MEMILIH INVESTASI REKSA DANA SESUAI KEBUTUHAN NASABAH - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

MEMILIH INVESTASI REKSA DANA SESUAI KEBUTUHAN NASABAH


MEMILIH INVESTASI REKSA DANA SESUAI KEBUTUHAN NASABAH DENGAN KLIK MAMI

Setelah sebelumnya menimba ilmu tentang apa itu investasi dengan melalui Reksadana, beruntung banget tanggal 16 Maret 2019 lalu, aku diundang lagi untuk lebih mendalami apa itu jenis-jenis produk reksadana.
Dan ,ssst, aku kasih tau ya, gezz...ini sangat penting kalian ketahui jika ingin berinvestasi.
Karena beda produk investasi, beda pula manfaat dan tujuannya.
Pokoknya rugi kalau kalian ga baca tulisanku ini.

Acara yang diberinama Kopdar Investarian ini diadakan di cafe  Kira-Kira yang sangat instragamable dan bikin betah, karena selain bersih, makanannya pun endolita...haha, tau sendiri aku tukang makan. #sigh

Selain mas Surya yang dulu juga pernah hadir sebelumnya untuk membuka acara, Bapak Legowo Kusumonegoro ,sebagai Presdir PT.Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI)  sosok dibalik kesuksesan MAMI ini hadir lagi untuk berbagi ilmu tentang reksadana .

Baca juga: REKSADANA SEBAGAI SALAH SATU GAYA INVESTASI MILENIAL
bapak Legowo Kusumonegoro ,Presdir PT.Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI)
Bapak Legowo Kusumonegoro ,Presdir PT.Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) 

KENAPA HARUS BERINVESTASI?

Bapak Legowo menjelaskan tentang pentingnya berinvestasi sesuai kebutuhan masing2 nasabah. (Dok.Pri)

Pasti kalian bertanya-tanya, kenapa sih  mesti berinvestasi?
 Padahal inflasi kesehatan itu 15%/th, begitu pula pendidikan.
 Kalo kita menyimpan  ditabungan yang cuma sedikit bunganya,tentunya mau tidak mau harus mengejar inflasi dong.

Jika diambil contoh, kebutuhan sekarang seperti belanja,membayar tagihan listrik, dsb , tentu saja harus menyiapkan dana yang biasanya kita simpan didalam tabungan. Itu disebut kebutuhan jangka pendek yang mana harus segera dilunasi .

Tetapi jika waktu pemenuhannya masih lama, seperti dana naik haji, dana pendidikan perkuliahan, dsb,  biasanya orang-orang menempuh cara dengan diinvestasikan .
Sama seperti halnya pasar tradisional, prinsip pasar itu tempat bertemunya penjual dan pembeli.
Dalam investasi dikenal adanya Pasar modal , yaitu tempat bertemunya  pemilik modal dan yang membutuhkan modal.


Jangan salah loh! Transaksi melalui pasar yang tidak berbentuk fisik itu sudah populer dewasa ini. Jadi pasar jaman now itu sudah tak tampak tapi prinsipnya mempertemukan orang-orang  yang membutuhkan untuk bertransaksi.
Kita ambil contoh jika berjualan minuman ala gerobag Lemonade.Walapun modal tidak sama ,keuntungannya dibagi sesuai saham. Ilustrasinya seperti ini .




Kalo obligasi,modalnya bersistem pinjaman.
Dalam segi usaha,semua owner boleh mengatur. 
Jadi didalam obligasi karena meminjam,maka usaha cuma pemilik yang berhak mengatur. 
Tugas yang lain melunasi pinjaman.
Yang perlu diingat disini adalah semakin tinggi return,resiko juga semakin tinggi. 

High risk : high return 
Ini loh prinsip dari reksadana.
Bagaimana menginvestasikan uang dalam REKSADANA.

Untuk memantau pergerakannya, atau bagaimana sih ketentuannya.Silakan simak penjelasannya simpelnya berikut ini:

  • Setiap hari,harga unitnya bisa naik bisa turun. 
  • Teknis pelaksanaan pembelian ada di hari bursa,jika hari libur harganya tidak keluar.
  • Dalam investasi reksadana ditentukan harganya diumumkan keesokan harinya. 
  • Jika membeli hari Jumat, maka akan diumumkan di hari Senin.
  • Jika jual hari Rabu,maka harganya baru tertera diRabu sore.
  • Jika kita beli sekarang,maka switch akan dijual juga dengan harga nanti malam di hari yg sama. 



 Reksadana pasar uang , returnnya tidak terlalu jauh dengan deposito. Kira-kira 4,5% pertahun nett tanpa pajak.
Reksadana Pendapatan tetap, 80%nya diinvestasikan diobligasidan tidak boleh kurang. 
Maka lebih stabil sehingga cocok jangka waktu 3-5 th.
Return kira2 8%an pertahun.

Reksadana saham resikonya lebih tinggi daripada yang lain,sehingga returnnya lebih tinggi,krn 80%-100% dibelikan saham.oleh karena itu  sahamnya minim harus 80%.
Kalau saham, patokan kita 95%, karena kalau tiba-tiba marketnya naik,maka bisa ketinggalan jika dibawah itu. 



