Aplikasi MyJNE Memudahkan Segala Permasalahan Pengiriman Barang

Friday, August 26, 2016



Diera teknologi modern seperti sekarang ini, semuanya memang harus serba cepat . Gaya hidup dan kepentingan manusia yang berkejaran dengan waktu melahirkan tuntutan untuk melayani kebutuhan secara ekspres, terutama masalah yang berhubungan dengan nyawa.

 Beberapa waktu lalu, ramai bersliweran berita yang disebarkan lewat WA yang mampir dihandphone saya bahwa ada beberapa anak
yang membutuhkan pertolongan segera berupa kantong darah dengan golongan tertentu dan sangat mendesak tetapi terkendala jarak.
Kebanyakan dari mereka posisinya diluar kota. Bisa dibayangkan bahwa nyawa mereka dipertaruhkan dalam hitungan waktu. Akan sangat membantu sekali jika darah yang sangat mereka butuhkan itu bisa dikirim segera.


 Pada hari Sabtu, tanggal 20 Agustus yang lalu, kebetulan saya diundang oleh JNE  bersama Komunitas Blogger Gandjel Rel untuk menghadiri acara Dinner and Gathering di  Here and Now Sky Bar Louis Kienne Hotel & Apartment lantai 23, Semarang yang berlokasi diarea Simpang Lima.

 Pertanyaan besar yang terlintas dibenak saya kemarin itu akhirnya terjawab sudah lewat layanan JNE Express yang bernama Super Speed.

Hal ini dijelaskan secara gamblang oleh Bapak Mayland Hendar Prasetyo selaku Head of Marketing Communication Division JNE Pusat.

 Dengan standar2 khusus, kantong-kantong darah tersebut dikirimkan ketujuan tanpa kerusakan. Bahkan saya tidak menyangka ada bos sebuah perusahaan skala besar sempat berpesan untuk mengirimkan mayatnya jika beliau meninggal nanti melalui jaringan JNE, dan itu benar2 terlaksana.Menakjubkan!



 PT Tiki JNE ( Tiki Jalur Nugraha Ekakurir ) didirikan pada 26 November 1990  H.Suprapto Suparno yang tergabung dalam dewan direksi dan komisaris berjumlah 8 orang.
Mereka memulai kegiatan usahanya pada penanganan kegiatan kepabeanan/impor kiriman barang/dokumen serta pengantarannya dari luar negeri ke Indonesia. Layanan JNE yang Konsisten cepat, bertanggung jawab dan dapat diandalkan ini telah membawa JNE mencapai kredibilitas yang lebih tinggi bagi pelanggan dan mitra.


ki-ka. Bapak Mayland, Bapak Marsudi, Ibu Tari (source: twitter @JNE_ID) 

 Dalam acara gathering yang dihadiri pula oleh bapak Marsudi (Head of Regional DIY &Jateng), Ibu Murah Lestari ( branch manager JNE Semarang) dan Ibu Widi ( Public Relation area Jateng) dijelaskan berbagai macam keunggulan dari ekspedisi JNE yang tidak kalah bersaing dengan perusahaan serupa. Pertumbuhan penjualan JNE Semarang mulai Januari – Juli 2016 antara 25%-30%, dengan rata-rata outgoing operasional outbond perbulannya di tahun 2015 mencapai 250 ribu connote. Pada Januari –Juli 2016 mengalami peningkatan lebih dari 300 ribu connote/bulan. Sedangkan untuk rata-rata incoming inbound perbulannya dari Januari – Juli 2016 lebih dari 500 ribu connote/bulan. Lumayan pesat juga yah...!

Di Semarang saja, sampai Juli 2016 ada 563 orang karyawan yang tersebar di 9 Kantor Cabang, 14 Kantor Cabang Mitra, dan total 478 Agen Counter di seluruh Jateng . Kebanyakan pengguna JLC (JNE Loyalty Card) di Semarang didominasi oleh toko2 /penjual berbasis online (olshop) dengan jumlah lebih dari 600 member aktif.
Ohhh...pantas saja, beberapa waktu yang lalu saya yang memang berjualan produk celana brand tertentu dikomplain oleh kostumer gara-gara barang datang tak tepat waktu, padahal dia buru-buru untuk keluar kota dengan membawa barang tersebut.

