HOBIKU MENDENGARKAN LAGU-LAGUNYA MELLY GOESLAW

Thursday, October 19, 2017



Sebagai celebritis orang yang banyak maunya, ngomongin tentang HOBI , aku tergolong makhluk yang ababil. Tema yang dilempar guru besarku, mbak  Ika Puspita  yang selalu sabar ngajarin aku tentang dunia perbloggingan dan mbak Arina Mabruroh  , bumil yang sedang menunggu kelahiran buah hatinya, membuat aku sedikit mikir, Hobi yang mana yaaah, yang mau kuangkat?
Karena pada dasarnya , jika ditarik kesimpulan, hobi utamaku adalah ngejahilin orang..hakhakhak... #devilgrin

Oke , sekarang sedikit serius yahhh!
Hobiku adalah mengamati.
Mengamati pegimane maksud loh?

Jadi gini nih, ...kalo liat tayangan horror, semacam Annabelle, Conjuring, The Exorcist, sampai Pengabdi Petan, Eh,,Setan, hal pertama yang menjadi incaranku adalah cara Make Up Artist  (MUA) memoles wajah pemeran hantunya menjadi seram.
Nhah, itu buatku menarik banget.
Jadi pernah nih ada film horror Indonesia yang kutonton di sebuah channel TV berbayar, perinya kok ya cuma pake bedak dingin doang, over foundation, dan matanya juling..huaaaa.
Ga bikin takut malah ngakak.

Nhah, hobiku yang lain adalah menyanyi dan mendengarkan musik atau lagu-lagu terutama yang kreatif dan ga pasaran, walaupun suaraku mirip kaleng rombeng dijatuhin dari lantai 13. Horror banget pokoknya.
Dan penyanyi Indonesia cewe yang paling kusuka salah satunya adalah Melly Goeslaw.
Aku sudah suka sejak jaman kuda gigit pempek, sampe sekarang, dimana jaman itu, Melly masih penyanyi cafe, tapi mama loreng aku sudah bisa menangkap bahwa cewe ini bakal terkenal nantinya.
Kenapa suka Melly?
Karena aku suka BJORK.
Tau BJORK ga?

my fav singer, BJORK

Penyanyi yang eksentrik dengan lagu-lagunya yang genius abis dan gayanya yang ajaib.
Jadi menurutku, Melly itu semacam presentasi dari BJORKnya Indonesia.


Aku sedikit ngeflashback nih, waktu masih anak-anak,mungkin idolanya Cuplis atau Usrok dalam cerita si Unyil,atau mungkin Bo’Bariah...halah. (ketahuan umurnya).
Trus meningkat ke jaman remaja,mungkin Idolanya berganti jadi New Kids On The Blocks,boyband yang lagi booming saat jaman akhir-akhir SD. Terus berganti lagi, saat SMA suka sama band-band Indonesia seperti Cool Colours,Trio Libels ,atau karena sudah melek teknologi,jadi beralih mengidolakan Habibie kek, Bill Gates atau siapapun (tidak berlaku buat ABG,baik Angkatan Babe Gue~yang jauh diatas gue,maupun ABG alias Anak Bau Gereh eh Baru Gede yang lahir 10 tahun sesudah gue,pasti idolanya lain lagi..*Upin-Ipin??)

 Siapapun idolanya,itu semua sah-sah saja menurutku.Selama kita tidak mendewakan dia atau mereka,sampai-sampai apa yang kita lakukan harus berkiblat dengan perilakunya.Mereka pakai jambul,kita ikut menjambul-jambulkan diri,padahal udah dari sononya rambut kepala depan itu sulit tumbuhnya alias botak,sampai rela cari jambul buatan ala syahrini, dilemin pake Alteco..hasyah. Idolanya suka naik mobil sport atau motor sport,kita ngebet ikutan beli seperti punya mereka,sampai menghalalkan segala cara supaya kesampaian,ngebobok celengan semar (padahal namanya celengan biasanya bentuknya kan celeng a.k.a. babi...makanya disebut celengan) kek,minjem duit kiri kanan, kerja rodi banting tulang,menabung,tetep aja kagak kesampaian juga.(Belagu banget,padahal biasanya naik bajaj,jiiiaaahh!).

 Because God hates idolatry.
Idolakan sang pencipta kita saja,itu yang paling baik ,Allah bener-bener sesuatu yang harus diidolakan diatas segalanya.
 Okey ,now,we just wanna talk about our idol in the world as a human being in this topic. 

Yah,kalau cuma pasang poster ditembok aja sih gak papa juga.Sampai penuh tak ada satu celah pun ,bahkan jendela dan langit-langit kamar pun ikut ditutup poster gambar Ora eh Rhoma Irama,si Raja Dangdut,padahal kagak pake AC,ga peduli badan keringetan,kagak ada lubang penghawaan,cuek dah,yang penting idola gue ngeksis.

