INILAH BEBERAPA TANAMAN HIDROPONIK JENIS SAYURAN YANG HARUS ANDA KETAHUI - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

INILAH BEBERAPA TANAMAN HIDROPONIK JENIS SAYURAN YANG HARUS ANDA KETAHUI


Beberapa waktu lalu ,pasti kalian sering melihat menu-menu salad yang bersliweran di sosmedku terutama IG ku @archa_bella.
Iya, aku akhir-akhir ini memang sedang getol-getolnya makan makanan terutama sayuran dan buah-buahan yang memperkaya nutrisi dalam tubuh dan bikin sehat.
Ada yang berasal dari sayur organik, ada pula yang dibudidayakan dengan metode hidroponik.
Kalau kalian ke mini market atau supermarket terdekat pasti pernah menjumpai sayuran yang ditempatkan di pipa-pipa putih dan dibawahnya dialiri air. Nah itu salah satu metode menanam dengan cara hidroponik.
Hasilnya yang pasti lebih sehat, apalagi dicampur dengan dressing buatanku sendiri dijamin pasti super yummm!

Tapi tahukah kamu apa yang dimaksud dengan TANAMAN HIDROPONIK itu?

Yuk, kita  kulik bareng supaya lebih apdet..hehe.

Salad sehat buatan sendiri dari tanaman hidroponik dan organik .(Dok.Pri)

Hidroponik adalah salah satu cara untuk membudidayakan tanaman tanpa menggunakan media tanah. Sedangkan menanam tanaman dengan cara hidroponik ini memiliki tujuan untuk menekan pemenuhan pada kebutuhan nutrisi dan kebutuhan mineral pada tanaman, dengan begitu maka tanaman hidroponik dapat tumbuh lebih maksimal lagi.
Banyak sekali sayuran yang dapat ditanam dengan metode hidroponik yang akan lebih memudahkan  masyarakat dalam melakukan perawatannya. Dengan menggunakan metode hidroponik maka tanaman pun juga bisa tumbuh dan berkembang jauh lebih baik lagi apabila mineral dan air pada tanaman selalu terpenuhi dengan baik.
Diantara banyaknya tanaman yang dapat ditanam dengan metode hidroponik ini,  kalian dapat  mengetahui melalui beberapa ulasan yang ada di bawah  ini yang akan membantu kalian agar bisa menanam sayuran menggunakan metode yang satu ini.
 Menanam sayuran menggunakan metode hidroponik  ,tidak hanya sekedar penting tumbuh saja, akan tetapi metode hidroponik ini telah mengusung konsep dengan user friendly sekaligus memiliki recurring atau perputaran yang jauh lebih cepat lagi. Untuk mengetahui jenis sayuran atau tanaman hidroponik , coba kita simak ulasan yang ada  berikut ini, yaitu:

 1. Sayuran sawi hijau.
Sawi memang jenis sayuran yang mudah ditanam. Akan tetapi jenis sayuran sawi yang tepat ditanam dengan metode hidroponik yaitu tanaman sawi hijau. Dengan menggunakan metode hidroponik maka akan menjadikan sayuran sawi hijau kalian akan lebih cepat tumbuh dan berkembang.

sawi hijau dengan metode penanaman hidroponik
sawi hijau dengan metode penanaman hidroponik (Dok.inet)

 2. Sayuran Kailan.
Kailan atau brokoli China ini memiliki batang dan daun yang tebal berwarna hijau. Sedangkan untuk bunga dari tanaman ini dapat diolah untuk berbagai macam masakan dengan cara di tumis. Sayuran yang satu ini pun juga dapat  dilakukan penanaman menggunakan metode hidroponik.


 3. Selada hijau hidroponik.
Jenis tanaman selada ini pun juga menjadi tanaman sayuran yang dapat ditanam pada daerah yang beriklim sedang atau didaerah tropis. Tanaman ini pada biasanya digunakan sebagai salad karena tekstur daunnya yang lembut.

selada hijau dengan metode penanaman hidroponik didalam tabung paralon.


 4. Buncis hidroponik.
Buncis memang jenis tanaman yang mudah untuk ditanam, namun tidak ada salahnya jika kalian menanam buncis dengan cara hidroponik yang akan lebih memudahkan pertumbuhan dan perkembangannnya.



 5. Tomat.
Tomat dapat dengan mudah kalian tanam, baik menggunakan media tanah maupun dengan metode hidroponik.






 6. Brokoli. 
Tanaman brokoli pun juga dapat kalian lakukan penanaman tanpa menggunakan media tanah atau dengan cara hidroponik, selain mudah cara penanamannya, maka untuk tumbuh dan kembangnya tanaman ini pun juga lebih cepat, sehingga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk berbuah.


 Dari keenam tanaman yang ada diataslah , kalian bisa mencoba-coba  menanam tanaman hidroponik karena lebih mudah dan tentunya tidak akan menyulitkan  dalam melakukan perawatan, karena  tidak perlu menyiram tanaman setiap harinya.
Dengan begitu akan lebih menghemat tenaga dan waktu .
Jika kalian  selalu disibukkan oleh banyaknya aktifitas, maka  mencoba teknik penanaman dengan cara hidroponik dapat menjadi pilihan untuk mengisi waktu luang.


 Tidak hanya sayuran saja yang dapat dilakukan penanaman dengan cara hidroponik, akan tetapi buah-buahan pun juga dapat ditanam dengan cara hidroponik.
Dengan begitu kalian dapat  merasakan secara bertahap pertumbuhan dan perkembangan sayuran maupun tanaman hidroponik yang  kamu rawat tanpa harus menggunakan media tanah.Wah, benar-benar tantangan nih, yang membawa ke hidup sehat tentunya.

Bagaimana, siap mencoba bercocok tanam dengan cara penanaman hidroponik?

No comments

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Powered by Blogger.