Tumis Brokoli Taoge Kriuk

Tuesday, February 08, 2011

Udah lama ga nulis resep neh,gatel juga...eh ga dinyana ga diduga mak bedunduk (bahasa jepang) :) kok timbul niat buat posting resep ini,kebetulan di kulkas ada brocolly,tahu,tomat,sama barusan tadi beli taoge sama mas2 yang suka ngider bawa sayuran.

So..tuingg!! :) terciptalah ide buat bikin masakan buat sarapan yang kemriak plus bergizi (maksudnya kriuk2 kalo dikunyah-ntar ah aku tes,bunyinya nyaring ga ya kriuk2nya..hehe)
Jadilah bahan2 dadakan itu berpindah dimeja dapur.Okeylah kalo beg-beg ..begitu...(sedikit gagap..halah..ngerap ajalah....biar keren,okey..let's do it my man...yeaachh!) :)

(Ini brokolinya direndem dulu dalam air yg dikasih garam dikit buat bikin ulet2 pada ngaciiirrr...hellllppp..asiiiinnnn..bueeekkk #menghayati perasaan ulet) :)

 (Pilih ayam yang seger dan berdaging..serta mulus....syukur2 diwaxing dulu..halah.....):)

Ini nih bahan2nya:
  • So pasti brocolly (seiket-eh ga diiket ding..se-apa ya???se-ombyok lah...ngaco!),
  • taoge (yang kalo disini seh seharga 500 rupiah..murah meriah meledak dhuaar!)
  • tomat (1 butir aja ukuran sedeng),
  • ayam (dipotong dadu),
  • tahu (potong dadu digoreng dulu sampe berkulit bin setengah mateng).
  • yihaaa!sosis boleh ditambahin ....suuuu..siiiis..wowowo..susssiiis...suami suka iseng...(halah..malah nyanyi lagunya sule-MUMPUNG LAGI BOOMING!...) buat yang blom tau lagunya..cekidot INI 
:)

Trus bumbunya:
  • So pasti ga akan ketinggalan bawang bombay (sebutir),
  • bawang putih (kira2 3-5 butir)
  • jahe sejempol digeprak
  • aku suka kalo pake daun jeruk..soalnya baunya jadi gimanaaa gitoh...jimat!hehe lidah jawa
  • ga ketinggalan para penggembira yang pada antri,alias saos tiram,minyak wijen,merica/lada putih bubuk,garam,gula ma penyedap secukupnya.
  • Ga mungkin ketinggalan minyak goreng lah yaooo...
Okey kita mulai...JRUEEENGGG!!!!
 :)
Iris-iris bawang bombay,geprak bawang putih dan jahe,masukin ke minyak yang sudah dipanaskan,kalo baunya udah menyeruak dan membuat bulu hidung bergoyang bak ditiup angin sepoi2..(sedikit lebay),masukin ayam yang sudah dipotong dadu..masak sampe sedikit kering (tambahin air dikit biar ga gosong dan empuk),terus masukin tomat dadu.


Masukkan mrica bubuk,saos tiram dan minyak wijen (sesame oil)secukupnya yang kira2 1 sdt-1 sdm lah...
(mau valentine..kuteknya centil aaahhhh....dasar!funky)
Terus masukkan sosis sama tahu goreng setengah matang
Kalo ayamnya dirasa sudahcukup empuk,masukkan brokoli nan menggoda tambahin saos tiram,gula garam dan penyedap secukupnya.(garamnya jangan banyak2 yah..soalnya saos tiramnya udah asin)
Terakhir masukin taoge,masak bentar aja sehingga ga terlalu lunak dan menimbulkan sensasi kriuk-kriuk ...kresssh!Cicip2 udah pas belum en.......

Taraaaaaaaaaaaa!!!![@cooking]

Kita hidangkan ke piring ,siap buat disantap...nyam..nyam kriuk..kresh....grobyak..krompyang...jedhuaar!(ini makan apa perang yak???)
P.S: Tahunya bisa diganti tofu telur....lebih lembut..sama sih digoreng dulu setengah matang/matang,nambahinnya terakhir aja biar ga hancur...trus kuahnya dibanyakin and dikasih larutan tepung maizena....so kuahnya jadi nyemek2....(kalo resepku aku sukanya kering,airnya hampir ga ada).
Terserahlah..yang penting.........wenyak..wenyak....SELAMAT MENIKMATI!!

[#hurt]
[#ok]



You Might Also Like

13 comments

  1. enaaaaaaaaaaaakkk...jd laper mba. =P

    tp aku ga suka taoge mba. trus di brokoli'a itu emang ada ulet'a mba?? hiiiiiiii..kabooooooorrr. haha..

    ReplyDelete
  2. @Ratih:waduh..taoge tuh enak banget loh say...:P

    Kalo brocolly emang udah lumrah suka ada ulet ngumpet disono..so direndem aja ma larutan air garam supaya tuh ulet pada kliyengan..begitu.....(tips...ga usah diliat,ntar kalo dicuci berulang2 kan uletnya ilang sendiri)....anggap aja ga ada..kan sama2 ijonya..yang penting sehat,anti kanker...dan anti oksidan...:D

    ReplyDelete
  3. taoge rasa'a aneh mba, ga suka aku. hehe
    aku baca soal ulet aja uda lgs merinding mba. -___-"

    ReplyDelete
  4. @ratih:ntar aku kasih gambar ulet2 imut deh..biar ga merinding..hehehe....:P

    ReplyDelete
  5. kyaknya enyak neh...hemm yummy

    ReplyDelete
  6. @Bayu:ayo sini mamfeeer..tak masakin...apa sukanya???oseng2 hiu?kuda laut penyet?tumis mangga arum manis..halah......resep ngaco...:P..tp kayanya patut dicoba neh.....(hiu..kuda laut..kabuuuuuuuurrrrr....)

    ReplyDelete
  7. tika..aku br nemu brokoli ditumis sm toge lhooooo..mau coba ah..enak tuh..glek..glek...lafaarrrr

    ReplyDelete
  8. @Diana:iyakah???ayo dicoba..dicoba...crunchy and yummy loh....:)

    ReplyDelete
  9. Lagi-lagi, fotonya bikin laperrr... :D
    Perlu dicoba ikih :)

    ReplyDelete
  10. hmmm enak bikin laper...capcus ke dapur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yukkkk...ditunggu hasilnya ala mb.Prana...

      Delete
    2. Yukkkk...ditunggu hasilnya ala mb.Prana...

      Delete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...