SUN LIFE FINANCIAL MEMBUAT ACARA LIBURAN SEMAKIN NYAMAN

Monday, September 05, 2016


sun life finansial asuransi yang terpercaya untuk liburan

Setiap orang pasti butuh hiburan dan liburan untuk melepaskan penat akibat beban kerja yang menghimpit, atau beban hidup yang makin rumit.
Hayo ,..ngaku siapa yang ga ngiler kalau ditawarin liburan? (apa lagi kalo dibayarin!..gw sih ga ah.....ga nolak! ) :P

Sama nih, seperti saya...rasanya bisa sakaw kalau lama ga liburan ketempat yang sama sekali beda dengan rutinitas yang ada.
Travelling itu seperti udara segar Oksigen (O2) murni
yang dihirup dengan sepuasnya, dikala Karbonmonoksida (CO) sudah mengepung begitu rupa...#tsahhhh. Masa kalah sih sama dodol?


(dokumen pribadi)

Eh.... Apalagi kalo travelling sambil ditemenin doi yang paling dicintai...wowhohooo...serasa dunia milik kita berdua..yang lain melipir dah..melipirrrr...#hushush

(liburan ma doi,....(asli hoax!) :p


Tapi kadangkala mau liburan aja, kepentok berbagai macam masalah dan persiapan.
Dari faktor waktu, kesiapan, masalah akomodasi dan transportasi, kenyamanan ,faktor dana dan safety selama diperjalanan.

Safety ini bisa meliputi keamanan jiwa, raga maupun dana loh.
Untungnya pada hari Minggu lalu, tepatnya tanggal 28 Agustus 2016, saya diundang oleh SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA beserta orang-orang media dan para blogger di Horison Hotel, Simpanglima Semarang untuk memperkenalkan Bright Advisor, yaitu sebuah portal online yang mudah dan cepat dalam mengakses informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan,pendidikan, perencanaan keuangan dan investasi.


Dan yang lebih seru lagi, Sun Life turut serta mengundang mbak Donna Imelda, seorang lecturer, travel writer dan co-founder Indonesia Corners, serta mbak Muna Sungkar seorang blogger, traveller dan berprofesi sebagai dosen yang bukunya tentang travelling sudah nangkring beberapa di toko buku terkemuka.

Sun Life Financial Indonesia (Sun Life) menyelenggarakan rangkaian pameran dan seminar literasi keuangan pada tanggal 26-28 Agustus 2016 untuk para blogger dengan mengusung kampanye #IndonesiaLebihBaik.

Sebelumnya rangkaian kegiatan ini telah sukses diselenggarakan di Makassar (22-24 April 2016), Surabaya ( 27-29 Mei 2016) dan Bandung (29-31 Juli 2016).




 Jadi gini, Sun Life memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan literasi keuangan masyarakat Indonesia, sekaligus mempersiapkan perencanaan keuangan dengan matang dimasa mendatang. Menurut Elin Waty selaku Presiden Direktur Sun Life Financial Indonesia ,

“Kami memanfaatkan kesempatan ini untuk memperkenalkan portal online kami , bright Advisor”, akibat dari rendahnya minat masyarakat akan asuransi, investasi dan kewirausahaan. 

Terus....sudah pernah dengar Bright Advisor?





 Bright Advisor, adalah sebuah portal online yang mudah dan cepat dalam mengakses informasi seputar asuransi jiwa, kesehatan, pendidikan, perencanaan keuangan dan investasi.
Bright Advisor diciptakan untuk dapat memberikan informasi dan menjawab pertanyaan dengan cermat dalam bahasa yang mudah dimengerti.
Dan FREE loh untuk memanfaatkan Bright Advisor app tanpa harus menjadi nasabah Sun Life terlebih dahulu.

Cukup klik aja di http://brightadvisor.co.id/ untuk lebih tahu detailnya.

 Acara yang dipandu oleh MC cantik Mayang Charisma yang kebetulan teman saya dari jaman baheula yang cantyik abis tiada tara dan centyil manjyah mempesonah...dengan menghadirkan bapak Ahmad Emir Faraby yang akrab dipanggil pak Faby dari Sunlife.



Beliau menjelaskan sedikit tentang Sun Life Financial Indonesia.



Sun Life Financial Indonesia merupakan anak usaha yang sepenuhnya dimiliki oleh Sun Life Financial.
Sun Life Financial Indonesia bermitra dengan lembaga keuangan nasional dan multinasional yang terkemuka untuk menjalankan strategi asuransi dan aneka produk perlindungan dan pengelolaan kekayaan, baik dari asuransi jiwa, asuransi pendidikan , asuransi kesehatan dan perencanaan pensiun.

