FLASH BLOGGING 2018, 4 TAHUN INDONESIA KREATIF - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

FLASH BLOGGING 2018, 4 TAHUN INDONESIA KREATIF

ACARA FLASHBLOGGING 2018 ,4 TAHUN INDONESIA KREATIF

Pada hari Jumat ,tepatnya hari ini tanggal 9 November 2018, saya mengikuti event Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemitraan Komunikasi (Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kemkominfo) di Ballroom hotel Po lantai 7, Jl.Pemuda Semarang, samping Mal Paragon.

  Ini adalah  acara flash blogging pertama di tahun 2018 ,dan akan disusul kota-kota besar lainnya seperti Jogja, Surabaya,Palembang,dsb.
Ini nih, suasana sebelum acara flash blogging ini dimulai.



 Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia menyelenggarakan kegiatan Flash Blogging dengan tema " 4 TAHUN INDONESIA KREATIF" .
Kali ini peserta terdiri dari blogger dan penggiat sosial media yang berada di daerah Semarang  dan sekitarnya. 

 Flash Blogging yang diikuti lebih dari 100 peserta ini diawali dengan sambutan dari Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP)  Dra. Rosarita Niken Widyastuti, M.Si.
Dalam acara Flash Blogging ini turut dihadiri Bapak Andoko Darta, (Staf Tim Komunikasi Presiden) serta bapak Sukardi Rinakit (anggota Tim Komunikasi Presiden Joko Widodo).

Tema yang dipilih berkaitan dengan 4 tahun kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo yang sudah banyak memberi kontribusi pembangunan Indonesia dari sektor kreatif baik dari sisi UMKM, sarana prasarana dan infrastruktur.
Materi memang difokuskan terhadap pembangunan generasi milenial yang kaya akan ide-ide kreatif, karena dari tangan merekalah, banyak sekali perusahaan-perusahaan Start-up yang berkembang pesat di Indonesia.

FYI, Generasi milenial adalah mereka yang lahir ketika digital tengah berkembang. Generasi Y datang setelah pendahulunya, generasi X, yang lahir sekitar era 60-an hingga 80-an. Generasi milenial juga sering disebut sebagai Peter Pan atau boomerang generation. Beberapa studi dilakukan dan mengungkap bahwa generasi Y memiliki kecenderungan kepercayaan diri tinggi, mudah mengungkapkan ekspresi, meski sedikit bebas dalam berpikir dan bertindak. Terlahir pada era generasi milenial membuat manusia wajib "melek" teknologi. Bagi para Peter Pan muda, perubahan industri digital sangat mudah dicerna dan lumrah untuk dilakukan melalui sosial media.

BAGAIMANA MENGELOLA KONTEN KREATIF DI ERA MILENIAL

Ibu Rosarita memberikan sambutan.

Pada sesi pertama, pemaparan diuraikan oleh ibu Dra. Rosarita Niken Widyastuti, M.Si, Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) . Beliau menyinggung tentang peredaran konten di sosial media.Tugas kominfo sbg government public relation, adalah menjadi humas untuk menyampaikan literasi pd masyarakat.
Kominfo  salah satu tugasnya adalah  melakukan pembatasan akses. Memblokir berita hoax dan akun negatif. Bijak bermedia sosial adalah solusi untuk menghalau berbagai konten yang tidak mendidik di media sosial. Bayangkan saja,  dalam 1 menit ada 3,3 juta informasi. Bagaimana jika sehari berapa? Makanya kita semua hendaknya bisa menjadi manusia yang selalu memberikan informasi positif sebelum dibagikan ke khalayak.Blm chatting ataupun pesan yang diteruskan digrup WA bayangkan kalo kita tidak bijak menyaring.Tidak bisa kita pungkiri , menyebarkan Hoax hanya akan memicu kemarahan,perseteruan,chaos,dsb.
Apa itu yang kita cari?

Betapa media online menyumbang banyak komunitas nyinyiers.Gak berguna kan?
Harus pula diwaspadai REKAM JEJAK DIGITAL kita loh friends,  karena ini akan tersimpan dan dibuka sewaktu-waktu. So , alangkah lebih baik jika merekam hal-hal yang positif saja untuk melamar kerja,promosi,branding,dsb, karena  nama baik kita dipertaruhkan dimasa datang.

