April 2010 - ARCHA BELLA'S ADVENTURE

SEKS!

Friday, April 30, 2010
Gara-gara Shinta dan Grace jadi pelopor buat nulis artikel tentang “SEKS”,mereka menyemangati si “sesepuh” ini buat nulis juga.Dan mereka lebih komplit plit plit ngulasnya.Okeylah kalo beg..beg..begitu,aku nulis dengan pemahamanku sendiri.
(Buat yang belum saatnya untuk “doing this” please,just read and make it as a knowledge for the proper time,ok)
Waduuuh,terus terang agak bingung juga mau nulis tentang apa ya.Walaupun lebih duluan marriednya,tapi “aku tidak lebih pintar dari anak yang baru aja nikah” (hehe,jadi inget slogannya Are You smarter than a 5th grader,quiz di TV ntu :P)
Seks si kalo menurutku agak “semriwing” kalo dibahas terlalu dalam,karena itu privasi masing-masing.Ga ada patokan pasti or rumus pasti bagaimana ngelakuinnya,dimana,dsb,dsb.(kaya permen mint kalee,semriwing).Seks ibarat bumbu dapur, pada takaran yang tepat membuat masakan menjadi sangat lezat, sehingga si penikmat sangat menikmati santapan, bahkan kalau dilakukan secara teratur bisa jadi masakan tersebut menyehatkan dan membahagiakan. Begitulah Seks.
(Sekali lagi dalam pemahamanku dan prinsipku,ini hanya boleh dilakukan oleh pasangan yang sudah resmi dimata hukum dan agama!!Menukil dari judul buku Djenar Mahesa Ayu,”JANGAN BERMAIN-MAIN DENGAN (alat) KELAMINMU”, yang maksudku adalah bertindaklah bijaksana dalam setiap keputusan yang kamu ambil menggunakan anugerah Tuhan yang “satu” ini.Ngeri kalo baca remaja2 sekarang/yg baru pacaran udah pd “berani2”-amit2,klo aku takut hukum karma…Oh tidaaaaaak..)
Tapi kadang2 tidak setiap orang tahu bahwa seks bisa juga menjadi bencana dalam perkawinan, apabila dilakukan bukan pada takaran yang tepat, dilakukan terburu2 atau bukan pada saat yang pas.Dalam berhubungan seks, bukan hanya menyalurkan nafsu semata, akan tetapi juga bagaimana seks menjadikan pasangan lebih harmonis, bahagia, langgeng dan senantiasa nikmat.
Ingat!Sebenarnya seks yang indah tidak hanya berfungsi sebagai sarana reproduksi atau menghasilkan keturunan saja, tapi juga sebagai fungsi rekreasi, sebagai upaya mendapatkan kepuasan, kenyamanan dll. Jadi jika orang berfikir kalau seks hanya sebagai rutinitas, itu salah besar! Karena dengan melakukan hubungan seks secara teratur, konstan dan sama – sama mendapatkan kepuasan satu sama lain, seks efeknya sangat luar biasa!(katanya si bikin awet muda,selalu berseri2 dan menghilangkan stress,dan yang lebih penting merekatkan hubungan antara suami istri.bener sii,menurut pengalaman.)
Terus berapa kali frekuensinya sehari-seminggu-sebulan?
Waduuh..kalo ini si sama aja dikasih pertanyaan berapa kali kamu mau curhat sama seseorang yang kamu anggap cocok dan kamu lagi mood.Susah kan memprediksi pastinya.Because it’s depend on situation and condition and mood and the signs.wkwkwk..bukan the sins lhoh ya!! :P.
Jadi geli kalo baca artikel or konsultasi or curhatan para penganten baru yang lagi hot2nya,atau mungkin karena factor usia muda,dan tingginya hormon seks mereka,jadi over ngelakuinnya. Jangankan setiap hari melakukan seks, dalam sehari bisa saja mereka melakukan beberapa ronde hubungan seks sekaligus. Hal ini bisa dibilang masih sangat wajar, karena bagi mereka seks ibarat barang baru yang lagi seneng-senengnya jadi mainan.(apalagi pas lagi honeymoon,ada yang sampe 10 ronde..weleh2,mau nyaingin Hollyfields ma Tyson,pake gigit kuping ga ya?hehehe).
Namun seiring dengan waktu perjalanan pernikahan, frekuensi seks jadi sedikit menurun, misalnya sehari cukup sekali, atau mungkin sudah tidak perlu setiap hari. Sangat logis, karena mereka sudah tidak sedahsyat saat pengantin baru, seks bagi mereka sudah menjadi rutinitas, atau bisa jadi karena mereka sedang belajar bereksplorasi dengan posisi dan variasi2 seks yang baru.Karena variasi itu juga perlu supaya ga monoton dan adanya interaksi antara suami-istri yang lebih intim untuk mempererat rasa saling memiliki.Caranya??
Ya ada awalannya,istilah kerennya foreplay (missal kluget2 kaya uler keket :D),terus tengahnya (ya,kalo ini sii sudah pasti otomatis,naluriah..hehehe),terus akhirannya ,atau afterplay (ehm..apa ya,diakhiri dengan ucapan terima kasih,I luv U,hunny,sudah lebih dari apapun deh,penghargaan terhadap pasangan itu perlu,tidak hanya sekedar “suara2 seperti orang nyabut pohon singkong” itu aja,yang kadang lebay kalo nonton BF (kalo ini sudah pasti bukan Batman Forever atau Bilem2 Ferjuangan,wkwkwkw)
So,kesimpulannya,seks bukan hal tabu,wajar untuk diketahui dan dipahami,sehingga bisa lebih bijaksana dalam memanfaatkan anugerah Tuhan yang indah itu.Bukan pula hanya untuk pemuas nafsu belaka,untuk mendapatkan imbalan,atau life style yang didengung2kan sebagai gaya hidup yang trendi dan modern,wow…pemikiran yang sempit.
Apalagi yang suka berganti2 pasangan,waduh..speechless deh kalo yang satu itu,tidak takutkah mereka akan bahaya yang mengintai,penyakit menular,digrebeg,ortunya mati jantungan,hamil diluar nikah..ups!speechless kok malah nyerocos..:P.
Yang penting membentengi diri dengan agama deh,supaya lebih tahan godaan dan kuat imannya,kayanya diKitab suci ada juga yang mbahas ini (kalo ini tanyakan saja pada Shinta,dia pakarnya,aku angkat tangan deh..heeheehe).Pokoknya lakukan dengan cinta deh judulnya buat pasutri,karena Seks itu indah.

