(PART 1) REKSADANA SEBAGAI SALAH SATU GAYA INVESTASI MILENIAL - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

(PART 1) REKSADANA SEBAGAI SALAH SATU GAYA INVESTASI MILENIAL

REKSADANA SEBAGAI SALAH SATU GAYA INVESTASI MILENIAL

Sebagai perempuan yang sudah berumahtangga, tugas seorang wanita itu bertambah satu lagi, dan sepertinya justru ini yang paling berat. Apalagi kalau bukan sebagai "Menteri Keuangan" dalam keluarga.
Selain jadi ibu dan istri, sudah tentu pengaturan keuangan ikut pula dipikirkan.
Jangan hanya gara-gara lihat tas berlogo huruf "mahal" atau sepatu blink-blink jadi bikin pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. #nunjukdirisendirisambilmewek

Padahal kan banyak sekali post-post kebutuhan yang harus dipikirkan.
Nahhh,...aku akui ini kelemahanku pakai banget. Dari dulu kok ya ga sadar-sadar buat nyisihin uang agak banyak untuk dijadikan tabungan.

Tabungan bisa macam-macam sih bentuknya. Ada yang beli emas , atau menabung secara konvensional di Bank, atau berinvestasi lewat Reksadana, Obligasi, SUKUK, apalah..apalah...sezuzurnya aku butaaa..huaaaa.. #nyambertongkatsibutadariguaselarong.

Beruntung banget beberapa hari lalu aku diajakin temen-temen blogger untuk mengikuti acara KOPDAR INVESTARIAN 1 di Gedung Manulife yang terletak di JL.Pandanaran.
Langsung saja aku mau..lah, karena memang lagi galaw, udah umur tuir segini, kapan sadarnya buat punya passive income, kalau terlena oleh buaian "hedonisme" , ya..ngggaaa? #koor ...HIYAAAAA..

Simak terus yak, bakalan banyak ilmu yang didapat...

PARA MASTER BLOGGER BERBAGI ILMU

Para master blogger sedang berbagi ilmu. (ki-ka):Handiko, Isul, Ika Puspita
Para master blogger sedang berbagi ilmu. (ki-ka):Handiko, Isul, Ika Hardiyan

Para master blogger sedang berbagi ilmu. (ki-ka): Isul, Don Suke, Ika Puspita, Nia Nurdiansyah
Para master blogger sedang berbagi ilmu. (ki-ka): Isul, Don Suke, Ika Puspita, Nia Nurdiansyah

Acara diawali dengan sharing oleh para master blogger alias orang-orang yang kuanggap mumpuni dalam dunia blogging.
Nia Nurdiansyah sebagai founder Titik Tengah Partnership membagikan tips-tips dan pengalamannya dalam menulis blog yang baik dan bisa dapat bonus memenangkan lomba. Buktinya , Nia baru saja memenangkan lomba blog yang membawanya jalan-jalan ke Thailand dan mendapatkan beberapa juta uang tunai dari berbagai macam lomba. Wow banget yaaak...!

MC super energetic dan lucu , Ira Sulistiana atau yang kerap dipanggil Isul jadi bikin acara bagi-bagi pengalaman ini makin meriah .
Ada pula Ika Puspita, blogger "sejuta" produk ngehits yang berhasil dikorek tips-tips jitunya untuk bisa dipilih mengendorse berbagai macam produk. Ika Hardiyan Aksari ,dosen yang sering menang lomba penulisan khususnya blog padahal menangnya seringkali gara-gara kepepet dateline..haha.
Ada juga mas Don Suke , empunya "Seputar Semarang" yang siapa sih yang ga kenal? Membagikan ilmu dari yang semula beliau tidak paham apa yang harus dituliskan , hingga sampai sekarang yang selalu dicari-cari orang-orang yang butuh info seputar kota Semarang.
Dan yang juga tidak kalah hebatnya, diundang juga Handiko, bloger belia yang sudah malang melintang menjadi pemenang dalam dunia lomba blogging di Indonesia , dengan begitu banyak gadget (kalau ga salah lebih dari 10) dan uang tunai yang menggiurkan.Dia berbagi rahasia bahwa sebagai peserta, tidak ada salahnya kita sedikit meriset siapa juri , bagaimana kriteria penilaian, dan latar belakang lomba tersebut sehingga tepat sasaran dan menang. Mesti observasi, nyiapin kerangka tulisan, nyiapin rencana desain, kenalin karakteristik juri.Noted!

Gimana ga mupeng pingin mengikuti jejak mereka euy! 

APA SIH REKSADANA ITU?

