OPOR KWEK-KWEK ala Archa Bella

Sunday, May 28, 2017

Bulan puasa kaya gini memang selalu bikin gue terngiler-ngiler gara-gara semakin bejibunnya makanan dan jajanan penggugah selera menjelang berbuka maupun untuk teman santap sahur dipagi hari dijajakan dan disajikan dimana-mana.


opor bebek ala archa bella

Nyokap selalu nyediain masakan untuk sahur buat babe yang alhamdulilah puasanya  jarang bolong.
Biasanya selera babe itu selalu sayuran yang bening-bening untuk sahur, sedangkan untuk membatalkan puasa ,nyokap selalu siap dengan segelas bagong (gelas jumbo ) teh manis anget atau kolak pisang plus kolang-kalingnya. Slurphhh! *nunutmulyo :D


Nanti kalau gue belum nyampe rumah pas babe saatnya berbuka, biasanya babe nitip gue buat beliin es buah atau sup buah yang seger-seger buat ngegantiin nutrisi yang hilang.

Tema MASAKAN FAVORIT DISAAT BULAN RAMADHAN kali ini yang digagas oleh mbak Wati dan mbak Ika memang pas banget buat gue yang ga pernah absen buat menikmati suasana bulan Ramadhan terutama pas hari Raya Idul Fitrinya nanti.

Dulu, jaman Eyang alias ayah ibunya babe masih hidup, biasanya kita anak, cucu dan mantu beliau selalu berkumpul dirumah Eyang untuk sungkeman.
Kebayang itu antrian yang mengular sampai keluar rumah meminta doa restu Eyang dan angpao....eh.
FYI, putra eyang aja ada 16 orang ( dari ayah dan ibu yang sama loh!Dari menikah sampai meninggal Eyang Putri dan kakung dari kedua belah pihak babe sama nyokapku setia pada pasangan masing2).
Dan babe gue adalah anak yang pertama dari Eyang..hahhah..gw cucu tertuaaaa..yihaaaa.. #elus2brewokkibas2inkipassilat
Coba deh bayangkan jika mantu-mantunya ikut, plus cucu-cucu Eyang yang dirata-rata aja, setiap putranya  punya 3 anak.
Wah , rumah Eyang bejubel ...untung lumayan luas jadi bisa menampung keturunan-keturunan Eyang sampai ke cicitnya hingga besan-besannya..WOW!

Sudah jamak jika Idul Fitri selalu identik dengan opor Ayam, dan ketupat serta sambel gorengnya.
Tapi gue mau modifikasi dikit nih.
Menurut gue yang tukang makan pake banget ini, lebih endez markundez OPOR BEBEK.
Lagipula dagingnya lebih gurih dan ndut...hahahah... #dilarang ngomongin kolesterol dalam posting kali ini! *melotot

OK, mari kita mulai langkah-langkahnya:
njengkelin tapi ngangenin....si Donald ini
njengkelin tapi ngangenin....si Donald ini
Sebagai penyuka Donald Duck, dan gegara bosen sama ayam mulu , saatnya coba-coba siapa tau enyak..(ditanggung enyaklah..pasti!) , lagipula gue juga suka daging si Donald yang memang ga pernah bohong bikin lafer ini.

Lari kepasar sebentar pake skateboard (canggihan dikit nape, kalo pencitraan mah jangan nanggung...ngibulnya :p) ,dapatlah satu ekor pacar si Daisy Bebek, langsung dicuci bersih..(ihik..bulunye banyak juga..lembut-lembut pulak, masa harus gue cabutin pake pinset..pegel euyyy),terus direbus deh..biar bulu-bulu ntu pade rontok bareng sama daun-daunan yang harum(daun salam,daun jeruk,lengkuas,dsb)..yang penting bau bebek hengkang..jadi bau mawar...#hasyah ngaco!

TIPS: Sebelum direbus, lumuri dulu dengan perasan air jeruk nipis buat ngilangin bau amisnya ye.