ASyiIIIkkkk!

Friday, April 30, 2010

I see God in You

Wednesday, April 28, 2010
Kalo ga ngeklik nyesel!

Kadang aku berpikir,seharusnya apa yang harus kulakukan supaya bisa menghormati pasangan sehidup sematiku ini,apa yang harus kucamkan dipikiranku sehingga aku bisa mencintai dan menghargainya sepenuh hati.
Eh,dasar doyan nonton film,Apa aja kulalap,termasuk film India.Sampai-sampai aku nulis didiaryku about India di sini dan di sono.Eits,jangan salah.Walaupun panjangnya audzubileeh,bisa 3-4 jam-an,tapi tak dipungkiri film India mengandung banyak filosofi yang keren dan puitis.Buktinya filmnya banyak yang mendunia seperti My Name Is Khan,3 Idiots dan Slumdog Millionaire ntu.Selain geolnya yang aduhai dan actor/actressnya yang sedap dipandang..:P
Dan,aku salah satunya terasuki oleh Film India satu ini,karena selain filmnya keren,tariannya,,hmmm..modern,ga kaya tarian2 india biasa yang pake guling2an di kebon kaya trenggiling tapi ga pernah benjol.sama maen petak umpet dibalik pohon yang ga ketemu-ketemu en hujan-hujanan yang ga pernah bikin masuk angin(Kuat2 ya mereka ..wikikik).
Judulnya Rab Ne Bana Di Jodi,(mungkin sudah ada yang pada nonton :D).Pemain utamanya siapa lagi kalo bukan Shah Rukh Khan sama Anuskha Sharma (ehem..mirip aku..huehehe…ngaku2!)
Critanya tentang seorang cowo (SRK) yang polos abis,katro menurut bhs Tukul,yang punya istri yang modern.Si istri suka ngedance,tp dasar polos,si cowonya cuman iya2 aja tp ga terlalu antusias.Sampe suatu ketika si cewe ikut an audisi lomba dancing.Si suaminya pengen tau aktivitas istrinya ntu selama ini,sampe dia rela2in ikutan audisi dan nyamar jadi pria modern.(lugu=lucu dan wagu :P)
Singkat cerita,yang semula si cewe ini nganggep klo suaminya kolot,ga bisa apa2,ga ekspresif  jadi sadar bahwa dibalik keluguannya,dia melihat Tuhan didalam diri suaminya.
Judul movie soundtracknya-Tujh Mein Rab Dikhta Hai=I see God in You,gitu deh kira2 terjemahannya.Sebagian lyricnya bunyinya gini:

Na Kuch Poocha -Na Kuch Maanga
Tune Dil Se Diya- Jo DiyaNa Kuch Bola -Na Kuch Tola
Muskuraake Diya Jo Diya
Tu Hi Dhoop Tu Hi Chaaya-Tu Hi Apna Paraya
Aur Kuch Na Janoon Main, Bas Itna? Hi Janoon
(Tujh Mein Rab Dikhta Hai Yaara Main Kya Karoon) 2
Sajde Sar Jhukta Hai-Yaara Main Kya Karoon
Tujh Mein Rab Dikhta Hai-Yaara Main Kya Karoon
Rab Ne Bana Di Jodi Haaye
Yang artinya:
You Didnt Ask Anything-You Didnt Ask For Anything
Whatever You Gave, You Gave From Your Heart
You Didnt Say Anything-You Didnt Weigh The Pros And Cons
Whatever You Gave, You Gave With A Smile
Youre The Warmth, Youre The Shade-Youre My Own And A Stranger
I May Not Know Much But This I Do Know-I See God In You
My Love, What Am I To Do?-I Bow My Head Before You
My Love, What Am I To Do?-I See God In You
My Love,? What Am I To Do?-God Has Joined This Couple Together
Jadi kesimpulannya adalah,aku bisa menghormati,respek,menghargai pasanganku jika aku bisa merasakan  dibalik semua kekurangannya kutemukan banyak kelebihannya juga dan merasa bahwa ada kehadiran Tuhan didalam dirinya,lewat perasaan dan pengalaman manis yang kurasakan bersamanya.Jika kita sudah menganggap bahwa Tuhan ada dalam diri pasangan kita,otomatis,kita jadi semakin menghargai,menghormati dan mencintainya,seperti Tuhan sendiri memperlakukan kita.
Dan jangan pernah lupa mengatakan: Haan mein tumhein pyaar karta hoon,ups kok jadi hindi language..maksudnya Ya,Saya Cinta Padamu.Buhut Acha!

