PERSIAPAN PERNIKAHAN ADAT JAWA

Monday, March 08, 2010

Pernikahan adat Jawa melambangkan pertemuan antara pengantin wanita yang cantik dan pengantin pria yang gagah dalam suatu suasana kerajaan jawa. Sehingga pengantin pria dan pengantin wanita seperti menjadi raja dan ratu sehari. Biasanya acara pernikahan ini diadakan di rumah orang tua memnpelai wanita, orang tua dari pengantin wanita lah yang menyelenggarakan upacara pernikahan ini.
Dan karena kami dua-duanya adalah orang Jawa,so pasti kami juga memakai adat Jawa,dalam hal ini menurut tata cara Jogja,karena babeku asli Jogja.
Secara garis besar rangkaian acara
pernikahan adat jawa adalah sebagai berikut:
  • Lamaran
Pihak orangtua laki-laki mengirim utusan ke orangtua pengantin perempuan untuk melamar. Jika orangtua dari kedua pengantin telah menyetujui lamaran perkawinan. Biasanya orangtua perempuan yang akan mengurus dan mempersiapkan pesta perkawinan. Mereka yang memilih perangkat dan bentuk pernikahan. Setiap model pernikahan itu berbeda dandanan dan pakaian untuk pengantin laki-laki dan pengantin perempuan. Kedua mempelai harus mengikuti segala rencana dan susunan pesta pernikahan, seperti Peningsetan, Siraman, Midodareni, Panggih.
Untuk acara peningsetan,sudah aku lakukan waktu tunangan tgl 19 Desember yang lalu,maka untuk prosesi selanjutnya aku tinggal menjalani Siraman,Midodareni dan Panggih.
  • Persiapan Pernikahan
Segala persiapan tentu harus dilakukan. Dalam pernikahan jawaPemaes yaitu dukun pengantin wanita yang menjadi pemimpin dari acara pernikahan, Dia mengurus dandanan dan pakaian pengantin laki-laki dan pengantin perempuan yang bentuknya berbeda selama pesta pernikahan. Karena upacara pernikahan adalah pertunjukan yang besar, maka selain Pemaes yang memimpin acara pernikahan, dibentuk pula Panitia kecil terdiri dari teman dekat, keluarga dari kedua mempelai. yang paling dominan mengatur jalannya upacara pernikahan adalah Pemaes Ini saya serahkan pada ahlinya yaitu ibu Prapto Bagio,dibantu oleh timnya yang juga mengurusi detil2 upacara,seperti sesajen,makanan2 pelengkap (tumpeng,dawet,bubur,gudangan,dsb),pokoknya kita tau beres.


You Might Also Like

0 comments

Silakan beri komentar ya, saya pasti balas asal NO SPAM dan NO SARA. Thank you...