Jadi, begitu  bangun,melek,depan mata  udah terlihat cambang si Rhoma yang berkelebat-kelebat dan gitarnya yang mencuat sembari menggeliat melepas penat,dasyaaatt!..Jreng!

Nah, ini awalnya kenapa aku suka sama Melly Goeslaw.
Mau tau kan riwayatnya?
 Waktu  SMP-SMA,sebenernya aku agak heran juga, temen-temen  ngidolain boyband sampai segitunya.
Waktu New Kids ke Indonesia,mereka tereak-tereak. Waktu diAirport,bela-belain bejubel sampai nangis-nangis demi melihat idolanya melambai sakcuprit,serasa mereka dicium sedemikian rupa. Perasaan , ga dulu ga sekarang, ekspresi kecintaan yang berlebihan terhadap idola sama-sama lebaynya.
Ga peduli bukan muhrimnya,tertutup aurat sekalipun,tetep aja maen sosor seperti yang sering aku  lihat ditayangan INBOX, Dasyat,maupun Live-Live show lainnya.
Nangis-nangis sampai lunjak-lunjak,ga peduli itu cowok maupun cewek.Sampai salto dan tendangan 1000 bayangan atau tanpa bayangan dilakoni supaya bisa mendekat ke arah idolanya,ga peduli nginjek-injek badan orang atawa menyerahkan diri untuk diinjek-injek.Yang penting harus ketemu! Aku sih kagak menyalahkan, itu semua seperti dibawah sadar saking sangat-sangat cintanya pada sang idolanya.

Dan, apa yang aku herankan itu ternyata menjadi semacam “senjata makan tuan”. Mengapa demikian? Ya, ternyata aku punya idola juga. Alasanku mengidolakan dia,bukan karena ikut-ikutan teman,tapi karena dia punya karakter kuat, jadi dirinya sendiri dan suara serta kemampuannya mengarang lagu diatas rata2.Siapa dia? Yah,..seperti diatas tadi, aku mengidolakan Melly Goeslaw jauuuuh sebelum dia booming dengan karya-karyanya yang dibawakan dan dipesan oleh penyanyi papan atas Indonesia.
 Pribadi-pribadi bebas yang leluasa mengekspresikan diri tanpa takut orang-orang memberikan stempel apapun padanya,dan yang terpenting adalah Out Of The Box!

 Jauh sebelum Lady Gaga muncul,Melly udah nongol dengan gayanya yang eksentrik abis, baik dari model bajunya,tatanan rambutnya,make upnya,maupun aksi panggungnya yang ga biasa dengan memberanikan diri diangkat-angkat pake sling dan beradegan terbang. Menuntut nyali lumayan dan stamina tinggi untuk menyanyi sambil melakukan atraksi panggung.
Walaupun body ga okey,dan gendut seperti gue dengan perut yang besar..*lagi2 seperti gue..huwaaa..:’( ..dia pede aja lagi!
Yang penting karyanya bagus,dicari orang dan brilliant,serta ga cepet tenggelam layaknya pencipta-pencipta asal jadi yang sering dinyanyiin grup-grup keroyokan. Dan menurut pendapatku lagi, karya-karya dia waktu masih tergabung di Grup POTRET yang masih digawangi Anto Hoed (suaminya), Arie Ayunir dan dia sendiri,lebih kreatif daripada karya-karyanya belakangan ini.

Mungkin saja dia menuruti selera pasar dan permintaan pemesan(Soundtrack Film-Sinetron-dsb). Tapi tetep aja dikenang lagu-lagunya,seperti soundtrack Ada Apa Dengan Cinta, lagu Cinta yang berduet dengan KD di Film “Tentang Kita”,sampai yang dinyanyikan oleh BBB yang menurutku gagal total alias Gatot, gara-gara pemilihan penyanyi yang gaaaaa banget!..#sayaprihatin..uhuk2!

 Dan demi mengidolakan dia, aku beli semua album-album dia (jaman  dulu  aku belum mampu beli CD,masih punyanya tape deck BoomBox yang diisi kaset).
Lagipula kantong anak SMA jamanku dulu,masih mikir buat beli Compact Disc yang harganya bisa 4x lipat harga kaset.yang penting kagak belikaset bajakan.NO WAY! (sebagian koleksi kasetku ,yang lain tersimpan rapi dirack) .


Cover2 kaset bikinan dan gambaranku sendiri saat SMA. (Dok :pri)

 Aku juga suka bikin album2an sendiri pas SMP-SMA-jaman Group No Doubt-aku bikin album isinya lagu2 Gwen Stefany,dll..itu covernya ngarang sendiri en nggambar sendiri...wkwkwk.

Koleksi kaset Mellyku. (Dok:pri)

Dari Album Potret I sampai soundtrack2 yang dia bikin,aku beli semuaaaa,saking manianya!
Dan yang paling aku suka adalah album dia yang bercover putih,berjudul “Kafe Potret”, karena menurut aku,itu lagunya nyeleneh-nyeleneh semua.