CINTA KAN MEMBAWAMU KEMBALI

Wednesday, April 28, 2010
Kalo kita sudah berani mengukuhkan diri sebagai pasangan dari seseorang,sudah seharusnya kita juga sudah harus siap menghadapi segala resiko menyatukan pendapat dan menyelesaikan persoalan dengan dia.Emosi jiwa tak bisa dipungkiri pasti ikut-ikutan nimbrung disini.Entah manyun2 doang,gondok dikit,ngambek,marah kecil bahkan marah buesaaar sampe ga mau ngomong berhari-hari atau kalo ketemu buang muka (jangan jauh2,,ntar ilang digondol kucing..hehe-iddiiiiih,kaya anak TK aja,jothakan..hehehe,lucu :P)
Memang hal itu wajar adanya,manusiawi.Semua orang pasti punya rasa emosi,mengungkapkan perasaan tidak setuju,ga suka,kurang sreg,jengkel,sedih,jenuh,dll.Tapi cara meluapkan perasaan itu juga perlu dimanage sehingga ga bikin emosi itu mencengkeram hati dan pikiran mpe berhari2-berbulan2 bahkan bertahun ntar malah jadinya dendam (kesumat!kok malah kaya judul film2 misteri:"Pembalasan Nyi Blorong" hiiiii...#kabuuur).Tentu saja ini bisa memicu konflik berkepanjangan dan ujung2nya jadi ga sehat buat hubungan berdua.Banyak yang nganggep klo konflik itu ga baik,tapi sebenarnya konflik ga harus dihindari kok,yang perlu digarisbawahi itu penyelesaiannya.
Gimana tuh caranya,ini berdasarkan pengalamanku loh ya,sebab masing2 pasangan punya versi masing2.
Pertama,mesti kalian tau kan iklan Teh Sariwangi yang slogannya“Saatnya kita Bicara” kalo ga salah.Nha,diikutin aja.maksudnya gini,jangan memperburuk keadaan kalo ada sesuatu yg kita ga suka dengan kata2 yang kurang efektif,contohnya:Kamu belanja nya boros!Aku harus kerja,kamu malah enak2an nonton Tivi melulu!,Ga usah pergi terus!.
Alangkah lebih manisnya kalo kita ucapkan,Beib,aku khawatir ,kita belum bayar sejumlah tagihan dan cicilan mobil; atau Tolong dong bantuin aku beresin rumah;atau ,yuk,kita dirumah aja nonton DVD.Hmmm..rasanya lebih adem dikuping deh daripada yang pertama tadi.
Kedua,Cobalah berbicara secara jujur apa yang kita rasakan dan yakinkan pasangan kita untuk mendengarkan.Jangan pake ilmu kebatinan,kecuali kalo memang pasangan lo turunan dukun atau fortune teller.Kadang, cara ini efektif untuk menyelesaikan masalah. Daripada sibuk menebak2,dia dah paham belum ya maksudku.wueeh..capeeee deeeeh..
 Ketiga,Bertukar pikiran mengenai kemungkinan jalan keluar yang dapat diambil. Jadi permasalahan akan lebih enteng kalo komunikasi kita juga enteng dan dilakuin bareng2.Jangan emosi dulu yang ditampilin,calm down,beibeh.Cobalah berfikir kreatif dan fokuskan hanya pada hal-hal yang dapat membuka jalan ke arah penyelesaian masalah. Kalau perlu, tulis semua hal yang bisa kita pilih. Setelah membuat daftar solusi, diskusikan dengan pasangan, jalan keluar apa yang akan dicoba. Kemungkinan akan ada lebih dari satu jalan keluar yang dipilih. Jika terjadi demikian, pilih yang paling efektif untuk dicoba. Dengan begitu masalah yang tampaknya berat jadi terlihat mudah buat diselesaikan.Yang penting,awalnya,smoootttthhhh,tarik nafas..fyuuuuuh hah!
Keempat,Kadang hal2 yang sudah kita sepakati perlu dievaluasi lagi.Kan keadaan bisa berubah,situasi dan kondisi bisa ga sama,so jangan saklek.Saklek membawa bencana (my hubby is the King of Saklek!sorry beib..:)-itu sudah watak sih sebenernya,tinggal gimana kita memperlakukan “ketidakcocokan” itu jadi kesepakatan yang enak dikedua belah pihak.Contohnya:aku bagian nganter anak,dia bagian jemput anak sekolah,jadi enak dua2nya.Waktunya bisa diatur dan ga saling memperdebatkan.toh buat kebaikan bersama.
Kelima,kalo memang lagi2 emosi sudah kadung bercokol.Diem aja dulu.mendinginkan hati.Sambil merenung,sebenarnya apa sih untungnya begini?Perlu ga sih kaya gini dipiara?Kayanya kok lebih indah ya kalo cepet selesai?Dan biarkan CINTA yang menguasai hati dan pikiranmu bukan amarah atau tidak peduli.Karena Cinta akan membawamu kembali ke tempatmu berpijak dan menyadarkanmu bahwa sekarang kamu punya teman hidup dan kamu bisa berbagi serta mengandalkannya.
Ilustrasi buat didengerin

KUNCI HIDUP BAHAGIA

Tuesday, April 27, 2010
Turut kemanapun pasangan pergi (yg rasional,kalo ke WC ya ga usah :P)

Menjadi tauladan bagi sekitarnya terutama anak2

Saling membutuhkan satu sama lain (simbiosis mutualisme)
Jangan pernah berpikir rumput tetangga lebih hijau,rumputmulah yang terhijau

Dapat berdiri tegak dikaki sendiri,dan tidak merepotkan orang lain,walaupun ditengah padang gersang

Pandai bermasyarakat dan dapat menempatkan diri

Tabah dan Mampu menghadapi riak-riak kehidupan yang bergelombang

Bagaikan lebah yang giat mencari nafkah untuk keluarganya

Selalu menyempatkan waktu untuk duduk bersama,bicara dari hati kehati


Jangan tunggu masalah membeku,selesaikan secepatnya


Tetap setia kepada pasangan sampe kapanpun
DAN SELALU MENUMBUHKAN RASA CINTA DALAM SELIMUT DOA

API

Sunday, April 25, 2010
API....
Api memang sesuatu yang panas (semua orang juga tau!),begitu juga dengan hidup.Kalo orang biasanya mengambil perumpamaan hidupku serasa penuh duri,kalo aku bisa dikatakan hidupku serasa penuh dengan api.Mengapa aku bilang begitu?

Karena banyak kejadian yang membuat kita kepanasan-kalang kabut -dan terbakar bagai dipanggang api.Kalo bagiku,tertusuk duri ,tinggal dicabut,selesai,lukanya diobati.Kalo api,pasti diawali dengan rasa panas,sensasi terbakar,rasa sakit dan meninggalkan luka bakar yang sulit hilang.

Untuk keluarga muda seperti diriku,cobaan seperti `api2 kecil` ini mungkin belum/tidak pernah dialami oleh orang lain(semoga saja tidak akan pernah),tapi memang hidup sudah digariskan untuk melalui semua rintangan ini,sehingga kami menganggap bahwa ini ujian-ujian kecil supaya kami bisa menjadi keluarga yang taft,tabah dan kuat.

Dimulai dengan "rasa panas" yang ditimbulkan oleh berbagai rintangan akan bersatunya kami diawal2 hubungan kami.Akhirnya terlewati sudah,walau itu makan waktu sampai 8 tahun.Yesh!kita lulus ujian,dengan hasil yang menggembirakan.

Rasa gerah akibat hidup berjauhan sebagai suami istri harus kita rasakan cukup lama,dan lumayan menguras emosi akibat dari efek2 yang ditimbulkan dari adanya miskomunikasi (ingat,komunikasi adalah kunci dari setiap hubungan).
Dan,akhirnya kita bisa bersatu lagi dalam satu atap.Yesh!lulus ujian lagi!

Sensasi panas dan membikin hati kalang kabut ketika seorang kepala keluarga jobless,ditengah kebutuhan yang mendesak dan membabi buta untuk segera dipenuhi,membuat semakin panas "bara api" yang menyala-nyala diantara kami.Dengan tekad kuat dan niat untuk berusaha keluar dari lingkaran api ini,akhirnya perlahan-lahan ,kami bisa menyelesaikan semuanya dengan baik.Api itu mendingin perlahan-lahan.Yesh!Sekali lagi "panasnya" tidak begitu terasa...