 “Nggak pakai JNE, sih....!” ujarnya. 

 Ternyata pelayanan JNE sudah berada dihati orang-orang yang akrab dengan pengiriman barang tepat waktu dan aman.


 (ilustrasi: pribadi) 

 Dengan slogan yang diusung untuk selalu JUJUR, DISIPLIN, BERTANGGUNG JAWAB dan VISIONER ,maka jika ada keluhan yang berkaitan dengan pelayanan JNE bisa langsung menghubungi di Costumer Care dengan nomer telepon (021) 2927-8888 atau email di COSTUMERCARE@jne.co.id.

 Bisa juga langsung saja mention ke twitter @JNE_ID atau @JNECare. It’s so simple!


 (source: www.jne.co,id) 

 Pelayanan ekspedisi JNE yg terbesar berasal dari bisnis e-commerce,bahkan menguasai lebih dari 80% pengguna JNE.
Dengan lebih dari 5000 cabang dan 16.000 karyawan , ekspedisi JNE tumbuh semakin pesat diIndonesia, tak heran menurut Ibu Tari, JNE mampu menjadi leader dalam jasa pengiriman barang.
Tentu saja kita sebagai kostumer sangat dimudahkan dengan keberadaan kantor2 JNE yang dekat dengan lokasi kita. Divisi Ekspres JNE melayani kiriman paket dan dokumen yang sensitif akan waktu tujuan dalam negeri melalui lebih dari 1500 titik layanan eksklusif dari penjemputan hingga pengantaran yang tersebar di seluruh Indonesia. Layanan ini memanfaatkan moda transportasi tercepat yang tersedia dan melayani beragam jenis layanan sesuai kebutuhan pelanggan.

 "Berdasarkan data statistik JNE, sebagian besar produk layanan yang sering digunakan oleh pelanggan adalah YES dan REGULER.

 • YES (Yakin Esok Sampai)


 JNE YES adalah layanan pengiriman premium dengan target kiriman sampai di tujuan pada keesokan harinya termasuk pada hari Minggu dan libur nasional. Dan hebatnya lagi, layanan YES ini memberikan jaminan biaya kirim kembali apabila kiriman tidak diterima pada keesokan harinya melewati pukul 23:59.

 Kita bisa menggunakan layanan YES di setiap cabang dan agen JNE dan hanya berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan oleh JNE Pusat. Ga usah bingung, kita bisa dengan mudah melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airway bill number melalui website JNE maupun aplikasi MyJNE yang bisa diunduh di Play Store bagi pengguna Android seperti saya.

 (Eh, anyway...apa sih aplikasi My JNE itu? Sabar brosis..nanti saya jelasin lebih gamblang ya.. :) )

 Wah...cocok banget nih ! Kebetulan saya sedang mencoba bisnis frozen food berupa nugget yang memang harus cepat sampai ditujuan.
JNE YES ini betul-betul mengakomodir kebutuhan saya dalam pengiriman barang ke tujuan secepatnya. Apalagi saya punya banyak teman dan saudara yang tersebar diIndonesia, ada yang di Surabaya, Medan, Bontang,dll, jadi pakai YES hilang kekhawatiran itu barang berlama-lama ngider dijalan.

 "Ternyata JNE Express juga memiliki produk PESONA loh! 

" Apa pula itu?!


 PESONA alias Pesanan Oleh-Oleh Nusantara adalah bentuk komitmen JNE dalam mengirimkan barang2 khususnya makanan khas setempat ke pelosok negeri. Dan di Semarang ini, Produk PESONA yang paling banyak dipesan adalah Tahu Bakso, Bandeng Juwana dan Lumpia dengan jumlah vendor lebih dari 15.
Jadi tidak usah khawatir lagi dong, jika ada saudara atau teman yang ngidam makanan khas Semarang, langsung saja pakai PESONA...UHUYY! Beres!

