3 REKOR MURI TERCATAT PADA HUT KEMENTERIAN BUMN KE-21 DI SEMARANG - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

3 REKOR MURI TERCATAT PADA HUT KEMENTERIAN BUMN KE-21 DI SEMARANG

3 REKOR MURI TERCATAT PADA   HUT BUMN   KE-21 DI SEMARANG


BUMN Mencatat Sejarah Tiga Rekor MURI  di Semarang

Minggu lalu ,tepatnya tanggal 13 April 2019, aku menjadi saksi sejarah diantara ribuan orang pegawai BUMN  yang menyaksikan pemecahan 3 Rekor MURI loh, gaes!
Kebetulan bertepatan dengan Syukuran HUT Kementerian BUMN yang ke -21 yang pada tahun ini diselenggarakan di Semarang, mengambil tema "One Family, One Nation, One Vision To Excellence".

Bagaimana sih keseruannya? 
Waaaah, beruntung banget aku bisa berswafoto bareng Menteri BUMN, Ibu Rini M.Sumarno.Kesempatan langka nih, ujug-ujug beliau menghampiriku yang lagi bengong liat parade Warak Ngendok lewat, dan ga disangka beliau sudah disebelahku sambil menawarkan diri untuk berfoto bersama. Omagah!

aku bisa berswafoto bareng Menteri BUMN, Ibu Rini M.Sumarno.
aku bisa berswafoto bareng Menteri BUMN, Ibu Rini M.Sumarno.

Acara HUT BUMN ke -21 ini tepatnya diadakan  diMarina Convention Center (MCC),Semarang. Banyak orang berduyun-duyun tumplek bleg terutama pegawai BUMN yang ikut menghadiri acara akbar tersebut. Pantas aja, dari pagi buta jam 5 , sudah macet..alamak. 

Antrian mobil dan bus serta kendaraan bermotor berduyun-duyun menuju Marina Convention Center.
Antrian mobil dan bus serta kendaraan bermotor berduyun-duyun menuju Marina Convention Center.


 Sampai dilokasi , mobil sengaja kutinggal begitu saja ditengah antrian, karena memang sudah ga bisa bergerak lagi.Aku berjalan kaki ke venue sekitar 100 meter.Gilakk..lautan manusia. Meriah euy..!
Ada 2 layar besar dikiri kanan, dan panggung yang megah didepan mata. Aku berdiri dibelakang belalai yang membawa kamera,menjulur kesana kemari untuk menyiarkan momen Ulang tahun BUMN kali ini.


Sebelum  acara dimulai, dipimpin berdoa bersama  oleh Habib Abdul Mothohar.
Kemeriahan acara kali ini karena akan ada pemecahan rekor MURI untuk scan code QR terbanyak. Disisi sebelah kiri panggung juga terdapat stupa yang terbuat dari nasi kuning .Ada beberapa tumpeng yang menghiasi sekeliling stupa. Baru kali ini aku melihat nasi kuning dengan bentuk sebesar ini.
Aku didepan rangkaian nasi kuning yang besar sekali untuk pemecahan rekor MURI.
Dikanan kiriku banyak bendera-bendera lambang BUMN , seperti Pegadaian,Pertamina,Jasa Marga,dsb .Pembawa acaranya ,celeb terkenal juga loh, TJ pemain Ekstravaganza  itu loh, dan satu lagi,  cowo yang juga penyiar radio Kemal Mochtar.
Mereka berceloteh tentang susunan acara nanti, yaitu akan ada senam lintas generasi disini biar makin sehat.Ada poco2 ,zumba,dll.




Senam lintas generasi tadi, adalah simbol sinergi KEMENTERIAN BUMN dengan BUMN, juga sebagai simbol keseruan kerja sama antara generasi karyawan BUMN .
Rangkaian HUT Kementerian BUMN diadakan di beberapa kota di Indonesia, salah satunya adalah Semarang.
Dimulai dari bulan Maret dengan berbagai kegiatan.
Disana aku juga ikut senam SKJ loh gaez, dan yang bikin makin semangat para pegawai BUMN yang merupakan generasi millenial itu ,menteri BUMN ,Rini  M Sumarno juga mengikuti senam aerobik dengan lagu kekinian.asyoyyy.


kirab Warak Ngendog beserta pengiringnya di HUT BUMN ke-21 (Dok.Pri)
kirab Warak Ngendog beserta pengiringnya di HUT BUMN ke-21 (Dok.Pri)


