INI DIA KUMPULAN LAGU ANAK-ANAK YANG MENGINGATKAN KITA PADA ZAMAN OLD! - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

INI DIA KUMPULAN LAGU ANAK-ANAK YANG MENGINGATKAN KITA PADA ZAMAN OLD!


KUMPULAN LAGU ANAK-ANAK YANG MENGINGATKAN KITA PADA ZAMAN OLD!

Banyak yang bilang bahwa kehidupan anak-anak di era 80 – 90an itu merupakan yang paling menyenangkan. Terbukti banyak bermunculan meme-meme, atau postingan nostalgia yang mengingatkan kita para generasi 90s dari mulai permainan, kebiasaan, dan kenakalan-kenakalan anak-anak masa itu, yang bikin geli kalo mengingatnya. Masa dimana bermain diluar ruanngan, menghirup udara segar, berinteraksi dengan banyak teman secara nyata , lahan bermain masih luas dan rindang sekarang tergantikan dengan teknologi.

 Misalnya permainan tradisional macam petak umpet, betengan, engklek, lompat tali, main gundu, umbul, pada tau ga ya..kalian?
Bisa dikatakan tidak seperti anak zaman now, dimana mereka tidak sempat menikmati keseruan permainan tradisional. 
Begitu pun dengan lagu anak-anak, dimana anak zaman now cenderung lebih menyukai lagu-lagu orang dewasa. 




Permainan anak yang pernah kita mainkan jaman old.Mana yang pernah kalian coba?

Secara kebetulan juga, pada kesempatan kali ini aku akan membahas seputar kumpulan lagu anak-anak yang bisa mengingatkan kita pada zaman old. 
Siapa tau ada yang ingat, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini : 

1. Kupu-kupu 
Pada urutan pertama ada lagu anak-anak yang berjudul Kupu-kupu, yang sangat populer di era 80 - 90an. 
Kuingetin yak liriknya sebagai berikut :
Kupu-kupu yang lucu kemana engkau terbang, hilir mudik mencari bunga-bunga yang kembang. Berayun-ayun pada tangkai yang lemah, tidaklah sayapmu merasa lelah. Kupu-kupu yang elok bolehkah saya serta mencium bunga-bunga yang semerbak baunya. Sambil bersenda kau hampiri, bolehkah kuturut bersama pergi. 

 2. Kring-kring 
Saat kita masih kecil, biasanya orangtua kita akan membelikan sepeda baru.
Nah, lagu Kring-kring inilah yang mewakili momen-momen tersebut.
Pasti kalian ingat  lirik lagunya sebagai berikut :


Kring-kring ada sepeda, sepedaku roda tiga kudapat dari ayah karena rajin belajar. Tok-tok-tok ada sepatu, sepatuku kulit lembu kudapat dari ibu karena rajin membantu.

 3. Kebunku 
Lagu yang berjudul Kebunku ini merupakan ciptaan dari sang maestro bernama Ibu Sud.

Lihat kebunku penuh dengan bunga ada yang putih, dan ada yang merah. Setiap hari kusiram semua mawar melati, semuanya indah. 




 4. Ibu Kita Kartini 
Selanjutnya ada lagu yang berjudul Ibu Kita Kartini, yang selalu dinyanyikan pada setiap tanggal 21 April.

Ibu kita Kartini, putri sejati putri Indonesia, harum namanya. Ibu kita Kartini pendekar bangsa, pendekar kaumnya untuk merdeka. Wahai ibu kita Kartini putri yang mulia, sungguh besar cita-citanya bagi Indonesia

5. Gelang Sipaku Gelang
Sebelum pulang sekolah, biasanya para guru kita meminta semua murid untuk menyanyikan Gelang Sipaku Gelang.



Gelang sipaku gelang gelang si ramai-ramai, mari pulang marilah pulang marilah pulang bersama-sama. Sayonara sayonara sampai berjumpa pula, sayonara sayonara sampai berjumpa pula. Buat apa susah buat apa susah, susah itu tak ada gunanya, Buat apa susah buat apa susah, susah itu tak ada gunanya.

 6. Burung Unta 

Ada sebangsa burung yang tidak bisa terbang. Tubuhnya sangat jangkung seperti engrang. Panjanglah kakinya panjanglah lehernya datang dari Afrika itulah burung unta.

 7. Burung Kutilang 
Nhah, aku inget banget nih, lagu ini jadi iringan musikku saat masih duduk dibangku TK kecil.Aku tampil nari dipanggung untuk pentas seni dengan memakai hiasan kepala tari merak, dan hiasannya itu melorot sampai menutupi mataku.Untungnya ga nyungsep keluar panggung gara-gara a bisa ngeliat.haha...

Dipucuk pohon cemara burung kutilang berbunyi bersiul-siul sepanjang hari, dengan tak jemu menggangguk-angguk sambil berseru trili lili lilili. Sambil berlompat lompatan paruhnya selalu terbuka digeleng-gelengkan kepalanya, menentang langit biru tandanya suka ia berseru trilili lili lilili.. 



 8. Naik-naik Ke Puncak Gunung 
Lagu ini biasanya kunyanyiin saat sekeluarga pergi tamasya melalui jalur yang berliku-liku menuju puncak gunung sambil menikmati hamparan pemandangan nun jauh disana.

Naik-naik ke puncak gunung, tinggi-tinggi sekali. Kiri kanan, kulihat saja banyak pohon cemara. 

Ya, itulah sepenggal lirik dari lagu anak-anak di era 90an yang berjudul Naik-naik Ke Puncak Gunung. Lagu yang satu ini sering kita dengar saat masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK), dan selalu dinyanyikan saat ada acara tour atau piknik ke suatu tempat.

 Demikianlah ulasan singkat mengenai kumpulan lagu anak-anak yang bisa mengingatkan kita pada zaman old. Dari deretan lagu anak tersebut, lagu nomor berapakah yang menjadi favoritmu hingga sampai saat ini?

Sumber lagu: inet & Youtube

1 comment:

  1. Berasa nostalgia masa-masa SD nih aku, Mbak. Lagu favoritku semua itu. Tapi yang aku nggak tahu cuma lagu burung Unta aja itu, kalau yang lain aku tahu.

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.