Dan yang paling dasyat,untuk umur semuda kami yang baru merintis untuk membentuk keluarga baru,pernahkan anda menyangka dilempar sebongkah bola api dan menggelinding mengejar kami kemana2?Apa itu?
Yup,cobaan datang berupa surat panggilan polisi supaya memenjarakan suamiku!!!Hah!Apa yang telah kami lakukan hingga ada orang setega itu memperlakukan kami seenaknya.
Judulnya adalah fitnah.Mas Heri terlalu lugu untuk bisa ditipu dan dia terperangkap dalam hasutan seseorang yang tidak puas atas kinerjanya,padahal "beliau" sebenarnya telah membuat kesalahan pada kami.Tidak cukupkah waktu 24 jam bagi suamiku mengabdi kepadanya 7 hari dalam seminggu.Tidak cukupkah uang beratus juta kau lahap,dan mobil kau rampas.Tapi apa daya,kami bukan orang kaya yang mampu membayar 3 pengacara seperti yang kamu lakukan.(asli,waktu nulis ini,dadaku nyesek).Akhirnya,setelah beberapa kali absen ke "Kantor Polisi",suamiku tidak terbukti melakukan kesalahan apapun,karena memang "beliau" adalah si trouble maker yang tersohor.(Waktu itu sampai2 polisi mengecek ke ortuku,menginterogasi bapak-ibuku,menyatroni rumahku,memata-matai,ya ampyuuun,teganya si "bapak").
Anehnya,semua kejadian ini tidak membuat aku menangis setitik pun,karena aku yakin 100% suamiku benar.Dan keyakinan seorang istri adalah obat mujarab dan ramuan paling ampuh untuk membuat suamiku berjuang melawan ketidak adilan.Yesh,api yang membakar dan meninggalkan luka bakar itu telah padam.kita berhasil lagi!

Belum lagi begitu cepatnya mas Heri memberikan modal kepada beberapa orang tanpa pernah dikembalikan (reaksiku pasti mencak2,kok gampang percaya sih sama orang!!)lagi-lagi dia bilang:rejeki sudah ada yang ngatur, dik,kasian,keluarganya butuh makan,kalo memang dia beritikad baik semua itu pasti kembali lagi kekita,ga usah mikir yang berat2.Semua sudah ada jalannya.
(positif thinking:kita menanam kebaikan pada banyak orang,semoga dibalas dengan kesehatan dan keharmonisan kita dalam berkeluarga.Amin.)

Dan salah satu kelemahan mas Heri (atau kelebihan si..aku ga tau?),ditabrak orang,yang nabrak malah dikasih duit.Disrempet orang,yang nyrempet malah diobatin.Mobilku disrudug truk tronton sampe bagasi belakang ringsek-sek,eh sopirnya malah disangoni duit buat pulang ,dan ga dilaporin polisi,sampe nangis2 didepan kami,kok ya ada org kaya gini.hufft....

So,aku anggap api2 itu,adalah api2 yang membuat cinta kami semakin membara.Jadi semakin tau bahwa hidup ini tidak pernah luput dari api2 kecil dan akan membesar jika kita tidak tau menghadapinya.
Semoga perjalanan kita yang masih jauh kedepan,semakin membuat api asmara kami semakin berkobar,dan kami percaya,akan ada tetesan air yang akan menyejukkan semua perbuatan baik dan amal kami yang selalu dilandasi oleh cinta dan kasih.
Maka dari itu teman,jangan takut akan api.

LEBIH DARI APAPUN

Sunday, April 25, 2010
Kau tak pernah memberiku bunga secantik ini

Kau tak pernah mengajakku menikmati suasana seromantis ini

Kau tak pernah membawaku menginap di Tempat semegah ini


Tapi kau selalu disampingku,menjagaku

Tapi kau bilang kau suka mataku

Tapi kau berkata bayanganku selalu menari-nari dibenakmu

Tapi setiap kali kita bercanda serasa manis rasanya

Kau tunjukkan kerja keras dan tanggungjawabmu untuk kita

Dan itu lebih dari apapun didunia

I LOVE U,HUNNY…
For the father’s of my kids

QUIZ!

Friday, April 23, 2010
Entah kenapa,aku ini memang biangnya iseng,so waktu lagi ga ada kerjaan,kok ya sempet2nya otak ini berputar-putar (komidi putar kaleee?)buat bikin quiz iseng.Tapi,boleh dong dicoba sama pasanganmu (setelah itu baru kamu sendiri),mudah-mudahan analisanya tidak terlalu meleset dengan keadaan sesungguhnya.
(Aturan main:ambil kertas sesobek,atau tangan juga boleh buat coret2 urutan nomernya bolpoin)

Quiz:
Jika kamu dihadapkan pada situasi dirumah,tidak ada siapa-siapa,urutan mana yang kau kerjakan lebih dulu,padahal kejadiannya BERSAMAAN!!:
Ada tamu sedang mengetuk-ngetuk pintu,dari tadi.
Bayimu sedang menangis sekeras-kerasnya,dibox bayi.
Air diceret mendidih dan mengeluarkan bunyi melengking.
Telepon dirumah bordering-dering minta untuk segera diangkat/dijawab(kebetulan kamu lagi menunggu telepon penting)

Sudah,sekarang ditulis urutan mana yang kau lakukan terlebih dahulu.
Contoh
1.membuka pintu dulu-2.mengangkat telepon-3.mematikan air.4.menggendong bayi.
funny gif Pictures, Images and Photos