 Untuk informasi dan pemesanan PESONA JNE, bisa menghubungi:
Telepon : 0800 1 566 566 
 Website : www.pesonanusantara.co.id 
 Email : pesona@jne.co.id 
 Twitter : @pesonajne 
 Facebook : Pesona JNE 

 Jenis kiriman JNE Semarang didominasi oleh kiriman dari COSTUMER CORPORATE berupa dokumen dan sampel produk, serta COSTUMER RETAIL yang sebagian besar merupakan produk online Seller seperti pakaian , sepatu dan makanan.

 Selain PESONA, ada beberapa produk JNE yang lain, yaitu :

 1. JTR atau JNE Trucking. 
 (Source: http://www.7magnificent.jne.co.id) 

 Layanan ini beroperasi diwilayah Jawa ,Bali, Medan, Pekanbaru, Palembang dan Lampung. 
Tugasnya adalah untuk membantu distribusi paket berukuran atau berjumlah besar tanpa terkendala aturan penerbangan. JNE menyediakan armada truk untuk memenuhi berbagai kebutuhan pelanggan dalam pengiriman dimana setiap paket yang dikirimkan dihandle dengan pelayanan khusus sehingga paket kiriman lebih terjamin. Truk yang digunakan berjenis Double-Decker sehingga paket yang diangkut lebih aman serta meminimalisir resiko kerusakan pada saat proses pengiriman.

 Aturan2 dalam JNE Trucking antara lain:

 • JNE Trucking memiliki jadwal pengiriman tetap yang tidak peka waktu dan tidak melayani pengiriman dalam bentuk makanan yang hanya dapat bertahan selama beberapa jam.
 • Jumlah, ukuran dan jenis paket yang dapat dikirimkan lebih banyak, besar dan lebih bervariasi , berbeda dengan pengiriman ekspres yang memiliki batasan ukuran maupun varian paket karena harus mengikuti peraturan barang yang bisa diangkut oleh maskapai penerbangan.
 • Dengan Minimum berat paket yang dikirimkan adalah 10 Kg, maka JNE Trucking juga melayani untuk pengiriman Sepeda Motor berkategori kurang dari maupun lebih dari 150cc> dengan tarif khusus(berbeda dengan tarif kiriman paket biasa).
 • Harga yang kompetitif dan bersahabat dimana terdapat discount mulai dari 25% sampai 50% untuk pengiriman lebih dari 10 Kg dengan estimasi waktu pengiriman berkisar antara 3 (tiga) sampai dengan 7 (tujuh) hari kerja tergantung kota tujuan. Keceee badai my man...!

2. JNE SS (Super Speed)


(Source: http://7magnificent.jne.co.id)

 Seperti yang sudah saya jelaskan diawal tadi tentang pengiriman kantong darah yang butuh waktu secepat mungkin, JNE SS adalah pengiriman paket atau dokumen peka waktu yang harus diberangkatkan sesegera mungkin diluar jadwal rutin dan rute tetap JNE.
 Layanan SS menggunakan moda transportasi udara (direct flight) langsung ke tujuan, sepanjang jadwal penerbangan tersedia.
 Target waktu pengiriman adalah dalam kurun waktu 24 jam sejak dari penjemputan di tempat pengirim. Pengirim akan menerima SMS berita keberhasilan pengiriman paket.
Mekanismenya mudah, tinggal hubungi contact center JNE untuk mengatur penjemputan. Layanan SS ini berlaku untuk kota tujuan yang mempunyai penerbangan langsung. Berlaku tarif premium dengan jaminan pengembalian biaya jika waktu pengiriman melebihi yang sudah dijanjikan.

 3. JNE REGULAR 


 Nah , ini yang sering dipakai oleh kostumer setia Ekspedisi JNE.

JNE Regular adalah layanan pengiriman cepat, aman, dan handal sampai ke pelosok Indonesia. Jaringan JNE yang luas dan layanan yang profesional telah terbukti menjadi dukungan yang tepat bagi dunia usaha dalam pendistribusian produk dan meningkatkan daya saing. Layanan ini disediakan JNE untuk memahami gaya hidup masyarakat modern yang dinamis dengan mengutamakan nilai-nilai efektif dan efisiensi. Layanan Regular ada di setiap cabang dan agen JNE dan kita dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airway bill number melalui website JNE/aplikasi My JNE.
Kekurangannya, JNE Regular tidak melayani pengantaran pada hari Minggu dan libur nasional serta tidak memberikan jaminan uang kembali.