Saat musisi-musisi mencipta lagu berlirik Puitis macam Ebiet G.Ade,Kla Project,dia nyeleneh dengan lagu lugas dan lirik bak dikejar anjing macam “Mak Comblang”, “Kentut Siapa”,dll.

 Dan demi melampiaskan nafsuku,aku  rela antri beli tiket buat nonton konser dia.
 Siangnya sebelum konser aku ga sengaja ketemu Melly lagi belanja diMall secara langsung ,buat pertama kalinya,seumur-umur.
Pertamanya aku ga ngeh,karena sibuk liat-liat barang dietalase.Temen-temen SMA langsung nowel2 bahuku,katanya: “Noh,idola elo,si Melly”.

 Dan apa yang terjadi padaku?? Apa yang kucibirin selama ini dengan tindakan konyol ala idola mania,ternyata terjadi juga padaku. Oh..Em Jii..!!!tanpa sadar aku lunjak-lunjak..meloncat-loncat lari kiri kanan, bingung mau ngapain,dan keplok2 kaya orang gila.Dan itu buat Mellynya ketawa ngakak. (pikirnya:ini orang gila lepas dari kandang pa,yak?).
 Dan ,waktu aku lagi gila-gilanya berekspresi lebay,yang bener-bener diluar logika,Si Mellynya ngilang..huwaaa...belum sempet salamannnnn!!!!apalagi minta tanda tangan. #nyesel,koprol ga karuan.

 Malemnya aku nonton konser si Melly,dan  kagak mau tau,pokoknya kerahkan bodyguard buat nyontheng kiri kanan,yang penting posisi berdiri harus didepan,kalo perlu dibibir panggung biar Melly tau aku hadir..#jiaaahhh,kumat!
 Dan bener,saat itu,kebeneran Melly lagi hamil anak pertamanya yang diberi nama unik juga “Anakku Lelaki Hoed”,dan dia tetep dengan gayanya yang jingkrak2 itu,untung panggungnya ga ambrol...hush!,dan awww!!!..dia melambai ke arahku (perasaanku sih,...tau deh,namanya ngidolain, dia ngelambai ke siapa,kagak peduli ,rasanya cuma melambai ke aku seorang..gila..gilaaakkk!#klo diinget2 aku ternyata pernah gila..hahaha).

 Dan aku sangat-sangat puas menonton konser Melly saat itu.
Ternyata kegilaan aku  masih berlanjut.Kagak mau tahu, yang penting aku kudu ketemu Melly lagi dan dapat tanda tangannya.Dan dengan gagah perkasa,padahal aku pakai sepatu hak tinggi,dan dengan gaya preman pasar,naluri LAORA (LANANG ORA WADON ORA)ku melonjak, naik ke panggung nyelonong ke kamar ganti Melly dan memohon-mohon sama securitynya buat dapet tanda tangannya dan ketemu sama Melly and the Team.. (Hahaha..akhirnya aku bisaaaaa..dan  dapat..huihiii.#sumpe sampai sekarang aku masih bergidik geli dan ngeri,kenapa akubisa kesambet kaya gitu ye?).

Nih bukti tanda tangan Melly dan POTRET buatku..yippieeee.. (Dok:pri)

Kalo idolamu siapa??





(gaya2nya ada yang ala startrek, sampai yang ajaib2 lainnya, pecahan beling pun dibikin buat aksesoris ..cool!)

You Might Also Like

6 comments

  1. Fans garis keras banget niy mba Archa, sumpah ngakak banget bacanya 🤣🤣

    ReplyDelete
  2. Apa yg bikin ngakak nih mbak nurul? 😄

    ReplyDelete
  3. Haha...aku bukan guru besar tapi bodi besar, wkwk

    Aku juga suka banget lagu2nya Melly, sampe sekarang.

    ReplyDelete
  4. Melly memang keren dari awal pertama muncul ya mbak..aq juga suka karya-karya beliau..masterpiece kabeh :)

    ReplyDelete
  5. wkwkwkwk. hobinya ngejahilin orang. hihi

    Btw aku juga suka Melly lho, meskipun nggak jadi fans berat :D

    ReplyDelete
  6. Saya juga suka lagu-lagu Melly loh mbak. Yang paling kena tuh, yang dulu pas sama Potret judulnya apa gitu, isinya tentang sahabat yang nitipin surat tapi nggak dikasihkan karena dia juga suka sama cowok itu (kurang lebih seperti itu, udah lupa juga hehe.. Itu lagu yang nakal).

    Terus sama Ari Laso : Jika, itu video klipnya bagus dan endingnya bikin salah sangka, tapi bagus. Juga : Gantung. Dan lain-lain, dan lain-lain.. Gayanya gokil, tapi nggak pengin ikut-ikutan sih cuma kagum aja :)

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...