Tumis Kacang nyam2

Tuesday, August 24, 2010

Minggu kemarin iseng2 masak Tumis kacang panjang yang dikasi pelengkap jantung sama ati ampela ayam,mumpung diwarung sebelah rumah ada....kayanya bakal nyam..nyam nih.Kebetulan kesukaan my hubby,dia paling suka jeroan2 gitu..walaupun agak kurang sehat tp gak papalah mumpung kurus..hehehe.Yuk kita ikuti langkah2nya...Ready?

Pertama
siapin bahan2nya,so pasti kacang panjang 2 ikat yang udah dipetik dan dicuci bersih (berulang kali diair mengalir yah...pestisidanya banyak,kecuali yg organik sih agak mendingan,tp tetep kudu mesti dicuci bersih juga),ati ampela yang udah direbus mpe empuk,jantung ayamnya mentah aja gpp,dipotong jadi 2,soalnya lumayan gede,ntar keseleg.,boleh dikasih putren atau baby corn kalo mau.

Bumbu2nya:bawang merah 5-6 butir,bawang putih 4-5 siung,cabe merah keriting sesuai selera,aku sih biasanya pake sekitar 5 biji aja,takut diare..wkwkwkw,salam,laos,jahe,daun jeruk sama minyak wijen dan kecap inggris ga pernah lupa,saos tiram lebih ok lagi kalo ada.ihik..kebetulan persediaanku pas habis,ya udah deh tinggal kecap inggris doang...jangan lupa gula ,garam dan sedikit penyedap biar tambah mantap.Guampang kan!Sip!
Langkah2nya,pertama,panasin minyak dipenggorengan,masukkan bawang merah+bawang putih yang udah diiris halus -yang kalo ditipi selalu ga akur tapi kalo didunia pertumisan pasti sobatan banget (apa sih...??:P),
setelah layu masukkan cabe keriting yang udah diiris serong,plus salam laos,jahe,daun jeruk, tunggu mpe baunya menyeruak sampe mengganggu hidung2 para tetangga (halah),baru masukkan jantung+ati ampela ayam yang udah dipotong2 ntu.

setelah agak matang,baru deh masukkan segerombolan kacang panjang...gruduk..gruduk....,tambahkan air biar empuk.
masukkan kecap inggris,minyak wijen saos tiram.jangan lupa gula merah biar legit.

Tunggu sampe agak empuk,tambahkan gula,garam,penyedap secukupnya,kalo airnya udah habis,dan agak kering.Baru deh diangkat..Taraaaa...This is it..Tumis kacang jantung ayam ala Tika Quinn,walah...lebay poll!

You Might Also Like

8 comments

  1. mba Tikaaaaaaaa....

    nampak nikmaaattt!! bagi dunk mba..hehe.. aku lg belajar2 masak nih mba. bagi2 lg resep yg lain ya mba.. =D

    ReplyDelete
  2. asyik.deeehhh,makasih Ratih..iya..iya..liat aja diicon Recipes diatas ntu..ada beberapa.Aku emang spesialis ngepostingin resep2 yang gamping2 dan merem juga bisa...(cobain deh sambil merem..kenyonyos wajan ga tanggung ya..hehehe).Ntar aku postingin yang gampang,diwarung terdekat pun bisa jadi masakan lezat..tungguuuu yaaa....

    ReplyDelete
  3. Itu pake jahe sama daun jeruk juga ya... apa karena ada jeroannya ya?
    tar kucoba deh pake kecap inggris juga... makasih Tika...

    ReplyDelete
  4. siapakah ini???Catherine Wilsonkah?
    iya..pake daun jeruk ma jahe wajib hukumnya buat ku kalo acara tumis menumis,soalnya bikin tambah sedep dan semriwing....hehehehe.
    Masalah Kecap Inggris,emang baunya jadi khas,kaya makanan Tio Ciu gitu deh,lagian kan lumayan,kalo lama2 kita ngomongnya jadi kaya Cinta Laura..wekekekek....tyumis kactcang,agak becek,ga ada ojyek,ga bikin cyapek..halah...:P

    ReplyDelete
  5. tika..hi..hi...aku sk resep ini..mau aku praktekan nanti ah..asyik..asyik....

    ReplyDelete
  6. iya..iya...diana..praktekin deh....siploh...masakan ala rumahan tapi suedap.....ntar dicritain ya reaksinya koko Yohan...:P

    ReplyDelete
  7. ooo ternyata pake gula merah ya biar legit ya mba... waw jadi pengen nyoba

    ReplyDelete
  8. iya....ninid......coba deh...
    gimana kabarnya nih???dimana sekarang..miss ya..sista..:)

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...