GIGGLE BOX VILLAGE KAFE BERGAYA PEDESAAN EROPA

Monday, January 22, 2018


Jaman sudah berubah.
Sekarang tempat untuk hangout dan berkumpul masyarakat urban sudah mengalami pergeseran dari yang sekedar tempat biasa yang kurang atraktif, berubah menjadi tempat yang disetting secara tematik.
Ada sensasi tidak hanya sekedar rasa, tetapi suasana  yang dibangun supaya tercipta mood yang baik bagi yang singgah.

Melihat perkembangan zaman ini,  bermunculan pula  tempat nongkrong anak-anak muda yang berbalut bisnis bernama kafe yang kian menjamur. Tiap kafe berdiri dengan keunikannya masing-masing untuk menyasar konsumen tertentu. Ada kafe yang interiornya
bernuansa musik, ada pula yang menempatkan sederet rak buku untuk para penikmat literasi yang ingin membaca sambil ngopi,ada pula yang berada diatas bukit dengan menawarkan view alam yang terhampar didepan mata dan masih banyak lagi.

 GIGGLE BOX VILLAGE Jl.Kompol Maksum 219 Semarang
GIGGLE BOX VILLAGE Jl.Kompol Maksum 219 Semarang

Beruntung, pada tanggal 20 Januari lalu aku diundang oleh pihak Giggle Box Cafe and Resto untuk menjelajah kafenya yang baru.Dalam benakku, wah...Giggle Box kan selalu mengusung konsep kekinian yang unik dan penuh pernik-pernik dekoratif.  Seperti apa pulak nih kafe Giggle Box yang teranyar ini? Jadi penasaran bingittts!

Dan memang bener sekali, berbeda dengan 3 Giggle Box diSemarang yang sudah ada sebelumnya dan sudah pernah kusinggahi (Giggle Box JL.Diponegoro, Giggle Box Kampung Kali, Giggle Box Tembalang), Giggle Box dijalan Kompol Maksum 219 Semarang ini menawarkan suasana  khas pedesaan Eropa , that's why diperkenalkan dengan nama GIGGLE BOX VILLAGE.

Pertama kali aku memasuki area halaman Giggle Box Village ini, tema arsitektur rustic bergaya pedesaan diEropa sudah tercium dengan ornamen-ornamen fasade bangunan yang colourful dan unik.

Rumah bergaya rustic di pedesaan di Eropa. (sumber: inet)

Menurut arsitek Probo Hindarto, gaya rustic bisa diartikan sebagai gaya dalam desain arsitektur dan interior, yang menitikberatkan kesan alami, dari material yang tidak dihaluskan, seperti kayu, batu, logam, dan sebagainya.Di abad ke-18, ciri unfinished gaya rustic diaplikasikan melalui material kayu yang dilapisi pasir hingga menyerupai batu.

wall decoration bertema rustic

Berkembangnya ide dan kreasi, membuat rustic kini identik dengan elemen yang bentuknya tidak sama, acak, dan bertentangan dengan kerapihan, lewat material yang dibiarkan unfinished dan bertekstur kasar.Elemen kunci dalam menggunakan gaya desain rustic adalah kayu, batu alam, besi tempa, logam, dan bahan alami lain seperti katun, linen, wol, kulit.
Mungkin gaya inilah yang diadopsi oleh Giggle Box Village dalam mengolah interior maupun eksteriornya. Desain interior rustic lewat penampilan luarnya serasa membawaku menuju ke alam pedesaan Eropa dengan dominasi palet warna coklat yang dipadukan dengan unsur modern lewat permainan warna-warna cerah dan lukisan mural serta dinding yang dihias frame era tahun 40-50an.