Jangkauannya mencakup seluruh dunia, yaitu Kanada, Amerika Serikat, Inggris, Irlandia, Hongkong, Filipina, Jepang, Indonesia, Cina, Australia, Singapura, Vietnam, Malaysia dan Bermuda.

 Per 31 Maret 2016, grup Sun Life Finansial memiliki aset kelolaan sebesar CND 861 M.
 Untuk lebih jelasnya, silakan kunjungi www.sunlife.com. 

 Tidak heran pada tahun 2016, Sun Life Financial Indonesia meraih sejumlah penghargaan bergengsi, antara lain:
1. Predikat “sangat bagus” untuk produk unit link dari majalah Infobank dalam “Infobank Unit linked Awards 2016”.
 - Salam Balanced Fund (kategori Campuran unit link 5 tahun)
- Salam Balanced Fund (kategori Campuran unit link 3 tahun)
 - Brilliance Xtra Progressive (kategori Campuran unit link 3 tahun)
 - Brilliance Xtra Progressive (kategori Campuran unit link 1 tahun)
- Maxi Fund 1 (kategori Saham unit link 1 tahun)
2. “Excellent Service Experience Award 2016” dari Carre CCSL (Center For Costumer Solutions & Loyalty)
 3. Meraih penghargaan CSR untuk kategori pendidikan dan kesehatan dari koran Sindo.
4. Dsb

(Mayang Charisma dan pembantunya..eh saya ding..)


Sesi kedua adalah pemaparan tentang ilmu2 travelling yang keren banget oleh Donna Imelda.
MC Super kocak Mayang mempersilakan mbak Donna untuk membagikan pengalaman serunya dalam bertravelling.

(mbak Donna sedang memaparkan materi.     dok pribadi)

Dalam sharingnya kali ini, mbak Donna memberikan tema berjudul:

“Pentingnya asuransi saat Travelling”. 

Hal yang perlu dipegang sebenarnya simpel banget.

Yang PERTAMA : 
- Gunakan dana khusus untuk liburan.

 (Jadi jangan sampai mengambil pos2 lain, misalnya dana darurat atau dana pendidikan anak2).
Bisa-bisa kacau dunia persilatan gara-gara setelah liburan, malah dana-dana yang menempati pos penting ludes.Big No No yah!

-Siapkan/arahkan dengan kebutuhan maksimum.

(Jadi pilih tujuan / pilihan berlibur sesuai kemampuan.jangan dipaksakan). Kalau hanya punya uang sedikit, ga usah memaksakan diri pengen liburan ke luar negeri, dekat2 aja, ke museum dikota kita bagus juga loh untuk refreshing.

-Jangan menggunakan kartu kredit atau berutang.

(Nah, ini penting banget, sangat tidak disarankan membayar dana liburan dengan berutang kartu kredit karena bisa-bisa memunculkan masalah baru saat selesai liburan nanti, kan bisa bikin pucing pala donking...)

-Langkah berikutnya adalah MENYUSUN ANGGARAN

Tentukan dulu nih jenis perjalanan yang akan kita pilih mau Solo Travelling, Family Trip, Backpacking ,Tour, dll.

Tentu saja lain dong budget yang harus dianggarkan.

(dok: pribadi)

Dari pengalaman saya, ada beberapa kelebihan dan kekurangan dari pilihan-pilihan diatas.
 Kalau Tour, kita tinggal sedia uang, bayar ke agen tour , semua diurus sama biro perjalanan, kita tinggal duduk, makan dan menikmati perjalanan.
Kalau solo travelling ,atau backpacking, kita harus mampu mengatur pengeluaran kita sendiri, dan pintar-pintar dalam memilih makanan ,transportasi, akomodasi selama dalam perjalanan supaya tidak kehabisan uang tetapi tetap dapat menikmati perjalanan.
Sama juga dengan family trip, karena kita membawa keluarga, banyak sekali printilan2 yang harus dipersiapkan dari kebutuhan anak, mobilitas balita jika anak masih kecil (mis: membawa stroller, kursi makan sendiri, dll), memesan kamar dengan kapasitas lebih banyak, dsb.
Jangan sampai saking irit2nya mengatur pengeluaran, sampai sakit gara-gara pilih-pilih makanan sembarangan yang murah meriah, tetapi malah bikin diare, atau alergi.Waah, dijamin mengganggu liburan dong.

Yang KEDUA adalah TRANSPORTASI yang akan digunakan. 