 Di bursa efek indonesia ada 619 emiten yg bisa kita pilih utk berinvestasi, sehingga  kita bisa loh beli saham.contoh:unilever,dsb. 
Kalau kita membeli saham sendiri,jika usahanya naik sahamnya pun ikut naik, keuntungan jual beli, jika saham bagus maka banyak orang yang akan beli.

"Istilah yang digunakan jika harga jual lebih tinggi disebut CAPITAL GAIN, sedangkan jika  lebih rendah disebut CAPITAL LOSS"


Lantas bagaiman kita bisa mengetahui kalau saham akan naik? 
Bisa dengan menebak,bisa pula dengan menganalisis.
Menebak biasanya dipakai oleh spekulan.
Sedangka  manajer investasi menilai saham akan naik/turun dengan cara menganalisis :
  1. masuk ke perusahaannya dan ketemu manajemennya 
  2. Melakukan analisis fundamental atau datang ke perusahaan dan membikin laporan itu harus rutin dilakukan oleh  seorang Manajer Investasi. 
  3. Reksadana resiko paling tinggi adalah reksa dana SAHAM.
Jadi kalau untuk jangka panjang 10-15th, pakailah Reksadana Saham.


 Nhah..sekarang yang terakhir kita bahas adalah Reksadana campuran
Reksadana campuran adalah reksadana yang didalamnya juga ada sahamnya,obligasi dan pasar uang.
Pergerakannya mendekati reksadana saham namun variasinya bebas .
Akan tetapi komposisinya tidak  bisa seenaknya diubah,sekitar 40%-60%. 
Ilustrasinya gini gess! 




Nah, Seandainya kita punya uang sejuta, kita bisa meracik sendiri cukup dengan 3 macam reksadana. Komposisi bisa diubah sesuai tujuan investasimu.kuncinya: 

MAKIN PENDEK JANGKA WAKTUNYA MAKIN BESAR PORSI PASAR UANGNYA,BEGITU PULA SEBALIKNYA.

Prinsipnya adalah Pacu diawal ,rem diakhir.
Jadi saat  awal kita menginvestasikan direksadana saham, maka saat semakin mendekati jatuh tempo ditahan ditahan dulu supaya lebih stabil .Metode ini relevan untuk tabungan naik haji,anak sekolah,dsb. 
Jika kita ditawarin reksadana campuran. Tanyakan saja paling banyak yang mana campurannya. .Kalo manager investasi melihat saham langsung masuk ke perusahannya.  
Tidak ada salahnya kita hubungi klik MAMI untuk tanya-tanya bagaimana cara memilih manajer investasi yang baik dan berinvestasi secara benar dan menguntungkan. 



Jika kita mau berinvestasi di pasar saham, langkah yang wajib dilakukan adalah:
  1. Harus buka rekening. 
  2.  Kedua transfer ke rekening reksadana. 
  3. pilih manajer investasinya
  4. pilih produknya dan lihat "rapornya". 
  5. Jadi sah-sah saja untuk membandingkan dengan rekannya mana yg lebih bagus dan konsisten.
 Jadi jika kita punya dana darurat nih,daripada dibelikan emas,masukkan saja di pasar dana Pasar uang,krn mudah dicairkan,returnnya masih 4,5% dan disimpan untuk jangka 1 tahun.

REKSADANA SYARIAH

Apakah kita gunain uang kita halal atau ga sih? 
Beda dgn Reksadana konvensional secara prinsip sama. Tetapi Manajer investasinya punya licence khusus,krn HANYA BOLEH dibelikan instrumen yang syariah. 
 Perusahaan tidak boleh banyak utang lebih dari 45% . 
Fakta yang terjadi diluar negeri ,investasi yang lebih disukai adalah yang sustainable, dimana investasi yang tidak merusak lingkungan, memajukan masyarakat sekitar dan transparan, sedangkan di Indonesia hal ini belum begitu banyak.



Perusahaan syariah secara tidak langsung menerapkan ESG (Environmental, Social and Governance). Hal itulah yg menyebabkan investasi syariah tumbuhnya pesat. Prinsip syariah yang harus dihindari adalah Menimbun karena hal ini membuat uang kita tidak masuk kedalam sistem.
Contohnya, seperti dibelikan emas ,dll kemudian disimpan saja dengan alasan eman-eman,karena uang tersebut tidak memberikan manfaat bg masyarakat.
 Lantas apa saja instrumen Syariah dibanding Pasar uang biasa? 







Jadi kesimpulannya reksadana syariah pengawasannya lebih ketat dan lebih ribet tetapi lebih nyaman dan amanah. Jadi sejatinya prinsip reksadana itu syariah.artinya bukan menjanjikan tetapi dikelola . Bagaimana? Masih ragu untuk berinvestasi dengan segudang manfaat ini?
Jika masih belum jelas , bisa kontak MAMI berikut ini:





Bersama teman-teman bloger yang ingin melek investasi reksadana. (Dok.Pri)
Kira-Kira Kafe yang cozy dan instagramable. (Dok.Pri)
Kira-Kira Kafe yang cozy dan instagramable. (Dok.Pri)
Para peserta berfoto bersama. (Dok.Handiko)


1 comment:

  1. Jadi keinget reksadana ku lama ngga diisi hiks. Padahal niat buat dana pensiun tapi ngga disiplin.

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.