Rahasia Masak Sayur Kangkung Santan Lezat Pakai Sasa Santan Kelapa

Thursday, December 21, 2017

Punya suami penyuka masakan bersantan pake banget membuat aku harus selalu rutin  menyajikan masakan yang memakai bahan perasan kelapa ini.
Tapi kalau harus memarut kelapa dan memeras setiap kali masak ,wah ..bisa-bisa ribet tiap kali masak nih.Waktu yang mepet dengan aktivitas berentetan pun jadi makin mepet gara-gara menyiapkan hidangan bersantan.
Ahaaa...untung sekarang sudah ada alternatif jitu andalanku.
Sayur rebung bersantan dengan Sasa Santan kelapa kesukaan suamiku.



Waktu mempersiapkan santan bisa dipangkas dengan menyediakan Sasa santan kelapa.
Kemarin sih aku habis masakin suamiku sayur rebung dengan santan Sasa...dan rasanya yahud banget kata suami...#kepalajadimlembung

Kali ini aku mau bikin masakan berbahan sayur kangkung.
Selain diolah menjadi sayur bening, kangkung bisa dimasak juga loh dengan kuah santan.
Sayur kangkung yang dipadukan dengan kuah santan cocok dijadikan menu makan siang  dengan keluarga. Hidangan yang lezat tetapi sehat ini dapat memberikan suguhan yang berbeda karena rasanya yang bisa membuat kamu ketagihan.

Kuah santan yang gurih siap memanjakan lidah  keluarga.
Kandungan gizi dalam takaran kangkung sebanyak 100 gram mengandung gizi-gizi baik seperti Energi 29 kal, Karbohidrat 5,4 g, Protein 3 g, Lemak 0,3 g,Kalsium 73 mg, Fosfor 50 mg, Serat 1,0 g, Besi 2,5 mg, Vitamin A 6.300 IU,Vitamin B1 0,07 mg, Vitamin C 32 mg, Air 89,7 g.
Ditambah dengan kandungan
nutrisi pada santan, sayur kangkung kuah santan menjadi hidangan yang lezat
tetapi tetap memiliki nilai-nilai gizi yang dibutuhkan oleh keluarga.

Kangkung segar

Bahan dan Cara Membuah Sayur Kangkung Kuah Santan


Proses memasak sayur kangkung kuah santan tidak berbeda jauh dengan
memasak sayur kangkung kuah bening. Langkah-langkahnya cukup sederhana
untuk diikuti, sehingga kamu tidak perlu merasa repot untuk memasak hidangan
ini.
Berikut ini adalah resep sayur kangkung kuah santan untuk 2 porsi penyajian
yang bisa kamu praktekkan, dengan estimasi memasak selama 15 menit.
 Jika kamu menginginkan lebih dari 2 porsi penyajian, kamu tinggal menyesuaikan
bahan dan bumbu yang diperlukan dengan menggunakan resep ini sebagai
acuan.
Nah karena masakan yang akan kita buat ini salah satu bahan dasarnya adalah
santan, maka kamu harus siap-siap memarut kelapa dan memerasnya.
 Tapi
kalau kamu tidak ingin ribet, kamu bisa menggantinya dengan Sasa Santan Kelapa. Toh secara kualitas sama saja. bahkan dari segi aroma dan rasa se-segar kelapa yang diperas. Jadi rasanya pasti mantap.

Makanya banyak yang bilang kalau Sasa Santan Kelapa cocok untuk semua masakan, makanan dan minuman.Apalagi juga tanpa pengawet.
Sasa Santan Kelapa yang praktis banget dan nyanten banget .(Source: www.gulfoodmanufacturing.com)
Bahan-bahan Sayur Kangkung Kuah Santan terdiri dari:
  • Dua bungkus Sasa Santan Kelapa, 
  • 5 siung Bawang, 
  • 3 buah Cabe RawitMerah, 
  • 3 siung Bawang Putih, 
  • 1 ikat Kangkung, 
  • 1 lembar Daun Salam dan1 iris Lengkuas (Laos). 


 Siapkan juga:
  •   1 sendok teh Lada (Merica),
  •  1 sendok teh Garam, 
  • 1 sendok makan Gula Merah, 
  •  1 sendok makan Minyak Goreng dan juga
  •  air secukupnya. 


Langkah Memasak Sayur Kangkung Kuah Santan. 

1.Persiapkan semua bahan yang dibutuhkan
2. Petik daun kangkung, cuci hingga bersih. Tiriskan.
3. Iris bawang putih, bawang merah, serta lengkuas
4. Jika anda menggunakan santan instan, encerkan 1 sendok makan santan instant dengan 130 ml air matang
5. Panaskan wajan, tuang minyak goreng secukupnya, kemudian tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, gula merah, sertalada halus. 
6. Setelah bumbu menjadi layu, masukkan daun kangkung serta cabe rawit merah. Biarkan bumbu dan kangkung merata
7. Masukkan Sasa Santan Kelapa dan garam, biarkan hingga mendidih.Kemudian tunggu hingga santan mendidih. Jangan lupa untuk selalumengaduknya. 
8. Koreksi rasanya. Pastikan rasanya gurih dan legit dan rasa ladanya terasa
9. Angkat. Sayur Kangkung Kuah Santan siap dihidangkan.

Sayur Kangkung kuah santan yang sedap dan sehat (source: sajiansedap.grid.id)

Kalau kebetulan di rumah ada udang, kamu bisa menambahkanya dengan udang goreng. Atau sebagai pelengkap, kamu bisa juga memakai kerupuk. Yang pasti,semuanya enak di santap.

Jadi udah ga ribet lagi kan kalo mau mengolah masakan berbahan santan?
Praktis banget ,tinggal ambil Sasa Santan,aslinya Santan ,beres dah!

Selamat mencoba...jangan lupa bagi-bagi yaaa..😊

You Might Also Like

0 comments

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...

Home Ads

http://www.gandjelrel.com/

Facebook

http://bloggerperempuan.com/