AYAM BUMBU SANTANA...(lhoh..kok gitaris)?

Tuesday, August 31, 2010

Ga tau kenapa,postingan akhir2 ini jadi masakan mulu larinya...apa gara2 bulan puasa ya..jadi warung2 pada sepi,musti kudu masak ,alias warung masakan jadi (dikala kemalasan tiada tara melanda,ini bener2 diandalkan)terdekat pada kagak jual..okelah kalo begitu.....

Di hari Minggu nan shahdu..
(halah..maksudnya nan gersang,krn tak ada makanan),aku dianter ma hubby ke pasar..mak weeeerrrr....seeerrr!cepet banget,soalnya jaraknya cuma 200 meteran dr rumah,paling 3 menit juga nyampe pake motor (merem juga bisa-agak lebay..:P).Dengan hanya uang Rp 50.000 rupiah,aku mau mengetes seberapa banyak bahan2 masakan yang bisa kubeli...(dari rumah udah nyiapin daftar buat beli garam bubuk,merica bubuk,bumbu dapur,sayur dan ayam 1 kg)..Welhadalah.... tau sendiri,sampe sana,liat dagangan yang beraneka ragam,kayanya tuh daftar jadi ga ada artinya..hiks..(mental ibu2)..so telur 1/2 kg,bakso sapi 10 butir,biji kacang hijau,santan instant...ikut pula berpindah tangan..huuft..dan...uangnya masih cukup loh..wkwkwk...dengan mengandalkan survai ayam kesana kemari..membandingkan harga....(mas Heri as usual selalu bilang...wong cuman selisih 1000 rupiah aja,kok dimasalahin-bela2in muter2)..yeee..jangan salah..namanya ibu rumah tangga gitu loh,dimana aja,kalo ga nawar ga puas,kalo bisa dapat harga lebih murah dengan mutu sama so pasti jumawa..wkwkwk..betul ga ibu2?....:D

So..hari ini gw mau masak Ayam ungkep santan (asli nih ngarang abis namanya...ada yang tau ga namanya yang bener)..yang jelas,masakanku ini bikin nasi anget dirumah cepet abis,soalnya suami ma anak2 sehari bisa nambah,dan makan mpe 5-6 kali gara2 ayam diginiin neh.Sampe2,ayamnya yang separo lagi aku kulkasin,aku pikir buat besok mau aku masak yang lain,mungkin soto,atau semur,atau rica2....wealah..requestnya sama semua..koor malahan...Besok ayam sisanya masakin ini lagi ya bu...dik...(yo wes lah....pasrah!).Dan kesalahan terbesarku adalah,hari itu aku juga beli terong ungu....!!!!

Kenapa salah??Karena aku sangat terkiwir2 dengan masakan balado terong ungu...!yippiiiieee(weleh ..sampe segitunya)Emang iya....kesalahan terbesar,karena walaupun suami ma anak2 tergila2 sama ayam masakanku ntu,tetep tidak membuatku bergeming untuk mencicipi ayamku..aku lebih milih TERONGNYA!hehehe...
So alhasil,setiap aku makan,terong ma nasi udah bagaikan escargot (makanan siput prancis yang mahal itu) bagiku...:P..ayam???lupa tuh rasanya...qiqiqiq....

Okey..atu2 ya...Kita mulai dulu masak :AYAM UNGKEP SANTAN....toreroret!
Bahannya so pasti ayam yang udah dipotong2 dan dicuci bersih (ini aku pake ayam 1/2 kg),trus,kalo mau bisa juga dikasi telur puyuh atau telur ayam rebus,biar lebih endang bambang gulindang...(halah..maksudnya enyak begituh)..bumbunya:
Bawang merah sekitar 6-7 siung,bawang putih 4-5 butir,2-3 butir miri,sere,salam,laos,jahe,daun jeruk,mrica bubuk,garam,gula,penyedap rasa dan gula jawa..jangan lupa gula jawa biar makin legit dan kental..sluurph!
Bumbu2 itu semua diuleg (maklum punyanya senjata tradisional alias cobek).kecuali,sere,salam,laos,daun jeruk dan gula jawa.

Jangan lupa BlackBerrynya,itu yang paling bisa diandalkan untuk menumbuk..wkwkwk....(Blackberry dibaca munthu alias ulegan..:P-ditanggung labih kuat dari BB pada umumnya..bisa dibuktikan!)
Trus,kita masukin bumbu yang udah dihaluskan ke wajan dengan sedikit minyak yang sudah dipanaskan,digongso istilahnya.Jangan lupa masukin juga sere,salam,laos,daun jeruk.

Kalo udah agak kering,kita masukin ayam..gludug2....diungkep,mpe setengah matang,dikasih kecap didindingnya biar caramelized...jangan lupa kasih air (kemaren mumpung ada air kelapa,wah..lumayan,lebih enak drpd air biasa).Setelah matang,baru masukkan santan,tunggu sampe blekhutuk2...(apa ya bhs indonya,bergejolak deh,,,weleh..ky film jaman dulu)..

Kalo udah agak berkurang airnya,masukin gula jawa,garam,gula pasir,penyedap...cicip deh...udah pas blom,yang penting rasanya hrs asinmanisgurih..nhah loh...kita serahkan pada bintil2 lidah..(gara2 habis belajarin Aurel tentang IPA fungsi panca indera,jadi inget bintil2 lidah..hehehe).
 Hmmmm..harummmmmmm...baunya menyeruak melewati sela2 indera penciumanku..(halah...text booknya Aurel sedang berbicara..:D)....ITu ada 2 gelondong telur buat pemanis..dan penambah gizi...kalo mau pedas,sebelum diuleg tadi,boleh dikasih cabe..biar mantap,maklum konsumsi anak2,jadi orang tua ngalah deh..
This Is It...AYAM UNGKEP SANTAN...ala Tika....Queen...of housewife...(maksa dot com)
 Balado Terong???Tunggu setelah ini.....c'mon!!!











You Might Also Like

4 comments

  1. Wah ini sih udah pasti gak bisa dibikin di sini...bumbu yg ada cuman bawang2an doank..hahaha..kasian deh gw..Btw, it looks good!! Kutunggu bumbu balado terongnya..hehehe. Gw juga suka terong =D

    Btw, enak banget yach di Indonesia dgn 50,000 bisa kebeli begitu banyak macam bahan. Di sini degnan uang segitu paling kebeli garam doank. halah! =(

    ReplyDelete
  2. huahahaa....kita ternyata penggemar terong...satu lagi kesamaan selain buku2 ala pak janggut en konco2nya...wikikik...
    Ntar deh klo ke Indo,puas2in belanja bumbu2 khas ala negeri sendiri..sip!

    Ini lagi nulis balado terong..sabar bu...:)
    %0rb buat garam doang....dhuengggg!!!!!brarti masakanku ini bisa dihargai 500rb,,hahaha..(otak bisnis yang salah tempat..hehehe)

    ReplyDelete
  3. Aduuuuh makasih Kart, boleh deh tak praktekin.. Ayo lagi lagi lagi :) :)

    ReplyDelete
  4. iya..iya....coba deh baca seterusnya mama Pam..monggo..hatur nuhun say....:)

    ReplyDelete

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...