya gak tuntas saat berkemih.
Suami sih mendesak, "Coba periksakan ke dokter, siapa tau usus buntu ,dek..."
Akhirnya aku mendaftar ke dokter internis,hingga pemeriksaan USG segala, ternyata usus buntunya ga masalah, cuman ada peradangan disaluran kemih.
Agak kaget juga sih, kok bisa begini,ya..
Padahal kupikir-pikir minumku cukup banyak walaupun kadang tidak teratur, sesekali suka lupa minum sih saat terbenam dalam pekerjaan.

Bisa jadi buang air kecil di angkutan umum atau minum air yang kurang matang diwarung-warung sembarangan bikin aku terkena anyang-anyangan waktu mudik kemarin.

Setelah kuingat-ingat lagi, ternyata waktu  mudik lebaran kemarin ke kampung halaman suami, aku minum sembarangan, ditambah pipis ditempat umum karena perjalanan jauh, akibatnya ada rasa tidak nyaman diperut bagian bawah.
Bisa jadi kebiasaan teledor saat menuntaskan buang air kecil yang kurang benar dan terburu-buru inilah biang keroknya.
Gara-gara kondisi macet dan keburu kebelet buang air kecil, kadangkala aku  singgah ke rest area  seadanya yang belum tentu bersih.

Dokter juga mengatakan bahwa inilah yang menyebabkan aku terkena infeksi saluran kemih atau yang biasa dikenal sebagai anyang-anyangan.
Awalnya aku mengira anyang-anyangan timbul karena minum air anget terus digelontor minum es, jadi perut kaget.Atau sebaliknya.
Tetapi ternyata penyebab anyang-anyangan tidak sesimpel itu.
Ada mikroba yang berperan didalamnya yang mengganggu keseimbangan tubuh terutama saluran kemih.

Nhah, kalian wajib simak terus tulisanku kali ini karena penting banget buat kalian yang merasakan gejala mirip dengan  yang kualami.

Kebetulan hari Sabtu kemarin,  tanggal 6 Juli 2019, aku dan beberapa teman bloger hadir dalam even #UricranWomensCommunity diNoormans Hotel di jalan Teukur Umar #Semarang bekerja sama dengan #Combiphar .

Mengambil tema "Aktif dan Percaya Diri Dengan Memelihara Saluran Kemih". Event bergizi yang sarat informasi tentang kesehatan ini dihadiri  pula oleh Ibu Dyah Parikoening (Head of Brand Activation Combiphar) serta dua narasumber lainnya yaitu  Michelle Talitha( Brand Manager Uricran) dan  dr. Olivia Franciska Laksmana, SpOg, seorang dokter yang berpraktek di RS.Columbia Semarang.

Dalam sambutannya, Ibu Dyah mengingatkan kita yang masih sering melakukan kegiatan Buang air kecil secara serampangan, ditahan-tahan atau kebiasaan membasuh organ vital yang kurang benar.
Haha, ...jujur saja akupun masih sering melakukannya.... #ngaku.
Para narasumber yang diundang diacara #Uricranwomenscommunity benar-benar memberikan ilmu yang berlimpah.(Dok:pri)

APAKAH KALIAN PERNAH MENDENGAR ISTILAH ANYANG-ANYANGAN?

Ternyata #anyanganyangan itu bahasa ilmiahnya terkena ISK (Infeksi Saluran Kemih).
Penyebabnya bisa oleh bakteri,jamur atau bahkan virus.
 Eits..jangan salah...menurut survei,5 dari 10 org pernah mengalami ISK loh, bahkan 2 diantaranya berulang.
 Kalau kalian mengalami ingin pipis terus menerus,sakit dan nyeri saat pipis dan tidak lancar,jangan-jangan kena gejala anyang-anyangan.

Aku nih, jujur saja suka menganggap sepele penyakit apapun, apalagi yang cuma sekedar anyang-anyangan.
Paling-paling mengayem-ayemkan diri sendiri dengan ,

Biasa lah, namanya juga lagi musim peralihan, paling-paling ini karena perubahan cuaca yang tak menentu...

Atau,

Oh, kemarin habis bikin teh panas, terus aku cemplungin es batu, jadi anyang-anyangan deh...