Sebelum acara senam massa dimulai, masuklah kirab warak ngendog beserta pengiringnya membelah kerumunan orang.Dari kejauhan terlihat warna-warni atraktif banget diiringi penari dan pengusung yang cakep-cakep lengkap dengan kostum tradisional.
Warak ngendog ini khas Semarang loh.  Bagi mayoritas warga Kota Semarang, sosok Warak Ngendog dikenal sebagai mainan berukuran raksasa yang kerap diarak keliling jalan raya tiap bulan Sa'ban dalam penanggalan Jawa atau jelang perayaan Dugderan di Pasar Johar. Namun, tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya Warak Ngendok dahulu kala dikenal sebagai hewan mitologi yang sakti warga Semarang. Bentuknya perpaduan antara kambing pada bagian kaki, naga pada bagian kepala dan buraq di bagian badannya.

Setelah acara senam, dilanjutkan dengan persembahan para milenials karyawan BUMN ,sebuah Jingle karya Ferry Curtis Lagu "Sinergi BUMN" .
Lagu ini sebagai simbol semangat yang tak pernah luntur. Bertempo mendayu dan syair yang dinamis.
 Liriknya gini nih gaes :
 Kita memang beda.....
Namun satu jiwa...
Berjanji bersama membangun negara...
Genggamlah tanganku,satulan semangatmu,
bertekad tuk maju,
 melangkah tak pernah ragu2

 Reff : 
Mari kita satukan hati,
bagi bangsa ini
Mari kita wujudkan mimpi,
kerja nyata dan pasti
Bakti BUMN untuk Ibu Pertiwi

Pada kesempatan kemarin, Bu Menteri juga berpidato dihadapan para pegawai BUMN.
 Kutipan pidato Bu Rini:
BUMN harus semangat, kuat dan tangguh. Kita melakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara Indonesia. 

Semarak HUT BUMN diramaikan sekitar 30 ribu keluarga karyawan BUMN dari 56 BUMN seluruh Indonesia.
Mereka berkumpul diMarina Convention Centre, Semarang mengucapkan rasa syukur dan doa atas prestasi,kinerja, sinergi BUMN dalam membangun negeri

Titip untuk adik-adik milenial, harus jaga BUMN kita! BUMN harus tetap besar dan tetap kuat membangun Indonesia. 

Nhah, ini dia yang ditunggu-tunggu!
Akan dilakukan pemotongan tumpeng raksasa oleh ibu Rini Sumarno. Motongnya pake crane loh..karena  tumpeng terbesar ini memiliki ukuran 6x6x14,2 m. wow!




Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno disaksikan oleh lebih dari 30.000 pegawai di lingkungan BUMN.Tumpeng ini menjadi saksi sejarah dalam perayaan HUT ke21 BUMN di kota Semarang  dan tercatat dalam rekor Muri sebagai tumpeng tertinggi. 


Hal yang berbeda pada perayaan HUT BUMN di Semarang adalah disiapkan tumpeng khusus berbentuk stupa, tak heran tumpeng tersebut berhasil memecahkan rekor MURI dalam kategori Rekor Prestasi Nusantara.
Rekor yang berhasil diraih lainnya adalah rekor makan nasi kuning lebih dari 5800 orang bersama. Dan satu lagi, pemecahan rekor MURI untuk "Transaksi QR code terbanyak" yakni sebanyak 50.000 transaksi selama 5 jam.Gilak!





PRESTASI BUMN YANG MEMBANGGAKAN

 Tingginya puncak tumpeng merupakan simbolisasi dari kinerja BUMN yang terus menanjak. Berdasarkan data Kementerian BUMN, aset dari keseluruhan BUMN dalam 4 tahun terakhir atau sejak tahun 2015 hingga 2018 tumbuh rata-rata 12%.Tahun 2018, kontribusi BUMN terhadap penerimaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) mencapai Rp 422 triliun baik dalam bentuk dividen, pajak maupun penerimaan Negara bukan pajak.
Menteri BUMN Rini M. Soemarno beserta jajarannya dan 52 Direksi serta Komisaris BUMN hadir untuk menyampaikan rasa terima kasih atas kerja keras para insan BUMN atas kontribusinya terhadap kemajuan BUMN. Kami optimis kinerja BUMN akan lebih baik,kekuatan sinergi makin jelas dan kami on the track untuk mewujudkan holding di BUMN agar organisasi lebih ramping dan menjalankan bisnis lebih cepat dalam mengejar hasil usaha maksimal untuk dikembalikan kepada masyarakat,” papar Rini.



