MENUJU INDONESIA MAJU BERSAMA KOMINFO RI

Thursday, February 01, 2018

Event Flash blogging Menuju Indonesia Maju bersama Kominfo RI

Indonesia adalah negara besar yang kaya raya dengan beribu-ribu pulau  serta 1340  suku bangsa yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.
Sebagai warganegara Indonesia, sudah sepatutnyalah kita bangga atas kekayaan Indonesia yang melebihi bangsa lain bahkan Amerika yang sering disebut dengan negara adidaya dan adikuasa.
Kalau mau didata, beberapa kekayaan Indonesia antara lain:


  • Negara ini memiliki kekayaan alam gas bumi terbesar didunia, tepatnya di Kepulauan Natuna.


Beberapa sumber daya alam Indonesia yang patut dibanggakan. (Sumber: Inet)


  • Indonesia juga memiliki lautan terluas di dunia. dikelilingi dua samudra, yaitu Pasific dan Hindia sehingga tidak heran bahwa negara kita tercinta ini memiliki jutaan spesies ikan yang tidak dimiliki negara lain.
  • Sudah babyak diakui oleh negara lain bahwa Indonesia memiliki pemandangan yang sangat eksotis dan lagi-lagi tak ada negara yang bisa menyamainya. Dari puncak gunung hingga ke dasar laut bisa kita temui di negara ini 
  • Tak ada yang meragukan kualitas tanah Indonesia yang sangat-sangat subur . Hampir semua lahan di Indonesia dapat ditanami.
  • Indonesia juga memiliki jumlah pulau terbanyak di dunia, berjumlah 18.306 pulau, pulau yang sudah diberi nama ada 7.870 sedangkan yang belum diberikan nama berjumlah 9634 pulau berdasarkan citra kajian satelit.
  • Kita tahu Indonesia memiliki luas laut 93.000 km2, panjang pantainya pun sekitar 81.000 km2 atau 25 % panjang pantai yang ada di seluruh dunia. Selain itu Indonesia juga memiliki terumbu karang yang sangat banyak dan semuanya indah. 
Dengan beberapa aset sumber daya alam yang sangat menjanjikan bagi keberlangsungan kehidupan bangsa Indonesia ini, tentu juga harus diimbangi dengan kualitas sumber daya manusianya.

Berdasarkan data Laporan Perekonomian Indonesia , Indonesia diprediksi akan menjadi negara dengan perekonomian yang maju, mendominasi perekonomian dunia pada tahun 2025, dan akan menjadi negara industri yang besar di tahun 2045. Perekonomian Indonesia yang telah menduduki peringkat ke-16 di dunia digadang-gadang akan meningkat menjadi peringkat ke-7 pada tahun 2030. 

Sudah sejak 72 tahun yang lalu para pahlawan Indonesia telah berhasil memerdekakan negara ini. Banyak harapan tercipta agar Indonesia menjadi negara yang maju dan mandiri. 
Saya beruntung diundang diacara Flash Blogging yang diselenggarakan oleh Kominfo pada hari ini , 2 Februari 2018 di Hotel Santika Premiere Semarang.
Acara yang bertajuk MENUJU INDONESIA MAJU ini dihadiri oleh jajaran pejabat dari Kementerian Komunikasi dan Infomasi Republik Indonesia, Tim Komunikasi Presiden  serta Jurnalis senior serta para blogger dan jurnalis dari Semarang dan sekitarnya.