Saking sifat easy going dan menggampangkan masalah ini, jadi repot juga kalau sudah harus sowan ke dokter untuk cari tahu apa masalah yang terjadi ditubuh.
Mitos mengikatkan karet di jari kaki bisa jempol atau kelingking buat mengobati anyang-anyangan yang dulu disarankan leluhur pun jadi ga mempan lagi.
Hayoo ngaku.. siapa nih yang pernah melakukannya?

Menurut dr.Olivia, ini dia yang harus diperhatikan apakah kalian merasakan gejala anyang-anyangan?



 Coba deh diingat-ingat,jangan-jangan habis pipis ditoilet yang kurang bersih, kemudian membasuh organ vital dengan  air yang kotor,atau menahan pipis, nah,. dari situlah bakteri penyebab ISK bisa masuk loh.
Mari kita kulik lebih dalam lagi, bagaimana saluran kemih bisa terkena infeksi:



Ini dia fakta tentang INFEKSI SALURAN KEMIH :



Infeksi saluran kemih terjadi ketika bakteri menyerang bagian tertentu dari sistem saluran kemih yang terdiri atas ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra.
 Pada dasarnya, Infeksi saluran kemih terdiri dari infeksi saluran kemih bawah dan atas.
Anyang-anyangan timbul saat ada  Infeksi saluran kemih bawah dimana infeksi dialami oleh uretra dan kandung kemih yang menjadi penyebab sakit buang air kecil.
 Gejala awal meliputi rasa selalu ingin buang air kecil, nyeri atau perih saat buang air kecil, warna urin yang keruh, dan bau urin yang menyengat.
Sedangkan Infeksi saluran kemih atas terjadi pada ureter dan ginjal dimana gejalanya nyeri pada bagian selangkangan, mual, dan demam.



Sebagai wanita, aku jadi lebih paham kenapa aku bisa kecolongan terkena ISK karena faktor-faktor berikut ini:
 1. Secara anatomi, saluran kemih wanita lebih pendek dan dekat dengan anus bila dibandingkan dengan pria.
 2. Wanita harus menggunakan air saat membasuh setelah BAK. Belum tentu air yang dibak itu bersih, bisa saja mengandung bakteri dari mana-mana.hiiii....
3. Wanita juga diduga sering menahan BAK karena harus ke toilet. Aku pun sering pikir-pikir dulu kalau mau menggunakan toilet umum karena harus ribet cari tissue dan sebagainya.
 4. Resikonya juga lebih tinggi karena wanita lebih gampang kemasukan bakteri, melalui dudukan toilet, toilet kotor, dan lainnya.

Ibu hamil lebih rentan terkena Infeksi Saluran Kemih jika tidak hat-hati

Begitu juga Ibu hamil juga rentan mengalami ISK loh,.. apalagi ditambah dengan adanya beban bayi yang disangga diperut ibu hamil, semakin memperparah ISK.

Ada tiga macam penyebab dengan gejala yang hampir mirip.

  1.  Asymptomatic bacteriuria (ISK tanpa gejala). ISK ini disebabkan oleh bakteri komensal. Bila tidak diobati bisa menjadi pyelonephritis.
  2.   Urethritis akut / cystitis, yang gejalanya adalah nyeri, rasa panas, sering BAK.
  3.  Pyelonefritis, dengan gejala panas, demam, menggigil, malaise, dan nyeri pinggang.

Bila gejala diatas dibiarkan, bisa menjadi kondisi yang serius.
Dan mengakibatkan komplikasi ISK pada kehamilan.
Yakni bisa menyebabkan kelahiran prematur, bayi dengan berat lahir rendah (BBLR), Preeklampsia, Hipertensi, gagal ginjal, bahkan bisa juga mengakibatkan kematian janin.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Uricran, sebagian responden menyadari kalo anyang-anyangan mengganggu aktifitas sehari-hari.Bahkan gejala yang ditimbulkan bisa makin parah jika tidak segera ditanggulangi seperti bau kencing yang menyengat, perasaan panas saat BAK,  kencing berwarna keruh, nyeri , bahkan bisa kencing berdarah.