Yang patut kita banggakan , fyi, ternyata aset yang dikelola tahun 2018 naik 12% dr 2017, sebesar Rp.8092 triliun. Wawww mantabs ya!
 Sebagai bagian dari Good Corporate Governance (GCG), BUMN turut aktif dalam kegiatan sosial dan edukatif dengan melibatkan masyarakat maupun milenial BUMN. Melalui program BUMN Goes to Campus yang dilakukan sekitar 27 BUMN berhasil meraih perhatian sekitar 30.000 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di berbagai wilayah Indonesia, seperti Karawang, Riau, Tasikmalaya, Lampung dan Padang. Program ini juga melibatkan para petinggi BUMN yang dikemas dalam kegiatan seperti CEO Talks, Kelas Kreatif, Magang & Vokasi Bersertifikasi untuk 10 ribu mahasiswa dan perekrutan bersama BUMN untuk 11 ribu orang.
Digalakkan juga aktivitas sosial yang melibatkan masyarakat yakni program Pangan Murah yang dilakukan oleh 38 BUMN dengan menyalurkan 600.000 paket di 56 kota dan kegiatan Bersih-bersih Kampung Sehat di 18 kota dengan melibatkan 11.000 warga.
 "BUMN tidak hanya merujuk pada profit dan kinerja di atas kertas, tapi juga berprestasi mendapatkan tempat di masyarakat dengan memberikan bantuan kepada mereka yang membutuhkan sebagai wujud social corporate responsibility BUMN,” kata Rini.

Rangkaian HUT BUMN tersebut para milenial BUMN senantiasa dilibatkan dengan misi khusus oleh Kementerian BUMN. Dalam pidatonya di Marina Convention Center di depan hadapan milenial, Rini berpesan para generasi milenial yang bekerja di BUMN harus kreatif, inovatif dan berani menyuarakan pemikiran untuk membuat BUMN besar dan tangguh untuk menghadapi segala tantangan.

Dilakukan pemotongan tumpeng oleh ibu Rini dengan memakai crane,diiringi dgn lagu Selamat ulang tahun dan taburan confetti. (Dok.Pri)
Menurut Rini, peningkatan aset juga mendukung kontribusi BUMN terhadap penerimaan Negara untuk mendukung pembangunan.Semoga apa yang telah kami lakukan bisa lebih mengakrabkan dan menghangatkan hubungan BUMN dengan masyarakat, sehingga BUMN dapat selalu hadir untuk negeri dan memberi manfaat untuk masyarakat,” harap Rini.





 Dalam rangka mensosialisasikan alat bayar digital hasil kerjasama 8 BUMN dalam LinkAja, sejumlah promo juga diberikan ke masyarakat umum yang sudah menggunakan LinkAja, cashback untuk pembelian makanan, minuman , pembelian voucher listrik ,dsb.
Saat ini, sekitar 75.000 merchant yang sudah bekerjasama dengan LinkAja dengan sejumlah promo menarik.
Pantas saja, Booth LinkAja rame banget.
Ada puluhan tenda berjajar disana. Akupun ikut menyerbu,habis haus gaezz!
Apa lagi, hanya cukup bayar 500rupiah saja pakai linkaja udah kenyang ,enak pulak.
Kemarin aku beli es cincau juga.Swegerrr!





 Oya hampir lupa,acara HUT ini dihiasi dengan banyak hadiah,salah satunya ada penghargaan untuk pegawai termuda.
Ada Hadiahnya juga loh kemarin.. perorang dapat paket umroh untuk 2 orang.
Wah gimana ga bikin mupeng..gaezz!
Bagi non muslim, hadiah bisa ziarah kemana aja, tinggal request aja.
Selain hadiah diatas,ada hadiah berupa tiket PP Jakarta-Tokyo. Wah seruuu... Mau dong ke jepang...




 Penutupan acara tidak kalah meriah loh gaez.
Siapa tahan dengan hiburan dangdutan,asik banget semua pada ikut bergoyang ..serrr!asyoyyy! Pokoknya acara kemarin aku puas banget karena berkesempatan foto bareng dengan ibu Rini menteri BUMN dan menyaksikan pemecahan rekor Muri.Yez!!
MAJU TERUS BUMN!

Berfoto bersama teman-teman bloger yang masih sedikit mengantuk..haha.

1 comment:

  1. Meriah acaranya, apalagi kirab budaya dan tumpeng raksasa! Emejiiing!

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.