Deputi Kemkominfo se-ASEAN beberapa waktu lalu merumuskan READY (Responsibility,Emphaty,Authentic,and Integrity) dalam membagikan komunikasi dan informasi didunia maya. Kita harus bertanggung jawab terhadap apapun yang kita bagikan , karena ini menyangkut integritas kita sebagai warganegara yang baik.

Tugas kemkominfo  melakukan pembatasan akses berdasarkan UU ITE tahun lalu sudah memblokir hampir 800 ribu konten negatif,serta mengajak masyarakat.utk berhati-hati dalam menggunakan medsos.

Selain itu, diadakan pula pelatihan melalui UMKM utk mempromosikan produk-produk dengan membina usaha start-up .Caranya dengan memberikan pelatihan untuk kemudian mempertemukan anak muda dgn pemodal/investor agar bisa meningkat menjadi unit core.
Pada era digital saat ini , Indonesia juga mempunyai 4 perusahaan unit core, diantaranya Gojek Indonesia, Traveloka, Tokopedia, dan Bukalapak.
Salah satu langkah hebat dari industri point O,yaitu revolusi digital yang dilakukan oleh GOJEK dengan adanya armada Gojek dan segala fasilitasnya seperti economy sharing : go massage,go box,dll. Hingga bisa berekspansi ke Vietnam.Betapa user dimudahkan oleh fasilitas yang disediakan oleh kreativitas anak bangsa ini.
Selain itu juga, Kominfo mendorong anak-anak muda untuk bisa betul-betul mengoptimalkan digitalisasi.
Kominfo menyediakan beasiswa di tahun 2019 dgn program digital talent sebanyak 20.000 kuota utk generasi milenial. Ini peluang bagi generasi muda untuk mengefektifkan digitalisasi. Tambah ibu Rosarita. Wow banget yaaa!

Oleh sebab itu Pemerintah benar-benar mendorong produktivitas disemua level. Ini semua bisa tercapai jika sikon negara kita tercinta ini aman dan damai.jangan sampai terkuras utk mengurusi konten negatif,hoax,intoleransi,dll.Really Useful!


APA SAJA YANG DICAPAI OLEH  INDONESIA KREATIF SELAMA 4 TAHUN INI?

Bapak Andoko Darta dan saya

Sesi kedua dilakukan pemaparan oleh Staf ahli Tim Kominfo RI,Bp.Andoko Darta tentang  4 tahun Indonesia kreatif.
Sebelum sesi penjelasan dari pak Andoko, mbak Noorma salah satu peserta, unjuk kebolehan bernyanyi lagu daerah.lagu Bungong Jeumpa dari Aceh.






Ekonomi kreatif di Indonesia ternyata sudah berkembang sangat pesat terlihat dari data statistika berikut ini.Faktanya begini nih,Semua ini bisa ditemukan loh di websitenya Bekraf.



Tipe Anak Muda era milenial

Menurut bapak Andoko, anak muda terbagi menjadi beberapa tipe.Ada Kreator,berjiwa peduli, orang biasa,pahlawan,cendekiawan,eksplorer.
Termasuk golongan yang manakah kita?
Ingin jadi yang manakah?
Apakah yang PEDULI? Apakah orang biasa?


Kabar baik juga datang dari statistik pengangguran yang menurun mencapai 5,13% Gak percaya? Nih ada datanya, selama 4 tahun, perkembangan ekonomi kreatif grafiknya makin naik. Disektor pendidikan juga ada peningkatan pemberian beasiswa bagi rakyat Indonesia.





Diatas adalah contoh Ibu pengusaha nasi bungkus yang mendapat kredit UMi. Ibu khadijah ini satu dari 800.000 target lain yang mendapatkan bantuan.

Program Ultra Mikro.



Pengembangan pariwisata di Indonesia juga digenjot oleh presiden Jokowi karena potensi Indonesia sangat besar sekali. Datamya adalah tercapai pengembangan 10 Destinasi Pariwisata seperti dibawah ini.