Gadget alias gawai sekarang sudah menjadi barang yang dipunyai oleh semua orang.
Dulu, media mainstream (media cetak terutama ) mengambil peran dalam menyebarkan berita kepada masyarakat umum, sedangkan sekarang, media massa dan masyarakatlah yang berperan aktif  dalam menyampaikan informasi kepada para netizen atau pengguna internet aktif.
Tidak bisa dipungkiri sekarang dimana-mana masyarakat  lebih mudah  mendapatkan berita apapun lewat media online daripada dulu yang mengandalkan surat kabar ,radio maupun televisi sebagai media yang lebih konvensional.
Dengan hanya mengklik suatu laman di dismartphone, semua informasi ada dalam genggaman.
Bapak Deded Surya Nandika menyampaikan pesan tentang pentingnya blogger dalam  "Menuju Indonesia Maju" 
Direktur Kemitraan Informasi dan Komunikasi  Indonesia , Bapak Deded Surya Nandika menyampaikan pesannya dalam pidato singkatnya bahwa sebagai blogger yang berperan dalam penyebaran informasi lewat sosial media sudah seharusnya menyebarkan konten positif berkaitan dengan berita yang berkembang di Indonesia.
Contohnya, Kondisi Jateng yang sangat potensial untuk menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara dengan JATENG WOW (Wonderful World) menuntut para blogger untuk mengkampanyekan "visit Jateng" jika ingin melihat keindahan dunia.
Tidak perlu ke Jamaica , Spanyol atau pulau-pulau eksotis di Yunani demi melihat keindahan alam seperti di Dieng, Purwokerto, dan sebagainya.

Pada sesi kedua, diisi dengan pemaparan dari Bapak Anto Prabowo , salah satu Jurnalis Senior khususnya di Semarang dan sudah lama berkiprah di media surat kabar Suara Merdeka dan  Bisnis Indonesia.
Beliau membagikan Tips Menulis Kreatif kepada para peserta.
Menurut Anto, Penulis dan wartawan merupakan pejuang yang turut serta meningkatkan martabat kaum bumi putera pada era penjajahan dahulu kala, awal abad 20.

Salah satu pendapat Ki Hajar Dewantara adalah:



Semakin kesini, media komunikasi dan penyampaian berita sudah semakin maju pesat. 
Salah satunya dengan bersliwerannya sosial media yang sangat diakrabi oleh netizen.
Begitu mudahnya mereka berkomunikasi dan mendapatkan informasi melalui jejaring sosial seperti Instagram, Twitter, dan sebagainya.


Inilah perbadaan penulis era Media Cetak dan Era digital , dimana peran serta blogger sangat penting untuk menghalau berita hoax karena keakuratan itu sangat diperhatikan.
Jangan asal menyebarkan berita yang berkonten negatif dan tidak bisa dipertanggungjawabkan demi kepentingan individu maupun golongan karena malah akan merusak persatuan dan kesatuan masyarakat.

 Jadi kita sebagai penulis,  boleh memilih  menjadi penulis idealis yang mana banyak dianut oleh para penulis awal abad 20 yang selalu memikirkan masyarakat, ataupun memilih secara bebas sesuai pangsa pasar.

Pada sesi ketiga Tim Komunikasi Presiden Bapak Handoko memaparkan tentang MENUJU INDONESIA MAJU yang fokusnya tidak hanya di Jawa.
Beliau memutar beberapa video yang menghadirkan pembangunan Indonesia yang sudah dilakukan oleh Presiden Jokowi hingga ke pelosok negeri.
Ini video kerennya.


Ada beberapa hal yang disampaikan untuk menuju Indonesia maju.
Yaitu:
  1. Membangun Pondasi
  2. Percepatan Pembangunan Infrastruktur
  3. dan Pemerataan Pembangunan yang Berkeadilan.

Kebijakan pemerataan yang berkeadilan, ternyata memang belum menjangkau seluruh pelosok negeri, salah satunya adanya fenomena  ketidakadilan di Indonesia yang sudah terlalu tinggi.
Contohnya saja di Papua, harga BBM bisa lebih dari 60 ribu bahkan sampai 100 ribu per liternya. Bayangkan di Jawa yang cuma berrkisar 7 ribuan.
Subsidi BBM berpihak kepada golongan menengah keatas, dan tidak adil bagi rakyat  kecil.
Masih ada warga negara yang belum bisa menikmati listrik padahal kita sudah 72 tahun merdeka.
Sedangkan pemerataan keadilan berarti 100% warga negara sudah harus menikmati listrik.
Pemerataan bukan berarti persamaan perlakuan tetapi keadilan.


