TIPS MAKE UP PRAKTIS DAN ANTI GAGAL UNTUK PEMULA DENGAN KOSMETIK WARDAH - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

TIPS MAKE UP PRAKTIS DAN ANTI GAGAL UNTUK PEMULA DENGAN KOSMETIK WARDAH




Sebagai manusia yang kesehariannya berkutat dengan semen dan pasir,dan kerjanya sering dilapangan, merias diri sendiri alias dandan buat aku itu pengalaman yang sangat susah dan langka.
Serius, aku benar-benar ga bisa dandan. Casing doang yang cewe, dalamnya sebenarnya cowo.
Omku sering menyebutku Lawra alias Lanang Ora Wadon Ora...#ngremusgabah

 Selama ini , kalau dandan seringnya asal-asalan. Ya,...biar ga buta-buta amat sih sesekali aku ngintip Youtubenya Michele Phan yang merupakan beauty vlogger pertama yang kukenal. Buat aku, si Michelle ini kece badai. Tipikal wajah Asia yang deket banget buat dicontoh oleh kita-kita ini yang serumpun.

Terus beranjak ngintipin beauty vlogger lokal, antara lain Tasya Farasya (hmm, walaupun buatku cara ngomongnya sih sedikit ketus, dan cepet banget, kaya orang mere2) tapi makin kesini, aku paham..sih..itu memang style dia. Dan terlihat orangnya baik..sih.
Yang kedua , Suhay Salim. Ini orangnya botjor abisss. Bahasa Inggrisnya cas cius cus, pokoknya ndengerin si Suhay ngomyang plus ngajarin cara makeup an bikin aku betah. Yang ketiga, Alifah Ratu. Aku suka banget sama orang satu ini. Rendah hati banget sepertinya. Ngajarinnya juga enak, jelas, step by step buat pemula kaya aku ini nangkep banget. Selain itu, buat orang yang ga demen dandan macam aku ini, dan sayang buat beli kosmetik mihil-mihil, si Ratu ini okey banget ngasih tips kosmetik yang dekat dengan keseharian rakyat jelata macam aku yang kere jika ngomongin masalah beli peralatan kosmetik.

Sayang ah, kalau mesti beli kosmetik branded seperti Channel, Dior, YSL...awwww...kulit badak mah pake bedak dingin warung bu Sihombing sebelah rumah  sudah puasss.
 Pernah aku nyobain agak kemayu dikit, dengan menghambur-hamburkan uang demi ikut member beauty clinic yang harganya lumayan mencekik leher karena harus bayar dimuka periode setahun, ealah malah mukaku jadi macam beruk. 


Baca ceritanya disini: HAL YANG PALING MEMBUATKU MURKA

So, demi mendengar tawaran neng Fenty, temen blogger yang kebetulan suaminya teman sekelasku (S2 Jurusan Urban Design Architecture) dulu, kalau ada beauty class makeup-an yang dihelat oleh WARDAH KOSMETIK, tanpa pikir panjang langsung aja samberrrr!

Fenty sedang ngejelasin tentang pentingnya asuransi.

Acaranya diadakan di Ruko Taman Setiabudi .Banyumanik, nebeng dikantor Prudential, which is Fenty adalah salah satu karyawan dari agen asuransi besar ini.
Sudah ada beberapa peserta yang kumpul. Usianya rata-rata 20 tahun keatas, dan didominasi oleh ibu-ibu muda.
Aku rasa, yang paling ga bisa dandan tak lain dan tak bukan adalah akyuuh.
Terlihat dari penampilan mereka yang sudah pada cantik-cantik bikin minder buat aku yang ngerasa bedak apapun yang kubeli , ga ada yang bisa nempel sempurna dikulit mukaku. Selalu saja jadinya kelabu, ga kinclong.

Peralatan sudah tersaji mancyap didepan mata...

LANGKAH PERSIAPAN  SEBELUM MAKEUP

Jadi pertama-tama, seorang beautician, (lupa namanya), memperkenalkan diri bahwa beliau dan teamnya sering banget ngerias acara-acara TV Show macam INBOX SCTV, variety show ,dll.
Dan beruntung banget, aku bisa bertemu dengan 2 orang yang menurutku pakar-pakar ini, buat ngedengerin cara berdandan praktis namun efektif.
Ada volunteer juga yang dijadikan model untuk dirias supaya peserta mudah memahami arahan.

Jadi langkah pertama adalah mempersiapkan kulit muka supaya siap ditimpa kosmetik dengan hasil yang halus dan mulus.

