3 KARAKTER PERUSAHAAN YANG DICARI OLEH VENTURE CAPITAL - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

3 KARAKTER PERUSAHAAN YANG DICARI OLEH VENTURE CAPITAL



Perusahaan venture capital banyak dicari oleh perusahaan startup karena bisa menjadi sumber pendanaan yang cukup penting sebagai usaha untuk mengembangkan startup yang mereka bangun agar semakin terkenal professional. 
Tapi sayangnya untuk bisa menjadi kandidat yang dipilih oleh venture capital tidaklah mudah.


 Karakter perusahaan yang dicari oleh VC 

Ada banyak pertimbangan yang dipikirkan matang-matang oleh VC dalam memilih perusahaan startup dimana akan diberikan pendanaan. 
Hal ini tidak lain karena, venture capital merupakan salah satu bisnis yang memiliki risiko yang cukup tinggi. 
Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh perusahaan venture capital dalam memilih perusahaan startup adalah dengan menyasar startup yang berada di tahap awal dimana mereka akan meminta banyak portofolio dalam waktu kurang lebih setahun. 
 Selain itu, biasanya para venture capital juga akan menyasar sebuah perusahaan startup yang diprediksi akan menjadi sebuah perusahaan besar atau unicorn dimana nantinya akan lebih mudah dalam mengembalikan return investasi. 
Tetapi sayangnya, untuk mendapatkan perusahaan startup yang seperti ini tidaklah mudah. Jika anda ingin menjadi salah satu kandidat dari perusahaan startup yang dicari oleh venture capital, berikut ini beberapa karakter yang dicari oleh venture capital :


1. Tahu kelebihan dan kekurangan 
Setiap orang pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tetapi jarang ada orang yang mengenal kelebihan atau kekurangan tersebut. Menurut seorang ahli, bagi anda yang ingin menjadi seorang founder maka anda juga diharuskan untuk mengetahui apa saja kekuatan yang anda miliki dan kelemahan yang tidak boleh anda paksakan dalam dirimu. Dengan mengetahui kelebihan tersebutlah maka anda bisa memaksimalkan kelebihan yang anda miliki dan nantinya dengan mengetahui kekurangan, mereka bisa melakukan perbaikan. Hal ini tidak lain karena untuk membantu anda untuk mengambil keputusan saat perusahaan startup yang anda bangun masih dalam skala kecil hingga berkembang menjadi sebuah perusahaan yang besar. 


 2. Memiliki integritas dalam hal kecil 
Karakter lainnya yang banyak dicari oleh venture capital adalah seorang founder yang memiliki integritas terhadap hal-hal kecil. Salah satu cara yang bisa dilakukan ketika anda sedang berhadapan dengan seorang founder bisnis startup adalah dengan melihat bagaimana mata mereka melakukan kontak dan bagaimana berinteraksi.
 Disinilah, para pemilik venture capital akan melakukan penilaian apakah mereka berhak menerima pendanaan atau tidak. Ada baiknya agar anda diterima oleh perusahaan venture capital, anda bisa melakukan hal-hal kecil dengan teratur seperti rajin membalas email penting yang masuk baik itu dari klien atau partner kerja. Jika anda memiliki integritas terhadap hal kecil maka akan semakin mudah bagi anda untuk menemukan kesuksesan. 

 3. Memiliki dua sikap yang bertentangan dalam waktu sama atau paradox 
Karakter terakhir yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha startup adalah mereka diharuskan memiliki kemampuan untuk mengatur dua sikap dimana ini merupakan sikap yang bertentangan atau dikenal dengan paradox. 
  • Sebagai contohnya, seorang founder diharuskan untuk bisa bersikap tegas dan keras kepala ketika sedang mengejar target. 
  •  Sedangkan, anda juga diharuskan untuk memiliki saling terbuka apabila sedang menerima masukan dari orang lain. 
  • Anda juga diharuskan untuk memiliki pengetahuan seputar perkembangan startup baik di dalam negeri atau luar negeri. 

Hal ini tidak lain agar perusahaan anda bisa tetap bertahan. 

 Demikian 3 karakter seorang founder startup yang banyak dicari oleh venture capital Indonesia. Jika anda merasa memiliki karakter diatas, maka anda bisa segera bergabung dengan convergencevc.com yang merupakan VC terbaik di Indonesia.


No comments

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.