Apakah Kereta api, Pesawat atau Mobil Pribadi, atau bisa juga jalan kaki sekaligus olahraga.
Besar pengaruhnya nih bagi pengeluaran kita.
Jika memang berencana liburan menggunakan jalur udara, tidak ada salahnya memesan tiket pesawat jauh-jauh hari karena biasanya lebih murah atau bahkan ada promo khusus.
Atau jika akan memakai kereta api, bisa memesan dulu beberapa hari sebelumnya supaya ketika bepergian, tidak harus bejubel karena stasiun penuh penumpang yang sama-sama ingin berlibur.
Atau jika memang ingin ke lokasi satu kota, misalnya wisata alat transportasi kota, bisa saja kita menggunakan moda transportasi umum yang mudah dijumpai.
Dari bis umum, becak, dokar, bajaj, angkot, berganti-ganti. Asyik kan?

" Intinya persiapan itu penting. "

Yang KETIGA adalah AKOMODASI DI TEMPAT TUJUAN.

Tinggal tentukan sesuai budget kita, apakah ingin menginap di hotel, hostel ataukah penginapan.

Dari pengalaman saya, hal yang paling saya suka adalah hunting hotel lewat inet dengan suami dan anak-anak untuk mempertimbangkan bagaimana kemauan mereka.
Seringnya sih kami berFAMILY TRIP. Kemudian membooking hotel beberapa minggu sebelumnya, karena biasanya lebih murah daripada dekat-dekat hari-Hnya berliburan.

Apalagi kalau hotel itu berdekatan dengan lokasi menarik, seperti pantai Kuta, atau pusat perbelanjaan, atau pasar tradisional yang unik, bisa-bisa jika tidak memesan sebelumnya, kita tidak mendapatkan tempat sesuai yang direncanakan, dan liburan jadi kurang berkesan karena penginapan kita jauh dari mana-mana.

(dok: pribadi)

-TEMPAT-TEMPAT yang akan didatangi selama perjalanan.

Perhatikan Admission Fee (harga tiket masuk). Kawasan hiburan satu dengan yang lainnya tentu berbeda, tergantung dari pengelolaannya, dan pengelolanya tentu saja. Biasa tempat-tempat rekreasi keluarga atau theme park , agak tinggi tiket masuknya. Tidak ada salahnya mencari informasi lewat media internet, brosur, atau bertanya pada yang sudah pernah kesana agar bisa mempersiapkan anggaran sebelumnya.

 Yang KEEMPAT adalah KOMPONEN BIAYA. 

-biaya pembuatan paspor/visa

Cek expired date! Jangan sampai sudah excited mau pergi keluar negeri, eh tinggal beberapa hari, paspor kadaluarsa atau visa belum diurus.
(Siap-siap terjun pakai payung cyinnnn...sambil nangis gegoleran).

 Jadi persiapkan jauh-jauh hari, minimal 6 bulan sebelum batas expired datenya habis.

-hotel atau tempat menginap
Alangkah lebih baik kalau bisa memanfaatkan periode promo sehingga jatuhnya bisa lebih murah, jangan lupa perhatikan saat-saat bepergian apakah saat LOW SEASON atau HIGH -SEASON (yang biasanya jatuh dibulan2 Juli-Agustus atau Desember –Januari).


hotel seruni di puncak bogor


Ini salah satu hotel terindah di Indonesia yang pernah saya inapi.
Namanya Villa Seruni/Seruni hotel diPuncak,Bogor.
Viewnya kwewreeeeeen banget, dikelilingi view pegunungan,dengan beberapa kolam renang, baik borderless maupun standar olympiade karena memang biasa digunakan untuk menjamu tamu-tamu negara saat acara nasional maupun internasional seperti KTT.
Makanannya pun enak, detail hotel istimewa, interior mewah habissss sekelas Davinci.
Beruntung saya menemukan hotel ini gara2 iseng browsing diinet dan booking sebulan sebelumnya karena memang berencana liburan Natal dan Tahun Baru diPuncak.
Dan memang benar, karena itu PEAK SEASON, banyak sekali pengunjung yang kecewa karena sudah penuh.
Jadi dengan mempersiapkan sedari awal, ternyata keuntungannya besar, kita mendapat harga yang lebih murah daripada harga biasanya dan tentu saja masih mendapatkan tempat yang kita harapkan.


-tiket pesawat 

Cek periode promo maskapai penerbangan yang akan kita gunakan.
 Karena satu dengan yang lainnya berbeda.
Bisa juga memilih untuk transit dulu, atau penerbangan langsung dan membandingkan lebih ekonomis mana.
Jangan lupa juga ada airport tax yang harus diperhitungkan.