Hasil:(Urutan/posisi pertama mengindikasikan sifat yang lebih dominan,urutan selanjutnya menjadi kurang dominan,jadi urutan semakin kebawah menjadi kebalikannya.jelas kan?)
1.Jiwa sosialnya tinggi sekali,sifatnya sering tidak merasa enak kalo melukai perasaan orang lain.Cenderung memiliki relasi banyak,dan disukai banyak teman.Kelemahannya sering mengorbankan kepentingan pribadi,padahal sebenarnya lebih mendesak.Sering-seringlah merenung untuk berpikir skala prioritas.
2.Memiliki sifat keibuan yang menonjol.Gampang merasa kasihan terhadap orang lain.Tidak tegaan dan biasanya disukai anak-anak.Kelemahannya,sering melupakan waktu untuk bersenang-senang bagi dirinya sendiri.Akibatnya kadang badan tidak terawatt dan kurang memperhatikan penampilan,karena sibuk dengan urusan yang lain.Sering-seringlah berkumpul dengan teman2 untuk refreshing.Hidup ini indah ,nikmatilah.
3.Orang yang sangat hati-hati dan terencana.Hidupnya diplanning dengan hati2.Pikirannya jauh kedepan dan bukan orang yang gegabah.Tapi kadang sering bimbang dan curiganya tinggi.Kelemahannya,mudah panic,apalagi kalo suatu berjalan tidak sesuai yang direncanakan.Bisa bETe seharian,semua diamuk.Sering-seringlah bermeditasi,yoga,mengekspresikan emosi,jangan dipendam.Memendam kejengkelan bisa merusak jiwa .
4.Orang yang up to date.Tidak pernah ketinggalan informasi.Selalu gaul,baik dirumah maupun diluar.Memiliki relasi yang banyak,tapi tidak begitu akrab.Hanya kenal-kenal saja.Kelemahannya,pilih-pilih teman,kalo ga sreg ga akan pernah tuh dia deketin.Gampang jutek.Sering-seringlah ikut organisasi yang positif,banyak2 berdoa supaya dijauhkan dari pikiran negative dan jangan jadi miss ring2,dikit2 telpon,kalo memang perlu diomongin,omongin langsung.be gentle.

Hehe,ini analisa originally created by Mama Tika,kalo ga pas ya muun maap,its just a quiz,enjoy it.Bener syukur ,ga bener sukorrrrr!
PISS MAN

HATI2 MENJAGA HATI

Thursday, April 22, 2010
Banyak yang bilang aku awet muda,ciiieee,pedenya,ga papalah narsis dikit,kan ga dilarang.Asal tidak merugikan orang lain.Tapi,mungkin itu juga pengaruh dari lingkungan.Ya,lingkungan rumahku sekarang banyak dikelilingi orang-orang yang lebih muda (berlagak sok tua,hihi),termasuk diWK ini aku termasuk uzur…uhuk..uhuk..simbah batuk :P.

Alasannya,aku tinggal bersebelahan dengan rumah kos yang dihuni beberapa adik-adik yang lebih muda,kebanyakan sih mahasiswi,karena itu memang kos2an putri.Lumayan buat nambah2 penghasilan demi sejumput beras.Jadi dari balkon rumahku,aku bisa berinteraksi dengan mereka yang imut2 dan cantik2.(kalo masalah penampilan,dapat titipan pesan dari pak kos supaya yang seger2 aja yg diterima,supaya kalo bangun pagi buka jendela ,jadi tambah seger matanya,hush!diem2 naughty juga tuh pak kos,:P)

Daripada bengong dan kebetulan memang deket beberapa kampus,dibangunlah kos2an itu bersebelahan dengan rumah petakku.(cring..cring..bisnis..:D)
Okey,ngomong2 masalah anak kos,pastilah aku otomatis dianggap sebagai ibu kos atau lebih tepatnya mbak kos (aku dipanggil mereka mbak Tika-kan masih kinclong gitooh :D).Banyak persoalan2 mereka yang kadang dicurhatin ke aku,terutama masalah pacar.(Jangan heran kalo aku sering melihat cowo2 ganteng ngapelin cewe2 cantik didepan mataku,mayan…bikin mataku lebih cemerlang..ting..ting..ting #bersolek :P).Jadi kebawa deh tampil lebih muda,hihii.

Okey,ini ga akan mbahas brondong2 yang ngegemesin itu(hush!dijewer mas heri),tapi salah satu kasus yang menimpa anak kos.Sebut saja Lila.Si Lila ini sudah lama berhubungan sama pacarnya,lebih dari 5 tahun,tapi belum married2,padahal usianya 2 tahun dibawahku.Aku sering ngingetin,ayo,inget umur lho,nanti tambah tua,lupa tujuannya.Dia si sebenernya mau nikah,tapi terhambat persoalan prinsip.Yup,ini permasalahan klise yang berkembang dinegara kita khususnya,karena banyak alasan,orang tua ga rela kek,birokrasi ribet kek,dll,dsb.Sampai suatu ketika aku melihat beberapa buku teronggok di kamarnya.Sekilas aku liat judulnya berbau2 mengubah pemahaman dan keyakinan X menjadi Y.Agaknya mungkin mereka berdua sudah membahas untuk menyatukan keyakinan mereka pada 1 tujuan,dan agama siLila ini yang akan dianut.Tapi menurut penerawangan Mama Tika (ciee..sok Mama Laurent),kliatannya si cowo belum yakin,so, sicewe ini hrs meminta bantuan buku2 itu untuk memuluskan hasratnya.

Sayangnya saat itu aku menghadapi situasi yang cukup menyedihkan.Tanteku harus masuk RS,dan koma hampir 3 bulan tanpa sebab.Ga sakit,dikaruniai 2 anak laki2 yang pintar dan sehat,dan suami yang sangat penyayang,tiba2 koma.
Ketika sedang bezuk ke RS,aku duduk diruang tunggu sambil baca sebuah tabloid wanita yang sangat terkenal disini,tau kan?Kebetulan pengasuh rubrik psikologinya aku suka dan kagum karena pembahasannya begitu bijaksana dan mengena.Pasti kalian tau,psikolog yang tersohor berinisial RH itu.Dan kebetulan lagi kok ya topic yang dibahas mengenai perbedaan agama yang dialami seseorang yang akan menikah,dan dia perlu berkonsultasi dengan si ibu RH ini bagaimana mengatasi kemelut hatinya.