 4. JNE OKE (Ongkos Kirim Ekonomis) 


 JNE OKE adalah layanan pengiriman untuk barang berukuran besar atau berat dengan harga ekonomis yang memanfaatkan moda transportasi kargo udara dan angkutan darat yang menghubungkan kota-kota besar, ibu kota provinsi, sampai ke kabupaten. Kita bisa menggunakan layanan JNE OKE di setiap cabang dan agen JNE. Sama seperti sebelumnya, kita dengan mudah dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airway bill number melalui website JNE.
 JNE OKE tidak melayani pengantaran pada hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional serta tidak memberikan jaminan uang kembali.

 5. JNE-POPBOX 

 (source: twitter @JNE_ID) 

 JNE-POPBOX adalah loker otomatis sebagai tempat pengambilan barang kiriman dilokasi yang sesuai pilihan kita. Layanan yang baru diujicobakan di Bandung dan Jakarta ini adalah layanan JNE berupa box digital yg berisi kiriman2 ditempat2 tertentu ,dengan kode2 keamanan yang hanya dimiliki oleh penggunanya. Jadi tinggal datang saja dilokasi Pop Box berada dan ambil barangnya dengan password yang bersifat personal, jadi terjamin keamanannya.
 Bahkan di wilayah segitiga emas di Jakarta ada layanan JNE eco kurir yg menggunakan armada sepeda bekerja sama dengan West Bike.
Betul-betul mendukung gerakan ramah lingkungan nih JNE ... !

 6. JESIKA 

Eitss!..ini tidak ada hubungannya dengan kopi sianida loh...*hush!

 JNE juga memperhatikan kebutuhan emak2 penyayang anak loh!

 (Source: https://rumahijaubelokiri.wordpress.com/2015/04/24/review-kurir-asi-jesika)

 JESIKA (Jemput ASI Seketika) merupakan sebuah produk dan inovasi baru dari JNE untuk menjawab kebutuhan ibu-ibu menyusui tanpa menghalangi aktivitas sehari-hari.
 JESIKA memberikan layanan penjemputan ASI dari tempat aktivitas hingga pengantaran ke tempat tujuan. Jadi ibu2 menyusui bisa lebih tenang dan nyaman karena JESIKA ini menggunakan moda pengantaran sepeda motor yang dilengkapi tas berpendingin khusus (cooler bag), ice pack, plastik klip bersegel, dan barcode untuk menjaga kualitas ASI dan mencegah tertukar dengan ASI lain selama pengiriman.

 JESIKA hanya tersedia hari kerja Senin-Jumat untuk wilayah penjemputan dan pengantaran se-Jabodetabek dengan maksimal 3 botol ASI per pengiriman.
 • Tersedia paket berlangganan harian, mingguan (5 hari), dan bulanan (20 hari).
 • Batas waktu order dan pembayaran jam 09:00-11:00.
 • Gratis penjemputan dan pengantaran hari berikutnya jika ASI diterima lebih dari 4 jam.
 • Gratis botol ASI baru, penjemputan dan pengantaran hari berikutnya jika botol ASI pecah dalam pengantaran.

Informasi JESIKA lebih lanjut, hubungi: 
Bebas Pulsa : 0 800 1 451 451 
Email : jesika@jne.co.id 
Twitter : @jesikaJNE


7. JNE PELIKAN ( tersedia di lebih dari 50 outlet yang tersebar di seluruh Jakarta)



 JNE PELIKAN adalah sebuah layanan Amplop Pra Bayar khusus untuk pengiriman dokumen, Compact Disc (CD), atau kartu undangan dengan berat maksimal 1 kg dan dimensi ukuran maksimal A4 ke dalam kota di hari yang sama (hari kerja). JNE PELIKAN tersedia di lebih dari 50 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.
 JNE PELIKAN memastikan kiriman tiba dengan cepat dan aman. Bila dokumen diterima sebelum pukul 11:00 maka akan diantar pada hari yang sama dengan maksimal waktu penerimaan pukul 24:00.
 Bila dokumen diterima setelah pukul 11:00 maka akan diantar pada keesokan harinya dengan maksimal waktu penerimaan pukul 12:00. Tinggal masukkan amplop PELIKAN di Drop Box pada outlet-outlet JNE yang berlogo khusus PELIKAN.