Inilah contoh KEBIJAKAN PEMERATAAN YANG BERKEADILAN yang sudah dilakukan oleh pemerintah:




Informasi yang disampaikan Presiden bisa dilihat juga di youtube www.youtube.com/sudutistana yang  kontennya menyampaikan informasi kepada publik berkaitan dengan pembangunan Indonesia.
Salah satunya tentang Paspampres.
Tugasnya begitu berat karena Presiden Jokowi lebih sering berdekatan dengan masyarakat, padahal itu berbanding terbalik dengan keamanan presiden,
Pesan terakhir sebelum menutup acara , ada quotes dari Pak Handoko yang mengutif dari pendapat bapak Sukardi Rinakit.
 "Jangan Pernah lelah mencintai Indonesia" 
(Sukardi Rinakit -Staf Khusus Kepresidenan).
Beliau concern terhadap netizen yang diwakili oleh blogger yang masih berperan aktif dalam menulis konten positif lewat sosial media.
Tujuannya untuk membuat seluruh bangsa Indonesia bersikap positif dan termotivasi serta optimis.

Dengan even ini diharapkan kita sebagai blogger bisa lebih berperan aktif dalam meminimalisir perpecahan lewat artikel dan tulisan yang kita bagikan.
Sehingga hal ini akan berpengaruh terhadap pembentukan mental bangsa terutama para pengguna internet dan pencari informasi, untuk lebih dapat menyaring berita positif dan memilah sehingga tidak gampang terhasut oleh berita-berita hoax.
Semua ini demi kemajuan bangsa Indonesia yang penuh dengan kekayaan alam yang berlimpah dan itu berada ditangan warganegaranya untuk menyukseskan misi MENUJU INDONESIA MAJU.
Terimakasih untuk Kominfo yang telah mengundang kami para blogger.
Semoga acara seperti ini semakin banyak digiatkan disetiap kota sehingga semakin luas masyarakat yang teredukasi dalam menyebarkan berita positif dan mengolah berita yang singgah , sehingga lahir generasi maju yang berkualitas dalam mengolah kekayaan  Indonesia demi kemajuan bersama.

Jayalah Indonesiaku!
Majulah Indonesiaku!

Foto bersama dengan seluruh peserta Flash Blogging

***Tambahan***
Puji Tuhan dapat juara pertama Flash Blogging Competition yg diadakan oleh Kementerian Kominfo RI yang diserahkan oleh bp.Dedet Surya Nandika (Direktur Kemitraan Komunikasi RI).
Selamat juga untuk para pemenang yang lain..yaa..😘😘





You Might Also Like

21 comments

  1. Semoga Indonesia semakin lebih baik dan maju.
    Semangat!

    ReplyDelete
  2. Acaranya bikin tambah cinta Indonesia ya mbak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mbak.
      Bangga terlahir dibumi Indonesia.

      Delete
  3. Ya ampun detail dan lengkap banget mbak tulisannya. Nggak heran menang yaa. Keren 👍👍👍

    ReplyDelete
  4. Kumplit pake telor! Nampol! 😚

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal pas aku tanya mbak Winda tadi..aku durung nulis blas..wakakak...

      Delete
  5. Lengkap bingit mba, Inspiratif :)

    ReplyDelete
  6. Mbak Archaaaaaa,
    Tulisanmu WOW banget. Sumpah, ini nulisnya kapan, mbak? Hahaha. Semua terekam di sini. Sukaaaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lha ya mung sejam td..plus diganggu berisiknya siapa itu..cowo yg menghampiri meja ke meja...grrmmh...bikin gemezzz

      Delete
  7. Selamat mbak... Tulisannya keren.

    ReplyDelete
  8. Artikelnya kompliiit, pantes menang mbak Archa. Nanti ikutan lagi kalo diadakan di Semarang mba, seneng loh ikut flash blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak
      Iya nih..pengen ikut lg biar termotivasi nulis cepet bermutu mbak. 😉

      Delete
  9. Selamat ya kak Ashanti, tulisannya keren syekalii..

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...