Kembali lagi kerumah.
Aku tidak mau sok menggurui si Lila ini,maka aku suruh baca aja tabloid tadi.Mudah2an dia bisa mencerna dan memaknai langkah apa yang harus dia ambil kedepannya.
Si Psikolog itu pada intinya menjelaskan bahwa suatu keyakinan tidak dapat dipaksakan dengan alasan apapun,apalagi dengan embel2 untuk memuluskan suatu perkawinan.Keyakinan adalah sesuatu yang sifatnya personal-vertikal,berhubungan antara pribadi dan Tuhannya,bukan hubungan secara horizontal.Jadi,tidak boleh memaksakan suatu kehendak untuk membuat orang lain menurut apa keinginannya,juga tidak seharusnya mengalahkan hati demi kebahagiaan orang yang dicintainya kalo sudah berhubungan dengan hal satu itu.
Ibu RH ini memberi contoh bahwa dia baru saja melayat seorang teman karibnya yang sangat dekat sekali.Ibu RH berusaha menenangkan hati sobatnya itu yang menangis tiada henti karena kepergian suami yang sangat dicintainya,dan sudah menemani hidupnya lebih dari 30 tahun.Kata ibu RH kepada sahabatnya yang saya kutip demi menjawab pertanyaan pembaca:
Sudahlah mbak,direlakan saja,dia sudah bahagia disurga,tidak perlu disesali,justru mbak harus bangkit meneruskan cita-cita almarhum.Tapi apa yang membuat saya terkejut,jeung,dia tidak menangisi kepergian suami yang sangat dicintainya itu tetapi dia menangisi keegoisannya selama ini.Bagaimana dia sudah memaksakan kehendaknya terhadap orang yang selama ini begitu baik padanya.Dia sangat menyesal sekali,hingga berhari-hari tidak mau makan,karena selama ini sudah begitu kejam.Suaminya sebelum meninggal meminta kepada ibu itu untuk memakamkannya dengan prosesi awal sesuai dengan agama yang dianutnya dulu,dia ingin dihias setampan mungkin untuk menghadap Tuhannya.Dan itulah yang membuat sobat saya tersentak,dan shocked karena selama ini dibalik diamnya sang suami,dibalik keharmonisan rumah tangganya,ternyata suaminya tidak bahagia karena ada suatu beban yang tersembunyi dihatinya tetapi tidak mampu dia katakan pada istri yang sangat dicintainya.Itulah yang membuat sobat saya tidak henti2nya menyalahkan dirinya,begitu teganya dia melakukan sesuatu yang diinginkannya tanpa mempertimbangkan perasaan belahan hatinya.dan penyesalan memang selalu datang terlambat,karena perasaan bersalah dihatinya tidak begitu saja mudah dihapuskan.
Dari situ bisa disimpulkan bahwa suatu keyakinan memang tidak bisa dipaksakan KECUALI dengan sadar sesadar-sadarnya bahwa dia benar2 cinta dengan keyakinannya yang baru,tanpa paksaan maupun tekanan dari siapapun.Muncul benar2 dari dirinya sendiri dan bukan dari dan demi orang lain,karena akan berat dibelakangnya.
Dan kembali ke tante saya yang koma,karena sudah terbaring di ICU selama 3 bulan.
Maka diambillah keputusan dari keluarga besar untuk mengurapinya dengan minyak suci seperti yang biasa dilakukan oleh seorang Pastor kepada umat yang hendak menghadap Bapa disurga,karena selama ini selang dan alat pacu hanya membantunya untuk menjaga jantungnya tetap berdetak,padahal otaknya sudah tidak berfungsi.
Beberapa hari sebelum dilaksanakan sakramen minyak suci,Si Om (suaminya) berdoa malam terus menerus menurut agamanya,dan suatu ketika dalam doanya dia seperti “ditunjukkan” kenapa sang istri sampai seperti itu.Besok paginya menjelang sakramen,si Om bicara dari hati kehati,bagaimana dia sangat menyesal karena membuat istrinya terbebani,membuat istrinya tertekan batinnya,dan meminta maaf sedalam2nya.Tau apa yang terjadi,bener2 mujizat,kisah nyata,tante saya langsung sadar dan membuka matanya.Kita semua kaget,tidak menyangka betapa besarnya kemuliaan Tuhan.Ternyata selama ini tanteku tertekan luar biasa tapi tidak dapat diungkapkan karena dia sangat mencintai keluarganya.Dia sedih karena setiap hari Minggu dia harus ke Gereja sendirian tanpa ditemani oleh suami dan anak2nya.Timbul rasa iri,kecewa,nelangsa yang dia pendam begitu dalam hingga pada suatu titik,dia koma secara mendadak.
Untunglah sekarang tanteku sudah berangsur2 sembuh,walaupun matanya buram,karena koma terlalu lama,tapi  ini benar2 pembelajaran yang dasyat bagi kami bahwa hati tidak dapat dipermainkan,dan keyakinan tidak dapat dirubah2 dengan mudah karena semua itu memiliki keterikatan yang penuh misteri dengan sosok yang kita percayai.
Semoga dapat mengambil hikmah dari cerita saya…(jangan sampai koma ya say,gara2 cinta)

CEMBURU?

Thursday, April 22, 2010
Kalo aku pas santai,biasanya sih aku baca buku (maklum kutu buku pol,sampe2 aku bisa panic kalo ke WC ga bawa buku,ups..sorry,curcol,,hehe).Tapi kali ini lokasinya bukan ditempat dingin2 menggoda itu,tapi kebetulan waktu itu situasinya lagi R.Perpustakaan sambil nungguin my hubby yang lagi lembur kerjaan mengestimasi biaya suatu project.Intensitas komunikasi yang berkualitas emang lumayan jarang,tapi kami berusaha nyolong2 waktu walaupun sudah jam 1 pagi sekalipun.Untungnya kita berdua sama2 dracula dan draculi,jadi mulai tidur biasanya udah menjelang jam 3 pagi.ckckc..(kata suamiku kalo kurang dari jam 12 malam udah tidur,badannya malah pegel semua-maklum kuli bangunan..wkwkwkw).

Kebetulan artikel di tabloid  yang kubaca mengenai hubungan suami istri.Disana tertulis
Singkirkan rasa cemburu”,begini tulisannya:

Baru-baru ini saya membuat rencana untuk minum kopi bersama seorang  kawan lama yang kebetulan bekas pacar saya.Sudah 10 th saya tidak bertemu dengannya,dan apapun alasannya,bagi saya penting untuk bertemu lagi dengannya.Saya ceritakan hal itu pd Doni,sama sekali tanpa beban,krn saya tau dia mempercayai saya sepenuhnya dan tidak mungkin dia merasa tidak aman.Prioritas Doni dalam relasi kami adalah kebahagiaan saya.Dia menegaskan kepercayaannya dengan tidak menanyai saya dan tetap merasa aman;sebaliknya  dia justru mendorong saya untuk pergi dan bersenang-senang.Kami sama-sama punya banyak kawan ,baik kawan pribadi maupun kawan sebagai pasangan.Saya tidak waras jika menganggap diri saya adalah segala-galanya bagi Doni.Menghalangi dia memilih kawan,laki-laki atau perempuan,adalah sikap yang egois dan kejam dan membuktikan bahwa saya merasa tidak aman.
Terus,aku iseng2 tanya sama mas Heri,kalo dia dalam situasi Doni,bagaimana sikapnya kepadaku.Dan jawabannya adalah TIDAK BOLEH!.Ups!Kenapa??
Terus terang aku ga terima.Ihhh..kolot bener!Kuper,cuman minum kopi aja ga boleh..
Apakah karena besarnya rasa cemburu?atau mengekangku untuk tidak berhubungan lagi dengan orang-orang yang “berbahaya” dalam arti bisa menjadi duri dalam daging??
Jawabannya adalah:
kalo kamu tinggal bukan diIndonesia,khususnya dikota yang tidak sebesar metropolitan,hal itu sah-sah saja.Tapi kamu hidup disini,dimana masih banyak orang yang peduli dan turut campur apapun yang kamu lakukan.Aku tau dan percaya kalo kamu ga akan macam2,tapi bagaimana pendapat orang-orang yang mungkin kebetulan kenal sama kamu.Pasti mereka mempertanyakan,apa yang kamu lakukan dengannya,hanya berdua,apakah sudah berpisah dengan suaminya,apakah dia berselingkuh,apakah sekarang menjadi wanita tidak benar,dan macam-macam opini negative lainnya yang bisa berkembang,apalagi disekitar orang2 yang masih memegang adat ketimuran.Akan banyak sisi negative yang menyelimuti otak mereka daripada positifnya.Dan aku sebagai suamimu harus menjaga juga image orang-orang terhadapmu.Tidak hanya menjaga badanmu saja tapi nama baikmu dimata orang lain.Jangan sampai mereka berpandangan buruk dan menerka-nerka yang tidak semestinya.Sekali lagi kita hidup ditempat yang berbeda.apalagi ini kasusnya bekas pacarmu,pasti akan lebih buruk lagi opininya.Lain kalo kamu pergi lebih dari 2 orang,3 orang baik cowo/cewe,pasti pandangan mereka bisa lain.
Aku merenung,benar juga ya,disini memang semuanya harus serba dipikirkan baik buruknya,untung ruginya dalam melakukan suatu tindakan.Kalau ga ketauan ya selamat,tapi hal-hal kecil seperti ini kalo tidak direm dari awal akan menimbulkan godaan-godaan baru untuk melakukan yang lebih berani.Tidak bisa dipungkiri,kehidupan perkawinan apalagi yang seperti diriku sudah berjalan lebih dari 5 tahun gelombangnya sungguh dasyat,ada godaan baik intern maupun ekstern yang tidak bisa diduga.Tinggal bagaimana kita menyikapi itu semua.Mau lurus atau berkelok-kelok,mau mudah atau dipersulit.
Harapanku semoga aku lebih bijaksana dalam menyikapi gelombang perkawinan sampai 10 th- 20 th- 30 th kedepan,dengan kepercayaanku kepada “nahkoda” disampingku.
Mungkin bisa saja pendapat suamiku lain dengan pendapat pasanganmu,coba ditanyakan?
Yang pasti aku berusaha untuk saling menghargai pendapat orang yang bertanggung jawab kepadaku dengan menuruti apa yang dia nasehatkan dan tentu saja itu juga dapat kuterima dengan logikaku.
Semoga sharing ini bisa menambah wawasan anda…

TAKJUB

Wednesday, April 21, 2010
shinju sing Pictures, Images and Photos
Gara-gara aku dipaksa buat nunjukin suaraku yang cempreng kaya kaleng rombeng,jadi semakin yakin kalo suaraku jauh banget ma idolaku ini.Mungkin kalian sudah tau,apa  lagu favoritku,tapi kalo penyanyi favoritku (wanita)sampe sekarang masih dipegang orang ini,tepatnya anak ini.What!!!
Anak??
Sebegitu dasyatnyakah sampai bisa nyaingin Mariah Carey,Celine Dion,Rihanna,Waljinah (ups,kok waljinah dibawa-bawa..walang kekeeeeeeeekkkkk!!)

Ya,karena dia masih berumur 14 tahun!walaupun sudah menyonyo eh menyanyi dari usia 4 tahun,tp dia telah membuat seorang Oprah Winfrey mengundangnya di acaranya yang fenomenal itu.
Dan yang lebih dasyat lagi,dia membuat David Foster (Musisi Idolaku) untuk bekerja sama dengannya.Satu lagi,dia sangat mengidolakan Celine Dion,dan bermimpi untuk bisa ketemu,tapi apa yang terjadi,Celine Dion sangat bangga waktu anak ini mau nyanyi dikonsernya,ckckckck.HEBAT!!!One more,she is Asian!

Check this out ketika dia nyanyi di Oprah Winfrey Show:
(nggak liat nyesel,liat aja ekspresi Oprah!)




Yup namanya Charice Pempengco from Philippine.Pokoknya liat dia nyanyi berkali2 ga pernah bosyen,Dan menurutku,kemampuan terdasyatnya waktu nyanyi (klik ini ,karena setiap performed dia selalu dikasih standing ovation sama penonton,termasuk aku berdiri juga,ngaruh ga ya?kliatan ga ya dia,qiqiqi)

liat aja ,dia nyanyinya santai banget,kaya mau nongkrong doang,tapi keluarnya..wow..wow..wow?speechless deh.Pokoknya super powerful banget.Okey deh,selamat menikmati,jadi pengen beli kasetnya,tapi belum sempet ketoko kaset..hiks..hiks.Pokoknya liat2 aja diYoutube all about her,ditanggung ketagihan!Apalagi yang NOTE TO GOD,lagi2 merinding

Temenku manis2

Wednesday, April 21, 2010
kiss Pictures, Images and Photos
Kali ini aku mau menulis tentang teman-teman baruku yang manis-manis melebihi sakarin.(^.^)
Terima kasih buat Weddingku.com yang sudah menjembataniku untuk bertemu dengan sobat-sobat baruku.Walaupun belum bertemu muka,tapi mereka serasa dekat.Perhatiannya,kunjungannya,kritikannya dan artikel-artikel mereka membuat diriku semakin merasa bahwa hidupku lebih berarti.Bahwa kehidupan ini memang harus diperjuangkan dan bahwa campur tangan Tuhan tidak akan pernah berhenti sampai kapan pun.
Rasanya kalo tiap hari tidak buka diary weddingku serasa ada yang kurang.Kalo orang serasa ga mandi sehari,asem..hihi.
Rindu untuk menulis,rindu untuk bertemu dan membaca komen2 mereka yang jahil,lucu dan inspiratif.Rindu untuk menimba ilmu dan pengalaman dari teman2ku yang brilliant tapi mengena di hati.