Gejala yang bisa ditimbulkan jika terjadi gangguan ISK
Gejala yang bisa ditimbulkan jika terjadi gangguan ISK


KHASIAT HEBAT DARI BUAH CRANBERRY

Pekerjaanku menuntut untuk menemui produsen dan UKM2 dipelosok kota membutuhkan kondisi yang fit.



Sebagai wanita yang tergolong aktif, loncat sana loncat sini, kadang berada di lokasi A ,lokasi B, survei kesana kemari mengunjungi UKM-UKM yang menjadi pekerjaanku, nyatanya anyang-anyangan ini cukup menggangguku juga. Pekerjaan jadi terhambat karena perut rasanya tidak nyaman sehingga berpengaruh secara keseluruhan. Akibatnya pekerjaan jadi tidak maksimal. Padahal dibutuhkan stamina yang okay dan kondisi badan yang fit setiap saat.
Pernah kejadian waktu aku sedang menemui salah satu produsen keripik tempe, ternyata jalan menuju ke rumahnya harus naik beberapa puluh tangga ,didaerah padat penduduk.
Kacaunya, perut bagian bawah bikin ulah lagi, seperti tanda anyang-anyangan.
Alhasil hari itu aku gagal ke produsen keripik gara-gara gangguan kecil tapi bikin pertemuan nanti bakalan ga nyaman pastinya. Lebih baik ditunda saja....hhhh...

Dari event kemarin, akhirnya aku jadi tahu bahwa anyang-anyangan bisa dicegah sebelum semakin parah. Solusinya ada pada buah Cranberry.

Khasiat buah cranberry untuk mencegah ISK.

Buah imut berwarna merah tua ini jarang diperoleh di Indonesia karena memang asalnya dari Amerika dan Kanada.Tak heran harganya pun cukup mahal karena harus diimpor dari negaranya. Terlebih rasanya yang masam membuat cranberry harus diolah dulu sebagai jus  atau minuman sebelum dikonsumsi.

Cranberry yang memiliki nama latin Vaccinium Oxycoccos adalah tanaman semak yang biasanya tumbuh liar dan merupakan salah satu buah dari familia Berry yaitu Bilberry, Blackberry, Blueberry, Dewberry, Lingonberry, Mullberry, Raspberry, Huckleberry, Strawberry dan Cranberry. 

Cranberry sendiri secara fisik bentuknya mirip dengan Blueberry hanya berbeda pada warna saja. Cranberry berwarna merah tua dan memiliki rasa sedikit asam serta berukuran kurang lebih 6-18 mm. 
Dari hasil riset, diketahui bahwa Cranberry memiliki kandungan yang dapat digunakan untuk pengobatan karena mengandung : 

  • Kadar Vitamin C yang cukup tinggi 
  • Kaya Serat Makanan, Mineral dan Flavonoid antosianidin Sianidin. Peonidin, Quercetin 
  • Senyawa Fitokimia yang merupakan salah satu sumber anti oksidan polifenol yang bermanfaat ntuk kesehatan Jantung dan dapat mencegah penyakit Kanker.

PRIVE URI-CRAN SOLUSI UNTUK PENCEGAHAN ISK

 Untuk itu , Combiphar berinovasi agar khasiat yang ada dalam buah cranberry ini bisa dimanfaatkan oleh orang-orang yang mengalami gejala ISK.
Yaitu dengan menciptakan produk Prive Uri-cran, yang dibuat dari ekstrak buah Cranberry untuk mencegah anyang-anyangan dan ISK serta ISK berulang.

 Ada 2 produk yang disarankan untuk kalian minum setiap hari.


 Dan setelah rutin meminum Prive Uri-Cran selama beberapa hari, anyang-anyangan jadi sudah tidak menghinggapi perut bagian bawah lagi.
Karena didalam Prive Uri-cran mengandung Probiotik (bakteri baik) .
Sudah ga khawatir lagi dong...kalo tiba-tiba anyang-anyangan menyerang.. karena kalo mengalami ISK lagi, aktivitas harianku bakalan terganggu banget.

 Tersedia Prive Uri-cran Capsule (30 kapsul/box) dan Prive Uricran Plus yang berbentuk serbuk ,isi 15 sachet perbox.
Tapi aku sih lebih suka yang serbuk, karena ternyata rasanya bukan asam malah cenderung manis buat lidahku.Tinggal dilarutkan dengan segelas air dingin, segarrrr!