Ada beberapa ruangan dikafe ini yang bisa dipakai untuk mini gathering dengan kapasitas 10 orang, atau bisa juga untuk kumpul-kumpul arisan ,acara ulang tahun , ataupun bridal shower yang sekarang sedang marak-maraknya dilakukan pasangan muda jaman now menjelang pernikahan.
Aku yang ikut golongan  "manusia narsis abis" ini rasanya excited banget menemukan tempat sekeren ini karena hampir semua spot-spotnya very instagramable dan sayang untuk dilewatkan buat ajang selfie maupun wefie bareng temen-temen. Rasanya kalo ga bergaya didepan stage yang ditata layaknya dikelilingi pasar tradisional ala pedesaan Eropa ini, badan rasanya gemreges dan kejang-kejang. #eaaaa..
Stage yang terletak dibagian dalam kafe diruangan outdoor dengan dikelilingi kursi-kursi pengunjung ini memang direncanakan untuk panggung acara stand up comedy, atau live music dan semacamnya menurut mas Ebi, selaku Digital Marketing & Public Relation GiggleBox Indonesia.

Ada beberapa meja kursi yang ditempatkan diruang luar , jadi sambil menyantap hidangan , bisa sambil merasakan suasana yang tercipta dan menikmati hiburan yang disuguhkan sambil tetap bernarsis ria tentu saja.haha.
Kebetulan waktu itu aku kesana menjelang tengah hari, jadi panasnya memang lumayan terasa karena belum ditambahkan atap peneduh supaya lebih adem.
Kata mas Ebi pula, akan segera ditambahkan dan sedang dalam proses. 
Saranku sih , meja makan disebelah kiri yang menempel ditembok kafe ditambahkan awning seperti kafe-kafe di Paris, dan yang ditengah diberi penutup berupa besi yang ditumpangi tanaman rambat yang cantik supaya selain bisa meneduhkan juga tidak menutupi dekorasi traditional market dibelakangnya.










Outward appearance yang gampang dikenali,rasanya sulit untuk dilewatkan walaupun hanya sekedar melepas kerinduan dan menitipkan salam ditempat secantik ini.

Giggle Box  Village Kompol Maksum ini memang kental dengan suasana pedesaan ala Eropa sejak dari pertama aku melihat penampilan luarnya yang berhias dekorasi bunga-bunga ala shabby chic.
Perpaduan  bata ekspose dan kayu serta unfinished material menyambutku untuk memasuki pintu utama. Ada beberapa benda antik yang diletakkan disudut-sudut area maupun tergantung didinding seperti teko antik, jam dinding dan piring-piring porselen. Warna dinding yang dominan warna tanah semakin menambah kehangatan dan unsur romantisme dengan beberapa  chandelier yang menggantung di tiap ruangan.





Rasanya sayang untuk dilewatkan bergaya disalah satu sudutnya.




Selain atmosfer unik ala rustic yang tercipta, Giggle Box Village juga menawarkan hidangan yang sangat terjangkau untuk anak muda dan keluarga di Semarang... loh!

Dan yang lebih spesial lagi, Menu Giggle Box Village di Kompol Maksum ini berbeda dengan Giggle box yang lain.

Ada menu special Brunch dan  Asian Delight
Untuk menu Brunch alias Breakfast - Lunch bisa dinikmati lebih awal yaitu dari jam 7 pagi sampai jam 11.

Antara lain:

1.Blackpepper Tenderloin Toast (45K)
Roti panggang yang disajikan dengan daging tenderloin nan empyuk dengan siraman saus Blackpepper bener-bener mood booster yang sangat cocok untuk mengawali harimu.



2.Salmon Mentai Toast (45K)

Potongan salmon yang dihadirkan bersama roti panggang beserta kentang goreng ini paling pas buat penyuka ikan. Aku sukaaak!




3.Salmon Egg in A Hole (40K)
Yang ngakunya pecinta sarapan telor mana suaranyaaah?
Lha ini, pas banget nih untuk sarapan pagi, telur setengah matang yang melted ditemani  daging salmon memang bener-bener kombinasi yang okey banget dah!
Apalagi dikelilingi suasana yang asyik sambil menyeruput kopi...hahaaay...syurgaah!



4.Scramble Egg (25K)
Scramble Egg dengan potongan daging sapi dan sosis cocok banget buat menu brunch apalagi siraman saus barbeque makin bikin mantep!