Sebagai Pahlawan,atlet merupakan salah satu contohnya karena berhasil membanggakan Indonesia beberapa waktu lalu.Perolehan medali emas Asian Games terbanyak sepanjang sejarah .
Penghargaan juga diberikan kepada para atlit yang berprestasi untuk memberi semangat atas perjuangan mereka.
Pahlawan diwakili oleh para atlit. Karir terbuka utk para atlit.perolehan medali terbaik Indonesia adalah tahun ini.BRAVO!



Inilah kerja nyata pemerintahan era Presiden Joko Widodo yang telah melakukan pembangunan dari pinggiran Tak hanya membangun di kota saja. Tapi hingga pelosok juga merasakan pembangunan negeri ini. Misalnya akses jalan memudahkan pengangkutan hasil pertanian sehingga akan tumbuh perekonomian.
Sebagai masyarakat Indonesia sudah sepatutnyalah kita terus menyukseskan program pemerintah ini untuk terus mengasah kreativitas dan membagikan konten-konten positif disetiap lini.
Inilah video yang membanggakan saya sebagai warganegara Indonesia yang kaya ini.
Betapa banyak sekali perubahan yang terjadi dengan pembangunan dan kinerja nyata pemerintah,adanya pemerataan listrik sehingga masyarakat kecil mendapat keuntungan untuk mengembangkan usahanya. Jalan yang sudah menjangkau hingga ke pelosok Papua, dan nama harum Bangsa Indonesia diwakili oleh para atlit, harus selalu kita syukuri dan pertahankan.

Membangun manusia Indonesia adalah investasi utk pembangunan masa depan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju menurut presiden Jokowi.Kita Bisa!! Mari kita bekerja sama!




Acara ditutup oleh penampilan gitar akustik mautnya mas Jubing Kristianto yang maknyess dihati, dan alunan suara merdu mengalunnya mbak Endah Laras, musisi dan penyanyi Indonesia yang sudah mendunia.
Tak lupa ada monolog yang dibawa oleh tim kepresidenan sekaligus penulis ,Bapak Sukardi Rinakit yang juga diselingi oleh penyanyi dari Maumere, Mas Tommy, dan iringan gitar akustik mas Jubing.
Benar-benar even yang menarik ,dan bergizi.
Sampai ketemu di Flash Blogging tahun depan ya Friends...

Jubing Kristianto dan mbak Endah Laras menampilkan hiburan yang indah.

Pak Sukardi Rinakit dan Endah Laras menghibur peserta flash blogging .




10 comments:

  1. Pemerintahnya Pakde ini emang keren ya.
    Nampak jelas kerja nyatanya. Bangga.

    ReplyDelete
  2. LENGKAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAPPP banget aslik... dan asyik bacanya :D

    aku kok ora foto bareng om Jubing ya? :(

    ReplyDelete
  3. wah nggak kerasa ada banyak yang sudah dibangun selama 4 tahun pemerintahan pakdhe ini yang sudah kita nikmati. semoga kedepannya lebih banyak yang dibangun dan kita bukan hanay bis amembangun tapi turut menjaga

    ReplyDelete
  4. Acara yg keren ya mba... Bersyukur mba bisaterlibat di dalamnya.. Semoga suatu saat saya bisa ikut juga

    ReplyDelete
  5. Aku suka banget pas acara dongeng nya itu, Cak Kardi bersama para seniman bersinergi membuat cerita yang disampaikan nggak monoton

    ReplyDelete
  6. Wah seru banget acaranya, semoga makin banyak generasi muda termasuk kita yang peruli, kreatif berkarya biar Indonesia makin jaya :)

    ReplyDelete
  7. Wow komplet pisan tulisanmu mba, saluut

    ReplyDelete
  8. Lengkap bgt... Terimakasih ya sudah berbagi. Berasa di sana beneran

    ReplyDelete
  9. keren bener acaranya, ga nyesel ikutan flash blogging kali ini, mantap

    ReplyDelete
  10. Hmm, sepertinya aku termasuk ke golongan pemuda biasa, hehehe πŸ˜‚ Ngomong-ngomong soal Gojek, Gomassage itu membantu sekali. Ide sederhana yang bermanfaat πŸ˜‰

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.