Caranya:
Tuang serbuk didalam  sachet 8 gram tersebut kedalam gelas, kemudian larutkan dengan air kira-kira 150ml , lalu aduk. Mudah sekali bukan?


Prive Uri-cran Plus enak diminum dan berkhasiat mencegah anyang-anyangan bagi wanita aktif seperti aku.(Dok:pri)

Sebelum terkena ISK , yuk minum Prive Uri-Cran  untuk pencegahan, aku pun juga menganjurkan suami  untuk minum setiap hari  Prive Uri-Cran, karena Prive Uri-Cran juga bisa dikonsumsi oleh pria .
Selain itu karena kemasannya yang simpel banget jadi  bisa dibawa kemana aja,praktis tinggal tuang, jadi minum Uri-Cran dimana saja dan kapan saja ga jadi masalah deh.



Tidak usah bingung  untuk memdapatkan Prive Uri-Cran ini juga gampang banget karena sudah tersedia di Apotik-apotik modern atau bisa kalian beli secara online , seperti:




 Dengan rasa cranberry ,Uri-cran terbukti bisa mengatasi infeksi saluran kemih (ISK) sehingga tidak perlu konsumsi antibiotik terus menerus karena tidak dianjurkan untuk ibu hamil .
Kandungan Probiotik alias bakteri baik yang terdapat dalam Prive Uri-cran  baik bagi tubuh.

Mbak Ika Puspita sedang membagikan pengalamannya kepada seluruh peserta saat terkena anyang-anyangan. (Dok:pri)
Mbak Ika Puspita sedang membagikan pengalamannya kepada seluruh peserta saat terkena anyang-anyangan. (Dok:pri)


Di sesi terakhir , ada bloger panutanku juga, ,mbak Ika Puspita yang ikut membagikan pengalamannya seputar anyang-anyangan.
Mbak Ika Puspita  menceritakan bahwa saat perjalanan ke berbagai tempat berkaitan dengan profesinya sebagai bloger, sempat tidak nyaman karena terkena anyang-anyangan.
Prive Uri-cran inilah yang menjadi penolongnya dalam mencegah anyang-anyangan supaya tidak semakin menjadi-jadi. Bayangkan , sedang asyik selfie dengan latar belakang view Labuan Bajo yang elok, jadi meringis gara-gara ada gangguan ISK,...uhhh..bikin ilfil tentunya....

Ceria dan aktif bebas anyang-anyangan berkat Prive Uri-cran setiap hari (Source:Ika Puspita)

KESIMPULAN :

Supaya tidak terkena ISK atau anyang-anyangan, kalian harus mulai mengubah kebiasaan dalam berkemih mulai sekarang, yaitu:
  1. Mulai menerapkan pola hidup sehat
  2. Menjaga kebersihan terutama kebersihan organ intim
  3. Banyak minum air putih
  4. Jangan menahan keinginan untuk berkemih
  5. Usahakan selalu membawa tissue basah yang mengandung alkohol apabila sedang berpergian dan terpaksa  menggunakan toilet umum.
  6. Menerapkan cara membersihkan organ intim dengan benar, yaitu membersihkan organ intim dari depan ke belakang bukan dari belakang ke depan.
  7. Minum vitamin sekaligus obat yang bisa mencegah anyang-anyangan dan mencegah Bakteri Escherichia Coli berkembang dan juga menginfeksi organ lainnya, seperti Prive Uri-Cran.
Jangan lupa gaez, ada berita yang sayang kalian lewatkan loh!
Yuk,... ikutan weekly quiz yang diadakan di akun instagram @uricran.id, terdapat berbagai hadiah menarik untuk kalian  yang  pada ikutan quiz nih...
Buat kalian yang masih penasaran  tentang detail produk dan berbagai informasi kesehatan seputar saluran kemih, bisa kunjungi web http://uricran.co.id/.
Cekidot langsung dilinknya yaak...

 #uricran #uricranwomenscommunity #combiphar #Semarang

Bagaimana,...pernah mengalami anyang-anyangan seperti aku?
Yuk berbagi cerita....

No comments

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.