Siapin ntu bumbu-bumbu dapur,cuci bersih,dan diuleg (hobi gue adalah nguleg manual pake cobek karena males nyuci blender,ribet euy..lagian lbh tradisional dan lebih endang bambang gulindang a.k.a lebih methekol lengennya..huwaaaa..:'( ) 
 Jangan lupa siapin santan asli...(minimalisir santan instant ya say..kagak sehat..banyak pengawetnya) Siap diolah! 

 Okey ready! men-cepakkan (hasyah..bahasa baru) bebek, bumbu yang sudah dihaluskan dan santan segar...sip! 
Ini bahan-bahannya:

Bebek 1 kg, potong
 - Santan kental kira-kira 2 mug
 - Santan encer 1 gelas belimbing
 - Air jeruk nipis 2 sendok makan
 - Daun jeruk purut 2 lembar
 - Daun salam 2 lembar
 - Lengkuas 3 cm, memarkan
 - Jahe 2 cm, memarkan
 - Serai 1 batang, memarkan
 - Minyak goreng secukupnya
 - Bawang goreng

 Bumbu-bumbu yang dihaluskan utk membuat  opor bebek ala AB :
 • Bawang putih 3 siung
 • Bawang merah 7 butir
 • Kemiri 3 butir
 • Ketumbar ½ sendok teh
 • Jintan ½ sendok teh
 • Merica 1 sendok teh
 • Gula pasir ½ sendok teh
 • Garam 1 sendok teh


 GINI NIH PROSES MEMBUATNYA:


Mencuci bebek dan merebus dalam air rebusan dengan daun-daun pengusir amis
Mencuci bebek dan merebus dalam air rebusan dengan daun-daun pengusir amis
 Siapkan santan kental,santan encer plus bahan-bahannya
Siapkan santan kental,santan encer plus bahan-bahannya




Setelah bumbu dihaluskan jangan lupa tambah miri,ketumbar,garam,daun serai,and friends diatas ,kemudian tumis sampai harum, then cemplungkan bebek (bayangkan si Gober bebek lagi berenang2 dilautan duit recehan #hasyah..lebay lageeeeee..cpd!)

Let's Swimmmmmm! yihaaaaa


Masukkan santan kental, setelah bebek mulai empuk, harus sabar dan sepenuh hati ya kalo masak :P

 Setelah harum ,tambahkan air dan tuangkan santan encer kemudian dimasak atau diungkep sampai bebek empuk dan bumbu meresap.  Kemudian baru guyurin coconut milk alias santan kental...glegs!


 Setelah merasuk ,cicip2..periksa keempukannya..dan opor kwek-kwek siap untuk disajikan...oya jangan lupa taburi bawang goreng diatasnya.
Taraaaaa..opor bebek ala Archa Bella..yummy disantap sama nasi pulen..wenyak nan..
.THIS IS IT!..Monggoooooo..:)

Selamat mencoba teman-temin, selamat menjalankan ibadah puasa yaaa.
Cocok nih untuk berbuka nanti sore...gue kirimin yaaaa...awas kalo ga! #ngancam

 NB:Ini tangan digunakan untuk moto,sekaligus masak...so angle memang ga gitu bagus..so masak2 sendiriiii..moto2 sendiriii..upload..upload sendiri...ribet pun sendiriiiii..#dangdut mode on

You Might Also Like

21 comments

  1. Hihi..sama, aku juga suka anti maintream mbak. Aku lebih suka opor menthog daripada opor ayam...lebih kandel dagingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..ternyata size kita tak mungkin berbohong ya mbak


      Hakhak 😁

      Delete
  2. Wah enak nih..di daerah boja ada opor bebek yang enak mbak :D makasih resepnya, kapan2 dicobain..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oya...
      Didaerah mana mbak?
      Ditunggu aplodan hasil uji cobanya ya...