Berdasarkan Wikipedia, 
Reksadana adalah wadah dan pola pengelolaan dana/modal bagi sekumpulan investor untuk berinvestasi dalam instrumen-instrumen investasi yang tersedia di Pasar dengan cara membeli unit penyertaan reksadana. Dana ini kemudian dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke dalam portofolio investasi, baik berupa saham, obligasi, pasar uang ataupun efek/sekuriti lainnya.

Nhah, mumpung diacara ini didatangi langsung oleh Bapak Legowo Kusumonegoro selaku Presiden Direktur PT. Manulife Asset Manajemen (disingkat MAMI), bisa puas nih nanya-nanya tentang investasi reksadana.

Presiden Direktur PT. Manulife Asset Manajemen, Bp. Legowo Kusumonegoro
Presiden Direktur PT. Manulife Asset Manajemen, Bp. Legowo Kusumonegoro
Hayo, ..siapa diantara yang membaca tulisanku ini, yang uangnya begitu dapat or gajian, seketika lenyap bak digondol tuyul. Belum sempat ditabung, sudah digondol tuyul bernama "warung sebelah rumah" , tuyul "nontonpilembioskop", tuyul "olshop" atau tuyul "Indokampret"?
Perkataan Pak Lego ini lumayan menyentilku sih, ...

"Bagaimana pertanggungjawabanmu terhadap pengelolaan rejeki yang sudah kita dapatkan? "


"Beklah,..pak...saya ngaku kurang bertanggungjawab pak,..bocor melulu..." #tutupanserbet

"Uang jangan membuat hidup jadi rakus ataupun jadi menderita. Make it Fun! Bermimpi bagus tapi jangan berkhayal", kata pak Legowo.

Jangan cuma berandai-andai dan berhenti. Tapi make your dreams come through. Catch it! ((ngomong dalam hati)).


Pak Legowo menandaskan bahwa, jangan sampai kita tergiur tawaran investasi yang memberi imbalan besar dalam waktu singkat dan seolah-olah sangat mudah. Sudah pasti itu investasi bodong alias penipuan.
 Tanpa kita sadari, seringkali kita susah untuk menabung ,karena ditunda. Jadi tanpa terasa uang  yang kita dapatkan seolah-olah hilang karena di "rampok" oleh INFLASI!
Belum lagi pemasukan serasa selalu kurang, adanya banyak godaan diskon yang bikin akal sehat amnesia seketika, ongkos gaul yang nggak murah, hingga keperluan mendadak yang muncul , semakin menghalangi niat kita untuk menyisihkan uang.
Sekarang inflasi 3,2%/tahun.Inflasi itu penurunan nilai mata uang. Apa pengaruhnya buat kita? 
Ambil contoh  saja harga fried chicken impor itu   dari tahun 1998 ke tahun 2018 mengalami kenaikan 20%. Dari harga Rp 2500 menjadi Rp 20.000.Gile bener! 
Hal inilah yang sudah merampok daya beli konsumen.
Jika uang kita tidak tumbuh setinggi inflasi,maka bisa diartikan pendapatan kita naik,tapi daya beli kita turun. Padahal kebutuhan tidak hanya beli fried chicken. Ada rencana menikah, kebutuhan buat travelling,beli rumah,dll.


Ngirit itu bukan ngga bisa makan enak, liburan, menikmati hidup,loh, guys!
Kuncinya adalah PRIORITY SPENDING mengutamakan prioritas.Dibelanjakan dulu kalo ada sisa baru ditabung.Itu kebiasaan kita, padahal pada kenyataannya , sering tekor karena ngga disiplin .


Coba sekarang diubah konsepnya, jadi nabung dulu baru belanjain sisanya.
Dengan misalnya nih ya,  kita memaksa saving 10% utk ditabung terlebih dulu baru membelanjakan, nah itu jadi salah satu kiat menabung lebih efektif. Jd terpenuhi PRIORITY SPENDING!

Bagaimana dgn utang? Coba kita lihat ilustrasi berikut ini. Apa perbedaan kita meminjam uang  dengan investasi?



Kalo kita punya utang ,prioritasnya melunasi utang dulu.
Langkahnya adalah:

  1. lunasi yang bunganya paling besar,
  2. tuntasin utang yg nominalnya paling kecil,
  3. satukan jadi  1 utang dgn bunga paling kecil.
  4. dan JNGN BIKIN UTANG BARU, kecuali utang produktif!
Utang produktif  adalah kalau nilai barang yang kita punya semakin meningkat.(tanah,rumah, dsb)
Utang konsumtif adalah jika nilai barang yang kita punya turun.(mobil, barang elektronik, dsb)

Menurut beliau lagi, bagi yang belum punya rumah UTANGLAH,krn nilai investasi properti di Indonesia itu menguntungkan.