Caranya: 
Muka dibersihkan dengan susu pembersih.
 Dioleskan di dahi ,pipi,hidung,dagu dan leher.Gerakannya pun juga diperhatikan, yaitu mulai dari leher dulu dengan gerakan diusap keatas terus berturut turut dagu, pipi, hidung dan dahi, melawan gravitasi. Karena kalo asal diusap-usap, ternyata malah bikin kulit kita cepat kendur. (Ya ampunn..sumpah aku baru tau, pantesan selama ini kalo aku olesin pake susu pembersih asal putar puter tak tentu arah). Okey, NOTED!
Setelah didiamkan beberapa saat supaya meresap, baru dibersihkan dengan WARDAH Lightening Face Toner.

Arah pijat dengan susu pembersih melawan gravitasi.
Arah pijat dengan susu pembersih melawan gravitasi.

Oh,..ya gaez, menurut kamu, untuk mengelap sisa penyegar yang masih melekat baiknya pake kapas atau tisu?
.....
Ternyata tisu loh gaez, karena kalo pake kapas, serat-seratnya jadi menghalangi kosmetik bisa mulus nempel dimuka. Cukup ditempelin aja ke muka yang masih basah supaya diserap oleh tisu, jadi agak lembab.
 Kemarin pakai WARDAH lightening Milk Cleanser, harganya sekitar 20ribuan
Kemarin pakai WARDAH lightening Milk Cleanser, harganya sekitar 20ribuan. (Dok.inet)
Dan WARDAH Lightening Face Toner, juga sekitar 20ribuan
Dan WARDAH Lightening Face Toner, juga sekitar 20ribuan (Dok.inet)
Tips lagi nih: Jadi kalo mau ngebersihin riasan atau kulit disekitar mata, cara ngusapnya juga ada teknik tersendiri. Dan aku sering SALAH!
Jadi kapas dibasahin dulu dengan eye remover (kemarin sih pake micellar waternya WARDAH,jadi ada pembersih khusus loh, ga sembarangan karena kulit seputar mata itu tipis,dan gampang berkerut).
Terus cara bersihinnya itu dengan gerakan dari sudut mata bagian luar, turun kearah dalam menuju ke bagian pangkal hidung,muterin pelupuk mata atas ,berakhir di sudut mata yang tadi. Jangan terbalik dari dalam keluar, nanti kerutan matanya berkumpul di kiri kanan mata bagian luar,gaez!

 Kaya gini nih, memutar kedalam..cara mengusap eye remover supaya kerutan ga gampang ngmpul dipinggir mata.
Kaya gini nih, memutar kedalam..cara mengusap eye remover supaya kerutan ga gampang ngumpul dipinggir mata.
  WARDAH EyeXpert eye remover , harga sekitar 20k-25k
WARDAH EyeXpert eye remover , harga sekitar 20k-25k

DASAR MAKEUP

Setelah kulit dibersihkan, maka saatnya untuk membubuhkan  kosmetik.
Oleskan primer dulu, karena ini ternyata penting banget loh gaez , untuk membuat riasan kalian lebih halus dan nempel lebih lama. Baru setelah primer, dioleskan foundation atau alas bedak yang warnanya setingkat atau lebih terang 1 level dengan warna kulit kita. Jangan jauh-jauh bedanya, nanti malah mirip pemain opera Cina. Cara ngolesin foundation ini penting banget. Cukup pake jari tengah (kalau ga punya kuas) karena ternyata panas dari jari bikin foundation ngeblend.Dan yang perlu diingat, ngolesinnya HARUS 1 arah . Jadi kekiri-kekanan saja, atau vertikal saja, supaya bulu-bulu halus diwajah tidurnya searah. (kalau kalian beraktivitas diluar ruangan seperti aku yang sering panasan, jangan lupa olesin sunblock atau sunscreen sebelum mengoleskan foundation).
Dan cara ngambil foundation itu juga ada tekniknya gaez. Diplototin di punggung tangan ,baru diambil pake jari tengah dan diolesin kewajah, jadi jangan ditelapak tangan karena ga higienis. NOTED!

WARDAH liquid Foundation yang sudah mengandung SPF 30. harga 60-65k
WARDAH liquid Foundation yang sudah mengandung SPF 30. harga 60-65k


Pantesannn, aku biasanya asal tak puter-puter ngolesinnya, dan itu ternyata bikin bedak yang nempel dan kosmetik lainnya gampang pudar dan ga halus, karena bulu-bulunya njepat-njepat. (bahasa Indonesianya opo to kih?).