-komunikasi 

Gunakan provider lokal atau provider ditempat asal.
Saya sebelum pergi ke luar negeri, biasanya sehari sebelumnya menanyakan ke kantor provider yang saya pakai dihp, untuk dialihkan secara otomatis ditempat tujuan dengan zona tertentu jadi tidak memakan pulsa sangat tinggi, lumayan kan untuk menjaga agar uang belanja oleh-oleh tidak terkuras hanya gara-gara komunikasi.


(saya menggunakan moda transportasi ini ketika travelling ke HK. dok:pribadi)

-Transportasi ditempat tujuan

Apakah memakai MRT (transportasi massa), atau bus, dsb ketika kita berada dilokasi liburan.
Atau dengan menyewa kendaraan /mobil carteran jadi bisa ditanggung bareng.
Atau jadi anggota klub nebengers alias tukang nebeng. Terserah keinginan masing2.

Ada kartu-kartu khusus yang penting dimiliki untuk memudahkan perjalanan kita ditiap negara.

 -Biaya Makan 

Nah ini seperti yang dijelaskan tadi, jangan irit-irit, dan selalu perhatikan jenis makanan dan harus tetap menjaga kesehatan.
Mau liburan sekeren apapun ,kalau kondisi tubuh ga fit, semua terhempas...cuy.

(dok: pribadi)

-Tiket tempat wisata 
Mulai menabung dalam mempersiapkan anggaran masuk ke tempat-tempat wisata yang biasanya menjadi tujuan utama liburan. Memang harganya lumayan mahal, tetapi itu sepadan dengan sensasi yang kita dapatkan ketika berada disana.

Kebetulan saya sangat "tergila-gila" dengan Disneyland.
Jadi saya selalu menyisihkan anggaran untuk memasuki wahana theme park tersebut bersama keluarga, dan arena permainan yang lain. Dan menurut mbak Muna, jangan sampai ketika sudah ditheme park, anak2 ingin membeli boneka, atau pernik2 unik dari sana , dilarang gara-gara ngirit.
Wahh,...liburan musti all out  (kan sudah dipersiapkan jauh haritapi tetap bijak, cyiin...!

 (ket: Disneyland Anaheim ,USA, Eurodisney, Paris, Universal Studios)

(The  Venetian, Macau)


(Legoland, Malaysia)

-Biaya oleh-oleh
kayanya kurang afdol kalau berwisata ga bawa oleh2 kan?
(Jangan lupa untuk mempersiapkan dana ini, siapa tau mama, papa, tetangga, pacar, pak satpam, sopir, pada nitip oleh2).

 -Biaya tak terduga
(Ini juga penting, siapa tau dijalan sendalnya putus, atau tasnya sobek, jadi mau tidak mau harus beli penggantinya).

 -Asuransi Perjalanan 

Sifatnya seperti payung, untuk melindungi jika kita terkena musibah, seperti kehilangan hp, kehilangan uang alias kecopetan ditempat wisata,dll.
Nah inilah pentingnya asuransi perjalanan untuk memberikan proteksi agar situasi yang tidak mengenakkan dalam liburan kita bisa diminimalisir.

Contohnya: Saat tiket pesawat kita hangus gara-gara terlambat, karena sudah diasuransikan maka kita bisa mendapatkan penggantian tiket, karena akan berpengaruh pada keseluruhan jadwal perjalanan. Jadi jika memang berniat untuk travelling,jangan sampai kaya gini yaaahhh..cup..cup.


maka...

"MULAILAH UNTUK MENABUNG!"



  •  Hitung berapa dana yang dibutuhkan 
  • Cek dana yang dibutuhkan 
  • Ancang-ancang mulai sekarang menabung untuk mencukupi dana yang dibutuhkan
  •  Bila perlu punya rekening terpisah. (Kalau saya nih, memisahkan pos2 tertentu, seperti pos kebutuhan pokok/rutin, pos cicilan barang, pos tabungan dan pos rekreasi) sehingga tidak saling mengganggu satu sama lain. 


Semboyan mbak Donna yang makjleb banget adalah “Pay first, play later”
Artinya, “Saya ga mau sekarang seneng2 liburan, selanjutnya susah bayar uang sekolah, bayar belanja rutin, utang ,dsb. Noted mbak!setuju! 



(Mas Fuad Fu yang bikin ngakak dengan banyolannya)


Sebelum menginjak sesi ketiga bersama mbak Muna Sungkar, kita dihibur oleh stand up comedy, mas Fuad Fu yang kocak abis! Sambil menikmati coffee break.

Suasana kemarin benar-benar kaya ilmu dan enjoy abis dah!