JNE PELIKAN hanya melakukan pengiriman pada hari kerja .

 8. JNE Pick-Up Point




 JNE Pick-Up Point (JNE PIPO) adalah layanan alternatif pelanggan dalam proses penerimaan kiriman. Dengan JNE PIPO, pengirim dan penerima dapat memilih cara penyampaian kiriman dengan cara diambil sendiri di cabang JNE terdekat yang mempunyai layanan PIPO.

 JNE PIPO sangat cocok bagi mereka yang bermobilitas tinggi dan tidak selalu berada di satu tempat atau tidak dapat menerima kiriman secara langsung. Mereka dapat meminta paket dikirimkan ke cabang JNE terdekat yang melayani PIPO untuk bisa diambil kapan saja dalam waktu lima hari sejak paket tiba. Silahkan hubungi kantor cabang JNE terdekat untuk ketersediaan layanan JNE PIPO.

 9.JNE Online Payment (JOP) dan JNE Online Booking (JOB). 

 JNE Online Payment (JOP) adalah layanan untuk pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket seperti tiket Kereta Api dan pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy melalui JNE. JOP tersedia di beberapa cabang JNE di Indonesia.

 JNE Online Booking (JOB) adalah layanan pemesanan tiket pengiriman JNE secara online dimana pelanggan bisa mengisi resi pengiriman dan melakukan pembayaran biaya pengiriman secara online di www.booking.jne.co.id kapan saja dan dimana saja. Pelanggan tinggal menunjukkan kode booking kepada petugas JNE untuk verifikasi saat mengunjungi outlet JNE untuk mengirim barang. Tidak perlu lagi antri lama untuk mengisi resi pengiriman secara manual. JNE menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam pengiriman ke seluruh belahan dunia dengan memberikan pelayanan terbaik.

 Wah, ternyata masih ada beberapa layanan ekspedisi JNE yang lain loh, untuk lebih jelasnya bisa langsung mengunjungi website resmi JNE Ekspress.



 Nah,... dari tadi kita sudah sedikit banyak tahu apa saja servis yang disediakan oleh ekspedisi JNE. Sekarang, gimana sih caranya, agar bisa menggunakan fasilitasnya tanpa perlu repot2 mendatangi kantor JNE?

 Mudah saja, cukup hanya dalam sentuhan jari. Ga usah panas-panasan, hujan-hujananan, desak-desakan, info barang yang kita kirim dapat kita ketahui dengan mudah dengan APLIKASI MY JNE. 



 Aplikasi MyJNE adalah sebuah aplikasi berbasis android yang mempermudah kita dalam melakukan segala hal yang berhubungan dengan layanan JNE untuk para pengguna  Android. Pengguna semakin dimudahkan dgn adanya aplikasi dan pengembangan IT, jadi kiriman bisa dipantau dgn lebih detil!
Semua layanan yang ada di web JNE sudah bisa di nikmati di smartphone, mulai dari yang sering kita gunakan sehari-hari seperti melacak pengiriman (Airway bill) serta melihat tarif ongkos kirim JNE ke seluruh Indonesia kini tanpa harus menghidupkan PC terlebih dahulu.



 Dan yang tidak kalah kerennya di aplikasi MyJNE ini juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan lainnya .

 Terdapat fitur Scan Barcode, My Shipment, JNE Nearby dan juga MyCOD yang bertujuan mempermudah kita dalam menggunakan jasa pengiriman JNE.
 Untuk lebih lengkapnya lagi tentang Aplikasi MyJNE, gini nih brosis saya jelasin ya....


MY TARIFF: Cek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia
MY SHIPMENT: Cek Status pengirimanmu sendiri dan kiriman orang lain dengan lebih cepat
MY LOCATION: Cek Lokasi pengiriman JNE yang terdekat
MY COD: Membuat Order dari toko online mu dan Menggunakan JNE sebagai mediasi pembayaran.