5.Nasi Ayam Bistik (25K)
Katanya orang Indonesia itu belum dianggap makan kalo belum makan nasi. Yang setuju ngacung! hahaha. *umpetintelunjuk
Buat yang sarapannya kudu pake nasi, nasi ayam bistik bercitarasa Asia ini bisa jadi pilihanmu, dengan daging ayam krispi dan saus bistik yang manis bikin lidah bergoyang, perutpun kenyaaang :P




Ini nih daftar menu yang bisa kamu pilih....







Ini nih videonya biar lebih afdol...monggo disimak ya...bukan hoax bukan sihir... #halah

Gimanaaa,...
Pasti kalian penasaran kan..kannn...kannnn, spot-spot mana saja yang bisa dijadikan tempat narsis dan begaye bersama pacar, teman atau keluarga?
Nih, aku kasih contekannya ya, siapin kameramu dan jangan lupa penuhin amunisi smartphonemu jadi ga mewek waktu kesana, gara-gara lowbat atau memory full..huhuuhu.Bete kan jadinya...


Lokasi buat nembak cewe..halah :D


(Captured by: @kokoari)

Indoor space berhiaskan mural yang lucu ala Fairytale dan bertema bear and princess masih jadi andalan Giggle Box.
Asyik banget buat rumpies , guys!

Colourfull dan unik buat foto wefie , akan lebih cantik lagi kalau seng hijau dibelakang itu ditutup dengan partisi bermotif bata expose atau kayu sehingga dekorasi rustic didepannya lebih eye catching.

Sok-sokan gaya-gaya jadul ahhh..biar serasa old fashioned..haha
Soo, tunggu apalagi?
Segera ajak teman, pasangan ,keluarga dan rayakan momen-momen spesialmu di Giggle Box Village yang unik abis ini, dan jangan lupa yaaaaaa.....................................................aku diajak. :P
#ngarep

Alamat:
GIGGLE BOX VILLAGE
JL.Kompol Maksum 219 Semarang








You Might Also Like

21 comments

  1. Yuk kopdar dan nyoba menu Asian Delight nya jugaak. Aku masih pengen foto2 lagiii, hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooook mbak kmrn aku blm puas makannya..hahaha

      Delete
  2. Haha iya mba cocok buat nembak cewek inceran ya

    ReplyDelete
  3. Eh dia foto Ama berondong hahaha...

    ReplyDelete
  4. Suka makanannya suka juga tempatnya 😊

    ReplyDelete
  5. Samaaaa. Yukkkk kesana lg ..yuuk

    ReplyDelete
  6. Mbak, diriku salah fokus pada foto posemu nempel tembok. Berasa Reza Artamevia lagi syuting video klip. Wkwkwkwk 😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha....wah...makasih loh..aku jd tersanjunggg. Bukan cicak..khannn...😉

      Delete
  7. Aih,,,jadi nambah pwngetahuan tentang asitektur nih 😍

    Btw aku selalu suka sama desain interiornya Giggle Box

    ReplyDelete
  8. Seneng banget denger suara km di video mbak .. terutama pas bilang "oh ya!" :D
    Anw, cafe ni cucok bgt dah buat foto prewed ... uhuy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ya. Pinginnya bikin narasi ala2 film otobiografi gitu..haha .msh belajar. Hayooo..mau prewed nih jgn2..😄

      Delete
  9. Tempatnya asyik buat nongkrong dan makanannya juga enak ya..

    ReplyDelete
  10. Instagramable banget nih kak, apalagi tempatnya teduh dan nyaman. jadi penasaran buat datang langsung ke semarang nih

    makasih referensi tentang kafe yang unik ala eropa gini ya
    salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih.
      Datang aja...biar bisa narsis say.
      Salam kenal jg ya...

      Delete
  11. Salam kenal kak Bella, keren banget ya dekorasi kafenya, instagramable banget deh.
    Kapan2 moga disini juga ada cafe begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal balik.
      Mmg dari mana mbak asalnya ?

      Delete
  12. Pengin ke sini deh. Tempatnya cozy abisssss. Pasti narsis abisssss akuunyaaa. Hahahaha.

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...