  Concealer Double Kit Wardah. harga sekitar 50 ribuan. (Dok.inet)
Concealer Double Kit Wardah. harga sekitar 50 ribuan. (Dok.inet)

Oh..ya, ada 1 tips yang keren banget buat aku. Jadi kemarin diajarin caranya buat nutupin bekas jerawat dimuka. (Langkah ini setelah memakai foundation loh ya).
Ternyata caranya dengan memakai concealer yang setingkat lebih tua dari warna kulit kita. Cukup ditutul-tutulkan saja pada bekas jerawat (yang sudah sembuh loh, jangan jerawat yang meradang) untuk mengcover beda warna kulit asli dengan yang rusak gara-gara jerawat. Diemin sebentar supaya warna concealernya berbaur dengan kulit kita. Cemong-cemong gak papa, soalnya nanti ditutup pakai bedak.
Dan yang bikin happy, WARDAH ngeluarin double kit kaya gini gaez.Praktis banget dan travelling size.Jadi kalau mau bikin concealer, aku campurin yang 1 dan 2 itu, jadi kita bisa atur seberapa pekat warnanya sesuai kulit kita Teksturnya memang creamy ,jadi mudah diblend cukup dengan jari kita,coveragenya juga okey . Nah yang ke2 itu bisa juga untuk shading atau conturing. Kalau yang nomer 3 itu eye primer, jadi bikin riasan mata kamu lebih cetar warnanya, ga kusam.

Langkah persiapan sebelum makeup. (Dok.Pinterest)
Langkah persiapan sebelum makeup. (Dok.Pinterest)

MAKEUP 

Nhah, ini saatnya memberi warna pada kulit muka.
Sapukan bedak tabur dibawah mata, istilahnya sih dibaking, pake kuas yang agak besar yak. Warnanya terang gak papa. karena nanti bakalan diblend lagi dengan finish powder.
Didiemin dulu gaez, supaya warna kulit yang biasanya lebih gelap dan berminyak dibawah mata bisa lebih cerah.
Biasanya sih disambi dengan ngerjain seputar mata dan bikin conturing pipi supaya wajah lebih tirusan.


Teknik bikin conturing di pipi,
1. Ambil kuas yang agak bulat ujungnya, sapukan bedak untuk contur(warna gelap 2-3 tingkat) dari tulang telinga yang tengah itu menuju ke ujung garis senyum bibir.(Jadi waktu pengaplikasian, usahakan raut muka tersenyum tulus yak).
2.Jika memiliki tipe wajah  sudah tirus , tarik garis sapuan kuas ke arah tengah hidung. Jangan kebalik ya, supaya yang tirus keliatan lebih berisi. Ingat semakin ketengah semakin menipis warnanya.
3.Narik kuasnya juga cukup sekali saja, jadi kesannya semburat, jangan diusap2 berulang kali malah mirip brewoknya gerombolan Siberat...ntar. Eh.

Bikin shading dihidung biar terlihat lebih mancung ternyata selama ini aku salah. Seharusnya warna coklat untuk shading disapukan diseluruh turunan hidung baik sisi kiri maupun kanan, baru nanti diblend dengan kuas bulat sedang.
Bukan hanya garis saja, malah jadi mirip bencyong. Begitu juga bagian tengah hidung dari puncak hingga kebawah disapukan warna terang, sehingga hidung tampak lebih menonjol.

Teknik pengaplikasian Eyeshadow untuk pemula,
Ambil warna tanah , seperti (coklat, orange, silver, putih),oleskan merata ke kelopak mata bagian atas. Untuk bagian tengah, bisa diaplikasikan warna lebih cerah atau yang glittery jika pingin lebih mewah.



Teknik pengaplikasian Eyeliner untuk pemula,
Berikan eyeliner dibagian kelopak mata atas, berbentuk menyudut naik keatas (wing).
Untuk bagian bawah, ambil kuas yang kecil dengan ujung pipih dan miring, kemudian ambil warna eyeshadow hijau, atau biru atau coklat. (Hahahaha, aku baru tau, ternyata eyeliner hitam sekarang sudah kuno alias ga kekinian lagi.)
 Baru dipertegas dengan eyeliner putih disudut mata bagian dalam.
Dan eyeliner dari WARDAH ini enak banget loh gaez, sumpah. Creamy, gampang digoresnya dan pigmented alias jelas banget.Sudah ada kuasnya pulak diujungnya. Very Recomended!




Wardah Staylast Waterproof Gel Eyeliner .Harga sekitar 40ribuan.
Wardah Staylast Waterproof Gel Eyeliner .Harga sekitar 40ribuan.





Teknik Pengaplikasian untuk membuat alis,
  1. Jadi garis dulu alis bagian bawah dengan pensil alis warna coklat dan puncak alis tertinggi kearah luar.
  2. Isi alis dengan garis-garis tipis seperti bulu2 alis memakai eyebrow, kemudian disikat dengan spully supaya terlihat alami dan tidak berkesan galak.
  3. Dibagian bawah ujung alis luar bisa di"tip-ex" dengan foundation terang sehingga garis alis lebih bersih dan meruncing ke ujung.