 Aplikasi MyJNE ini bisa diunduh di Google Play atau Play Store.

 CARANYA:


Untuk lebih jelasnya tentang My COD, silakan klik video disini:

(Sumber video, klik link :www.youtube.com/watch?v=cskqrCR8u1k)


TERUSSSS...kenapa kita harus mendownload aplikasi MY JNE nih?
Tidak harus punya online shop dulu, atau jadi pengusaha dulu loh brosis...
Tentu saja ada alasannya dong...
"Dengan mudah kita bisa mengecek barang kita sampai dimana, bisa menyimpan history resi, banyak deh keunggulannya!"


 Ngemeng-ngemeng, pada tanggal 27 Agustus besok, kantor JNE yang baru akan diresmikan loh! Yang semula berada di Jl. Kyai Saleh, karena keterbatasan lahan , maka Gedung Operasional JNE Semarang bepindah ke Jl. Kumudasmoro Tengah no 5, Semarang.


 Tentu saja dengan lahan yang lebih luas dan nyaman aksesibilitasnya , Kantor baru yg akan diresmikan ini 14 titik2 case counter, dengan lantai 4 yang rencananya digunakan utk UMKM,blogger,dsb demi mendukung kemajuan bersama sehingga aktivitas pelayanan JNE lebih optimal bagi pelanggannya. Jadi ga sabar kesana deh....



(Peresmian Kantor JNE berlangsung sukses dan meriah. source: pribadi)

Disamping untuk berbisnis, ternyata JNE juga memperhatikan usaha kecil dan Menengah. Ini dibuktikan dengan adanya diskon dan kemudahan2 bagi UKM2 dengan menjadi mitra yang terpercaya bagi pengembangan usaha mereka.

"Misi JNE adalah agar produk2 lokal/dalam negeri dalam semakin dikenal dikalangan luas terutama manca negara sehingga bisa meningkatkan pendapatan mereka." 

 Ada pula beberapa kegiatan sosial dan event2 yang disponsori oleh JNE Semarang, antara lain: Bakti sosial tanah longsor di Banjarnegara, workshop dan dialog dengan UMKM bersama Gubernur Jawa Tengah, Gathering komunitas Tokopedia Semarang. Gala dinner dengan agen counter di Jawa Tengah, dan mensponsori Garuda Airlines Travel Fair.

                                                       (source: twitter @JNE_ID) 

 Pada tanggal 19 Agustus lalu, JNE menerima Digital Popular Brand Award 2016 di Hotel Ritz Carlton Jakarta Kategori Kemitraan Jasa Kurir yang diserahkan kepada Bp. Eri Palgunadi selaku Vice President of Marketing JNE.

(dokumen pribadi)

 Gathering dengan JNE kemarin benar-benar memberi pencerahan pada saya untuk memilih ekspedisi yang terpercaya dan dapat diandalkan.
Tidak ragu lagi nih memakai ekspedisi JNE kalau saya mau kirim-kirim dagangan celana, nugget ORIKO dan oleh-oleh untuk kerabat, karena sampai sekarang saya tidak pernah dikecewakan oleh pelayanan dari JNE.Malah justru kadang lebih cepat dari yang kuduga.
Dan berkat adanya aplikasi MY JNE, urusan kirim-mengirim barang jadi lebih mudah.

"Makasih ya mbak, paketnya sudah sampai ""Hah... kok cepet banget ya..."



Source:
JNE.co.id
Twitter @JNE_ID
Youtube
Website yang sudah disebutkan diatas
Screenshot dari gadget pribadi
ilustrasi pribadi

You Might Also Like

10 comments

  1. Replies
    1. Terimakasih kunjungannya ya mbak hapsari. Blm tidur nih?jgn begadang loh :)

      Delete
  2. JNE langganan aku juga.. Memang cepat dan terpercaya, thanks infonya ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bangets mbak. Makasih jg sdh mampir ya...

      Delete
  3. keren mbak...lengkap....aku juga pk jne mbak

    ReplyDelete
  4. Wuih keren sekali mbak, lengkap bener. Good luck :D

    ReplyDelete
  5. wah keren reviewnya, terima kasih sudah menggunakan layanan JNE :)

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...