      Delete
  3. Ini endes marindes banget *Ala Mbak Archa. Beli jadi biasanya aku Mbak opor gini. Belinya di Banyubiru, yang beliin mbakyuku hehehe. Di rica2 juga endes loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapan2 tak tulis resep yg rica2 mbak...hehe

      Delete
  4. Wah enak juga ya sepertinya opor bobek, mbak archa aku kalau abis rebus ayam suka geli nyabutin bulunya, bebek lebih gede bulunya ya, bener nih bau2 amis emang kuncinya salam sereh ama daun jeruk dan perasan jeruk nipis, aku pun suka pakai kalau masak daging dan ikan daun jeruk terutama, biar amisnya ilang, wah makasih resepnya, besok kalau pulang jabar kupraktekin ama mamahku coz keluarga jatim gak ada masak2 opor kalau lebaran, masaknya sukanya soto ayam ma pecel tok saban hari terus kuwi nek di jatim ama sate bumbu rujak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ...aku mlh kangen pecel mbak.Bebek bulunya lebih lembut..jadi bersihinnya mmg hrs teliti mbak.
      Selamat praktek ya...aku kabarin klo udh jd ya..

      Delete
  5. Belum pernah nyoba bikin ginian mbak, jadi ngiler ni malem2 bc ginian :D

    ReplyDelete
  6. Hmmm.. Yummy.. Besok lebaran aku main ke rumah mbak Archa aaah :) Aku juga lebih suka bebek daripada ayam, lebih endezzz, tapi palingan bebek goreng aja belum pernah nyoba opor bebek.

    ReplyDelete
  7. Opor Bebek emang inuukkkk bianget mba. Yg bikin inuk mungkin krn ndut itu ya *dilarang bahas lemak
    Di Klaten aja terkenalnya opor bebek loh mba, duhhh marakke kemecer kie

    ReplyDelete
  8. Duhhh opor bebek... nambah satu resep lagi yang ngantri buat buka puasa nanti. Makasii ideny mb.archa 👍

    ReplyDelete
  9. aku belum pernah nyoba dan keknya nggak bakalan nyoba mba ._. bayanginnya geliii :3

    ReplyDelete
  10. mbakee... ngrebus si donnie eh donald pas pertamane itu lama po bentar? yang pake dedaunan wangi itu..

    ReplyDelete
  11. Saya pernah dengar kalau daging bebek itu susah empuk ya mbak Ca, kalau dipresto aja gimana mbak biar cepat empuk dan hemat waktu, pengaruh nggak sih dengan rasanya kalau dipresto?

    Bebek goreng aja enak apalagi diopor yaa.. :)

    ReplyDelete
  12. Tahun kemaren ibuku juga masak bebek. Enyak asal tau caranya biar bisa empuk, ngga alot.

    ReplyDelete
  13. Tips untuk ngilangin bau amisnya bebek tak contek ya, Mbak. Kalo pas lebaran ibuku juga masak bebek. Cuma nggak diopor sih, goreng aja terus dicocol sama sambal tomat pake kemangi dan timun, jos markojos.

    Oiya, tak bayangin saudara Mbak Archa wuakeheee koyok opo yo. Keluarga ibuku yang hanya ber5 aja rame koyok pasar ngaleh. Tapi, seru bisa kumpul2 gitu ya.

    Makasih Mbak sudah meramaikan arisan kedua ini.

    ReplyDelete
  14. Di simbahku tiap lebaran opor entog malah mba. Ibuku nda bisa nyiasati gimana biar ga amis dan empuk, jadine ayam terus

    ReplyDelete
  15. wiii pengen banget nyobain bikiiin...

    ReplyDelete
  16. Mbak dirimu beli Bebek hidup terus di-kek, apa udah ada yang jual yang udah potongan walaupun bersihin sendiri? Pengen je ngolah bebek. Katanya sulit karena selain amis dagingnya cenderung alot. Kayaknya tantangan banget ngolah bebek ini...

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...