Dan bertepatan dengan hari Kartini sekarang ,membuktikan bahwa wanita hebat tidak harus berada di "kursi yang sering diributkan" itu,tapi the brand new wife,justru lebih hebat karena mereka sudah berhasil mengalahkan egonya dan bekerja sama dalam satu tim dengan pasangan sehidup sematinya untuk membawa laju "keretanya" tetap direl yang lurus,walaupun kadang ada turunan,tanjakan,gempa bumi.dsb.
Sampai-sampai dibenakku terbayang suatu image tentang mereka.(sebelumnya maaf klo agak menyinggung dan menyungging,tapi its just a joke,bukan maksud untuk..bla..bla..hapal kan omongannya Tukul diakhir acara..terusin ndiri ya..:P)

Banyak bicara,rame,pemerhati permasalahan,kayanya tipenya pecicilan tp terhambat..hehe,tp baik deh,pinter bikin hati kita berbunga-bunga dan jago nulis.Jangan terlalu mikirin yang berat2 ya say,semua ada jalannya kok.Love u lil sister.
Kalo ini mah ga diragukan lagi.Punya segudang ide brilliant.Really sophisticated,humble,pinter banget,jago buat ide2 gila,dan nice organized.Kayanya beruntung deh dapat istri Shinta,ada aja acaranya biar ga monoton,sampe rela banget ngejedotin kepala demi siapapun,hehe.satu kata :Kueren!

Waa,ini kalo difairy tale ya kaya Snow White deh.Orangnya tulus,kayanya cepet terharu nih.Dikit-dikit kasian,kalo di Snow White bahkan nenek sihir yang bawa apple beracun aja dibeli,saking baikkkkknya.Dan yang lebih penting,sayang keluarga banget deh.Really appreciate sama orang-orang yang menempatkan keluarga tercintanya diatas segalanya.God Bless U tuh pasti!(soalnya dalam pemahamanku,orang yang care ma ortu terutama,maka hidupnya selalu beruntung)
Nha ini dia,cowo lucu tapi sayang banget nih ama keluarga barunya.Terbukti sepatu jeber aja dibanggain,maksudnya ini bukti bahwa demi cinta mati ma anak istri,mpe sepatu aja sudah kaya kapal karam,tetep maju terus!Haik!Ya kalo difilm kaya Nobita deh,suka minta yang aneh2 sama Doraemon,tapi kadang menyusahkan diri sendiri..hehehe.But Basically Family Man deh.Top!

Kalo ini kok rasanya menemukan temen senasib sejiwa yang hilang.Ciee,maksudnya sama-sama umurnya,sama-sama gokilnya,ternyata diam2 lucu banget dan kayanya hobinya sama,wkwkwk.(Sok Yakin lu,orangnya ga ngerasa tuh?:P)Dalam bayanganku,kalo jalan2 kemana,shopping,makan,bakal betah nih seharian sama Deeana.Tosh!sista..

Takjub ma wanita satu ini.Analisanya kuat apalagi ma suara piano,hehe.suara yang lain kuat juga ga (apalagi ada bau-bauannya yang ga jelas huihihi).Kayanya dari luar manis,pendiam,cute,tapi dalamnya..gilaaa..hehe,biasa merencanakan ide2 gila yang bikin seru tapi ga kliatan kalo dia dalangnya nih.ups!sorry kalo salah.Btw,kreatif banget deh nih orang.

Ini anak walaupun masih muda ,dewasa banget.Kayanya ntar kalo jadi ibu,pasti diidolain ma anak2nya.Penyabar,penyayang.Demen deh,ngliat tipe2 yang beginian.Palagi ma pasangannya,perhatiaaaan banget.Sampe kurus aja pengen digemukin,kan demi cinta.hehe.Piss
 Victor!

Imut dan imut.Adik kecil yang perhatian ma keluarga.Walaupun agak manja,tapi banyak orang yang nerindukan deh kayanya.Kalo ga ada Ratih ada yang hilang.(barang siapa yang hilang,wooooi aku bukan satpam!!ups sorry..:P)Pokoknya,kecil2 tapi dewasa deh.Peluk ah..

Nha ini aku kagum banget ma sosok satu ini.Kayanya hidupnya beruntung banget.Punya pacar ganteng,bisa keliling dunia pula.Pokoknya bener2 lucky guy.Lucu dan pinter pula.Adore u deh judulnya.

Cewe berambut indah dan pinter ini ga diragukan deh kemampuannya buat jadi temen baik.Pokoknya jadi temennya Dame bakal jadi damai terus,ga pernah marah,pemaaf,tapi butuh proses kayanya buat nyadar,soalnya egonya tinggi,wkwkw.But,u re sweet,girl!

Pokoknya kenal Ella bikin kagum deh,karena orangnya perhatian banget deh kayanya,palagi sama Djoe.Beruntungnya Djoe,:D.Suka bantuin temennya dengan senang hati,dan gokil juga.Cantik pula.Thumbs up for Ella.

Cantik,dan perfeksionis nih kayanya.Kalo diserahin tugas,pasti dikerjakan dengan senang hati dan total.Pokoknya selalu pingin bikin orang lain puas dan happy dengan segala yg sudah dia lakuin.Bagus..bagus :P

Si dokter kita yang bukan kaya dokter,hehe.Masih sempet2nya dia ikutin diary weddingku.Btw,kayanya orangnya gokil,tapi seriusan deh.Dikit2 dipikirin,betyul pak?Take it easy aja.Nikahnya masih lama,santai pak..hehe.
Waduuh..siapa lagi ya,maklum sudah uzur,jadi ga hapal siapa yang sering kukunjungi,ntar kalo udah mengunjungi yang lain-lain,aku tambahin deh
Sorry ya kalo analisa kualitatifnya kacau,Btw,pokoknya I LOVE U ALL GUYS.thankz for everything.Buat lebih valid,perlu analisa metode kuantitatif juga macam questioner kayanya.hehe.
PISS!
gif animado Pictures, Images and Photos
(Kalo aku gimana ya analisanya??)
Powered by Blogger.