Sesi ketiga adalah penjelasan dari mbak Muna Sungkar, seorang blogger, traveller dan berprofesi sebagai dosen.
-
(Mbak Muna Sungkar sedang menjelaskan tentang pentingnya persiapan dalam family trip)

Sebagai seorang ibu dengan anak yang hampir 2 orang karena kebetulan beliau sedang hamil, mbak Muna lebih menekankan tips2 perjalanan bersama keluarga.
Hal ini sangat penting untuk meningkatkan quality times dengan keluarga, karena banyaknya pekerjaan dan rutinitas yang mendera.
Jangan sampai momen-momen emas bersama orang2 tercinta hilang gara-gara kesibukan masing2, karena tidak akan pernah terulang lagi.
Oleh karena melibatkan seluruh anggota keluarga, tentu saja penting sekali untuk mendiskusikannya sebelumnya supaya semua merasa nyaman sekaligus bahagia.

Berbeda sekali dengan solo travelling yang hanya memikirkan diri sendiri, lebih irit, FAMILY TRIP tentu saja memiliki budget lebih besar, banyak yang harus dipertimbangkan dan tidak bisa mempersiapkan diri secara dadakan, harus jauh-jauh hari karena anggotanya lebih banyak.
Untuk lebih jelasnya , kita lihat skema yang dibuat oleh mbak Muna sungkar berikut ini.



Sebelum acara ditutup, ada sesi tanya jawab dengan mbak Donna, mbak Muna dan pak Fabi mengenai Bright Advisor dan tips-tips liburan serta cara menuliskan pengalaman liburan dengan efektif.

(sesi tanya jawab)


Tak lupa ada bagi-bagi hadiah pemenang live tweet dan penanya terbaik.



Acara talkshow kali ini benar2 membuka mata saya untuk lebih siap merencanakan liburan.Tentu saja dengan Sunlife Financial, acara liburan menjadi lebih nyaman dan menenangkan.
Jangan lupa unduh aplikasi BRIGHT ADVISOR di smartphone anda untuk membantu urusan perjalanan dan liburan anda...simple ,praktis, ringan dan membantu sekali.






(Saya beserta para  master travel blogger, mbak Donna dan mbak Muna)


'(Tulisan Ini Disertakan Dalam Lomba Blog Sun Life Finansial Indonesia)'

You Might Also Like

20 comments

  1. Penting ni mbak...selama ini saya belum pernah pakai travel insurance..tfs yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih.
      Ternyata sun life bener2 ngasih pencerahan spy lbh bijak berlibur...ya

      Delete
  2. Itu dodol piknik made in garut mbak archa, kota kelahiranku, wah komplit nih 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak. dodol paporitku dari dulu.
      Punya mbak Vita lebih kumflit....rajin pulak... haha

      Delete
  3. Wah, tulisannya lengkap sekali, infografisnya juga kece. Nice...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahh..bahagianya dikomen sama idolaku, sekualigus guruku , mbak Donna Imelda.
      Terimakasih mbak, atas ilmu2nya yang bertebaran dan selalu rendah hati.
      #sungkem

      Delete
  4. apik mbak komplit--plit...gudluck ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maturnuwun mbak...sudah singgah dan komen.
      Sama2 mendoakan ya mbak ..amin :)

      Delete
  5. Waaah kece nih artikelnya, komplit banget. Aku jadi mupeng liburan nginap di hotel yg di puncak itu mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak.
      Aku jg pingin ngulangin kesana lagi.
      Harganya ga semahal yg diduga loh...asli.
      Tp kualitas bintang 6..ruangannya gede banget. Kamar mandinya aja sebesar roomnya Holiday Inn hotel.

      Sejuk dengan view yg kece abis.
      Pokoknya dijamin terpesona..

      Delete
  6. Lengkap bangeet mba archa, keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak.
      Mbak relita jg keren kok :)

      Delete
  7. Wooowww...kece ini mah tulisannya. Komplit pula. Moga2 menang lah ^-^

    ReplyDelete
  8. Dan pemenangnya adalah ... hehe, sayang sekali bukan aku jurinya mba, tapi setuju dg pendapat temen2, tulisan ini komplet abis!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak.amin..amin
      Byk yg bagus2 kok :)

      Delete
  9. Wow...pengalaman travellingnya banyak banget, ternyata travel itu rumit juga yak. Untung ada bright advisor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sdh singgah mbak Ety.
      Travelling bikin fresh,lbh asyik kalo ada yg nanggung seperti Bright ini.Hehe

      Delete
  10. Tulisannya komplit.
    ternyata persiapan travelling ke LN banyak yaaa.. dan itu asuransi juga penting banget kalau terjadi musibah yg tak terduga.
    thanks for sharing

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...