MICHAEL CRICHTON, SANG PENULIS GENIUS!

Thursday, September 07, 2017

MICHAEL CRICHTON

Tema blog kali ini tergolong susah buatku, karena jujur aku tidak punya penulis terfavorit yang kujagokan.
Kebanyakan aku memang sering random dalam membaca buku.
Seperti yang pernah kuceritakan didalam postinganku sebelumnya tentang ,

baca: BUKU-BUKU  TENTANG HOBI MEMANG PALING MENGINSPIRASI
yang menginspirasiku, otomatis penulisnya pun melekat dibenakku sebagai orang-orang yang cukup sukses membentuk kepribadian dan wawasanku.

Tetapi semakin kesini, kok aku malah jarang banget baca buku secara khusus, dan mengagumi salah satu penulisnya.
Kebanyakan sekarang yang kubaca adalah tabloid, majalah dan buku utang piutang...halah.

Ternyata mbak  Irfa Hudaya Ekawati (penulis buku dan blogger terkenal dari kota Muntilan plus juragan emping langgananku..hihi)  dan mbak  Dani Ristyawati (teman sesama Mombassador "susu sejuta umat") sukses membuatku pusing berhari-hari untuk menemukan ide tulisan bertema: Siapa Penulis Favoritmu?  ini.Arrgghhh...

Akhirnya setelah dipancing-pancing oleh anggota Blogger Gandjel Rel terutama ketuanya yang sangat kukagumi, Mbak Dewi Rieka, keluarlah ide penulis favorit yang lagi-lagi harus kusangkutkan dulu ke arah film ,karena aku paling suka nonton.

Baca Juga: FILM-FILM STEVEN SPIELBERG MEMANG BRILIAN!

Dan, masih saja mengarah ke film-film karya om Steven Spielberg yang genius dan detail, tidak terlepas dari film JURASSIC PARK yang menorehkan catatan box office serta filmnya selalu diputar ulang sampai saat ini dan ga pernah bikin bosen.
Mungkin juga banyak yang belum tahu kalau penulis cerita ini adalah Michael Crichton.
Terus terang, sejak kemunculan film Jurassic Park, aku makin tergila-gila dengan sosok Michael Crichton.Beruntung aku pernah berkunjung ke wahana JURASSIC PARK di Universal Studio ,Hollywood, Los Angeles, saat masih booming-boomingnya film itu diputar sekitar tahun 1996, wah sampai borong merchandises ala-ala Dinosaurus dan teman-temannya.

  Wahana Jurassic Park di Universal studios , LA.keren bianget!
Wahana Jurassic Park di Universal studios , LA.keren bianget!

Setelah aku punya anak, aku ulangi lagi ke Universal Studios (USS) dan mereka ga kalah kalapnya...haha (Turun mboke... :P).

We Love Tyranosaurus-Rex ! (Dok:pri)
Memilih merchandise ala Jurassic Park

Mejeng di depan area "The Lost World" dengan latar belakang Velociraptor yang melolong-lolong.

Menaiki salah satu wahana di Jurassic Park Universal Studios (aku kaos pink sebelum diayun2 keatas..auoo).
Siapa Michael Crichton?
Yang bikin aku semakin terkagum-kagum , sebenarnya dia adalah si gembala sapi...eh ...seorang dokter yang beralih ke bidang penulisan karena bakatnya yang tak terbendung.
Dia adalah dalang dibalik lahirnya cerita berbau science-fiction dan medical thriller.

Crichton lahir di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, 23 Oktober 1942  dan meninggal di Los Angeles, California, Amerika Serikat,  pada 4 November 2008 saat  berumur 66 tahun. Semasa hidupnya, dia dikenal sebagai seorang penulis, produser film/televisi, dan sutradara di Amerika Serikat.

Crichton lulus dengan level  summa cum laude dari Harvard College (wah..genius!), dan memperoleh gelar M.D. dari Sekolah Kedokteran Harvard, kemudian dia menjadi peneliti pasca doktoral di Institut Salk untuk Kajian Biologi.

Tidak heran, karya-karyanya tentang sejarah masa depan memiliki latar belakang kedokteran atau sains.
Kalau kamu suka nonton film serial tentang sepak terjang para dokter,  Ia adalah pencipta film seri ER, dan pernah bertindak sebagai produser.
Namanya semakin dikenal luas setelah novel karyanya, Jurassic Park dan The Lost World diangkat menjadi  film Jurassic Park. (Wajib tonton!yang ga pernah nonton, kelaut ajeh...)
Ini salah satu adegan favoritku di film Jurasic Park yang pertama!


Novel karangan Crichton yang lain adalah: Pengungkapan (Disclosure), Mesin Waktu (Timeline), dan Mangsa (Prey)...(kebetulan sudah kutonton semua..).

Kecemerlangannya memang tidak terbantahkan, dan dia memiliki banyak pengetahuan dan wawasan mulai dari seni , sains hingga teknologi.