Eyebrow Pencil Wardah, harga 30ribuan.


Jadi rumus gampangnya seperti ini,gaez!
  • Sapukan warna terang didahi (HL=Highlite), dibawah alis dengan puncak yang paling tinggi sehingga mata lebih berdimensi ,dibawah mata yang sering berwarna lebih gelap, dan didagu.
  •  Konturing dikiri kanan pipi bagian bawah mengarah ke ujung bibir.
  • Sedangkan blush on adalah tahap terakhir setelah semuanya diblend dengan bedak , baru diusapkan blush on dengan gerakan membulat di apple cheek, alias bulatan pipi.




Setelah selesai merapikan alis ,mata dan shading.
Baurkan dengan bedak compact /bedak padat dengan menggunakan kuas yang besar sehingga merata dan tidak terlihat perbedaan warna yang mencolok.

Terakhir baru oleskan lipstik dengan membingkai garis bibir terlebih dulu dengan lipliner.
Dan jangan lupa Maskara dengan cara menggerakkan kuas ke bulumata kearah kiri dan kanan, baik bulu mata bagian atas maupun bawah setelah sebelumnya dijepit dengan penjepit bulu mata agar terlihat lentik dan panjang.

Tips: Oleskan lipstik menggunakan kuas lipstik dengan posisi bibir tersenyum, sehingga kulit bibir tertarik. Hal ini membuat lipstik mengisi permukaan bibir lebih merata,penuh dan halus serta tahan lama.


Palette Lipstik WARDAH

Intinya aku puas banget. Ternyata selama ini aku salah persepsi.
Kosmetik dengan harga terjangkau seperti Wardah , bukan berarti kualitasnya kalah dengan merk kosmetik luar berharga mahal.
Buktinya , kemarin aku mengikuti step-by-step, untuk orang yang ga terbiasa dandan kaya aku ini, rasanya puas banget. Karena ternyata hasilnya matte and flawless seperti yang kuidamkan.

Yayy, akhirnya aku bisa riasan sendiri, ga usah ngandalin MUA, ternyata ok juga loh!
Kalo kalian ga percaya, coba deh...buktikan.
Aku kali ini mau bikin yang natural aja, karena memang ga suka dandan yang terlalu menor.

BEFORE MAKE UP


AFTER MAKE UP...NOT BAD..khan gaezzzz... :D

Oh ..ya, kemarin aku juga sempat membeli produk Wardah yang mirip-mirip FTE nya SKII.
Namanya Wardah White Secret Pure Treatment Essence. Tapi harganya jauh dibawah brand dari Jepang itu, tepatnya sekitar 135k.
Sejauh ini, setelah kucoba sekitar semingguan, kulitku rasanya lebih kenyal dan bersih.
Karena katanya ampuh untuk mengatasi kulit-kulit yang sudah mulai muncul flex dan bekas jerawat seperti kulitku ini.
Ada beberapa key ingredients yang diunggulkan dari Wardah White Secret Pure Treatment Essence, di antaranya Niacinamide (vitamin B3), Leontopodium Alpinum Extract (ekstrak bunga edelweiss), dan Actinida Polygama Fruit Extract (tanaman silver vine). Keseluruhan bahan kandungan ini diklaim mampu mencerahkan kulit secara optimal. Selain itu, essence bebas fragrance dan paraben ini juga dilengkapi dengan teknologi Skin Awakening System dan Sodium Hyaluronate yang mampu melembapkan, melembutkan, serta menghaluskan tekstur kulit.
Dan yang paling penting, selain cocok dengan kulitku, WARDAH kosmetik ga bikin tongpes...sipkan...
Kamu pernah nyoba yang mana? Aku rekomendasiin dong..siapa tau aku juga cocok...

Wardah White Secret Pure Treatment Essence
Wardah White Secret Pure Treatment Essence. (Dok.Pri)

4 comments:

  1. Eeaa.. Cantik nian hasilnya. Ga percaya ah kalo ga bisa dandan ��

    ReplyDelete
  2. Aih...ciyuz loh mbak...aku ga bisa dandan...
    Ini sekedar coba2..eh dpt ilmu banyak...

    ReplyDelete
  3. Nah ini hasil make up yang flawles, terlihat cantik namun enggak menoor

    ReplyDelete
  4. Wah, cantik dan nggak menor tuh mbak. Kalo aku cuma pakai bedak sama lipstick Wardah.

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.