Contohnya begini, jika kita bisa mengirit kebutuhan sehari-hari, ambil contoh yang biasa makan di warung, jadi masak sendiri , anggap saja perhari ngeluarin duit Rp 20.000.
Atau yang biasanya ngopi dikafe ,beralih bikin kopi tubruk dirumah perharinya Rp.30.000. maka kita bisa menghemat banyak seperti ilustrasi dibawah ini,guys! Keren yakkk...

ilustrasi ngirit asal disiplin itu sangat meaningful!
Nhah , jika uang hasil penghematan tadi diinvestasikan atau dikelola dengan baik, contohnya  lewat reksadana atau instrumen dengan hasil 6% setahun, maka pendapatan yang bisa diraih ilustrasinya seperti berikut ini,



Seperti yang kita tahu, tapi sering tidak disadari bahwa Inflasi is  A SILENT ROBBER!
Jadi  carilah produk investasi yang returnnya rendah dulu,ga usah muluk-muluk karena biasanya saat returnnya tinggi, dibarengi dengan resikonya juga tinggi.

Modal dari berinvestasi kita harus mengetahui konsekuensinya,jadi peka terhadap perubahan harga pasar.Perlu riset. Investasi dimanapun juga selalu membutuhkan UANG , PENGETAHUAN  dan WAKTU.

Btw, Mana investasi yang sudah kalian kenal guys?
Manakah yang sudah berhasil kamu kumpulkan atau tabung?Ask yourself! Tabungan/Emas/Property/Saham/Reksadana/Investasi pribadi ?

Fyi, Emas itu sbnrnya bukan produk investasi tapi LINDUNG NILAI ,karena sangat liquid sehingga pencairannya cepat saat kita sedang BU alias Butuh Uang.


LEBIH DEKAT DENGAN INVESTASI REKSADANA

Instrument reksa dana pasar uang disesuaikan dengan jangka waktunya.
Bisa jangka pendek,menengah atau panjang.
Unit penyertaan Reksadana adalah satuan dari pembelian investasi reksadana.
Harganya bisa naik atau turun.
Urutannya pembelian SUBSCRIPTION -investasi berkembang-pencairan (REDEMPTION).

Reksadana Pasar Uang bisa dialihkan (switching) ke misal Reksadana saham atau Reksadana Pendapatan Tetap. FLEXIBLE kan!
Untuk kalian yg bingung dan mau tanya2 lbh lanjut.tinggal klikMAMI.com atau livechat with LANI setiap hari 24 jam.
Pengisiannya cukup mudah kok, via online saja, tinggal isi di aplikasi tadi, data diri yang sesuai dan lampiri KTP, beres dah.

 Cekidot ilustrasinya guys!



kaya gini nih kalo diklik linknya:

 aplikasi klikMAMI.com


Wah, lumayan tercerahkan nih aku, dan 100% mau banget berinvestasi, apalagi diarahin seperti ini, ga seperti kemarin yang tenggelam, tersesat, dan tak tau arah jalan pulang...#tzaahh

Sebelum acara berakhir, thanx God dapat rejeki nomplok dari Manulife sebagai penanya dan tweet terbaik bertiga dengan mbak Cheila dan mbak Wati, Sophie, juga suaminya mbak Noorma.



Tunggu postinganku tentang KOPDAR INVESTARIAN JILID 2 ...ya guys!

9 comments:

  1. Akhirnya jadi tercerahkan ya Mba Archa, tapi masih butuh lagi ilmu nih buat tahu lebih banyak biar nggak salah arah. Semoga ada acara lanjutannya ya Mba, biar makin mantep berinvestasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Nyi. Jadi perempuan dijaman milenial mmg kudu pinter ngelola pendapatan.

      Delete
  2. Wow lengkap bgt ulasannya. Terimakasih infonya ya

    ReplyDelete
  3. Reksadana ini investasi yg resikonya minim. Kalo punya RD sejuta dalam setahun ga diapa-apain lebih cenderung naik nilainya, tapi kalo ditabung terkikis juga dgn biaya macem2. Aku ada sedikit invest di RD udah lama ga kutambah2in. Kurang konsisten nih 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nhah,ini info baru nih buat aku. Konsisten yuk..biar sama2 untung..

      Delete
  4. Pengen mulai nabung RD lagi deh..

    ReplyDelete
  5. Terima kasih artikelnya mencerahkan, mba

    ReplyDelete
  6. Selain artikel nya mencerahkan, wajahnya juga tampak lebih cerah pas nerima hadiah mbak

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.