Crichton masih berada di Harvard Medical School saat dia menulis buku terlaris pertamanya: "The Andromeda Strain", sebuah film thriller 1969 yang serba cepat, ilmiah dan berteknologi rinci tentang sebuah tim ilmuwan yang berusaha menyelamatkan manusia dari mikroorganisme mematikan yang dibawa ke bumi oleh seorang militer ,dan kemudian dibuat filmnya tahun 1971.

Debut karir Crichton sebagai sutradara dimulai  pada tahun 1973 dengan film "Westworld," yang juga dia tulis, tentang sebuah taman hiburan fantasi bagi para wisatawan kaya  dan kemudian beralih menjadi menakutkan saat terjadi   malfungsi dan berubah menjadi arena yang mematikan .

Selama dekade yang sama, dia turut menulis skenario untuk "Jurassic Park" hit blockbuster yang disutradarai oleh Steven Spielberg di tahun 1993.
Dia turut menulis skenario untuk film thriller "Twister" ditahun 1996  (yang bercerita tentang angin ribut yang dikejar-kejar para peneliti, keren pokoknya!) dengan istri keempatnya, aktris Anne-Marie Martin.


Sutradara Steven Spielberg mengatakan bahwa, "Bakat Michael mengungguli bahkan Dinosaurusnya sendiri 'Jurassic Park.' Dia adalah yang terbesar dalam memadukan sains dengan konsep-konsep teatrikal yang besar, yang memberi kredibilitas kepada dinosaurus lagi untuk berjalan di bumi. "
 
Selama hampir empat dasawarsa, penulis jangkung dengan tinggi melebihi 2 meter  atau tepatnya 206 cm ini tampil menjulang tinggi di dunia penerbitan dan pembuatan film.
Untuk membayar uang kuliahnya, dia mulai menulis thriller paperback di waktu luangnya di bawah dua nama samaran John Lange atau Jeffery Hudson.

Crichton, penulis film thriller terdepan ini meninggal di Los Angeles pada hari Selasa sebagai "seorang pemberani dalam pertempuran pribadi melawan kanker",  demikian keluarganya mengatakan dalam sebuah pernyataan.
Film-fim dari buah karya pemikirannya yang mungkin pernah kalian dengar/ tonton selain Trilogy Jurassic Park  dan Jurassic World antara lain Congo (1980- saya ingat karena covernya Gorilla), Rising Sun (1992), Disclosure (1994), dan State of Fear (2004).
 Chrichton muda saat masih menjadi mahasiswa kedokteran di Harvard University. (Sumber: google)
Chrichton muda saat masih menjadi mahasiswa kedokteran di Harvard University. (Sumber: Google)

Buku Crichton dicetak lebih dari 100 juta kopi. hingga saat ini.
Dia memang seorang penulis produktif yang menjaga kehidupan pribadinya menjadi tokoh dominan dalam budaya populer.
Buku-bukunya, seperti yang pernah ditulis oleh penulis Washington Post, Linton Weeks, "seringkali potret sains yang kacau serba salah dan teknologi yang membawa kebusukan di hati manusia."

Tulisannya kadang-kadang memacu kontroversi mengenai isu-isu terkini yang signifikan, termasuk pelecehan seksual di tempat kerja dalam "Disclosure," praktik bisnis Jepang di "Rising Sun" dan pemanasan global di "State of Fear".
Saat tidak sedang menulis fiksi, Crichton secara berkala beralih ke nonfiksi, termasuk "Jasper Johns," potret seniman tahun 1977; dan "Travels", sebuah koleksi cerita otobiografi tahun 1988 yang bercerita tentang masa-masa dia sekolah kedokteran hingga petualangannya menyelam dan mendaki gunung.
 Dia juga menulis sebuah buku tentang teknologi informasi, "Electronic Life" (1983).
Michael Crichton adalah seorang workaholic yang sudah berhasi mendedikasikan pengetahuannya kedalam buku-buku best seller  dan film-fim yang box office.Hal-hal yang bagi kita tampak sulit dan diluar pemikiran, serasa mudah bagi Crichton .

Kalau kamu suka karya Crichton yang mana?






You Might Also Like

10 comments

  1. Wah bakat yang luar biasa ya. Memang jenius :)

    ReplyDelete
  2. Yeay akhirnya pecah telor juga mbak..tuh kan bisa kok..terima kasih sudah berbagi cerita tentang salah satu penulis favoritnya jadi tau kalo yang nulis cerita Jurasic Park super keren itu dulunya seorang dokter :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thankyou mbak Dani sdh singgah dan sdh ngasih tema susah...huhuhu...
      But I love it..bikin meres otak...😄

      Delete
  3. Pernah beberapa x baca bukunya tapi pinjem.baru nyadar klo aku ga punya buku michael Crichton :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli mbak...ntar kalo udh selesai aku pinjemin ya...😄

      Delete
  4. Jenius banget dan kratif, daya imajinasinya juga kuat michael chicthon, keren ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Imajinasinya out of the box

      Delete
  5. Luwarbiyasak ya si Crichton ini 😍😍😍

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...